7 Aplikasi Kasir (POS) Gratis & Open Source Terbaik

7 Aplikasi Kasir (POS) Gratis & Open Source Terbaik

Aplikasi kasir (POS) gratis itu bagaikan hujan uang dari pesawat. Mitos. Tapi itu dulu. Sekarang aplikasi kasir gratis memang ada, tapi kita masih tetap kudu beli hardware untuk menjalankan software-nya.

Nah hardware tersebut bisa kombinasi antara mesin kasir/scanner/printer atau cukup komputer/PC atau tablet saja. Kali ini DSG akan share aplikasi kasir mana saja yang gratis dan terbaik.

Di daftar ini, ada yang benar-benar gratis/open source, ada yang freemium. Ada yang harus diinstal secara lokal dulu software-nya. Oh ya, penomoran software tidak menandakan urutan ya.

Keyhut

KeyHut

Menurut developernya, aplikasi kasir ini benar-benar gratis karena coding adalah hobinya dan didesain untuk UKM. Aplikasi ini kompatibel dengan kombo mesin kasir/printer/komputer apapun yang kamu punya, dan bahkan di masa mendatang akan ditambahkan kompatibilitas terhadap tablet. Kalau usaha yang dimiliki masih usaha mikro, software bisa berjalan di PC rumahan selama Anda tidak masalah ngeprint bukti pembayaran di kertas biasa.

Walau gratis, aplikasi kasir ini bisa diandalkan kok. Sistemnya bagus, bisa menjalankan beberapa jenis reports sekaligus termasuk laporan penjualan yang dicatatkan tiap-tiap karyawan. Ada fitur manajemen karyawan dasar, CRM, dan fitur inventory tracking. Mendukung lebih dari 1 mesin kasir. Bahkan jika Anda membeli versi berbayar-nya pun, support nya sangat bagus. Developernya ramah sekali membalas email, menyediakan forum terbuka, serta bisa juga dihubungi lewat chat dan telepon pada jam kerja.

Secara personal, menurut DSG website-nya charming dan menarik. Berdasar screenshot nya, antarmuka software ini identik dengan yang digunakan di toko-toko ritel, jadi lumayan lah.

Link Download Keyhut

 

uniCenta

uniCenta

uniCenta saat ini adalah aplikasi kasir dengan nama besar. Sistemnya bisa menyaingi aplikasi POS manapun yang ditujukan untuk UKM. Mulai dari inventory management, reporting, CRM, dan fitur manajemen karyawan (banyak produk berbayar bahkan tidak memiliki semua fitur yang telah disebutkan). uniCenta bahkan didesain untuk cocok dengan jenis hardware apapun – termasuk mobile.

Review pengguna terhadap aplikasi kasir uniCenta sangat positif, banyak yang merasa terbantu dengan solusi yang ditawarkan, terutama fakta bahwa aplikasi ini open source. Walau begitu, ada 1 review yang menyatakan bahwa fitur reporting nya masih perlu pembenahan lagi.

Link Download uniCenta

 

ProffittCenter

ProffittCenter

ProffittCenter EPOS adalah aplikasi kasir gratis lainnya yang dibuat oleh 1 orang. Seperti KeyHut, sistem ditujukan untuk usaha ritel kecil. Bahkan tidak wah-wah amat untuk ukuran aplikasi kasir (POS) gratis.

ProffittCenter awalnya adalah ‘mesin kasir digital’ -menerima uang, mencatat diskon, dll. Aplikasi ini menjalankan reports dan inventory management yang terhubung ke proses order produk otomatis. Antarmuka-nya juga sangat mudah digunakan. Support-nya juga keren, high level: bisa dihubungi lewat email, telepon, chat, dan tidak segan-segan merevisi codingan aplikasi. Oh ya, ada forum juga.

Overall, berdasarkan fiturnya yang ringkas dan seperlunya bagi UKM, ProffittCenter bagus untuk pelaku usaha yang baru mengenal software POS. Antarmuka-nya sangat bagus dan cocok untuk belajar mengoperasikan dan set up software POS.

Link Download ProffittCenter

 

TruePOS

TruePOS

Aplikasi kasir ini freemium, dari perusahaan POS asal India. Versi berbayarnya bisa digunakan di semua skala usaha hingga ritel enterprise, versi gratisnya lebih ditujukan ke UKM -hanya support 1 mesin kasir yang tidak sampai 100 transaksi per bulannya. Opsi ini bagus untuk ritel kecil yang baru jalan, kalau sudah berkembang bisa mencoba versi berbayar level pertama ($30/bulan).

TruePOS adalah sistem terintegrasi yang bisa diakses dari banyak device -mesin kasir, PC, mobile. Walaupun berbasis web, tapi masih bisa menyimpan penjualan saat offline. Fiturnya lengkap pula: inventori, CRM, reporting, dll.

Link Download TruePOS

 

VendHQ

vendHQ

Vend, sistem aplikasi kasir lainnya sudah terkenal sebelumnya, dan baru-baru ini menawarkan versi gratis yang support 1 mesin kasir dan pengguna dengan <10 produk aktif dan hingga 1000 customerLagi-lagi, ini adalah opsi untuk ritel kecil dan yang berencana upgrade seiring pertumbuhan bisnisnya. Namun jika Anda punya stand di pasar atau kios di mall, aplikasi kasir ini bisa menjadi opsi permanen yang sangat bagus.

Seperti TruePOS, Vend ini berbasis cloud tapi bisa berjalan (dengan keterbatasan) saat offline. Memiliki banyak fitur, mudah digunakan pula. Aplikasinya sesuai standar dan menyediakan fitur seperti inventory management, CRM, dll serta fitur unik seperti dollar for dollar loyalty program pagi para pelaku usaha yang ingin berinovasi.

Link Download VendHQ

 

JPOS

JPOS-touch

JPOS adalah aplikasi kasir open source lainnya. Mereka menawarkan opsi konsultasi/customer service berbayar dan versi aplikasi berbayar dimana pihak JPOS akan melakukan maintenance 100% hanya untuk bisnis Anda.

Karena open source, JPOS lebih cocok jika Anda sudah ada sumber daya yang bisa coding untuk membuatkan aplikasi kasir custom sesuai kebutuhan bisnis Anda. Memang lebih ribet, tapi JPOS sudah support fitur keren seperti pembayaran via Safeway dan MasterCard.

Link Download JPOS

 

Zero POS

zeroPOS

Zero POS adalah sistem POS mobile berbasis cloud yang menawarkan banyak fitur menarik seperti manajemen inventori, mobile payments, gift cards, dll. Ada versi premium dengan fitur lanjutan juga seperti toko online/eCommerce. Worth lah, setidaknya silakan dilihat-lihat dulu…

Link Download Zero POS

***

Yep, itu tadi solusi aplikasi kasir gratis dan open source yang ada di muka bumi ini. Sudah adakah yang kamu gunakan?

Related Posts

Author:

6 Komentar

  1. Ngopi Breaks Cafe mengatakan:

    masukin yg gratis ini juga bos.. cafe sy pakai WePOS.. yg bikin org bandung.. share produk dalam negri bos.. http://www.aplikasi-pos.com

    • arjunarianda mengatakan:

      saya mau pake itu bang, tapi apa sulit instal dan pakainya??

      • Firman Herdiansyah mengatakan:

        Coba langsung hubungi langsung di websitenya gan

        • arjunarianda mengatakan:

          sudah saya download, tapi tidak tau cara pakai dan buka aplikasinya, sudah saya email kontaknya blm di bales gan, mohon pencerahannya :)

          • Firman Herdiansyah mengatakan:

            maaf banget gan saya juga belum pernah test aplikasi itu. jadi saat ini belum bisa bantu, aneh juga sih knapa mereka ga bales pesan agan

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *