6 Platform Aplikasi E-commerce Gratis Terbaik

Aplikasi platform eCommerce gratis seperti aplikasi bisnis lainnya, dapat membantu atau menghancurkan Anda. Hal ini membawa banyak pertanyaan, seperti apakah ini platform tersebut bagus untuk bisnis kecil saya? Apakah cukup kuat untuk memenuhi kebutuhan bisnis saya? platform apa yang tepat untuk saya?

Meskipun saya tidak bisa menjawab pertanyaan terakhir untuk Anda, disini saya telah mengumpulkan daftar dan informasi dasar tentang masing-masing platform e-commerce untuk membantu Anda memutuskan.

1. Magento Open Source

CMS E-Commerce terbaik dan terpopuler Magento

Anda mungkin pernah mendengar tentang Magento jika Anda tahu tentang aplikasi eCommerce. Magento adalah salah satu nama terbesar dalam aplikasi eCommerce, bukan hanya terkenal karena open source saja. Magento memberikannya kepada pengguna versi open source-nya semua alat dasar yang mereka butuhkan, dan menyiapkan beberapa alat tambahan yang lebih kuat untuk versi berbayar.

  • Anda dapat membuat “landing pages” dan konten untuk produk Anda, mengelola pengiriman barang dengan cara apa pun yang Anda inginkan, dan dapat menghasilkan serangkaian laporan bermanfaat (termasuk pajak penjualan, stok, dan kata kunci pencarian di situs Anda).
  • Market ekstensi-nya penuh dengan pilihan untuk menambahkan banyak fitur seperti integrasi pajak penjualan, sistem pengelolaan barang, dan integrasi chat pelanggan.
  • Pengguna dapat membeli tema untuk diterapkan di situs mereka. Ada beberapa pilihan tema gratis, atau Anda bisa membayar untuk tema yang responsif, yang mana tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan biaya pengembang web profesional.

Open Source Magento sangat fleksibel, dan di tangan orang/ tim yang tepat, dapat menciptakan situs web yang indah juga fungsional untuk segala jenis retail.

Semua kemampuan yang ditawarkan datang dengan sebuah peringatan: Magento ditujukan untuk programmer berpengalaman. Walau versi Open Source dari Magento gratis, Anda perlu membeli add-on pemroses pembayaran (payment gateway), nama domain, dan sertifikat keamanan (SSL) untuk dapat menjalankan toko online Anda secara aman.

Untuk bisnis dengan pengalaman/ sumber daya teknologi yang kurang, Magento menawarkan platform open source berbayar yang dinamakan Magento Commerce Starter, dengan harga mulai dari $2000 per bulan.

 

2. OpenCart

CMS E-Commerce terbaik dan terpopuler Opencart

OpenCart hadir sebagai paket dasar yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

  • OpenCart tidak memerlukan banyak instalasi, Jika Anda memiliki stack LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) di server, Anda sudah siap untuk bisa memulai dengan OpenCart. Persiapan dan instalasi OpenCart hampir sama untuk kebanyakan server web.
  • Pelanggan dapat mengunjungi market OpenCart untuk menemukan add-on yang dapat memperluas fungsinya, termasuk integrasi gratis untuk pembayaran atau plugin Facebook. Market juga menawarkan alat yang lebih hebat seperti untuk pengoptimalan SEO atau add-on Excel untuk pengelolaan produk.

OpenCart terkenal karena memiliki dashboard administratif yang ramping dan kemudahan penggunaan. Toko yang lebih besar atau lebih kompleks mungkin perlu memperluas fungsionalitas inti, namun toko yang lebih kecil akan cukup dengan sistem dasarnya.

OpenCart juga menawarkan versi cloud dengan harga mulai sekitar $35 per bulan untuk bisnis tanpa dukungan teknis.

 

3. osCommerce

Platform Aplikasi E-commerce Gratis Terbaik osCommerce

osCommerce adalah salah satu nama tertua dalam aplikasi eCommerce, yang berarti banyak add-on telah dikembangkan untuknya. Ada lebih dari 7.000 integrasi gratis untuk aplikasi, dan sebuah komunitas aktif yang bekerja dan memberikan dukungan untuk osCommerce. Walaupun sisi tampilannya sedikit ketinggalan zaman, osCommerce memang memiliki banyak hal yang ditawarkan seperti:

  • Terintegrasi dengan semua jenis add-on pihak ketiga melalui Apps Marketplace-nya.
  • osCommerce bukanlah platform yang terlalu rumit, sehingga menjadi pilihan yang baik bagi siapa saja yang baru memulai dengan aplikasi e-commerce.
  • Jika Anda mengalami kesulitan membuatnya melakukan apa yang Anda inginkan, Anda dapat bertanya pada komunitas osCommerce yang telah lama berkecimpung dengan osCommerce. Sementara dukungan dari perusahaan memiliki biaya tertentu, komunitas pengguna adalah sumber yang bagus untuk menemukan bantuan di antara retailer dan pengembang lainnya.

osCommerce telah bermitra dengan perusahaan hosting, memungkinkan Anda menggunakan versi host dari platform tanpa memerlukan pengetahuan teknis. Harga untuk versi host dimulai dari $8 per bulan.

 

4. PrestaShop

Platform Aplikasi E-commerce Gratis Terbaik PrestaShop

PrestaShop menggunakan konsper platform eCommerce standar inti dengan dukungan ekstensi/ add-on. PrestaShop dibangun di atas PHP (bahasa pengembangan web yang umum), yang membuatnya mudah dijalankan pada sebagian besar situs web.

  • PrestaShop menawarkan lebih dari ribuan template, ratusan di antaranya adalah premium. Add-ons yang memungkinkan integrasi dengan Stripe, Google Merchant Center, dan Amazon Marketplace dan beberapa penawaran lainnya. hal ini dapat membuat hidup Anda jauh lebih mudah.
  • PrestaShop mendukung toko internasional dan beberapa toko dalam satu backend. Jika Anda memiliki etalase untuk customer dari Indonesia dan dari luar negeri yang terpisah, Anda dapat membuat keduanya di satu tempat.
    PrestaShop juga memiliki kemampuan pelaporan, seperti Intelligent Merchant KPI yang unik dan kemampuan untuk forecasting.

 

5. Spree Commerce

Platform Aplikasi E-commerce Gratis Terbaik Spree Commerce

Spree Commerce unik karena dibangun dengan Ruby dan bukan PHP. Jika Anda terbiasa Ruby on Rails dan ingin beralih dari PHP, Spree Commerce adalah aplikasi yang perlu dipertimbangkan. Jika Anda tidak terbiasa dengan Ruby, Anda harus menghadapi kurva belajar yang panjang.

Jika sisi pengembangan tidak menjadi perhatian, ada banyak hal yang akan Anda sukai dari Spree Commerce.

  • Spree adalah sistem yang ringan. Banyak pengguna mengatakan bahwa Spree Commerce berjalan cepat dan tidak menghabiskan banyak sumber daya. Jika penyedia hosting yang Anda gunakan menghitung biaya untuk setiap aktivitas, Spree benar-benar dapat membantu Anda di area ini.
  • Tidak seperti banyak pilihan lain, Spree tidak menggunakan model core-extension. Ada beberapa ekstensi yang dikembangkan dengan baik untuk Spree, tapi tidak sebanyak yang ditawarkan pada platform e-commerce lainnya. Sisi baiknya Anda tidak perlu banyak memikirkan tentang ekstensi yang perlu ditambahkan, namun juga membatasi pilihan Anda untuk ekspansi. Perlu dicatat juga bahwa semua ekstensi Spree gratis.
  • Fungsi inti Spree memungkinkan Anda mengelola pesanan, produk, pembayaran, dan pengiriman. Aplikasi ini berkembang dan memperluas fungsionalitas-nya secara berkesinambungan dari waktu ke waktu.

 

6. WooCommerce

CMS E-Commerce terbaik dan terpopuler Woocomerce

WooCommerce sebenarnya bukan platform eCommerce open source penuh, melainkan shopping cart plugin untuk WordPress. WordPress yang mana kadang disamakan dengan WordPress.com (sebenarnya berbeda), adalah CMS paling populer saat ini. Dan WooCommerce adalah plugin open source yang digunakan oleh banyak bisnis yang menggunakan WordPress untuk mengubah situs mereka menjadi sebuah toko online.

  • Jika sudah terbiasa bekerja dengan WordPress, menambahkan WooCommerce sangatlah mudah. WooCommerce berfungsi penuh dan hanya memerlukan sedikit pengaturan. Jika Anda tidak berpengalaman dengan WordPress, kabar baiknya adalah banyaknya bantuan, tidak hanya dari mesin pencari Google. Ada banyak sumber daya di luar sana tentang bagaimana belajar tentang WordPress.
  • Salah satu fitur WooCommerce yang paling populer adalah one-page checkout process, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membayar barang yang Anda jual.

**************************************************

Apa platform eCommerce open source favorit Anda?. Apakah ada software eCommerce gratis lainnya yang kami lewatkan? Beri tahu pada kolom komentar di bawah ini.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.