Seperti Apa Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook?

Perbedaan laptop, notebook dan netbook kadang menjadi pertanyaan yang muncul, terutama ketika kita hendak membeli salah satunya, entah itu untuk keperluan sekolah, kuliah, kerja, atau yang lain. Sebenarnya apa saja faktor yang menjadikan ketiganya berbeda?

Komputer laptop atau laptop adalah komputer portabel yang biasanya beratnya 2-4 kilogram, bergantung dari ukuran layar, hardware, dan faktor lain.

Notebook adalah komputer personal (PC) yang dikurangi fungsinya agar fisiknya tetap enteng dan kecil. Komputer notebook biasanya bobotnya tidak sampai 2,5 kg dan ukurannya kecil (seukuran notebook) sehingga bisa muat di backpack atau tas kerja briefcase.

Netbook secara teknik bisa masuk ‘keluarga’ laptop, namun berukuran lebih kecil, lebih enteng, dan kegunaan utamanya adalah web browsing. Netbook mulai populer sejak 2008 terutama karena faktor berat dan harganya yang lebih ramah di kantong.

Awalnya laptop dibuat untuk menyamai kegunaan desktop; tapi permintaan agar laptop memenuhi kebutuhan hiburan membuat perkembangannya meluas ke compact devices seperti netbook dan tablet. Notebook juga didesain agar kegunaannya menyamai desktop, tapi lebih ke penggunaan pribadi, bukan penggunaan bisnis.

Tabel Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

LaptopNotebookNetbook
Pabrikan utamaApple, Dell, Toshiba, Acer, Asus, Lenovo, HP, Samsung, Sony, MSI, AlienWare, MicrosoftApple, Samsung, Sony, Toshiba, DellAcer, Asus
UkuranKalau tidak kecil dan ramping, ya besar dan tebal. Ukuran layar biasanya 10-20 inci.Secara umum ukurannya sama seperti buku catatan (notebook)Netbook biasanya memiliki ukuran yang sangat kecil, device ultra portabel yang diharapkan menggantikan laptop yang besar.
Aksesoris yang sama dengan Desktop (contoh: DVD Drive)Terintegrasi.Tidak selalu terintegrasi. Biasanya dihilangkan dan bisa ditambahkan secara eksternal.Netbook biasanya tidak memiliki DVD drive untuk menjaganya tetap enteng.
Sistem pendinginMemiliki kipas dan sistem pendingin lain seperti pada desktop yang disesuaikan penggunaan pada tiap-tiap laptop.Biasanya tidak punya sistem pendingin yang efektif karena memang daya yang dibutuhkan lebih kecil dari laptop.Netbook bisa saja tidak memiliki kipas pendingin untuk mencegah overheat pada processor
DefinisiLaptop adalah perangkat komputer mobile, kecil dan enteng beratnya. Sesuai namanya, benda ini biasa diletakkan diatas paha (lap top).Komputer notebook adalah komputer personal yang berdaya baterai/AC yang ukurannya lebih kecil dari tas kerja yang bisa dengan mudah dipindahkan dan biasanya digunakan di ruang sementara seperti pesawat, perpustakaan, kantor sementara, dan saat rapat.Netbook merupakan laptop yang lebih efisien energi, berukuran lebih kecil, dan lebih cocok untuk komunikasi nirkabel.
KegunaanKegunaan utamanya adalah mobilitas dan menyerupai kegunaan komputer personal dengan daya tahan ekstra.Kegunaan utamanya adalah mobilitas dan komputer personal dengan daya tahan ekstra.Fokus utamanya adalah hal-hal yang menggunakan internet: web browsing, email, dll.
Processing capacityLaptop biasanya diasosiasikan dengan daya proses lebih besar daripada notebook. Normalnya RAM 1-8 GB.Saat ini notebook datang dengan konfigurasinya laptop, tapi ciri khas ukurannya yang kecil perlahan-lahan memudar.Netbook biasanya memiliki prosesor dengan kecepatan lebih rendah. Hal ini bisa berdampak ketika mengerjakan hal berat di netbook, seperti nonton film HD atau bermain game.
KarakteristikLaptop biasanya memiliki berat antara 1,4 – 5,4 kg.Notebook biasanya memiliki berat kurang dari 2,5 kg dan tebalnya 3 inci atau kurang.Netbook biasanya memiliki berat antara 0,9 – 1,4 kg.

Sejarah Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Sejarah laptop berawal pada 1976 ketika Xerox PARC membuat Xerox NoteTaker, komputer portabel pertama di dunia. Memang tidak dipasarkan karena hanya dibuat 10 prototip. Pada 1981, Osborne 1 diluncurkan sebagai komputer portabel komersil. Osborne tidak memiliki baterai, hanya bergantung pada kelistrikan. Pada 1982, Kaypro memperkenalkan Kaypro II yang menyertakan floppy drive double sided dan monitor CRT berukuran besar. Laptop pertama yang sesungguhnya adalah GRiD Compass 1101 (1982). Compaq meluncurkan Compaq Portable, sementara Epson meluncurkan HX-20 pada 1983.

osborne1

Komputer portabel menjadi lebih kecil pada 1988 dengan adanya Cambridge Z88. Walaupun 16x lebih powerful dari Osborne 1, beratnya hanya setengahnya. Komputer notebook pertama adalah NEC UltraLite (1988) dan Compaq LTE (1989). Kemudian diikuti oleh IBM ThinkPad dengan layar 10,4 inci pertama yang ditanamkan pada komputer notebook. Ketika notebook tadi masih berbobot lebih dari 2,7 kg, Gateway Handbook dan Hewlett-Packard OmniBook diluncurkan pada 1993.

Apple PowerBook yang saat itu sudah cukup enteng dengan 1,9 kg langsung pudar karismanya dengan diluncurkannya Sony VAIO seberat 1,1 kg pada 1997. Setelah itu, yang lebih kecil lagi ada Microsoft Tablet PC dan akhirnya pada 2007 Asus memperkenalkan EEE PC yang memangkas ukuran layar dan keyboard tapi tetap menyertakan kapabilitas penuh dari sebuah perangkat komputer.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook dalam Kegunaan/Fungsionalitas

Laptop dibuat untuk menyamai kegunaan penuh dari sebuah unit desktop dengan tambahan portabilitas. Komputer notebook awalnya ditujukan agar enteng dan berfungsi layaknya laptop. Jadi, kapasitas hard drive dan RAM biasanya lebih besar untuk laptop, dan ada CD/DVD drive nya juga. Namun semakin berkembangnya teknologi chipset dan kapabilitas hardware, perbedaan antara laptop dan notebook menjadi kabur, baik dari segi ukuran dan kegunaan.

Laptop awalnya dipasarkan untuk kegiatan bisnis: spreadsheet, presentasi, dan software finansial sama seperti desktop. Sedangkan notebook awalnya dipasarkan untuk personal: email, menulis, hiburan, dan manajemen file. Perbedaan terbesar antara keduanya adalah ukuran dan berat baterai, dimana laptop memiliki daya tahan baterai lebih lama 2-3x daripada notebook, tapi juga lebih berat 3-5 pounds.

Microsoft-Surface-Pro-4-vs-MacBook-Air-2016

Laptop kini menjadi komputer utama yang digunakan orang-orang. Memang lebih mahal daripada unit desktop, laptop sudah menjadi perangkat personal yang digunakan tidak sekedar urusan kantor atau sekolah, jadi portabel adalah kunci utamanya. Perkembangan penggunaan smartphone dan tablet juga mengurangi kebutuhan akan desktop dan laptop berukuran besar. Notebook juga mulai menawarkan layar resolusi tinggi sebagai faktor utama, dimana kebutuhan akan DVD drive semakin berkurang karena adanya WiFi dan layanan streaming seperti Netflix dan Spotify.

Pada 2007 penjualan laptop menurun untuk pertama kalinya sejak 1998, sementara penjualan notebook meningkat. Tapi boomingnya komputer tablet menurunkan penjualan notebook pada 2010. Pangsa pasar perangkat komputer portabel sangat luas, laptop lebih menyasar niche pengguna high end: graphic artists, eksekutif, freelancer. Sedangkan notebook banyak digunakan pelajar dan pekerja dengan mobilitas tinggi. Tablet digunakan oleh kalangan umum secara luas.

Keunggulan terbesar dari laptop adalah bisa dikonfigurasi dengan banyak cara menyesuaikan kebutuhan. Contohnya: konfigurasi laptop untuk bermain game berat termasuk memperluas kapasitas RAM, menambahkan graphics card dan video card hign end, serta overclock hardware agar memiliki waktu respons yang lebih cepat.

Pasaran laptop sekarang memiliki drive 1 terabyte (TB) atau solid state drive (SSD), yang ratusan kali lebih cepat daripada hard drives 10 tahun lalu. Kapasitas RAM berkisar 4-12 GB, layarnya memiliki resolusi HD besar (dan seringkali retinal displays) plus daya tahan baterai 6-10 jam. Banyak laptop cukup besar untuk menawarkan keyboard full, biasanya ukuran 13-18 inci dan rata-rata beratnya 1,8-4 kg.

macbook_air_retina_display

Notebook hampir pasti tidak menawarkan keyboard full size, ukuran fisiknya antara 8,5-12,6 inci. Notebook rata-rata menawarkan hard drive berkapasitas 512 GB, dengan beberapa model kini menawarkan opsi SSD hingga 1 TB. RAM biasanya 2-4 GB dan kualitas layar bervariasi. 2 perbedaan utama antara laptop dan notebook adalah daya tahan baterai dan berat: notebook biasanya memiliki daya tahan baterai lebih lama (antara 5-14 jam) dengan berat dibawah 2,5 kg.

Ada juga perangkat hybrid, yakni komputer portabel sangat enteng namun memiliki keyboard full size, tapi dengan kapabilitas hardware dibawah rata-rata. Contohnya adalah MacBook Air, punya layar 13,5 inci dan keyboard full size dengan berat tidak sampai 1,36 kg. Daya tahan baterainya 7-13 jam. MacBook Air basic tidak menyertakan port untuk menyambungkan ke perangkat lain, memiliki hard drive 360 GB, dan tidak memiliki DVD drive.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook dalam Fitur & Hardware

Netbook membuat era dimana kita membawa-bawa laptop/notebook besar dan berat sudah lewat. Netbook lebih kecil secara ukuran, dan membawanya menuju dimensi baru dalam faktor portabilitas. Saat laptop umumnya memiliki berat setidaknya 3,6 kg, netbook beratnya tidak sampai 2,2 kg dan bisa muat di tempat yang laptop tidak akan pernah muat. Netbook pada umumnya memiliki layar 12 inci, kalau laptop sih lebih dari 12 inci biasanya.

Prosesor netbook terdiri dari Intel single core dan chips VIA 1,1 – 1,83 GHz. Laptop bisa terdiri prosesor single, duo, bahkan quad milik Intel atau AMD dengan kecepatan 1,6 – 2,66 GHz. Netbook memiliki memori standar 1 GB (bisa diupgrade hingga 2 GB) sedangkan laptop low end setidaknya memiliki memori 2 GB dan laptop high end bervariasi antara 8 – 16 GB RAM.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook dalam hal Sistem Operasi

Sistem operasi apapun bisa diinstall di laptop pada umumnya. Tapi sistem operasi yang direkomendasikan diinstall di netbook adalah yang enteng-enteng seperti Linux dan Windows XP. Hal ini masuk akal karena umumnya netbook memiliki kapasitas prosesor, hard disk, dan RAM (memori) yang lebih kecil.

acer-chromebook-15-hero

Windows masih menjadi sistem operasi paling populer baik di laptop, notebook, maupun netbook. Tapi saat ini OS milik Google Chrome menyasar pasar netbook. Mac dan Chrome OS lebih tahan terhadap spyware karena para peretas lebih menargetkan Windows PC.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook dalam Harga

Harga laptop bervariasi sekali, tergantung ukuran layar dan konfigurasi hardware. Laptop low end rata-rata dibawah Rp6 juta, sedangkan laptop high end yang biasanya digunakan untuk kerjaan berat atau gaming bisa melebihi Rp13 juta. Laptop Mac buatan Apple cenderung lebih mahal daripada laptop PC sejenis. Rahasia umum lah ya.

Komputer notebook lebih murah daripada laptop, dengan kisaran harga Rp2 juta hingga Rp5 juta.

asus-eee-pc-1015p-2016

Netbook jelas lebih murah daripada laptop maupun notebook karena fitur hardware-nya yang minimalis. Netbook adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang sudah terlilit hutang banyak dan bagi pengguna yang kebutuhan utamanya adalah browsing di internet. Harga netbook ada di kisaran Rp2 juta.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook dalam Statistik & Popularitas

Baik penjualan laptop maupun notebook menurun sejak boomingnya smartphone dan tablet. Namun diluar Amerika Serikat, komputer notebook menunjukkan sedikit peningkatan penjualan karena memiliki harga lebih murah namun dengan banyak kegunaan yang masih berguna sebagai infrastruktur negara berkembang seperti di Amerika Selatan dan Afrika.

Memiliki ukuran, berat, dan faktor harga, analis industri berpendapat bahwa netbook akan lebih potensial di zaman cloud computing seperti ini. Walau begitu, pasar untuk laptop masih belum mati karena netbook memiliki daya tahan baterai, daya prosesor, dan penyimpanan yang sangat terbatas. Netbook cocok bagi kamu yang butuh perangkat portabel murah yang lebih murah dan lebih enteng.

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *