10 Aplikasi Desain Huruf Gratis Terbaik

Aplikasi Desain Huruf Gratis Terbaik - BirdFont

Huruf atau Font memberikan bentuk yang kuat pada konten, dan dapat mempengaruhi cara konten dipahami dan ditafsirkan. Saat ini, tipografi sangat penting (dan populer sebagai topik) dalam konteks desain web responsif. Ada begitu banyak huruf bagus dan gratis yang tersedia secara online, tetapi bagaimana jika kamu ingin memodifikasinya atau membuat huruf kamu sendiri?

Berikut adalah Aplikasi desain huruf gratis untuk membuat huruf kamu sendiri.

FontArk

Aplikasi Desain Huruf Gratis Terbaik - FontArk

FontArk adalah pembuat huruf berbasis browser yang memungkinkan kamu menggambar untuk membuat huruf kamu sendiri. Fitur paling praktis adalah “Outline Generator” yang secara otomatis membuat outlines di sekitar gambar kamu. Kamu nantinya dapat menyesuaikannya untuk mengubah ketebalan dan kebulatan huruf. Kamu dapat mengubah beberapa karakter sekaligus untuk memastikan konsistensi. Untuk jenis huruf khusus, FontArk menawarkan mode Jenis Logo dan Ikon. Huruf yang dibuat dapat diekspor sebagai file OTF, dan kamu dapat melihat tampilannya dalam pratinjau.

FontArk memiliki banyak tutorial dan panduan video untuk pemula, menjelaskan langkah-langkah dasar untuk membuat huruf. Desainer dan pengguna berpengalaman akan menghargai seluruh rangkaian alat canggih yang juga dimiliki FontArk. Tidak kurang pentingnya, ada templat yang dapat kamu modifikasi untuk membuat sesuatu yang sama sekali baru.

Link Website

PaintFont

Aplikasi Desain Huruf Gratis Terbaik - PaintFont

PaintFont adalah alat berbasis web sederhana yang mengambil semua pekerjaan yang harus kamu lakukan dan memberi kamu huruf yang sudah selesai berdasarkan tulisan tangan kamu. Cukup download template (file PDF atau PNG) dan isi, baik dengan tangan atau dengan aplikasi pengedit gambar seperti Gimp, Photoshop, atau bahkan Paint. Kemudian unggah kembali ke PaintFont menggunakan salah satu dari beberapa format yang didukung (PDF, PNG, TIFF atau JPG). File yang kamu unggah akan diproses dan kamu akan mendapatkan huruf OTF atau TTF gratis. Dengan PaintFont kamu tidak memiliki banyak kendali atas proses kreatif seperti dengan alat lain dalam daftar ini, tetapi ini adalah solusi praktis jika kamu hanya menginginkan huruf dengan sangat cepat.

Link Website

BirdFont

Aplikasi Desain Huruf Gratis Terbaik - BirdFont

BirdFont tidak hanya gratis, tetapi juga open source, dan BirdFont adalah alat desktop yang terdokumentasi dengan baik untuk membuat huruf. Tampilan dibagi menjadi tab di atas, area utama di tengah, dan sidebar dengan alat yang dikelompokan berdasarkan fungsi dan dijelaskan di sini.

Untuk membuat huruf, kamu dapat menggambar di grid, mengimpor ikon SVG untuk membuat huruf ikon, atau menggambar huruf dengan tangan di aplikasi lain (atau bahkan di atas kertas), lalu mengimpor gambar itu ke BirdFont sebagai latar belakang dan menggambar di atasnya. BirdFont dapat mengimpor gambar dari Inkscape dan Adobe Illustrator, dan mengekspor proyek yang sudah selesai sebagai huruf TTF, EOT dan SVG. Tutorial langkah demi langkah dapat ditemukan di situs web resmi.

Link Website

FontForge

Aplikasi Desain Huruf Gratis Terbaik - FontForge

FontForge adalah solusi aplikasi gratis, open source, lengkap untuk membuat huruf. Dengan begitu banyak alat dan opsi yang ada, FontForge mungkin tampak terlalu canggih bagi pemula. Untungnya, ada tutorial untuk membantu kamu memulai, bersama dengan FAQ mendetail yang dapat mengajari kamu banyak hal tentang tipografi.

Di FontForge, kamu dapat menggambar huruf menggunakan kurva dan mengubah bentuk serta posisinya. Jika kamu terbiasa menggambar di Photoshop atau Gimp, ini tidak akan terlalu sulit. Mode Spiro memungkinkan kamu melakukan penyesuaian mendetail pada kurva. Untuk kontrol yang lebih baik atas gambar kamu, FontForge menawarkan layer, dan seperti BirdFont, FontForge dapat mengimpor file SVG dan EPS dari Illustrator dan Inkscape. Kamu juga dapat menggunakannya untuk mengekstrak huruf dari file PDF. Sebelum mengekspor huruf baru kamu ke salah satu dari banyak format yang didukung (TrueType, OpenType, AAT, SVG, PostScript, Multiple Master, dfont, BDF), kamu dapat memeriksa kesalahan dan inkonsistensi dengan Find Problems option dan Font Validation Tool.

Link Website

FontStruct

Aplikasi Desain Huruf Gratis Terbaik - FontStruct

FontStruct adalah aplikasi yang relatif sederhana di mana kamu membuat huruf dengan menggabungkan bentuk geometris (yang disebut “Bricks”). Huruf baru dapat dibuat dari awal atau berdasarkan karya orang lain, yang dapat kamu temukan di Galeri. Tampilan dasarnya cukup mudah, hanya dengan beberapa alat. Namun, ini berubah saat kamu beralih ke Mode Expert. Pada mode ini kamu mendapatkan akses ke lebih banyak pilihan, seperti “brick compositing” dan “outlines”. Kamu dapat memperbesar dan memperkecil area kerja, beralih ke mode layar penuh, dan mengganti berbagai jenis grid dan guidelines.

Huruf baru kamu diekspor sebagai TTF atau dalam format .glyphs yang dapat diedit di Mac OS X. FontStruct tidak dapat mengimpor huruf yang ada atau mengubah tulisan tangan kamu menjadi huruf, tetapi memungkinkan kamu untuk menelusuri dan mendownload puluhan huruf yang indah yang dibuat oleh pengguna lain.

Link Website

Studio Glyphr

Aplikasi Desain Huruf Gratis Terbaik - Glyphr

Aplikasi cantik, kuat, dan praktis ini hadir dalam bentuk portabel, yang berarti kamu tidak perlu menginstalnya, Studio Glyphr hanya berjalan sebagai file HTML. Kamu dapat mengimpor outlines dari Inkscape dan Illustrator, atau bahkan mengimpor seluruh huruf SVG dan memodifikasinya. Kamu dapat menyesuaikan kerning dan ligatur, dan membuat “Linked Shapes” yang dapat digunakan kembali untuk menggambar huruf serupa. Pada Glyphr Studio, kamu juga bisa melakukan pratinjau langsung dari huruf kamu saat kamu membuatnya dengan opsi Test Drive. Desainer profesional akan senang dengan Mode Dua Layar, yang memungkinkan kamu membagi Glyphr Studio menjadi dua monitor.

Link Website

Fontastic

Aplikasi Desain Huruf Gratis Terbaik - Fontastic 2

Kamu mungkin pernah mendengar tentang huruf ikon, jika dibandingkan dengan huruf biasa, huruf ikon berisi gambar kecil dan terlihat sangat bagus di situs web. Fontastic adalah alat untuk membuat huruf ikon, dan menawarkan panduan singkat untuk menunjukkan caranya.

Kamu dapat mengupload ikon yang ada sebagai file SVG dan mengonversinya dalam Fontastic, membuat banyak huruf dan koleksi huruf, dan memodifikasi setiap karakter dengan CSS untuk menambahkan shadow dan warna. Ikon di huruf kamu akan diskalakan secara otomatis tergantung pada perangkatnya, sehingga kamu dapat yakin bahwa huruf icon tersebut akan terlihat bagus di mana saja.

Link Website

BitFontMaker

Aplikasi Desain Huruf Gratis Terbaik - BitFontMaker

Berikut alat lain untuk jenis huruf khusus. BitFontMaker memungkinkan kamu membuat huruf piksel, yang mungkin kamu ingat dari video game lama. Kamu dapat menjelajahi galeri untuk melihat apa yang telah dibuat orang lain, mengupload file TTF atau OTF dan menggambarnya, atau langsung masuk ke editor, di mana kamu dapat menggambar setiap huruf dengan memilihnya di tabel di sebelah kanan dan menggambar kotak, yaitu piksel di kiri. Kamu bahkan dapat berbagi hasil akhir dengan pengguna lain.

Link Website

TTFEdit

Sebagai aplikasi terakhir dalam daftar ini, TTFEdit memberikan keseimbangan antara alat kompleks seperti FontForge dan alat sederhana yang tidak banyak membantu. Dengan TTFEdit, kamu dapat memodifikasi huruf TTF yang ada atau membuat yang baru dari template yang ada. Tampilan dibagi menjadi beberapa tab. Setiap tab memungkinkan kamu melakukan tindakan berbeda pada karakter yang dipilih. Kamu dapat mengubah bentuk setiap karakter dengan memindahkan dan mengubah ukuran kurva di Glyph Editor. TTFEdit adalah alat desktop, jadi kamu harus mendownload dan menginstalnya.

Link Website

MyScriptFont

MyScriptFont merupakan alat lain dengan prinsip yang sama dengan PaintFont. Jika kamu ingin mengubah tulisan tangan kamu menjadi huruf, MyScriptFont akan membuatnya mudah, cukup download templatnya, isi dengan pena biru atau hitam tua dan scan sebagai gambar potret grayscale pada 300 dpi. Setelah kamu mengupload gambar, MyScriptFont akan memberi kamu huruf baru untuk didownload. Kamu dapat memilih antara format TTF dan OTF.