10 Emulator Video Game Terbaik

Emulator Video Game Terbaik

Sebagian besar dari kita pasti pernah memainkan satu atau beberapa video game saat kita masih kecil. Mulai dari Tetris, Super Mario, sampai Pacman, apa yang pernah kamu mainkan adalah bagian dari masa kecil kita dan kadang-kadang kita ingin kembali masa itu, tapi sayangnya game tersebut sulit didapat.

Alternatifnya adalah memainkan game-game tersebut menggunakan emulatorpada komputer pribadi kamu. Ada berbagai emulator video game yang didedikasikan untuk meniru berbagai konsol zaman dahulu.

Dalam posting kami ini kami akan membahas daftar 10 emulator yang dapat kamu gunakan untuk memainkan lagi game favorit kamu saat kecil. Sebelum kita mulai, perlu dicatat bahwa sementara aplikasi emulasi adalah legal, namun image ROM (salinan game dalam bentuk aplikasi) dari internet tidak semuanya legal. Emulator dimaksudkan untuk memainkan game yang sudah kamu miliki dan kamu akan harus mengambil image ROM dari kartrid game milik kamu sendiri.

Daftar Emulator Video Game Terbaik untuk PC dan Perangkat Mobile

1. RetroArch

Emulator Video Game Terbaik RetroArch

RetroArch merupakan emulator all-in-one yang mampu menjalankan game dari hampir semua konsol jadul yang pernah ada. Pada tampilan awal konsol, kamu dapat memainkan game Playstation 1, sedangkan untuk konsol game handheld RetroArch mendukung game Game Boy Advance.

RetroArch didasarkan pada core, dengan masing-masing core dapat menirukan sebuah konsol, sebagai contoh GBA akan memiliki core sendiri sama halnya dengan NES. Hal ini menandakan bahwa RetroArch sangat mungkin untuk menjalankan console terbaru dimasa yang akan datang. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan untuk bisa menjalankan berbagai konsol modern.

Tersedia untuk Windows, Mac OS X, Linux, perangkat mobile

Link Download

 

2. OpenEmu

Emulator Video Game Terbaik OpenEmu

OpenEmu didasarkan pada emulator Retroarch tetapi dengan tujuan memberikan pengalaman seperti Mac. OpenEmu memiliki galeri game mirip dengan iTunes, membantu kamu mengatur koleksi game kamu. Paket download default dari emulator ini tidak mencakup semua konsol yang seperti Retroarch punyai, tapi ada versi eksperimental yang mencakup banyak konsol seperti RetroArch, namun perlu diperhatikan bahwa mungkin versi ini tidak stabil.

Jika kamu memiliki Mac dan banyak video game lama tergeletak di sekitarmu, OpenEmu sangat cocok untuk kamu. Dengan OpenEmu, kamu dapat mengelola koleksi video game kamu pada tampilan aplikasi yang indah, selain itu OpenEmu dapat membantu kamu merubah nama game dan mendapatkan “box art” dari internet secara otomatis.

Tersedia untuk Mac OS X

Link Download

 

3. Dolphin

Emulator Video Game Terbaik Dolphin

Dolphin merupakan emulator GameCube / Wii dan saat ini hanya emulator Dolphin yang dapat meniru konsol generasi ke-7 (PS3 / Xbox 360 / Wii) dan meniru dengan baik karena faktor internal yang mirip dengan GameCube. Emulator ini memiliki kompatibilitas tinggi sehingga sangat mungkin bahwa video game favorit kamu dapat dimainkan di Dolphin.

Emulator Dolphin juga memungkinkan kamu untuk menjalankan game GameCube pada layar lebar HD, bahkan jika game tidak mendukungnya. Dolphin juga sedang dalam pengembangan agar mampu memanfaatkan Nintendo Wi-Fi Connection.

Tersedia untuk Windows, Mac OS X, Linux

Link Download

 

4. PCSX2

Emulator Video Game Terbaik PCSX2

Memainkan Final Fantasy VIII di PCSX2

Tidak ada menyangkal bahwa Playstation 2 merupakan salah satu konsol dengan penjualan tertinggi sampai saat ini dan dengan PCSX2 kamu akan dapat bermain game-game lama yang populer. Salah satu kelemahan emulator ini adalah membutuhkan komputer yang cukup kuat karena struktur internal PS2 tetapi jika kamu punya komputer yang cukup bagus maka dapat menjalankan sebagian besar game yang tersedia pada platform ini.

PCSX2 didasarkan pada sistem plug-in dan dengan konfigurasi yang tepat, kamu dapat meningkatkan kualitas game ke HD. Perhatikan bahwa versi Mac ada tapi sudah usang dan tidak ada update terbaru.

Tersedia untuk Windows, Linux

Link Download

 

5. PPSSPP

Emulator Video Game Terbaik PPSSPP

Menjalankan game di PPSSPP dengan efek Shader agar terkesan jadul

Playstation Portable Simulator Suitable For Playing Portably atau yang disingtat PPSSPP merupakan emulator yang cukup baru dengan tujuan menjalankan game PSP. PPSSPP diciptakan oleh salah satu pendiri dari Dolphin, dan seperti Dolphin mudah emulator ini mudah di konfigurasi dan dapat memainkan banyak game PSP.

Kamu bahkan dapat mentransfer “PSP saves” ke PPSSPP dan melanjutkan permainan PSP kamu di PPSSPP. PPSSPP masih terus dikembangkan dengan penambahan fitur baru dan perbaikan yang berkelanjutan.

Tersedia untuk Windows, Mac OS X, Linux, perangkat mobile

Link Download

 

6. DeSmuME

Emulator Video Game Terbaik DeSmuME

Konsol Nintendo’s dual screen sekarang dapat dimainkan di komputer kamu menggunakan DeSmuME, dengan kedua layar disimulasikan pada monitor komputer kamu. Mouse digunakan sebagai stylus untuk input sentuhan. DeSmuME bahkan mendukung game yang mengharuskan kamu memainkan game pada perangkat dengan layar menyamping.

DeSmuME dikembangkan secara berkesinambungan dengan memperbaiki dan menambahkan fitur baru ke dalamnya agar DeSmuME berjalan lancar. DeSmuME sudah sejak lama hadir sehingga sebagian besar game harusnya bisa dimainkan tanpa masalah. Perhatikan bahwa versi Linux harus di self-compiled.

Tersedia untuk Windows, Mac OS X, Linux

Link Download

 

7.DOSBox

Emulator Video Game Terbaik DOSBox

DosBox dikhususkan untuk mengemulasi lingkungan di mana program MS-DOS dapat dijalankan dengan baik. Jadi jika kamu memiliki beberapa game DOS yang menganggur dan tidak dapat berjalan pada PC modern kamu, cobalah menjalankanya di DosBox.

Faktanya DOSBox dapat dijalankan dengan sangat baik sehingga perusahaan game menggunakannya untuk mengemas kembali game-game DOS lama mereka sehingga game-game tersebut dapat dimainkan pada komputer modern. Sebagai catatan, sangat mungkin untuk menjalankan sistem operasi berbasis DOS Windows 9x pada DosBox jika kamu menginginkanya.

Tersedia untuk Windows, Mac OS X, Linux

Link Download

 

8. ScummVM

Emulator Video Game Terbaik ScummVM

Memainkan game escape mansion di ScummVM

Jika kamu seorang penggemar game petualangan dengan gaya click-and-point, kamu pasti akan menyukai ScummVM. Aplikasi ini di desain untuk menjalankan game yang menggunakan bahasa scripting SCUMM, yang digunakan dalam banyak game click-and-point yang dibuat oleh LucasArts serta perusahaan game lainnya.

Karena ScummVM dapat menjalankan game pada sistem lain dari yang awalnya ditujukan. Jadi game yang dibuat untuk Windows sekarang dapat berjalan di Mac atau Linux. Sama seperti emulator DosBox, banyak perusahaan game menggunakan emulator ini untuk mengemas kembali game jadul mereka untuk bisa berjalan pada sistem modern, sehingga kamu tahu ScummVM memang layak untuk kamu coba.

Tersedia untuk Windows, Mac OS X, Linux, dan berbagai sistem operasi lainnya

Link Download

 

9. ePSXe

Emulator Video Game Terbaik ePSXe

ePSXe untuk Android

Dianggap oleh banyak orang sebagai emulator Playstation 1 terbaik untuk PC, emulator ini memungkinkan kamu untuk menjalankan hampir semua game PS1 dengan sempurna, asalkan dikonfigurasi dengan benar.

ePSXe menggunakan sistem plug-in di mana hampir semua ditangani menggunakan plug-in, sehingga kamu mungkin akan melakukan sedikit pencarian tentang cara terbaik untuk mengkonfigurasi ePSXe pada komputer kamu.

Sama seperti PCSX2, dengan plugin dan konfigurasi yang tepat dan dengan asumsi komputer yang kuat, game PS1 lama kamu dapat dijalankan dengan kualitas HD, sehingga membawa memori nostalgia kamu dalam resolusi tinggi.

Tersedia untuk Windows, Linux, Mac OSX, Android

Link Download

 

10. Mupen64plus

Emulator Video Game Terbaik Mupen64plus

Mupen64plus merupakan emulator N64. Tidak seperti emulator lainya, paket download Mupen64plus tidak menyertakan GUI (tampilan aplikasi) sehingga kamu harus men-download front-end yang diperlukan untuk kemudahan penggunaan dimana pengembang menyediakan link ke beberapa front-end yang direkomendasikan.

Mirip dengan banyak emulator lainnya, Mupen64plus menggunakan sistem plug-in dan pastinya kamu akan mencoba beberapa pengaturan untuk meningkatkan kinerja dalam menjalankan game.

Tersedia untuk Windows, Mac OS X, Linux

Link Download

1 Komentar

  1. Robin berkata:

    So you play FFVIII on PCSX2? seems legit…

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.