5+ Aplikasi Bantuan Teknis (Help Desk) Gratis & Open Source

Tiket yang terlewat, melanggar SLA, membuat pelanggan frustrasi, dan terkadang kehilangan mereka, semua tanda menunjukkan kebutuhan akan sistem yang lebih baik. Satu-satunya masalah adalah, anggaran tidak ada untuk membayar untuk sistem bantuan teknis atau bantuan teknis yang bagus. Untuk membantu Anda memulai, dan menghemat uang, berikut beberapa solusi aplikasi bantuan teknis gratis dan open source yang ada di pasaran saat ini.

Aplikasi Bantuan Teknik (Help Desk) Gratis Terbaik

1. Freshdesk

Aplikasi Bantuan Teknik (Help Desk) Gratis & Open Source Freshdesk

Dengan Freshdesk, Anda bisa mendapatkan kontrol yang baik pada keluhan pelanggan yang masuk melalui telepon, email, chat, Twitter dan Facebook atau bahkan aplikasi mobile! Anda dapat mengkonversi keluhan menjadi tiket, mengatur dan menetapkannya di antara tim, merespon secara massal untuk keluhan yang sering dilayangkan dan mendapatkan wawasan tentang masalah yang mempengaruhi layanan yang mereka dapatkan. Aplikasi ini sangat intuitif, dengan harga terjangkau, dan memiliki opsi gratis untuk tiga agen sehingga Anda bisa langsung memulai dan membuat pelanggan Anda bahagia.

 

2. Spiceworks

Aplikasi Bantuan Teknik (Help Desk) Gratis & Open Source Spiceworks

Pantau semua perangkat Anda dengan mudah dan di satu tempat. Dengan Spiceworks Network Monitor Anda dapat mengawasi server Anda dan perangkat SNMP seperti router dan switch dari satu dasbor. Anda bisa memiliki visibilitas total atas jaringan Anda, sehingga Anda dapat menangkap masalah yang dihadapi pengguna Anda, dan menjadi pahlawan IT yang Anda inginkan. Setelah jam kerja, bergantung pada peringatan email agar Anda memperbarui masalah penting yang mempengaruhi sistem Anda. Semua ini, dan gratis! Download sekarang.

 

3. C-Desk

Aplikasi Bantuan Teknik (Help Desk) Gratis & Open Source C-Desk

C-Desk merupakan aplikasi bantuan teknis gratis/ Helpdesk dengan banyak fitur untuk keseluruhan organisasi. Manajemen permintaan layanan (Tidak hanya untuk TI tapi untuk semua departemen) sehingga kategori layanan dapat diberikan kepada siapa saja dan dia mulai menerima permintaan yang diajukan oleh orang lain untuk kategori tersebut, pengelolaan aset (Manual) tidak hanya aset IT dan jaringan, knowledge base, galeri foto, papan pengumuman, log, active directory, dan Layanan pelanggan.

 

4. ngDesk

Aplikasi Bantuan Teknik (Help Desk) Gratis & Open Source ngDesk

ngDesk memiliki semua yang Anda harapkan, termasuk canned responses, obrolan pribadi agen ke agen, dan jadwal panggilan untuk agen. Kebijakan eskalasi otomatis khusus memungkinkan Anda memutuskan terlebih dahulu siapa yang Anda inginkan agar tiket di eskalasi dan interval waktu antara eskalasi untuk memastikan tiket yang tidak diketahui terus di eskalasi sampai seseorang yang ada di tim Anda merespon.

Dasbor ngDesk menampilkan beban kerja, laporan SLA, hari tersibuk, dan status pelanggan terbesar Anda secara real-time. Agen dapat bekerja terus melalui aplikasi mobile, dan mendapatkan pemberitahuan tentang tiket baru dan pembaruan tiket melalui telepon, email, atau SMS.

ngDesk juga memungkinkan Anda mengatur dan memonitor SLA yang berjalan melalui semua tiket di hel pdesk Anda dan memeriksanya terhadap SLA Anda pada interval yang telah ditentukan sebelumnya, dan memberi tentang SLA berisiko sebelum terlampaui atau terlambat.

 

5. osTicket

Aplikasi Bantuan Teknik (Help Desk) Gratis & Open Source osTicket

Dengan osTicket, Anda dapat menghubungkan SLA Anda dengan topik bantuan, departemen, atau filter tiket dan menyiapkan lansiran dan notifikasi terlambat saat Anda melewatkan tanggal jatuh tempo. Portal pelanggan berisi semua permintaan bantuan dan jawaban untuk akses di lain waktu.

 

7. OTRS Free

Aplikasi Bantuan Teknik (Help Desk) Gratis & Open Source OTRS Free

OTRS Free menawarkan notifikasi email saat tiket dibuat dan diubah. Tiket dapat diurutkan berdasarkan status, seperti waktu eskalasi, SLA, layanan, atau jenis prioritas yang baru, masih open, sudah dilihat, telah di eskalasi, tertunda, dalam proses, atau diprioritaskan. Sistem melaporkan jumlah tiket dan waktu pemrosesan.

 

8. Mantis Bug Tracker

Aplikasi Bantuan Teknik (Help Desk) Gratis & Open Source Mantis Bug Tracker

Mantis Bug Tracker paling umum digunakan untuk melacak cacat(defects) pada aplikasi, Mantis Bug Tracker juga merupakan aplikasi bantuan teknis open source yang bagus. Mantis Bug Tracker cukup dapat dikonfigurasi dan menawarkan kemampuan bagi agen untuk menentukan notifikasi email yang mereka inginkan, misalnya dengan menetapkan filter untuk menentukan level minimum tingkat masalah untuk menerima notifikasi. Berbagai tingkat akses dapat diberikan kepada pengguna yang berbeda, dan perubahan pada tiket dicatat dalam jalur audit.

 

4. Bugzilla

Aplikasi Bantuan Teknik (Help Desk) Gratis & Open Source Bugzilla

Bugzilla memang tidak memiliki tampilan dan fitur yang mewah. Anda tidak bisa menilai tiket sesuai dengan kepentingan atau kode warnanya. Tapi kekurangan fitur itu juga berarti antarmuka yang bersih, sederhana, mudah digunakan. Bugzilla memang memiliki beberapa fitur canggih, seperti penelusuran lanjutan yang dapat mengingat penelusuran Anda, dan profil pengguna yang dapat diedit. Preferensi email dan izin bug bersifat komprehensif.

 

Kesimpulan

Jika sudah waktunya untuk sistem yang lebih baik namun anggaran tidak muncul, lihat beberapa opsi diatas untuk meningkatkan alur kerja layanan pelanggan Anda. Dan jika Anda memutuskan sudah saatnya menginvestasikannya. Sudahkah anda menggunakan produk yang disarankan? Apa yang anda pikirkan? Apakah ada opsi bantuan teknis open source atau gratis lainnya yang kami lewatkan? Silakan tulis di kolom komentar.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.