4 Aplikasi Online Gratis Terbaik untuk Manajemen Kontrak

Dulu banget, ketika di kantor, yang dirisaukan palingan ‘cuma’ meja yang berantakan penuh dokumen di sana sini. Sejak teknologi berkembang pesat, yang dirisaukan semakin banyak. Kabel-kabel di komputer semakin ruwet dan tidak enak dipandang. Keyboard kamu penuh kotoran dan sisa-sisa cemilan (ewww…). Desktop dan email kamu mulai kacau dan tidak rapi lagi.

Dewasa ini, tampaknya yang paling ruwet adalah digital clutter atau kacaunya data-data digital. Ketika Anda menjalankan perusahaan yang sudah berbadan hukum (CV, PT, dll.), kekacauan seperti ini bisa berdampak serius bagi bisnis lho. Anda bisa membuang-buang waktu hanya karena mencari file dokumen tertentu, kehilangan uang karena waktu yang terbuang tersebut, dan bahkan kehilangan dokumen penting, yang bisa berakibat pada kehilangan klien. Jangan sampe lah ya.

Aplikasi Manajemen Kontrak Gratis

Bagaimana cara mengatasi digital clutter? Ya bersih-bersih, dan mulai membiasakan mengelola semua kekacauan yang ada. Berikut ini adalah rekomendasi 4 aplikasi manajemen kontrak yang akan membantu Anda dalam mengelola semua dokumen dan kontrak penting Anda secara gratis.

Aplikasi berikut dipilih dan diurutkan berdasarkan popularitas, dinilai berdasarkan banyaknya ulasan. Selain versi gratisan, Anda juga dapat berlangganan versi berbayar yang pastinya memiliki lebih banyak fitur.

1. Concord

Rating

4.5/5 dari 70 reviewer

Aplikasi Online Gratis Terbaik untuk Manajemen Kontrak Concord

Dengan adanya versi gratisan yang tidak ribet dan tidak perlu nomor kartu kredit untuk registrasi (mantab!), Concord adalah aplikasi manajemen kontrak yang solid. Aplikasi ini menawarkan fitur tanda tangan digital, editing secara online, serta pemberitahuan deadline otomatis, dan semua hal yang Anda perlukan untuk membuat kontrak bekerja untuk Anda.

Ulasan Pengguna

“Pengalaman terbaik bagi saya adalah aplikasi ini memungkinkan saya untuk melihat perubahan apa yang benar-benar terjadi dan mengecek kembali apa yang dimodifikasi. Mudah digunakan juga. Concord memungkinkan saya untuk mengorganisir file-file dengan mudah, sehingga tidak berantakan di satu tempat/folder. Dengan begini, semua dokumen lebih mudah dilihat, dicari di kemudian hari, dan lebih tertata.”

“Saya sudah mencoba sekitar 6 aplikasi manajemen/tanda tangan kontrak berbeda selama beberapa tahun terakhir. Semuanya memang bekerja dengan baik, tapi selalu terdapat keterbatasan yang terkadang menghambat. Concord adalah yang pertama saya coba yang membuat pekerjaan mengelola perubahan kontrak menjadi mudah dan menandatangani kontrak lebih mudah pula walau melibatkan orang-orang dalam maupun luar perusahaan.”

“Saya sudah menggunakan Concord sekitar 2 tahun dan ketika kami membutuhkan tanda tangan digital tanpa ribet, tanpa pergi ke kantor klien hanya untuk mendapat tanda tangan dan stempel, semua bisa dilakukan dengan mudah. Sejauh ini, versi gratisannya sudah lebih dari cukup dengan fiturnya yang banyak. Saya sebelumnya menggunakan Adobe Echosign, namun Concord adalah solusi yang lebih baik dan lebih efektif secara biaya.”

 

2. OneSoft Connect

Rating

5/5 dari 20 reviewer

Aplikasi Online Gratis Terbaik untuk Manajemen Kontrak OneSoft Connect

Gratis hingga untuk tiga pengguna, Onesoft cocok untuk usaha mikro atau kecil menengah. Aplikasi berbasis cloud ini memanfaatkan sebuah kanban board untuk membantu Anda menyimpan semua kontrak dan tanggal jatuh tempo secara baik dan rapi. Yang membedakan versi gratis dengan berbayar hanyalah kapasitas pengguna-nya saja.

Ulasan Pengguna

“Aplikasi berbasis web yang bisa disesuaikan benar-benar sesuai kebutuhan kita. Anda bisa mengelola dan membangun relasi antara data-data dan membangun struktur data independen. Aplikasi ini memiliki fitur tickets yang akan sangat bermanfaat. Anda tidak membutuhkan software lain untuk mengelola tiket dsb.”

“Semuanya bisa dikustomisasi. Anda bisa membuat struktur data dan aliran kerja (workflow) agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Tampilan-nya juga didesain dengan baik dan mudah digunakan dan dimengerti.”

“Keunggulan: Sederhana, seragam, dan jelas.

Kemampuan untuk melakukan skalabilitas pada banyak data sheets berbeda (bisa membuatnya sendiri pula). Sering diperbaharui dan selalu ditingkatkan terus oleh pengembang.”

 

3. ContractSafe

Rating

5/5 dari 15 reviewer

Gratis hingga untuk sepuluh kontrak dalam satu waktu, ContractSafe adalah cara yang aman untuk mengelola kontrak dalam jumlah besar. Keunggulan ContractSafe yang telah diakui oleh para reviewer adalah tentang kemudahan penggunaan serta kemampuan manajemen yang tahan banting. Aplikasi ini merupakan pilihan lain yang cocok untuk usaha mikro dan kecil, atau siapa saja yang berfokus pada klien atau kontrak dengan jumlah yang tidak begitu banyak dalam satu waktu.

Ulasan Pengguna

“ContractSafe berhasil menjadi solusi organisasi kami untuk menyimpan semua dokumen dan kontrak yang telah ditandatangani. Mengunggah dokumen dan mengorganisir dasbor sangatlah simpel. Customer service juga bertanggung jawab, semua inkuiri selalu dijawab pada waktu yang tepat.”

“Saya membutuhkan sebuah wadah untuk beberapa ribu kontrak dan dokumen saya. ContractSafe sejauh ini melakukannya dengan fantastis. Desain aplikasi yang serba guna dan kebebasan untuk menjadikannya melakukan sesuai kebutuhan Anda adalah sempurna. Ya, walaupun dibutuhkan sedikit trial and error untuk menemukan racikan terbaik untuk Anda, tapi tidak ada salahnya bukan? Sejauh ini, hal terbaik dalam pengalaman saya adalah bekerja dengan orang-orang di balik ContractSafe. Customer service sangat on point dan mereka mendengarkan semua keluh kesah Anda dan langsung bertindak.”

“Aplikasi ini benar-benar mudah digunakan dengan beberapa fitur keamanan yang baik pula. Sangat lebih dari cukup untuk mengelola daftar kontrak dan dokumen legal yang proses pengelolaannya panjang dan melelahkan.”

 

4. Agiloft

Rating

5/5 dari 11 reviewer

Aplikasi Online Gratis Terbaik untuk Manajemen Kontrak Agiloft

Versi gratis dari Agiloft menawarkan fitur yang hampir sama dengan full version-nya. Keunggulan Agiloft adalah dukungan untuk melakukan kustomisasi yang di luar dugaan. Jadi, mengutip sedikit wejangan dari pengguna Agiloft, petakan terlebih dahulu apa yang hendak Anda lakukan dengan aplikasi ini karena modifikasi bisa menjadi sesuatu yang rumit nantinya. Dan karena Highly customizable, Agiloft memenangkan Editor’s Choice Award dari PC Magazine.

Ulasan Pengguna

“Aplikasi ini sangat mudah digunakan seusai Anda mengonfigurasinya untuk pertama kali. Aliran kerjanya mudah dipahami, dan setelah konfigurasi, aplikasi hanya membutuhkan sangat sedikit pemeliharaan.”

“Agiloft, tidak diragukan lagi, merupakan solusi CRM (Customer Relationship Management) yang paling mudah di-setup, di-customize, dan di-deploy. Batasannya hanyalah imajinasi Anda. Produk ini hadir dengan banyak aplikasi yang out of the box yang sudah dikonfigurasi sebelumnya sehingga mudah untuk mulai menggunakannya. Saya sudah menggunakan Agiloft selama lebih dari 10 tahun dan tidak menemui masalah. Pengembang aplikasi benar-benar memahami makna dari menyediakan aplikasi yang luar biasa.”

“Keunggulan luar biasa Agiloft:

  1. Dapat dikustomisasi untuk melakukan hampir hal apa saja tanpa pemahaman terhadap programming. Benar-benar sistem yang didesain agar pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing namun tetap mudah digunakan. Dukungan dari perusahaan juga mempercepat proses adaptasi dan mengurangi kesalahan operasional.
  2. Sangat mungkin untuk membuat dan memelihara sistem dan kustomisasi dapat dijalankan dengan jumlah pekerjaan yang minimum karena sangat efisien dan kebanyakan self-explanatory.

Apakah Anda sudah menggunakan aplikasi manajemen kontrak gratis di atas?

Atau mungkin Anda lebih suka versi berbayarnya? Atau… punya rekomendasi aplikasi manajemen kontrak yang lain? Beritahu DSG via kolom komentar di bawah ya :D Terima kasih!

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.