Apa itu VPN? Bagaimana VPN Bekerja

Sebuah virtual private network atau biasa disebut VPN memberikan privasi online dan anonimitas dengan menciptakan jaringan pribadi dari koneksi internet publik. VPN menutupi alamat protokol internet (IP) perangkat kamu sehingga aktivitas online kamu hampir tidak dapat dilacak. Yang terpenting, layanan VPN membuat koneksi yang aman dan terenkripsi untuk memberikan privasi yang lebih baik.

Mengapa kamu membutuhkan layanan VPN?

Apa itu VPN? Bagaimana VPN Bekerja

Browsing web atau bertransaksi di jaringan Wi-Fi yang tidak aman berarti kamu dapat mengekspos informasi pribadi dan kebiasaan browsing kamu. Itulah mengapa jaringan pribadi virtual atau yang lebih dikenal sebagai VPN menjadi keharusan bagi siapa pun yang peduli dengan keamanan dan privasi online mereka.

Coba bayangkan disaat kamu bepergian, membaca email saat mengantre di kafe, atau memeriksa rekening bank sambil menunggu di rumah sakit. Kecuali kamu menggunakan jaringan Wi-Fi pribadi yang memerlukan kata sandi, data apa pun yang dikirimkan selama online bisa jadi rentan disadap oleh orang asing yang menggunakan jaringan yang sama.

Enkripsi dan anonimitas yang disediakan VPN membantu melindungi aktivitas online: mengirim email, berbelanja online, atau membayar tagihan. VPN juga membantu menjaga anonimitas browsing web kamu.

Bagaimana VPN melindungi alamat IP dan privasi kamu

VPN pada dasarnya membuat terowongan data antara jaringan lokal kamu dan di lokasi lain, yang jaraknya bisa ribuan km, membuatnya seolah-olah kamu berada di tempat lain. Manfaat ini memungkinkan kebebasan online, atau kemampuan untuk mengakses aplikasi dan situs web favorit kamu saat dalam perjalanan.

Berikut adalah penjelasan lebih dekat tentang cara kerja jaringan pribadi virtual. VPN menggunakan enkripsi untuk mengacak data saat dikirim melalui jaringan Wi-Fi. Enkripsi membuat data tidak dapat dibaca. Keamanan data sangat penting saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik, karena ini mencegah orang lain di jaringan untuk menyadap aktivitas internet kamu.

Tanpa VPN, penyedia layanan internet kamu dapat mengetahui seluruh riwayat browsing kamu. Dengan VPN, riwayat pencarian kamu disembunyikan. Hal itu bisa tercapau karena aktivitas web kamu akan dikaitkan dengan alamat IP server VPN, bukan IP perangkat kamu. Penyedia layanan VPN mungkin memiliki server di seluruh dunia. Artinya, aktivitas browsing kamu bisa tampak berasal dari salah satu lokasi tersebut. Perlu diingat, mesin pencari juga melacak riwayat browsing kamu, tetapi mereka akan mengaitkan informasi tersebut dengan alamat IP yang bukan milik kamu. Sekali lagi, VPN kamu akan menjaga privasi aktivitas online kamu.

Apa yang dapat disembunyikan VPN?

VPN dapat menyembunyikan banyak informasi yang dapat membahayakan privasi kamu. Inilah lima di antaranya.

Riwayat browsing kamu

Bukan rahasia lagi ke mana kamu pergi di internet. Penyedia layanan internet dan browser web kamu dapat melacak hampir semua yang kamu lakukan di internet. Banyak situs web yang kamu kunjungi juga dapat menyimpan riwayat. Browser web dapat melacak riwayat pencarian kamu dan menghubungkan informasi itu ke alamat IP kamu.

Berikut adalah dua contoh mengapa kamu mungkin ingin merahasiakan riwayat browsing kamu. Mungkin kamu memiliki kondisi medis dan kamu mencari informasi di web tentang pilihan pengobatan. Tanpa VPN, kamu secara otomatis membagikan informasi itu dan mungkin mulai menerima iklan bertarget yang dapat menarik perhatian lebih lanjut pada kondisi kamu.

Atau mungkin kamu hanya ingin membeli harga tiket pesawat untuk penerbangan bulan depan. Situs perjalanan yang kamu kunjungi tahu bahwa kamu sedang mencari tiket dan mungkin menampilkan tarif yang bukan yang termurah.

Ini hanyalah beberapa contoh terpisah. Ingatlah bahwa penyedia layanan internet kamu mungkin dapat menjual riwayat browsing kamu. Bahkan yang disebut browser pribadi mungkin tidak terlalu pribadi.

Alamat IP dan lokasi kamu

Siapa pun yang menangkap alamat IP kamu dapat mengakses apa yang kamu cari di internet dan di mana kamu berada saat melakukan pencarian. Pikirkan alamat IP kamu sebagai alamat pengiriman yang kamu gunakan pada surat. Dan dengan alamat IP ditangan siapapun dapat melacak perangkat kamu.

Karena VPN menggunakan alamat IP yang bukan milik kamu, VPN memungkinkan kamu untuk menjaga privasi online kamu dan mencari web secara anonim. Kamu juga dilindungi agar riwayat pencarian kamu tidak dikumpulkan, dilihat, atau dijual. Perlu diingat, riwayat browsing kamu masih dapat dilihat jika kamu menggunakan komputer publik atau komputer yang disediakan oleh perusahaan, sekolah, atau organisasi lain.

Lokasi kamu untuk streaming

kamu mungkin membayar layanan streaming yang memungkinkan kamu menonton hal-hal seperti olahraga profesional. Saat kamu bepergian ke luar negeri, layanan streaming mungkin tidak tersedia. Ada alasan bagus untuk ini, termasuk persyaratan kontrak dan peraturan di negara lain. Meski begitu, VPN memungkinkan kamu memilih alamat IP di negara asal kamu. Hal ini kemungkinan kamu mengakses ke acara apa pun yang ditampilkan di layanan streaming kamu. Kamu mungkin juga dapat menghindari pembatasan data atau kecepatan.

Perangkat kamu

VPN dapat membantu melindungi perangkat kamu, termasuk komputer desktop, laptop, tablet, dan handphone dari pengintaian. Perangkat kamu dapat menjadi target utama penjahat dunia maya saat kamu mengakses internet, terutama jika kamu menggunakan jaringan Wi-Fi publik. Singkatnya, VPN membantu melindungi data yang kamu kirim dan terima di perangkat kamu sehingga hacker tidak akan bisa mengawasi setiap gerak-gerik kamu.

Aktivitas web kamu

Semoga saja kamu bukan calon pengawas pemerintah, tapi siapa tahu. Ingat, VPN melindungi dari penyedia layanan internet kamu yang melihat riwayat browsing kamu. Jadi, kamu terlindungi jika lembaga pemerintah meminta penyedia layanan internet kamu untuk memberikan catatan aktivitas internet kamu. Dengan asumsi penyedia VPN kamu tidak mencatat riwayat browsing kamu (beberapa penyedia VPN melakukannya), VPN kamu dapat membantu melindungi kebebasan internet kamu.

Bagaimana VPN membantu melindungi dari pencurian identitas?

Pencurian identitas terjadi ketika pencuri mencuri informasi pribadi kamu dan menggunakannya untuk melakukan kejahatan atas nama kamu – seperti mengambil alih atau membuka akun baru, mengajukan pengembalian pajak atas nama kamu, atau menyewa atau membeli properti. VPN dapat membantu melindungi dari pencurian identitas dengan membantu melindungi data kamu. VPN menciptakan terowongan terenkripsi untuk data yang kamu kirim dan terima yang berada di luar jangkauan pencuri dunia maya.

Jika Wi-Fi handphone kamu diaktifkan setiap saat, perangkat kamu mungkin rentan tanpa kamu menyadarinya. Aktivitas sehari-hari seperti belanja online, perbankan, dan browsing dapat mengekspos informasi kamu, membuat kamu rentan terhadap kejahatan dunia maya.

VPN dapat melindungi informasi yang kamu bagikan atau akses menggunakan perangkat kamu. VPN sangat penting saat menggunakan jaringan Wi-Fi umum, di mana pencuri dunia maya di jaringan yang sama dapat menangkap data login kamu dan nomor kartu kredit yang kamu ketikkan saat berbelanja online.

Kamu tidak dapat mencegah pencurian identitas. Tidak ada yang bisa. Beberapa aspek keamanan seperti pelanggaran data di organisasi tempat kamu memiliki akun berada di luar kendali kamu. Tetapi VPN dapat membantu melindungi informasi yang kamu kirim dari dan terima di perangkat kamu.

Apa yang harus kamu cari dalam layanan VPN?

Pasar VPN penuh dengan pilihan, jadi penting untuk mempertimbangkan kebutuhan kamu saat berbelanja VPN.

Pikirkan tentang apa yang penting bagi kamu. Apakah kamu ingin dapat browsingi web secara anonim dengan menyembunyikan alamat IP kamu? Apakah kamu takut informasi kamu dicuri di Wi-Fi publik? Apakah kamu sering bepergian yang ingin bisa menonton acara favorit kamu saat dalam perjalanan.

VPN yang bagus dapat membantu kamu mencentang ketiga kebutuhan tersebut, tetapi berikut ini beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Bagaimana memilih VPN

Cara cerdas untuk tetap aman saat menggunakan Wi-Fi publik adalah dengan menggunakan VPN. Tapi apa cara terbaik untuk memilih jaringan pribadi virtual? Berikut beberapa pertanyaan untuk ditanyakan saat kamu memilih penyedia VPN.

  • Apakah layanan VPN tersebut menghormati privasi kamu? Inti dari menggunakan VPN adalah untuk melindungi privasi kamu, jadi sangat penting bahwa penyedia VPN kamu juga menghormati privasi kamu. Mereka harus memiliki kebijakan tanpa pencatatan, yang berarti bahwa mereka tidak pernah melacak atau mencatat aktivitas online kamu.
  • Apakah layanan VPN tersebut menjalankan protokol terbaru? OpenVPN memberikan keamanan yang lebih kuat daripada protokol lain, seperti PPTP. OpenVPN adalah aplikasi sumber terbuka yang mendukung semua sistem operasi utama.
  • Apakah layanan VPN tersebut menetapkan batas data? Bergantung pada penggunaan internet kamu, bandwidth mungkin menjadi faktor penentu yang besar bagi kamu. Pastikan layanan layanan VPN tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu dengan memeriksa apakah kamu akan mendapatkan bandwidth penuh yang tidak diukur tanpa batasan data.
  • Di mana lokasi server? memutuskan lokasi server mana yang penting bagi kamu. Jika kamu ingin tampil seolah-olah kamu mengakses Web dari lokal tertentu, pastikan ada server di negara itu.
  • Apakah kamu dapat mengatur akses VPN di beberapa perangkat? Jika kamu seperti konsumen pada umumnya, kamu biasanya menggunakan antara tiga dan lima perangkat. Idealnya, kamu bisa menggunakan VPN pada semuanya secara bersamaan.
  • Berapa biayanya? Jika harga penting bagi kamu, maka kamu mungkin berpikir bahwa VPN gratis adalah pilihan terbaik. Ingat, bagaimanapun, bahwa beberapa layanan VPN mungkin tidak membebani kamu dengan uang, tetapi kamu mungkin “membayar” dengan cara lain, seperti sering dilayani iklan atau meminta informasi pribadi kamu dikumpulkan dan dijual kepada pihak ketiga. Jika kamu membandingkan VPN berbayar vs. gratis, kamu mungkin menemukan bahwa VPN gratis:
    • Tidak menawarkan protokol terbaru atau aman
    • Tidak menawarkan bandwidth dan kecepatan koneksi tertinggi kepada pengguna gratis
    • Memiliki tingkat pemutusan koneksi yang lebih tinggi
    • Tidak memiliki banyak server di banyak negara secara global
    • Tidak menawarkan dukungan atau memiliki CS

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika kamu memilih VPN, jadi kerjakan pekerjaan rumah kamu untuk memastikan kamu mendapatkan yang tepat untuk kebutuhan kamu. Terlepas dari penyedia mana yang kamu pilih, yakinlah bahwa VPN yang bagus akan memberikan lebih banyak keamanan, privasi, dan anonimitas online daripada yang bisa dilakukan oleh hotspot Wi-Fi publik.

Perbandingan produk VPN

Dimasukkannya situs web, link, atau penyedia tidak menyiratkan dukungan atau dukungan dari perusahaan, produk, atau penyedia mana pun yang tercantum di sini. Data yang dipublikasikan di sini diperbarui pada April 2021 sebagai alat untuk membantu konsumen ketika mempertimbangkan penawaran VPN. Artikel ini tidak dimaksudkan sebagai daftar lengkap fitur, layanan atau harga yang mungkin tidak berlaku untuk setiap vendor yang terdaftar, fitur, layanan, dan harga yang tercantum di bawah ini dapat berubah.

Penyedia VPN mana yang tepat untuk kamu? Kami tidak bisa memberitahumu itu. Tapi kami dapat membantu kamu perbandingan. Berikut ini sekilas beberapa faktor relevan untuk dipertimbangkan ketika mencari penyedia VPN dan bagaimana beberapa layanan VPN teratas mendapat peringkat dalam hal fitur-fitur utama ini.

Kami berfokus pada sembilan faktor untuk dipertimbangkan saat memilih VPN.

  • Harga VPN
  • Apakah ada versi gratis, dan apakah itu penting?
  • Jumlah server
  • Jumlah lokasi dan negara server
  • Dukungan sistem operasi
  • Apakah penyedia menawarkan VPN untuk handphone?
  • Berapa banyak perangkat yang dapat terhubung ke VPN disaat yang bersamaan?
  • Apakah VPN memblokir iklan?
  • Apakah VPN memiliki tombol pemutus (kill switch)?
  • Apakah VPN mencatat data pengguna?

Harga VPN

Sangat menggoda untuk memilih penyedia VPN kamu berdasarkan harga. Lagipula, kita semua ingin menghabiskan sesedikit mungkin pengeluaran setiap bulannya bukan?

Tetapi fokus hanya pada harga bisa menjadi kesalahan. Kamu ingin penyedia VPN kamu melindungi privasi online kamu dan mengenkripsi data yang kamu kirim dan terima. Kamu ingin itu dapat diandalkan. Dan kamu menginginkan koneksi yang cepat. Semua faktor ini sama pentingnya dan tidak lebih oenting daripada harga.

Meskipun demikian, sebagian besar penyedia layanan VPN mengenakan harga yang serupa, biasanya berkisar dari $9,99 hingga $12,99 sebulan, dengan beberapa pengecualian. Namun, saat melihat harga, pastikan untuk memahami apa yang kamu dapatkan.

Sebuah penyedia, misalnya, mungkin menagih kamu hanya $4,99 sebulan untuk memberikan perlindungan VPN pada satu perangkat. Mungkin akan dikenakan biaya $9,99 per bulan, untuk menyediakan layanan yang sama untuk 10 perangkat. Kamu mungkin juga dapat mengurangi tarif bulanan kamu dengan mendaftar untuk jangka waktu yang lebih lama. Biasanya kamu akan mengeluarkan biaya lebih murah setiap bulan jika kamu mendaftar untuk paket VPN selama setahun daripada jika kamu memilih untuk membayar setiap bulan.

Apakah ada versi gratis, dan apakah itu penting?

Banyak penyedia layan VPN populer menawarkan versi gratis VPN mereka. Tetapi versi gratisnya mungkin memiliki batasan. Misalnya, pada seberapa banyak data yang dapat kamu gunakan.

Beberapa penyedia VPN menawarkan uji coba gratis dari versi berbayar mereka. Uji coba biasanya berlangsung selama sekitar satu bulan. Beberapa mengizinkan untuk mengakses sebagian besar fitur VPN dari layanan berbayar, meskipun mungkin ada batasan datanya.

Jika kamu mendaftar untuk uji coba gratis, kamu memberikan informasi pribadi dan pembayaran yang sama dengan yang kamu gunakan jika kamu mendaftar ke layanan berbayar. Kamu dapat membatalkan akun kamu sebelum akhir masa uji coba. Jika kamu tidak membatalkan, penyedia akan mulai menagih kamu untuk melanjutkan layanan.

Perlu diingat, beberapa VPN gratis mungkin mengumpulkan dan membagikan atau menjual data kamu ke pihak ketiga untuk tujuan pemasaran, sementara yang lain mungkin tidak memblokir iklan.

Jumlah server

Yang lebih penting daripada harga adalah jumlah server yang ditawarkan penyedia VPN kamu. Secara umum, semakin banyak server, semakin baik.

Mengapa? VPN yang tidak menawarkan jumlah server yang tinggi akan sering mengalami kecepatan online yang lambat. Itu bisa menjadi masalah jika kamu pertama kali menghubungkan ke VPN dan kemudian mendownload file atau streaming video.

Jika terlalu banyak pengguna di server yang sama, server itu bisa kelebihan beban. Setelah itu terjadi, kamu akan melihat perlambatan dalam kecepatan browsing kamu.

Saat melihat penyedia VPN, pastikan kamu mendaftar dengan penyedia yang memang menawarkan jumlah server yang tinggi. Berapa banyak server yang cukup? Tidak ada jawaban untuk itu. Tetapi layanan VPN yang memiliki 1.000 server atau lebih mungkin cenderung tidak kelebihan beban.

Jumlah lokasi dan negara untuk server

Penyedia VPN berbayar akan menawarkan server di beberapa negara berbeda. Mengapa ini penting? Memiliki server di berbagai negara menawarkan kamu lebih banyak fleksibilitas dan dapat meningkatkan kecepatan koneksi kamu. Biasanya, kecepatan internet kamu akan lebih tinggi jika kamu terhubung ke server yang lebih dekat dengan kamu. Ketika kamu memilih penyedia VPN, maka masuk akal untuk memilih salah satu yang memiliki server di negara kamu.

Mungkin ada kalanya kamu ingin terhubung ke server di luar negara kamu. Mungkin kamu tinggal di bagian dunia di mana pemerintah menyensor internet. Dengan menghubungkan ke VPN yang berbasis di negara tanpa sensor ini, kamu dapat browsingi web dengan lebih leluasa. Meski begitu, mungkin bijaksana untuk mematuhi peraturan dan undang-undang pemerintah tertentu.

Atau mungkin kamu ingin mengakses konten online yang hanya tersedia di negara selain negara kamu. Jika kamu terhubung melalui server di luar negara kamu, penyedia konten ini tidak akan melihat bahwa alamat IP kamu yang sebenarnya berasal dari negara asal kamu. Namun perlu diingat, kamu mungkin melanggar perjanjian pengguna layanan konten yang kamu gunakan.

Sekali lagi, tidak ada jumlah negara atau lokasi yang tepat untuk layanan VPN. Sebaliknya, cari layanan yang menawarkan banyak lokasi di berbagai negara. Ini akan memberi kamu fleksibilitas maksimal.

Dukungan sistem operasi

Ini cukup jelas: kamu menginginkan layanan VPN yang berfungsi dengan sistem operasi di laptop, handphone, desktop, atau tablet kamu. Untungnya, layanan berbayar cenderung berfungsi di semua sistem operasi utama. Menemukan penyedia VPN yang bekerja dengan sistem operasi perangkat kamu seharusnya tidak sulit.

Apakah penyedia menawarkan VPN seluler?

Kamu mungkin mengerti bahwa kamu memerlukan perlindungan privasi VPN saat kamu mengakses web melalui laptop atau desktop kamu. Tetapi banyak dari kita menghabiskan banyak waktu mengunjungi situs web, menonton video, dan bermain game online melalui handphone kita. Karena itu, penting untuk mengandalkan layanan VPN saat menggunakan handphone.

Untungnya sebagian besar penyedia VPN, terutama yang mengenakan biaya menawarkan layanan seluler. Menemukan layanan VPN yang dapat melindungi ponsel dan tablet kamu, seharusnya tidaklah sulit.

Berapa banyak perangkat yang dapat terhubung ke VPN sekaligus?

Pikirkan berapa banyak perangkat di rumah kamu yang terhubung ke internet. Kamu memiliki laptop, tablet, handphone, dan asisten suara. Kamu bahkan mungkin memiliki peralatan pintar yang mengakses web.

Itulah mengapa penting untuk bekerja dengan penyedia VPN yang memungkinkan beberapa perangkat terhubung sekaligus. Dengan begitu, kamu dapat merutekan laptop dan tablet anak kamu melalui VPN secara bersamaan.

Beberapa penyedia VPN mungkin menawarkan paket berbeda yang memungkinkan jumlah koneksi simultan yang lebih banyak atau lebih sedikit. Secara umum, kamu dapat mengharapkan untuk membayar lebih untuk jumlah koneksi yang lebih banyak. Penyedia layanan VPN teratas memungkinkan kamu menghubungkan 10 perangkat atau lebih secara bersamaan.

Apakah VPN memblokir iklan?

Iklan pop-up bisa mengganggu dan berbahaya. Mereka dapat memperlambat kecepatan browsing dan mengacaukan layar kamu saat kamu mencoba menonton video atau membaca artikel di internet. Lebih buruk lagi, penjahat dunia maya sering menggunakan iklan pop-up. dan jika kamu mengkliknya komputer kamu akan terinfksi malware.

Itulah mengapa pemblokir iklan sangat penting: Adblocker membantu mencegah iklan muncul di layar kamu saat kamu browsingi web. Fitur ini dapat meningkatkan kecepatan memuat halaman web lebih cepat dan membantu menjaga perangkat kamu tetap aman dari iklan yang penuh dengan malware.

Kamu menginginkan layanan VPN yang memblokir iklan, lalu. Sekali lagi, sebagian besar layanan VPN berbayar dapat melakukan ini. Dan kamu dapat melihat bahwa setiap penyedia VPN dalam daftar kami memblokir iklan.

Apakah VPN memiliki tombol kill switch?

Bagaimana jika koneksi kamu dengan penyedia VPN kamu terputus? Biasanya, laptop, handphone, atau perangkat lain kamu akan kembali ke alamat Protokol Internet publik yang disediakan oleh Penyedia Layanan Internet rumah kamu. Ini berarti bahwa pengintai kemudian dapat melacak aktivitas online kamu dan melihat alamat IP kamu hingga kamu terhubung kembali dengan penyedia VPN kamu.

Beberapa penyedia VPN menawarkan fitur tombol kill switch untuk menangani hal ini. Jika koneksi VPN terputus, tombol pemutus dirancang untuk langsung memutuskan koneksi kamu ke internet. Dengan cara ini, alamat IP dan aktivitas online kamu tidak terlihat oleh orang lain.

Apakah VPN mencatat data pengguna?

Layanan VPN berbayar biasanya menjanjikan bahwa mereka tidak akan mencatat data kamu. Jika penyedia VPN kamu mencatat atau melacak aktivitas kamu secara online, apa yang menghentikannya dari berbagi atau menjual riwayat browsing kamu dengan bisnis atau lembaga pemerintah suatu hari?

Pencatatan data adalah alasan mengapa banyak pakar teknologi merekomendasikan agar konsumen menghindari layanan VPN gratis. Layanan tersebut mungkin mencatat data kamu dan kemudian menjualnya kepada orang lain sebagai cara untuk menghasilkan uang karena mereka tidak mengumpulkan langganan bulanan.

Ingat, tujuan VPN adalah untuk melindungi privasi online kamu. Jadi bijaksana untuk mempertimbangkan penyedia VPN yang tidak mencatat data.

Istilah Asing di VPN

Mempelajari VPN mungkin tampak membutuhkan kosa kata khusus. Berikut definisi beberapa istilah paling umum yang akan kamu lihat.

AES encryption

Enkripsi sangat penting untuk membantu menjaga data kamu tidak terbaca oleh hacker, perusahaan swasta, dan mungkin oleh lembaga pemerintah. Enkripsi mencampuradukkan data kamu sehingga orang lain tidak dapat memahaminya tanpa kunci dekripsi tertentu. AES, singkatan dari Advanced Encryption Standard, adalah metode enkripsi yang dikembangkan oleh kriptografer Belgia Joan Daemen dan Vincent Rijmen. Pada tahun 2002, AES menjadi standar federal AS untuk enkripsi. Sejak itu telah menjadi bentuk standar enkripsi untuk seluruh dunia.

Browser history

Catatan semua aktivitas internet kamu menggunakan browser web tertentu, termasuk kata kunci yang kamu cari dan situs web yang kamu akses.

Geo-restrictions

Salah satu alasan utama pengguna mengandalkan VPN? Mereka ingin menghindari pembatasan geografis. Pembatasan ini sering diberlakukan oleh perusahaan hiburan yang hanya ingin mendistribusikan konten ke wilayah tertentu. Misalnya, Netflix mungkin menawarkan konten di Amerika Serikat yang tidak ditampilkan di Indonesia.

Dengan menggunakan VPN dengan alamat IP yang berbasis di Amerika, pemirsa Indonesia dapat mencoba mengakses program Netflix yang tidak tersedia di negara asalnya. Layanan VPN dan sambungan VPN menyembunyikan lokasi pembuatan sambungan Internet sebenarnya. Periksa perjanjian layanan streaming kamu untuk Ketentuan Layanannya, dan perhatikan juga bahwa beberapa negara mungkin memiliki hukuman karena menggunakan VPN untuk menghindari aturannya.

Google search history

Catatan dari semua pencarian internet kamu menggunakan mesin pencari Google.

IP address

IP adalah singkatan dari Internet Protocol, dan alamat IP adalah rangkaian angka dan titik yang mengidentifikasi komputer yang menggunakan Internet Protocol untuk mengirim dan menerima data melalui jaringan.

Ipsec

IPsec adalah serangkaian protokol, atau aturan, yang digunakan jaringan pribadi virtual untuk mengamankan koneksi pribadi antara dua titik, biasanya perangkat seperti laptop atau handphone dan Internet. Tanpa protokol ini, VPN tidak akan dapat mengenkripsi data dan memastikan privasi data pengguna. Nama IPsec adalah singkatan dari Internet Protocol Security.

ISP

Kependekan dari Internet Service Provider, ini adalah layanan yang kamu bayar untuk menyambung ke internet. ISP dapat merekam riwayat browsing kamu dan mungkin dapat menjualnya kepada pihak ketiga, untuk pemasaran atau tujuan lain.

Kill switch

Pengguna mendaftar dengan penyedia VPN untuk privasi online dan keamanan data. Tetapi apa yang terjadi jika koneksi jaringan penyedia VPN gagal? Komputer atau handphone kamu akan secara default kembali ke alamat IP publik yang disediakan oleh ISP kamu. Artinya, aktivitas online kamu sekarang dapat dilacak. Namun Kill switch mencegah hal ini terjadi. Jika koneksi penyedia VPN kamu gagal, fitur tombol pemutus memutuskan koneksi kamu ke Internet sepenuhnya. Dengan cara ini, aktivitas online kamu tidak akan dipantau oleh orang lain. Tidak semua penyedia VPN menawarkan fitur ini.

L2TP

L2TP adalah singkatan dari Layer 2 Tunneling Protocol, dan merupakan serangkaian aturan yang memungkinkan penyedia layanan internet mengizinkan VPN. L2TP sendiri, tidak mengenkripsi data, jadi tidak memberikan privasi lengkap bagi pengguna. Itulah mengapa L2TP biasanya digunakan dengan IPsec untuk membantu melindungi privasi online pengguna.

Public Wi-Fi

Jaringan Wi-Fi di tempat umum yang memungkinkan kamu menghubungkan komputer atau perangkat lain ke internet. Wi-Fi publik seringkali tidak terlindungi dan berpotensi dapat diakses oleh hacker.

Search engines

Sebuah layanan yang memungkinkan kamu mencari informasi menggunakan kata kunci di internet. Banyak mesin pencari populer mencatat riwayat pencarian kamu dan dapat menghasilkan uang dari informasi itu.

Service provider

Perusahaan yang menyediakan jaringan pribadi virtual pada dasarnya merutekan koneksi kamu melalui server jarak jauh dan mengenkripsi data.

Simultaneous connections

Kamu mungkin memiliki banyak perangkat yang terhubung ke internet dalam satu waktu, mulai dari handphone hingga laptop hingga komputer desktop di kantor rumah kamu. Banyak penyedia VPN sekarang menawarkan perlindungan untuk semua koneksi internet simultan kamu dengan satu akun.

Virtual private network

VPN memberi kamu privasi dan anonimitas online dengan membuat jaringan pribadi dari koneksi internet publik. Ini menutupi alamat protokol internet kamu untuk menjaga tindakan online kamu tetap pribadi. VPN menyediakan koneksi yang aman dan terenkripsi untuk memberikan privasi dan keamanan yang lebih besar untuk data yang kamu kirim dan terima.

VPN connection

Koneksi jaringan pribadi virtual memungkinkan kamu mengakses internet melalui server jarak jauh, menyembunyikan lokasi aktual dan riwayat browser kamu, dan mengenkripsi data kamu.

VPN privacy

Ini mengacu pada privasi yang disediakan oleh penggunaan VPN. Misalnya, VPN mengenkripsi data kamu, menyamarkan lokasi kamu, dan menyembunyikan riwayat browsing kamu dan data yang kamu kirimkan melalui internet.

VPN clients

Klien VPN memudahkan pengguna untuk terhubung ke jaringan VPN. VPN clients sebenarnya adalah aplikasi yang diinstal di komputer, ponsel, atau tablet kamu. Sistem operasi yang paling umum, seperti Android, Windows, dan iOS, sudah dilengkapi dengan aplikasi klien VPN yang sudah diinstal sebelumnya. Namun, banyak pengguna memilih untuk menggunakanklien VPN pihak ketiga yang menawarkan fitur dan antarmuka pengguna yang berbeda.

VPN protocols

Protokol VPN mirip dengan sekumpulan instruksi. Penyedia VPN menggunakan protokol ini untuk memastikan bahwa pengguna dapat terhubung dengan aman ke jaringan pribadi virtual. Ada beberapa protokol VPN yang tersedia, semuanya dengan kekuatan dan kelemahannya masing-masing. OpenVPN adalah salah satu protokol yang populer. Pengguna menyukai OpenVPN karena aman dan berfungsi dengan sebagian besar sistem operasi. Kelemahan terbesar OpenVPN adalah kecepatan koneksi yang lebih lambat daripada protokol lain.

VPN provider

Sama dengan layanan VPN, ini adalah layanan yang kamu daftarkan yang memungkinkan kamu terhubung ke jaringan pribadi virtual dengan memberikan alamat IP sementara yang menyembunyikan alamat kamu yang sebenarnya.

VPN server

Layanan VPN memungkinkan kamu terhubung ke internet melalui server jarak jauh yang mereka miliki atau aksesnya. Ini menyamarkan lokasi kamu.

VPN service

Layanan yang kamu daftarkan memungkinkan kamu terhubung ke jaringan pribadi virtual dengan memberikan alamat IP sementara yang menyembunyikan alamat kamu yang sebenarnya.

VPN tunnel

Terkadang kamu mungkin mendengar jaringan pribadi virtual kamu disebut sebagai VPN tunnel. Ini hanyalah nama lain untuk koneksi terenkripsi antara perangkat kamu – laptop, ponsel, tablet, atau komputer desktop – dan internet. Kamu dapat membuat terowongan VPN di rumah atau di Wi-Fi publik. Setelah kamu menggunakan terowongan VPN untuk terhubung ke internet, ISP kamu, perusahaan swasta, atau pemerintah tidak dapat lagi melihat situs yang kamu jelajahi atau link yang kamu klik. Tunnel VPN juga menyembunyikan alamat IP kamu. Alih-alih menunjukkan lokasi kamu yang sebenarnya, situs yang kamu jelajahi hanya akan mendaftarkan lokasi penyedia VPN yang kamu gunakan untuk bekerja.

VPN web browser

browser web yang menyertakan layanan VPN bawaan, memungkinkan kamu menyembunyikan aktivitas browsing kamu di internet.

Pertanyaan Umum Tentang VPN

Apa itu VPN dalam istilah sederhana?

Jaringan pribadi virtual, lebih dikenal sebagai VPN, melindungi identitas dan aktivitas browsing kamu dari hacker, bisnis, lembaga pemerintah, dan pengintai lainnya. Saat terhubung ke internet, data dan alamat IP kamu disembunyikan oleh terowongan virtual. Ini mencegah orang lain memata-matai aktivitas online kamu.

Bagaimana cara kerja VPN?

Saat kamu mendaftar pada penyedia VPN, kamu terlebih dahulu masuk ke layanan itu sebelum kamu terhubung ke internet. Setelah kamu terhubung, orang lain tidak dapat melihat aktivitas kamu. Penyedia VPN kamu akan mengenkripsi data kamu, mengacaknya sehingga hacker, lembaga pemerintah, dan bisnis tidak dapat melihat situs web apa yang kamu kunjungi, pesan yang kamu kirim, situs media sosial yang kamu gunakan, atau file yang kamu unduh.

Apakah menggunakan VPN aman?

VPN berkualitas adalah cara yang lebih aman untuk browsing di internet. Tanpa VPN, aktivitas browsing dan pengunduhan kamu dapat dilihat oleh hacker, pengintai, dan penjahat dunia maya. Seorang hacker dapat menyadap pesan email kamu, mengambil data pribadi seperti nomor KTP kamu, atau mengungkap kata sandi perbankan online atau kartu kredit kamu. Semua ini dapat membuat kamu terkena pencurian atau penipuan identitas. Itulah mengapa login ke VPN, yang melindungi privasi kamu, adalah salah satu cara teraman untuk browsingi web.

Apakah VPN legal?

VPN tidak ilegal di Amerika Serikat. Namun, tidak semua negara memiliki undang-undang yang sama terkait layanan ini. Misalnya, Cina, Rusia, dan Korea Utara mengatur atau melarang VPN. Kamu juga harus tahu bahwa jika kamu melakukan tindakan ilegal secara online menggunakan VPN, tindakan itu masih ilegal. Pelanggan sering menggunakan VPN agar mereka dapat melakukan streaming acara olahraga dan acara TV yang mungkin diblokir dari akses di wilayah mereka sendiri. Menggunakan VPN untuk berpura-pura masuk ke internet dari lokasi berbeda dapat melanggar perjanjian layanan layanan streaming.

Apakah VPN gratis aman?

Kamu dapat memilih dari banyak VPN gratis. Ini bisa berguna jika anggaran kamu terbatas. Namun, ketahuilah bahwa layanan VPN gratis mungkin tidak menyediakan jenis privasi browsing yang sama dengan yang ditawarkan layanan berbayar. VPN gratis entah bagaimana harus menghasilkan uang. Mereka mungkin melakukan ini dengan melacak dan mengumpulkan data browsing kamu dan menjualnya ke pihak ketiga, seperti pengiklan. VPN gratis mungkin lebih mudah bagi dompet kamu, tetapi menggunakannya mungkin membahayakan sebagian privasi kamu.

Apa saja kelemahan VPN?

Tidak terlalu banyak hal negatif dalam menggunakan VPN. Yang mungkin? VPN dapat menyebabkan koneksi internet yang sedikit lebih lambat. Itu karena VPN mengenkripsi data yang kamu kirim dan terima, yang dapat mengakibatkan kelambatan saat kamu browsing internet atau mengunduh file.
Haruskah saya menggunakan VPN di rumah?

VPN sangat berguna saat kamu browsingi web melalui Wi-Fi publik, baik kamu berada di kedai kopi, lobi hotel, atau perpustakaan umum. Tetapi VPN juga dapat melindungi privasi kamu saat kamu di rumah, menjaga browsing kamu tetap aman dari mata-mata. Kamu juga dapat menggunakan VPN untuk mengakses konten streaming dari rumah kamu yang mungkin terkunci di wilayah kamu.

Apakah VPN menyembunyikan alamat IP kamu?

Dengan VPN, kamu masuk ke internet melalui penyedia lain. Ini menyembunyikan alamat IP kamu yang sebenarnya. Jika seseorang mencoba memata-matai aktivitas browsing kamu, orang itu hanya akan melihat alamat IP dari salah satu server penyedia kamu, bukan milik kamu.

Bisakah kamu dilacak jika kamu menggunakan VPN?

Penyedia VPN kamu harus mengenkripsi data yang kamu kirim dan terima data kamu dan menyembunyikan alamat IP kamu. Artinya, penjahat, hacker, dan lainnya tidak akan dapat melacak aktivitas online kamu. Namun, penyedia layanan internet kamu yang juga dikenal sebagai ISP kamu dapat menentukan apakah kamu menggunakan VPN dengan melihat alamat IP kamu. Jika tidak cocok, penyedia kamu akan tahu bahwa kamu menggunakan VPN saat menghubungkan ke internet. Untungnya, penyedia layanan internet kamu masih tidak dapat melacak aktivitas browsing kamu jika kamu menggunakan VPN.

Haruskah saya mengaktifkan terus VPN saya?

Jika kamu menginginkan perlindungan maksimal, kamu harus membiarkan VPN kamu menyala setiap saat. Kamu sebaiknya membiarkan VPN kamu aktif saat kamu masuk ke internet menggunakan Wi-Fi publik. Koneksi ini terkenal tidak aman, memberikan target yang menggoda bagi hacker dan penjahat dunia maya. Kamu juga harus menggunakan VPN setiap kali kamu masuk ke kartu kredit atau akun perbankan online kamu. Kamu tidak ingin mengungkapkan informasi keuangan sensitif ini kepada pencuri online.

Dapatkah penyedia internet kamu melihat riwayat kamu dengan VPN?

Jika kamu terhubung ke internet melalui VPN, penyedia layanan internet kamu tidak dapat melihat riwayat browsing dan download kamu. Itulah salah satu manfaat utama VPN: menjaga kerahasiaan riwayat browsing kamu dari penyedia layanan internet kamu.

Apakah VPN kamu menguras baterai?

VPN akan menghabiskan lebih banyak daya baterai kamu saat aktif. Ini bisa menjadi masalah saat kamu menggunakan VPN dengan handphone. Banyak VPN memang dilengkapi dengan fitur “penghemat daya”. Ini secara otomatis mematikan VPN kamu saat layar perangkat kamu mati. Kemudian, saat kamu menghidupkan kembali perangkat kamu, VPN secara otomatis juga menyala kembali.

Apakah menggunakan VPN aman untuk perbankan?

Karena VPN mengenkripsi data yang kamu kirim, seperti saat kamu memasukkan kredensial log-in, VPN dapat melindungi kamu saat kamu mengunjungi portal online bank kamu. Hacker tidak akan dapat melihat informasi login kamu jika kamu sejak awal terhubung ke VPN. Ini sangat membantu jika kamu harus mengakses bank online kamu melalui koneksi Wi-Fi publik. Kamu hanya boleh login ke Wi-Fi publik dalam keadaan darurat karena koneksi online semacam itu sangat rentan terhadap hacker. Tetapi dengan login ke Wi-Fi publik melalui VPN, kamu dapat memblokir aktivitas browsing kamu dari penjahat dunia maya, hacker, dan mata-mata lainnya.