10 Aplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu / Musik

Pernahkah kamu berada dalam situasi di mana kamu kebetulan mendengar lagu yang kamu sukai, tetapi sama sekali tidak ada cara untuk mengetahui judul lagunya? Itu terjadi pada kita semua, dan perasaan yang mengganggu tentang “lagu apa ini?” sepertinya tidak mau lepas?

ah, jika kamu pernah berada dalam situasi seperti itu, atau jika kamu terlalu sering berada dalam situasi ini,berikut adalah aplikasi handphone dan web untuk mengidentifikasi lagu yang diputar di sekitar kamu. Jika kamu tidak ingat sebuah lagu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kamu cukup menyanyikan lagu dan algoritma canggih dapat menemukan lagu dalam hitungan detik.

Identifikasi / Mengenali Lagu / Musik yang Diputar

Berikut ini beberapa metode berbeda yang dapat kamu gunakan untuk mengidentifikasi musik yang diputar di sekitar kamu. Kamu dapat menggunakan asisten suara, aplikasi pengenalan musik, dan situs web online untuk mengenali lagu dengan cepat. Kamu bahkan dapat menemukan lagu hanya dengan bersenandung atau menyanyikan sebagian dari lagu tersebut.

Identifikasi Musik menggunakan Asisten Suara

Google Assistant

Untuk pengguna Android, Google Assistant adalah salah satu cara terbaik untuk mengenali lagu saat dalam perjalanan. Cukup ucapkan “Hai Google, lagu apa ini” atau “kenali lagu ini” dan Google akan mulai mendengarkan musiknya. Dalam beberapa detik, itu akan menampilkan kamu nama lagu dengan tautan yang dapat dimainkan dari sejumlah layanan streaming.

Aplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu - Google Assistant 1

Aplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu - Google Assistant 2Aplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu - Google Assistant 2

Dalam pengalaman saya, Google Assistant dapat mengidentifikasi musik yang diputar dari ruangan yang jauh dan mengidentifikasi lagu dengan benar. Bagi saya, Google Assistant lebih baik dalam hal pengenalan musik. Perhatikan bahwa fitur pengenalan lagu di Google Assistant tidak tersedia di iOS.

Selain itu, jika kamu tidak ingin menggunakan Google Assistant dan menginginkan tombol langsung untuk mengidentifikasi lagu secara instan, maka Google telah menyediakan widget sederhana untuk kamu. Cukup ketuk dan tahan pada layar utama kamu dan buka “Widget”. Scroll ke bawah ke Google dan kamu akan menemukan “Sound Search”.

Aplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu - Google Assistant 3

Seret dan lepas widget di layar utama kamu. Sekarang dan seterusnya, kapan pun kamu ingin mengidentifikasi lagu, kamu cukup mengetuk widget dan itu akan mulai mendengarkan musik. Setelah itu, Google akan memberi kamu semua detail lagu. Sangat mudah! Dengan cara ini, kamu tidak memerlukan aplikasi terpisah untuk mengidentifikasi musik.

Terakhir, jika kamu memiliki perangkat Pixel, kamu bahkan tidak perlu meminta Google untuk mengidentifikasi lagu. Perangkat Pixel generasi baru (Pixel 2 dan yang lebih baru) hadir dengan fitur built-in “Now Playing” yang melacak musik saat dalam perjalanan bahkan saat kamu sedang offline.

Kamu secara otomatis akan mendapatkan pemberitahuan di layar kunci yang memberi tahu kamu lagu apa yang sedang diputar. Kamu dapat menyimpan musik atau membuangnya saat itu juga. Kamu dapat mengaktifkan fitur tersebut dari Settings -> Sound -> Now Playing.

Siri

Siri perlahan (tapi pasti) meningkatkan kemampuannya, dan dengan dukungan untuk Shortcuts , Siri telah menjadi alat otomatisasi yang luar biasa. Salah satu hal paling keren yang dapat kamu lakukan dengan Siri adalah menggunakannya untuk mengenali musik dan mengidentifikasi lagu.

Saat kamu mendengar lagu yang ingin kamu identifikasi, kamu cukup meluncurkan Siri, dan mengatakan “What song is playing right now?”, Atau “Name that song”, atau “Identify this song”. Siri kemudian akan mendengarkan lagu yang sedang diputar, dan memberitahu kamu nama lagunya.

Kamu bahkan dapat mengetuk hasilnya untuk melihat lagu di Apple Music dan memutarnya jika kamu berlangganan layanan streaming musik tersebut. Jika kamu bukan pelanggan Apple Music, kamu akan mendapatkan opsi untuk membeli lagu atau mendengarkan sampel.

Dengan iOS 14.2, Apple telah mengintegrasikan Shazam sepenuhnya ke iOS untuk menghadirkan fitur Pengenalan Musik baru. Fitur Pengenalan Musik sekarang tidak hanya memungkinkan kamu untuk mengenali musik sekitar, tetapi juga musik yang diputar di ponsel kamu. Jadi, kamu tidak memerlukan perangkat tambahan untuk mengidentifikasi lagu yang sedang diputar di iPhone kamu. Tidak hanya itu pengenalan musik dapat berfungsi saat kamu menggunakan headphone.

Cortana

Jika kamu ingin mengidentifikasi musik di PC Windows, kamu dapat menggunakan Cortana, asisten suara dari Microsoft. Cortana tidak buruk dalam hal mengidentifikasi lagu, dan kamu dapat menanyakannya “What song is playing?”, Atau pertanyaan serupa, dan itu akan mengidentifikasi lagu tersebut untuk kamu.

Cortana mengalami banyak peningkatan dan sekarang tersedia sebagai aplikasi terpisah di Windows 10. Cortana juga tersedia di Android dan iOS (saat ini hanya terbatas di AS), tetapi fitur pengenalan lagu tidak berfungsi.

Alexa

Alexa nya Amazon sebagai asisten suara populer lainnya, namun dalam pengenalan lagu bukan yang terbaik. Saat ini, Alexa hanya dapat mengenali lagu hanya jika kamu memutar musik dari Amazon Music yang sebenarnya tidak sesuai dengan tujuannya.

Tetapi jika kamu sangat memahami ekosistem Amazon dan memiliki beberapa perangkat Echo, maka Alexa dapat membantu. Pastikan untuk mengaktifkan fitur ID Lagu dengan mengucapkan “Alexa, turn on song ID”. Setelah itu, kamu bisa menanyakan kepada Alexa untuk “what is this song” atau “identify this music”.

Identifikasi Musik dengan Apps

Shazam

Aplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu - Shazam

Jika kamu mencari aplikasi untuk mengidentifikasi musik maka Shazam adalah salah satu aplikasi paling populer saat ini yang dapat mengenali lagu dengan benar tanpa banyak kegagalan. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS dan berfungsi dengan sangat baik. Dan seperti yang saya sebutkan di atas, bahkan Siri menggunakan database Shazam untuk mengidentifikasi lagu. Dengan Shazam, kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi musik di sekitar kamu, menemukan lagu, dan bahkan mendapatkan lirik agar kamu dapat ikut bernyanyi.

Jika kamu tidak ingin menggunakan Siri, Google Assistant, atau Cortana untuk mencari tahu lagu apa yang sedang diputar di sekitar kamu, Shazam mungkin adalah aplikasi terbaik yang mengidentifikasi lagu dalam sekejap. Terlebih lagi, Shazam bahkan dapat mengingat lagu-lagu yang dikenali, dan bahkan dapat berfungsi saat kamu offline. Shazam kemudian akan merekam audio dan ketika kamu terhubung ke internet, Shazam akan menampilkan informasi lagu.

Jika kamu menginginkan fitur “Now Playing” seperti di perangkat Pixel di smartphone selain Pixel, kamu dapat mengatur Auto Shazam di halaman Pengaturan. Auto Shazam akan menampilkan pemberitahuan terus-menerus dengan info musik dari lagu-lagu yang diputar di sekitar kamu. Namun perlu diingat, ini tidak berfungsi secara offline seperti perangkat Pixel.

Di Shazam adalah kamu bahkan dapat mengenali lagu yang sedang diputar di smartphone kamu. Shazam menyebutnya “Pop Up Shazam” dan berfungsi di aplikasi apa pun. “Pop Up Shazam” bisa sangat berguna saat menjelajahi Instagram tempat kamu menemukan begitu banyak latar musik dan lagu yang keren. Terakhir, jika kamu memiliki smartphone lama, gunakan Shazam Lite yang cukup ringan dan menghadirkan algoritma pengenalan musik yang sama.

Link Download 

SoundHound

Aplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu - SoundHound

SoundHound adalah aplikasi pengenal lagu hebat lainnya yang bekerja sangat mempesona. Satu area di mana SoundHound jauh lebih baik daripada Shazam adalah kamu bahkan dapat menyenandungkan lagu untuk menemukan lagu. SoundHound bekerja dengan sangat baik, bahkan jika kamu hanya menyenandungkan bagian dari lagu yang ingin kamu kenali.

SoundHound sangat membantu ketika kamu tidak mengingat lirik lagu tersebut, dan hanya nada lagu yang kamu ingat. Cukup jalankan SoundHound dan senandungkan lagunya. Selain itu, SoundHound secepat Shazam dalam hal mengidentifikasi lagu, dan merupakan aplikasi luar biasa untuk mengidentifikasi musik.

Terlebih lagi, SoundHound memungkinkan kamu memutar musik dari berbagai layanan streaming seperti YouTube, Spotify, dan lainnya. SoundHound juga menyediakan lirik untuk kamu nyanyikan bersama. Ditambah SoundHound membuat semua penemuan lagu kamu dengan tampilan yang bersih. Meskipun sebagian besar aplikasi ini gratis, jika kamu tidak ingin melihat iklan apa pun, kamu dapat berlangganan ke versi berbayar.

Link Download

Musixmatch Lyrics

Aplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu - Musixmatch Lyrics

Musixmatch Lyrics adalah aplikasi lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengidentifikasi musik yang diputar di sekitar kamu lengkap dengan lirik. Musixmatch ini bukan hanya aplikasi pengenalan musik, tetapi juga pemutar musik dengan dukungan lirik. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi untuk pengenalan lagu, kamu dapat mengetuk menu “Identify” di bilah bawah, lalu ketuk tombol Musixmatch.

Musixmatch kemudian mencoba mengenali musik yang sedang diputar, dan menemukan lagu yang cocok dengan “sidik jari” audionya. Pengenalan lagu di Musixmatch didukung oleh ACRCloud dan bekerja dengan cukup baik. Yang unik di Musixmatch adalah mencoba menyelaraskan musik dan lirik secara real-time yang cukup baik berfungsi.

Selain itu, Musixmatch juga menawarkan terjemahan lirik musik ke banyak bahasa. Menurut saya, Musixmatch adalah aplikasi penuh fitur untuk mengidentifikasi lagu dan kamu harus mencobanya.

Link Download

Genius

Aplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu - Genius

Genius adalah aplikasi terakhir kami untuk mengidentifikasi musik dalam daftar ini. Genius sangat mirip dengan Musixmatch dengan fokus pada lirik lagu. Cukup buka aplikasi dan ketuk tombol pengenalan musik yang terletak di sudut kanan bawah.

Setelah itu, aplikasi mengidentifikasi musik menggunakan layanan ACRCloud. Dalam pengujian saya, Genius berfungsi setiap kali digunakan, tetapi itu sedikit lebih lambat dibandingkan dengan aplikasi lain. Kamu juga dapat memutar lagu yang dikenali melalui jendela “PiP” YouTube.

Selain itu, Genius menampilkan daftar lagu yang merupakan lagu paling dikenal di Genius. Kamu dapat mengetuk salah satu lagu ini, untuk melihat liriknya, dan memutarnya, jika kamu mau. Aplikasi Genius juga memberi kamu pilihan untuk mengunduh lirik atau membagikan lagu dengan orang lain.

Selain itu, kamu dapat mengetuk menu, dan mengetuk “identify songs” lagu untuk mencari tahu lagu apa yang sedang diputar. Genius berfungsi dengan baik dan juga menyimpan penemuan kamu sebelumnya di bawah menu “My Music”. Singkatnya, jika kamu menginginkan aplikasi pengenalan lagu dengan dukungan lirik maka Genius adalah pilihan yang baik.

Link Download Android

Link Download iOS

Identifikasi Musik menggunakan Website

Midomi

Midomi adalah situs pendeteksi lagu yang dibuat oleh SoundHound yang dapat kamu gunakan untuk mengidentifikasi musik hanya dengan memutar musik di komputer kamu. Midomi bahkan dapat mengenali senandung atau siulan lagu ke mikrofon laptop kamu .

Midomi bisa sangat berguna jika kamu memiliki nada yang terngiang-ngiang di kepala kamu, tetapi kamu tidak dapat menyebutkan namanya. Cukup buka situs web Midomi, dan senandungkan lagunya. situs web akan mengenali musik dan memberi nama lagu itu. Selanjutnya, kamu juga dapat memutar lagu di Spotify atau Apple Music.

Link Musik

AHA Music

Aplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu - AHA MusicAplikasi Terbaik untuk Mengenali Lagu - AHA Music

AHA Music adalah yang terakhir kami dalam daftar ini yang dapat kamu gunakan untuk mengenali musik yang diputar di sekitar. AHA Music menggunakan database ACRCloud yang kuat dan memberikan hasil musik dalam beberapa detik. Bagian terbaiknya adalah AHA Music juga menawarkan ekstensi Chrome dan Edge sehingga kamu tidak perlu membuka situs web setiap saat.

Selain itu, AHA Music juga mendukung pengenalan musik melalui senandung atau nyanyian. Dan semua layanan ini benar-benar gratis untuk digunakan. Jadi lanjutkan dan kenali lagu di browser web kamu secara instan.

Link Website