11 Aplikasi CMMS Gratis dan Open Source Terbaik

CMMS adalah paket aplikasi yang dikhususkan untuk mengelola database informasi mengenai operasi pemeliharaan dalam sebuah organisasi.

Informasi tersebut dimaksudkan untuk membantu pekerja atau staf pemeliharaan melakukan pekerjaan mereka agar lebih efektif (misalnya, menentukan mesin mana yang memerlukan perawatan dan ruang penyimpanan mana yang memiliki suku cadang yang mereka butuhkan) dan untuk membantu manajemen membuat keputusan yang tepat (misalnya, menghitung biaya perbaikan kerusakan mesin disamping pemeliharaan preventif untuk setiap mesin, yang mungkin mengarah pada alokasi sumber daya yang lebih baik).

Meskipun ada banyak pilihan produk aplikasi pemeliharaan dan CMMS yang ada di pasaran, hanya sedikit yang gratis atau open source. Versi gratis aplikasi CMMS sering kali disertai keterbatasan, namun ini biasanya bukan rintangan utama bagi bisnis kecil. Pilihan open source murni dapat disesuaikan agar sesuai dengan bisnis apa pun.

Berikut adalah beberapa pilihan bagi bisnis yang ingin mendapatkan dan menggunakan CMMS tanpa menghabiskan banyak uang.

Aplikasi CMMS Gratis

CalemEAM

Aplikasi CMMS Gratis CalemEAM

CalemEAM adalah software open source CMMS yang ditujukan untuk bisnis tingkat enterprise. Namun, perusahaan menempatkan akarnya dalam komunitas open source dan menawarkan Community Edition secara tepat. Edisi Komunitas memiliki beberapa keterbatasan dan tidak memiliki akses ke fitur paling kuat yang ditawarkan oleh edisi Calem Enterprise, namun sangat sesuai untuk bisnis kecil.

Edisi Komunitas kehilangan hal-hal seperti kiriman permintaan layanan email, peringatan untuk pelanggaran SLA, dan fungsi multisite. Perbedaan utama lainnya adalah semua anggota yang mendownload edisi komunitas memiliki akses yang sama, jadi jika Anda ingin membatasi beberapa pengguna, Anda kurang beruntung.

Link Website

 

Comma CMMS

Aplikasi CMMS Gratis Comma CMMS

Tidak seperti pendahulunya, Comma bukan open source, tapi memang menawarkan versi gratis yang powerful. Satu-satunya ketentuan untuk bisa menggunakan aplikasi ini adalah Anda harus mendaftar di situs mereka, dan mereka menjanjikan “milis email dengan intensitas yang rendah dengan tidak lebih dari satu buletin sebulan.”

Setelah mendaftar, Anda mendapatkan akun satu pengguna yang dapat mengelola satu lokasi. Di lokasi itu, Anda dapat mengelola jumlah aset dan pesanan kerja yang tidak terbatas. Seperti kebanyakan pilihan gratis, dukungan untuk versi ini berbasis komunitas, tapi itu biasanya cukup untuk bisnis kecil.

Link Website

 

Fiix

Aplikasi CMMS Gratis Fiix

Di sisi open source Anda masih bisa menemukan pilihan gratis, seperti yang dibawakan oleh Fiix. Fiix menawarkan kepada pengguna versi gratis, yang melayani bisnis pengguna tunggal dengan seperangkat item terbatas untuk dikelola (tidak lebih dari 20).

Anda juga akan terbatas pada sepuluh tugas perawatan terjadwal per bulan, 500 item inventaris, dan 25 pesanan kerja per bulan. Anda tetap dapat membuat tag aset, mengintegrasikan pelacakan aset dengan Google Maps, dan menggunakan aplikasi seluler gratis perusahaan untuk berinteraksi dengan CMMS.

Karena CMMS berbasis cloud, Anda juga akan mendapatkan 250 MB penyimpanan di server Fiix, yang seharusnya bagus untuk mengelola 20 aset yang akan Anda tangani. Ada lebih banyak keterbatasan di sini daripada di openMAINT.

Link Website

 

openMAINT

Aplikasi CMMS Gratis openMAINT

openMAINT menyediakan semua fungsi inti yang Anda harapkan dari sebuah CMMS. Anda dapat melacak semua aset Anda, menjadwalkan perawatan, menerima pesanan kerja, dan membagi tugas kepada karyawan Anda.

Semua fitur tersebut diikat bersamaan dengan menggunakan serangkaian alur kerja, yang juga fleksibel. Jika tim Anda mengirimkan permintaan melalui tiga poin berbeda sebelum mencapai tujuan akhir, Anda dapat membuat openMAINT mengikuti jalur itu.

openMAINT adalah pilihan paling terbuka yang tercantum di sini, karena tidak memiliki batasan penggunaan apapun. Jika Anda memiliki beberapa programmer di tim Anda, openMAINT bisa dimodifikasi menjadi menjadi apa yang Anda inginkan.

Link Website

 

CWorks Basic

CWorks membuat versi bagus yang hanya bisa digunakan oleh satu pengguna. Anda tidak akan mendapatkan fitur yang sama dengan yang Anda dapatkan dari versi berbayar, namun Anda tidak bisa mengalahkan harganya (atau kekurangannya). Keistimewaan CWorks adalah perawatan preventif, jadi jika mengurangi downtime merupakan prioritas Anda, CWorks Basic bisa menjadi pertimbangan yang bagus.

Link Download

 

gnuMims

gnuMims adalah pilihan aplikasi CMMS gratis tanpa embel-embel lainnya. gnuMims menawarkan manajemen aset, manajemen beban kerja, manajemen persediaan, dan pelaporan dasar. Tampilan penggunanya cukup intuitif.

Link Website

 

Norfello CMMS

Jika Anda bisa pemrograman dan hanya menginginkan beberapa fungsi, Norfello adalah pilihan bagus lainnya. software ini belum diperbarui dalam beberapa tahun, namun masih patut dicoba. Pengembang aplikasi ini Tuomas Rusila, merupakan pendiri vainu.io, alat penjualan B2B yang sukses.

Link Website

 

UpKeep

Aplikasi CMMS Gratis UpKeep

UpKeep gratis tapi hanya untuk 25 pesanan kerja / pekerjaan. UpKeep memang sangat terbatas, namun fitur UpKeep membuatnya tetap berharga. Terdapat pelatihan dalam bentuk tutorial website, dan dukungan teknis via email.

Anda bisa mengakses 16 fitur premium di versi gratis, mulai dari upload video sampai kemampuan mengekspor. Impresif.

Link Website

 

Apache OfBiz

Apache OfBiz tidak dirancang secara khusus sebagai CMMS, namun dapat menangani manajemen pemeliharaan dasar. Apache OfBiz dirancang agar pemeliharaan dapat terukur, yang mungkin berguna jika Anda berada di bisnis kecil dan menengah, dan ingin tumbuh lebih jauh.

Link Website

 

Maintenance Care

Aplikasi CMMS Gratis Maintenance Care

Maintenance Care merupakan aplikasi hebaat yang mencakup paket perawatan dan tender loving care (TLC). Jadi, masuk akal untuk menyertakan solusi CMMS gratis seperti Maintenance Care.

Anda akan mendapatkan semua fitur dasar yang Anda perlukan untuk memulai, mulai dari permintaan pesanan pekerjaan secara online hingga pelaporan dasar yang akan memberi tahu Anda seberapa baik Anda merespons pesanan tersebut. Seperti banyak pilihan gratis, tidak ada dukungan pelanggan, dan pilihan perawatan gratis Care Care hanya bagus untuk satu pengguna dan satu fasilitas.

Namun, jika Anda melakukan tindakan sendiri, atau ingin menguji kemampuan anda, Maintenance Care adalah aplikasi yang tepat untuk memulai.

Link Website

 

MP Software CMMS

Aplikasi CMMS Gratis MP Software CMMS

MP Software juga menawarkan versi gratis dari software CMMS mereka. Seperti banyak software gratis lainnya dalam daftar ini, MP Software CMMS terbatas pada satu pengguna, tapi itu bagus untuk satu orang yang melakukan perawatan, atau cara terbaik untuk melihat bagaimana CMMS dapat mengoptimasi rencana perawatan Anda.

Satu pembatasan penting yang perlu diingat adalah pada versi gratis terbatas pada komputer yang Anda gunakan untuk mendaftar ke paket yang ada. Anda harus membeli lisensi jika Anda ingin mengakses aplikasi dari komputer lain. Sekali lagi, ini semua masalah berapa banyak orang yang Anda miliki. Jika Anda memiliki satu pengguna dan satu komputer, MP Software CMMS mungkin semua yang Anda butuhkan.

Link Website

 

Penutup

Bahkan saat Anda memilih opsi CMMS gratis, Anda harus mengingat waktu dan biaya sumber daya yang sesuai dengan penerapannya. Waktu pelatihan karyawan tidak gratis, dan jika Anda tidak puas dengan pilihan Anda, Anda harus mulai dari awal. Di sisi lain, keindahan sistem gratis adalah kemampuan untuk mencobanya di tempat yang kecil tanpa kehilangan banyak waktu dan uang.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.