5 Aplikasi Emulator untuk Membuka App Android pada PC

Daftar Aplikasi emulator android gratis untuk PC ini disajikan dengan berbagai pertimbangan terlebih dahulu. Emulator/simulator Android adalah software untuk menjalankan OS Android pada PC, Laptop, atau bahkan Notebook kamu jika memenuhi persyaratan minimum.

Aplikasi emulator Android membuat lingkungan virtual Android pada PC mu, dimana kamu dapat memainkan game Android di PC atau menjalankan aplikasi Android pada PC. Emulator Android gratis ini banyak digunakan untuk tujuan hiburan, namun sebagian menggunakannya untuk melakukan tes aplikasi Android selama dalam masa pengembangan. 

Beberapa dari aplikasi emulator Android ini sangat berat dan memakan cukup banyak RAM ketika dijalankan. Tapi ada juga yang sangat enteng dan mulus saat dijalankan.

Daftar aplikasi emulator Android gratis untuk PC ini semuanya benar-benar gratis dan tanpa biaya tersembunyi. Langsung saja, simak daftar 5 emulator Android gratis terbaik untuk PC

Emulator untuk Membuka App Android pada PC

1. Bluestacks

Aplikasi Emulator Android Gratis BlueStacks

Bluestacks adalah salah satu aplikasi  emulator Android yang keren banget & bisa digunakan untuk membuat environment Android pada komputer Windows. Bluestacks sejatinya adalah Android Game Emulator (a.k.a App Player) yang dapat menjalankan lebih dari 96% aplikasi yang tersedia pada Google Play Store. Bluestacks benar-benar gratis dan tidak ada biaya tersembunyi ketika menggunakannya.

Download file installer nya kemudian install Bluestacks, login menggunakan Google ID, dan emulator Android untuk PC ini siap digunakan. Bluestacks dapat menjalankan hampir seluruh jenis aplikasi, seperti: Facebook, WhatsApp, Tinder, Google Maps, Twitter, dll.

Kamu juga dapat menjalankan hampir seluruh game yang tersedia untuk Android. Bluestacks adalah emulator Android yang paling stabil dan populer. Adapun spesifikasi minimum PC untuk menjalankan Bluestacks adalah:

  • 2GB RAM (atau lebih)
  • Ruang kosong 4GB (atau lebih) pada HDD
  • Updated Graphic Driver

Link Download

 

2. Genymotion

Aplikasi Emulator Android Gratis GenyMotion

Genymotion adalah pilihan aplikasi emulator Android yang fantastis dan cross-platform. Emulator Android gratisan ini mendukung fitur-fitur lanjutan seperti hardware acceleration dan OpenGL untuk grafis. Mendapatkan dan instalasi emulator Android ini hampir “tidak perlu berkeringat”.

Setelah install, kamu diharuskan membuat akun gratis untuk menggunakan emulator Android ini. Pilih device Android pilihanmu dari daftar yang ada, dan mulai emulatornya. Sebelum kamu memulai menjalankan emulator Android untuk device tertentu, emulator akan menampilkan preferensi device yaitu:

  • Nama dari device Android yang di-deploy
  • Deskripsi
  • Versi Android
  • Tanggal rilis
  • Ukuran layar dan Density (dpi)
  • Ukuran memori
  • Jumlah CPU
  • Kapasitas data disk

Setelah emulator dijalankan, kamu dapat melihat antarmuka Android pada device yang telah kamu pilih sebelumnya. Android phone emulator ini memiliki hampir seluruh aplikasi basic dan fitur-fitur yang dapat kamu temui pada device Android baru.

Simulator Android ini difokuskan penggunaannya untuk app testing; namun, kamu dapat menggunakannya untuk menjalankan aplikasi Android pada PC. Kamu tidak akan mendapati Google Play Store terinstall pada emulator Android ini, jadi kamu harus mendownload file .apk pada komputermu kemudian diinstall pada emulator. Lakukan drag and drop pada file .apk ke window emulator Android untuk melakukan instalasi.

Kamu juga dapat mengakses internet pada emulator langsung apabila komputermu terhubung dengan internet. Emulator Android ini berjalan dengan mulus. Berikut adalah spesifikasi minimum agar emulator Android ini dapat dijalankan pada PC Windows:

  • CPU VT-x atau AMD-V
  • OpenGL 2.0
  • RAM 2GB
  • ruang HDD kosong 400MB

Link Download

 

3. Droid4x

Aplikasi Emulator Android Gratis Droid4x

Droid4x adalah aplikasi emulator Android yang kaya fitur yang memberimu user experience Android yang lengkap pada komputer Windows. Emulator ini diusung dengan berbagai macam fitur-fitur kekinian yang memberikan lingkungan sempurna untukmu bermain game Android pada PC.

Droid4x bersifat freeware. Cukup install file .exe yang disediakan dan kamu sudah siap menjalankannya setelah instalasi selesai. Antarmuka grafisnya menarik secara visual dan memiliki sejumlah utility tools. Tab Desktop pada UI menampilkan seluruh game Android —dan aplikasi yang telah diinstall.

Untuk menginstall aplikasi baru, kamu dapat mendownloadnya langsung dari Google Play Store atau instalasi file .apk pada Droid4x secara langsung. Kamu dapat melihat adanya tombol Return, Home, dan Options milik Android pada panel di bagian bawah. Selain tombol-tombol yang umum, terdapat 8 tombol utilitas lainnya pada panel bagian bawah:

  • Video Recording: Memungkinkanmu merekam emulator secara real-time.
  • Full Screen: Kamu dapat memilih layar standar atau full screen untuk pengalaman nge-game yang lebih baik.
  • Keys Simulation: Memungkinkanmu mendefinisikan/mengonfigurasi tombol keyboard untuk poin/area tertentu.
  • Joystick Simulation: Mengonfigurasi smartphone mu untuk dijadikan kontroler.
  • Shake-it: “Menggoyang” UI pada emulator.
  • Print Screen: Digunakan ketika kamu ingin melakukan screen capture pada emulator.
  • GPS-Simulation: Melakukan simulasi peta dengan lokasi tertentu.

Kamu juga dapat mengatur beberapa preferensi seperti mengatur resolusi layar pada posisi layar horizontal ataupun vertikal. Emulator Android yang satu ini serbaguna, dapat diandalkan, dan gratis.

Link Download

 

4. Windroye

Aplikasi Emulator Android Gratis windroye

Windroye adalah emulator Android yang enteng. Emulator Android ini berjalan langsung pada kernel Windows. Kernel Windows biasanya menjalankan komponen inti dari sistem operasi dalam komputer. Awalnya, emulator ini menampilkan layar command prompt baru kemudian layar Android secara full screen.

Setelah proses booting selesai, tampilan lock screen yang mirip dengan bawaan Android, muncul. Kamu dapat menggunakan mouse untuk navigasi, klik satu kali dimanapun kamu ingin melakukan “tap”. Emulator ini datang dengan aplikasi-aplikasi standar, tapi tidak termasuk Google Play Store.

Terdapat satu game default pada emulator ini yaitu Quake. Setiap aplikasi eksternal harus diinstall secara manual pada folder root Windroy. Download file .apk kemudian paste di root folder Windroy yaitu Windroy\windroy_root\data\app; restart emulator untuk menjalankan aplikasi.

Selain aplikasi, kamu juga mendapatkan widget-widget pada emulator ini. Terdapat notification bar pada pojok kanan bawah antarmuka dan dapat dimunculkan apabila kamu melakukan drag kearah atas. Windroy menggunakan drive tempat Windroy terinstall sebagai drive penyimpanan.

Windroy adalah salah satu dari emulator Android terbaik dan tercepat untuk menjalankan aplikasi, baik yang sudah ada maupun testing aplikasi baru.

 

5. Virtual Box

Aplikasi Emulator Android Gratis virtualbox android

Virtual Box memungkinkanmu menjalankan emulator Android secara gratis pada PC mu. Virtual Box adalah emulator lintas platform yang luar biasa, dengan fitur yang menakjubkan.

Virtual Box adalah salah satu software virtual machine yang populer untuk PC, memungkinkanmu menjalankan OS apa saja pada VM. Selain OS yang berbasis desktop (Windows, Linux, dll), Virtual Box juga dapat menjalankan OS Android dari file ISO Android. Download file ISO versi Android tertentu, dan jalankan pada software ini untuk memulai emulator Android.

Dibutuhkan beberapa langkah sederhana untuk menjalankan emulator Android pada Virtual Box:

  1. Download Virtual Box.
  2. Download file ISO Android
  3. Lakukan Setup
  4. Jalankan emulator Android pada komputermu.

Setelah booting, layar awal emulator Android berupa lock screen dan dapat di-unlock dengan menggunakan pointer mouse untuk menuju ke antarmuka Android.

Aplikasi default bawaan Android dapat ditemukan di emulator Android ini beserta widgetnya. Buka Google Play Store untuk mencari dan install aplikasi baru. Emulator ini juga memungkinkanmu menginstall aplikasi secara langsung dari file .apk. Virtual Box digunakan sebagai emulator Android untuk tujuan testing & development.

Link Download

 

Emulator Android favorit DownloadSoftwareGratisan adalah Bluestacks karena fiturnya yang lengkap. Bluestacks memiliki fitur agar kamu dapat mendownload aplikasi Android langsung dari Google Play Store ke PC mu.

Kamu juga dapat dengan mudah bermain game Android dan menjalankan aplikasi Android di komputer. Emulator Android Bluestacks mendukung hampir 96% aplikasi Android yang tersedia di Play Store.

1 Komentar

  1. joko berkata:

    semua emulator rata2 berat dan bikin lelet nggak sesuai dg yg di tulis,,ringan lh,terbaik lh,, hah…

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.