7 Aplikasi Gratis untuk Web Developer

Untuk mengedit kode HTML dan CSS kamu hanya memerlukan sebuah editor text sederhana, selebihnya tergantung pada keahlian dan kreativitas kamu. Namun kamu akan lebih terinspirasi jika menggunakan alat yang tepat saat bekerja.

Kami juga tahu bahwa tidak semua orang dapat (atau mau) membayar lisensi editor kode yang mahal, dan oleh karena itu banyak orang yang menyukai aplikasi Open Source. Ada banyak IDE dan editor kode gratis dan kamu mungkin ingin tahu mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk memudahkan kamu atau tim untuk mengembangkan aplikasi web, kami telah menemukan beberapa Integrated Development Environments untuk JavaScript yang benar-benar bagus, yang memberi kamu lingkungan yang nyaman untuk mengkode, mengedit, menguji, dan debug aplikasi web.

Aplikasi Gratis untuk Web Developer

1. RJ TextEd

Aplikasi Gratis untuk Web Developer RJ TextEd

 

RJ TextEd merupakan editor teks yang memliki fitur lengkap dengan dukungan Unicode. RJ TextEd juga sebuah editor web yang sangat kuat (ASP, PHP, JavaScript, HTML dan CSS). Fungsionalitasnya melampaui file teks biasa dan memiliki dukungan untuk pengeditan CSS/ HTML lengkap dengan preview CSS/ HTML yang terintegrasi, pengecekan ejaan, validasi HTML, penyelesaian otomatis, template dan lainnya. Aplikasi ini juga memiliki dua panel file commander, serta klien FTP untuk mempermudah saat proses upload file.

 

2. Light Table

Aplikasi Gratis untuk Web Developer Light Table

Light Table merupakan sebuah IDE jenis baru, Light Table adalah sebuah lingkungan kerja yang reaktif untuk pembuatan dan eksplorasi sebuah program.

Walaupun saat ini terjadi pergeseran yang dramatis terhadap penyederhanaan tampilan perangkat lunak, alat-alat pengembangan terus bertambah pada setiap rilisnya dan pada akhirnya membuat workspace atau ruang kerja semakin sempit. Light Table didasarkan pada gagasan yang sangat sederhana yaitu kita memerlukan workspace yang benar-benar cukup untuk kode.

 

3. Netbeans

Aplikasi Gratis untuk Web Developer Netbeans

Dengan Netbeans kita bisa dengan cepat dan mudah mengembangkan aplikasi desktop, mobile dan web dengan Java, C/ C++, JavaScript, HTML5, PHP, dan banyak lagi lainya. NetBeans merupakan sebuah IDE GRATIS, open source, dan memiliki komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia.

NetBeans IDE menyediakan analisa dan editor kode out-of-the-box untuk bekerja dengan teknologi Java terbaru. Netbeans juga memiliki berbagai alat baru untuk HTML5/ JavaScript, khususnya untuk AngularJS, KnockoutJS, dan Node.js, serta perangkat tambahan yang meningkatkan dukungannya untuk Maven, Java EE dengan PrimeFaces, juga peningkatan dukungan PHP dan C/ C++.

Netbeans lebih dari sekedar editor teks. Editor NetBeans dapat mengindentifikasi baris, mencocokkan kata dan kurung, dan menyoroti kode sumber secara sintaksis dan semantik. Netbeans memungkinkan kamu dengan mudah refactor kode dengan berbagai alat yang praktis dan berguna. Selain itu IDE ini juga menyediakan template kode, tips pengkodean, dan generator kode.

Netbeans mendukung banyak bahasa mulai dari Java, C/ C ++, XML dan HTML, sampai PHP, Groovy, JavaScript, Javadoc, dan JSP. Karena editornya bisa ditambah kemampuanya, kamu bisa memasang dukungan untuk banyak bahasa pemrograman lainnya.

 

4. Brackets

Aplikasi Gratis untuk Web Developer Brackets

Dengan alat visual dan dukungan preprocessor yang terfokus, Brackets adalah editor teks modern yang memudahkan proses desain di browser.

Dengan Brackets, kamu tidak hrus berganti-ganti antar tab file, karena IDE ini memungkinkan kamu membuka jendela kode yang paling kamu minati. Ingin mengerjakan CSS yang berlaku untuk ID tertentu? Letakkan kursor mouse kamu pada ID itu, tekan Ctrl+E dan Brackets akan menunjukkan kepada kamu semua CSS dengan ID tersebut di jendela inline sehingga kamu dapat mengerjakan kode kamu secara berdampingan tanpa popup. Dengan koneksi real-time ke browser, kamu dapat membuat perubahan pada CSS dan HTML dan akan langsung melihat perubahannya pada layar.

Brackets bekerja dengan preprocessors dengan cara baru. Seorang pengembang tahu betapa pentingnya preprocessors untuk alur kerja yang cepat yang menjadikan Brackets kode editor terbaik untuk preprocessors di luar sana. Dengan Brackets kamu bisa menggunakan Quick Edit dan Live Highlight dengan file LESS dan SCSS.

 

5. Komodo Edit

Aplikasi Gratis untuk Web Developer Komodo Edit

Komodo Edit adalah versi Open Source gratis dari Komodo IDE (berbayar). Integrasi baru dengan sistem pengembangan memungkinkan kamu bertahan di satu area pengerjaan menjadikan pekerjaan lebih cepat selesai. Komodo Edit mendukung banyak framework, bahasa pemrograman, dan alat populer.

 

6. Atom by Github

Aplikasi Gratis untuk Web Developer Atom

Atom adalah editor teks yang modern, mudah digunakan, namun inti aplikasinya bisa di-hack, dengan kata lain kamu dapat melakukan berbagai penyesuaian. Atom memiliki manajer paket untuk mencari dan menginstal paket baru atau mulai membuat sendiri yang semuanya dapat dilakukan langsung dari Atom.

Atom hadir sebagai aplikasi pra-instal dengan empat UI dan delapan tema sintaks dalam warna gelap dan terang. Jika kamu tidak dapat menemukan yang kamu cari, kamu juga dapat menginstal tema yang dibuat oleh komunitas Atom atau membuat tema kamu sendiri.

 

7. Visual Studio Code

Aplikasi Gratis untuk Web Developer Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah editor kode ringan namun kuat yang berjalan di desktop dan tersedia untuk Windows, Mac dan Linux. Hadir dengan dukungan built-in untuk JavaScript, Node.js, dan TypeScript, juga memiliki ekosistem ekstensi yang kaya untuk bahasa (seperti C++, C#, PHP, Python) dan runtimes lainnya.

Visual Studio mendukung penyorotan sintaks dan autocomplete dengan IntelliSense, yang menyediakan autocomplete cerdas berdasarkan jenis variabel, definisi fungsi, dan modul yang diimpor. Kamu bahkan dapat melakukan debug kode langsung dari editor.

1 Komentar

  1. korewenda berkata:

    minta tolong ada yg tau download aplikasi ini, tlng di kasih tunjung
    Aplikasi Gratis untuk Web Developer

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.