5 Aplikasi Audio Visualizer Terbaik untuk PC

Visualisator Musik Terbaik - Magic Music Visuals

Musik merupakan kategori video yang paling banyak dilihat di YouTube, karena jutaan orang di seluruh dunia menggunakan platform YouTube untuk menemukan atau menemukan musik yang mereka sukai.

Membuat video musik yang benar-benar menonjol diantara konten sejenis memang tidaklah mudah, tetapi jika kamu bukan pembuat film profesional, dan kamu hanya ingin membuat video dengan cepat, kamu dapat mencoba membuat video musik yang kamu bagikan di jejaring sosial dengan aplikasi visualizer musik.

Sebagian besar visualisator musik yang dapat kamu temukan secara online, yang mana memungkinkan kamu untuk memilih templat spektrum audio yang tepat, memilih gaya visualisasi atau bahkan menambahkan logo atau link ke akun media sosial kamu.

Pada artikel ini kami akan membawa kamu melalui lima visualisator musik terbaik yang dapat kamu gunakan untuk membuat video musik yang akan mendapatkan banyak like dan share di media sosial.

Apa itu Visualisasi Musik?

Konversi suara menjadi efek visual sering disebut sebagai visualisasi musik, dan sejak pertengahan 1970 sejumlah aplikasi pemutar media dan elektronik yang berbeda telah digunakan untuk menghasilkan gambar animasi dari komposisi musik.

Teknik yang digunakan untuk memvisualisasikan suara dapat bervariasi dari yang sangat sederhana seperti simulasi tampilan osiloskop, hingga yang sangat kompleks yang melibatkan sejumlah efek komposit.

Pemutar media seperti Winamp atau VLC memiliki fitur visualisasi suara bawaan yang didasarkan pada spektrum frekuensi suara lagu. Hampir semua visualisasi musik berlangsung secara real time, dimana menjadi alasan mengapa seniman VJ sering menggunakan aplikasi visualisasi musik untuk membuat karya seni mereka. Namun, selama beberapa dekade terakhir, visualisasi musik menjadi sangat populer. Saat ini kamu bahkan dapat memvisualisasikan lagu favorit kamu secara online, tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Visualisator Musik Terbaik

Jika kamu sudah memiliki musik yang ingin kamu visualisasikan, sekarang saatnya bagi kamu untuk mulai mencari beberapa visualisator musik terbaik yang ada saat ini. Hampir semua visualisator musik yang kami bahas pada artikel ini menawarkan versi uji coba gratis yang memiliki cakupan visualisasi dan opsi ekspor yang terbatas, tetapi memungkinkan kamu untuk melihat apakah visualisator musik tersebut memenuhi semua kebutuhan kamu.

Renderforest Music Visualizer

Visualisator Musik Terbaik Renderforest

Renderforest merupakan platform yang membantu penggunanya membuat konten visual secara online, bahkan untuk merancang seluruh situs web. Namun, untuk mulai memvisualisasikan musik dengan Renderforest, kamu harus terlebih dahulu mendaftar dan membuat akun kamu sendiri. Setelah itu, kamu hanya perlu memilih antara templat visualisasi dengan teks atau photo holder, lalu tambahkan nama artis dan judul lagu juga tambahkan foto atau video latar belakang.

Kamu kemudian dapat melanjutkan untuk memilih gaya visualisasi yang cocok dengan musik, pilih warnanya dan akhirnya upload lagu yang ingin kamu gunakan dalam video kamu. Setelah selesai, kamu cukup mengklik ikon Pratinjau dan Renderforest akan mengirimimu email yang berisi video visualisasi musik. Ingatlah bahwa semua video yang dibuat dengan versi gratis dari platform akan diberi watermark dan durasinya tidak dapat melebihi satu menit.

 

Videobolt Music Visualizer

Visualisator Musik Terbaik - Videobolt Music Visualizer

Koleksi templat visualisasi musik yang ditawarkan Videobolt Music Visualizer benar-benar mengesankan, karena kamu dapat memilih dari beragam templat selama proses pembuatan video. Namun kamu harus membeli salah satu paket berlangganan yang tersedia untuk dapat mengedit template yang kamu pilih dan mengekspor video yang watermark.

Setelah kamu memilih templat visualisasi musik, kamu cukup mengklik tombol Edit di bawahnya untuk mulai mengerjakan proyek kamu. Kamu dapat mengupload lagu dari komputer kamu atau menggunakan SoundCloud untuk mengimpor lagu yang ingin kamu visualisasikan ke dalam proyek.

Menambahkan sampul seni atau menggunakan variasi templat yang kamu pilih di awal dapat meningkatkan kualitas video kamu. Satu-satunya kekurangan adalah bahwa kamu tidak akan dapat menyesuaikan video yang diproduksi Videobolt Music Visualizer selama periode percobaan gratis.

 

Magic Music Visuals

Visualisator Musik Terbaik - Magic Music Visuals

VJ dan semua artis lain yang suka mixing suara dan gambar selama sesi live dapat menggunakan edisi Performer dari Magic Music Visuals. Edisi Studio menawarkan semua fitur yang diperlukan untuk pembuatan visualisasi live musik atau video musik. Kamu dapat menggunakan kedua edisi wizard untuk menghasilkan grafik 2D dan 3D yang bereaksi terhadap musik atau menggabungkan foto, file 3D, atau video.

Selain itu kamu dapat dengan mudah memasuki mode layar penuh dan memproyeksikan video kamu menggunakan layar LED atau proyektor. Magic Music Visual juga memungkinkan penggunanya untuk menggabungkan input audio dalam jumlah tak terbatas secara bersamaan, yang berarti kamu dapat menggabungkan dua atau lebih lagu dengan mudah. Aplikasi visualisasi musik ini memungkinkan kamu mengekspor video dalam format mov dan mp4, tetapi lamanya proses rendering tergantung pada berapa lama video yang dibuat dan pada kekuatan pemrosesan komputer yang kamu gunakan.

 

VSDC Video Editor Free

Visualisator Musik Terbaik - VSDC Video Editor Free

Memvisualisasikan musik hanyalah salah satu dari banyak fitur pengeditan video VDSC Video Editor yang ditawarkan secara gratis. Selain pembuatan video berdasarkan musik, kamu juga dapat menggunakan VSDC Video Editor Free untuk menstabilkan video yang direkam dengan kamera, meningkatkan warna dalam rekaman yang diambil dengan beragam kamera dan drone, membuat grafik 3D atau mengekspor video resolusi tinggi ke akun kamu di media sosial langsung dari aplikasi.

Visualizer audio editor berisi ratusan preset yang dapat kamu gunakan untuk membuat video musik yang menawan untuk lagu terbaru kamu. Selain fitur Spectrum yang menampilkan suara dalam rentang warna yang ditetapkan, VDSC Video Editor juga menawarkan opsi Abstraksi Audio yang menghasilkan bentuk abstrak berwarna-warni berdasarkan musik yang kamu pilih. Meskipun memvisualisasikan suara dengan aplikasi ini adalah proses yang menyenangkan dan sederhana, pembuat video tanpa pengalaman mengedit video mungkin perlu sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan tampilan aplikasi.

 

Adobe After Effects

Hampir tidak ada apa pun yang terkait dengan efek visual digital, animasi, atau mixing yang tidak dapat kamu lakukan di Adobe After Effects. Itulah mengapa tidak mengherankan bahwa kamu juga dapat menggunakan After Effects untuk memvisualisasikan musik, tetapi kamu harus memiliki setidaknya pengetahuan dasar tentang aplikasi ini agar dapat melakukannya.

Sebelum kamu dapat menerapkan efek Spectrum Audio, kamu harus terlebih dahulu membuat komposisi baru, menambahkan file suara ke komposisi itu dan mengatur durasinya. Jika tugas-tugas ini terdengar terlalu rumit, kamu harus meluangkan waktu dan perlahan-lahan mempelajari cara menggunakan fungsi dasar Adobe After Effects. Editor video yang berpengalaman dapat menggunakan pengaturan efek Audio Spectrum untuk mencoba berbagai gaya visualisasi musik dan mengeksplorasi cara-cara kreatif untuk membuat video menjadi lebih dinamis.

Kesimpulan

Pembuat konten media sosial, musisi, dan VJ dapat menghasilkan video yang memukau, dengan aplikasi visualisasi musik apa pun yang kami bahas di artikel ini. Visualizer musik apa yang paling kamu sukai untuk membuat video berdasarkan musik? Tinggalkan komentar di bawah dan beri tahu kami.