23 Aplikasi Online Terbaik untuk Mendesain Interior Rumah

Dengan bantuan komputer, mendesain ruangan dan rumah menjadi lebih mudah dengan hadirnya aplikasi desain interior. Kamu bisa melakukannya sendiri atau menyewa jasa profesional (desainer interior dan/atau arsitek) untuk melakukannya untukmu. Sebagian besar aplikasi bersifat gratisan, beberapa berbayar. Beberapa bisa kamu gunakan langsung secara online (berbasis website), dan beberapa harus kamu download dulu ke komputer.

Berikut adalah direktori dari 23 aplikasi online untuk desain rumah dan interior. 15 di antaranya gratis, 1 freemium, dan 7 berbayar. Aplikasi-aplikasi berikut dapat digunakan baik untuk desain interior, desain rumah, dan desain lanskap. Silakan dicek satu-satu (terutama yang gratisan) untuk melihat yang mana yang paling cocok buatmu. DSG telah memilih opsi-opsi yang bersifat universal, meliputi aplikasi untuk mendesain dapur, aplikasi untuk mendesain kamar mandi, dan beberapa untuk mendesain lanskap dan/atau dek.

Aplikasi Online Terbaik untuk Mendesain Interior Rumah (Gratis)

Waktu DSG browsing-browsing banyaknya opsi aplikasi desain interior gratisan, banyak banget yang melebihi ekspektasi.

1. Home Stratosphere’s Interior Design Software

Aplikasi Online Terbaik untuk Mendesain Interior Rumah Home Stratosphere

Sebagian besar fitur yang disediakan sifatnya gratis. Baiknya lagi, tidak diperlukan download dan sangat mudah digunakan.

Kamu bisa mendesain ruangan apa saja dalam sebuah rumah dengan sangat cepat.

Kamu juga bisa mendesain layout sebuah ruangan saja ataukah layout keseluruhan untuk satu rumah.

 

2. Home Hardware Design Centre

Aplikasi Online Terbaik untuk Mendesain Interior Rumah Home Hardware Design Centre

Home Hardware merupakan perusahaan asal Kanada, namun semua orang dari berbagai negara bisa kok mengakses produk desain interior gratis, desain penyimpanan, serta aplikasi untuk mendesain dapur.

Semua aplikasinya ada pada cloud alias tidak perlu download, bahkan tidak perlu registrasi. Cukup kunjungi situs resminya dan pilih opsi aplikasi yang kamu minati.

Kamu juga bisa mengunggah gambar rumahmu dan mulai berkreasi berdasarkan hal tersebut. Atau berkreasi dengan memanfaatkan desain rumah yang sudah ada sebelumnya.

 

3. Space Designer

Space Designer adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat perencanaan ruangan dan/atau layout rumah keseluruhan langsung di situs mereka. Sangat mudah digunakan karena prinsipnya drag and drop jadi menyenangkan juga. Luaran desain bisa berupa 2D maupun 3D.

 

4. HomeByMe

HomeByMe adalah aplikasi gratis untuk perencanaan ruangan. Kamu bisa memasukkan produk dan furnitur betulan. Kalau sudah  selesai, kamu bisa mengkonversikannya berupa grafis 3D.

 

5. RoomToDo

Aplikasi Online Terbaik untuk Mendesain Interior Rumah RoomToDo

RoomToDo adalah aplikasi desain interior gratis berbasis cloud yang menawarkan satu fitur unik yang mereka namakan 3D walkthrough.

Yang dilakukan fitur ini adalah kemampuan untuk menampilkan desain grafis seakan-akan kamu sedang berjalan di dalamnya. Kamu bisa melakukannya dalam berbagai sudut berbeda.

Aplikasi ini terbilang keren dan harus dicoba. FYI, fitur penampilnya banyak kok, tidak hanya walkthrough.

 

6. Room Sketcher

Aplikasi Online Terbaik untuk Mendesain Interior Rumah RoomSketcher

Room Sketcher adalah tool online perencanaan lantai dan desain interior gratisan. Yang DSG suka mengenai Room Sketcher adalah ketersediaan templates yang banyak, desain buatan sesama pengguna, atau opsi untuk mendesain dari nol. Kamu juga bisa menampilkan desain dalam bentuk 2D atau 3D.

 

7. Small Blue Printer

Small Blue Printer menawarkan aplikasi perencanaan lantai/rumah plus kebun/lanskap. Kamu bisa menggunakan aplikasinya secara online sehingga tidak perlu mendownload atau menginstall apapun.

 

8. Olympic Paint Color Visualizer

Aplikasi Online Terbaik untuk Mendesain Interior Rumah Olympic Paint Color Visualizer

Dengan aplikasi ini, unggahlah gambar ruanganmu, kemudian tambahkan warna-warna berbeda dalam desain ruanganmu dan kamu bisa melihat bagaimana kira-kira tampilan nyata ruanganmu. Aplikasi ini didesain untuk membantu menentukan warna cat terbaik untuk ruangan.

Tidak diperlukan download atau instalasi, semuanya bisa dilakukan pada situs resmi Olympic.

 

9. My Deco 3D Room Planner

Ini adalah tool gratis perencana ruangan berbasis web yang mudah digunakan. Karena basisnya web atau online, sudah pasti tidak perlu download-download. Di situs resminya juga banyak tutorial video yang sangat membantu.

 

10. Lowe’s Virtual Room Designer

Lowes - dapur

Tingkatan detail yang ditawarkan aplikasi ini sangat baik untuk opsi aplikasi desain interior gratis. Kamu bisa mendesain sebuah ruangan dari nol atau menggunakan templates yang disediakan. Gambar hasil desainnya kualitasnya mendekati penampakan asli alias seperti foto yang diambil dari sebuah ruangan betulan.

Nih, berikut adalah beberapa contoh hasil jadinya.

lowes - laundry lowes - kamar mandi

 

11. Houzz’ View in My Room

Baru-baru ini, Houzz merilis sebuah fitur pada aplikasi mobilenya yang diberi nama “View in My Room”. Cara kerjanya adalah, ambillah foto ruangan dalam rumahmu dan kemudian kamu bisa menambahkan gambar furnitur pada foto tadi.

Dengan cara ini, kamu jadi tahu gimana jadinya kalo furniture tertentu ada pada sebuah ruangan. Namun sayangnya aplikasi ini baru tersedia dalam versi mobile saja untuk Android dan iOS.

Link Download Google Play / Apple App Store

 

12. Design Home

Design Home

Design Home menjuluki dirinya sebagai game-app desain interior, namun sebenarnya kamu bisa memanfaatkannya tidak untuk sekadar bermain game, melainkan mendapatkan banyak ide desain keren untuk rumahmu.

Link Download Google Play / Apple App Store

 

13. Decolabs

Decolabs

Decolabs adalah sebuah aplikasi di mana kamu bisa mengambil foto ruanganmu. Kemudian, browsinglah pada katalog onlinenya untuk mencari produk (sofa, meja, rak, dll.) sehingga kamu bisa melihat bagaimana banyaknya item nampak pada ruanganmu.

Link Download

 

14. IKEA Home Planning and Room Planner Software Tools

IKEA Planner

Sudah jelas lah ya, aplikasi keluaran IKEA ini akan membantu perencanaan ruanganmu ketika dipadukan dengan furnitur IKEA. Jelas sebuah opsi bagus ketika kamu berencana mau beli produknya IKEA. Mereka menawarkan banyak aplikasi untuk berbagai jenis ruangan, meliputi dapur, wardrobe, rumah-kantor, kamar mandi, dan banyak lagi.

 

15. FloorPlanner

Dengan aplikasi ini, kamu diberi jatah gratis satu kali membuat perencanaan. Manfaatkan sebaik-baiknya untuk merencanakan rumahmu, ruangan, atau lanskap. Kamu juga bisa menginject furniture ke dalam desain yang sedang kamu buat.

 

Aplikasi Online Terbaik untuk Mendesain Interior Rumah (Freemium)

1. Planner5D

planner5D

  • Biaya: Freemium (ada versi gratis, tapi perlu membayar untuk menggunakan fitur premium)
  • Cakupan ruangan: Seluruh desain interior, lanskap, dan kolam renang. Kapabilitas penuh dalam membuat perencanaan lantai (floor plan).
  • 3D: Ya
  • Multiplatform: Ya, berikut versi OnlineiTunes, dan Google Play

Buatlah desain rumahmu dan konversikan menjadi tampilan 3D berwarna sehingga kamu akan mendapat gambaran baik bagaimana penampakan ruangan yang telah didesain. Kamu bisa memasukkan furnitur dan semua jenis fitur dalam ruangan meliputi jendela, pintu, tangga, partisi, cabang, dll.

Plane 5D juga dapat digunakan untuk mendesain eksterior rumah sekaligus lanskap maupun kolam renang. Maksimalkan seluruh fiturnya dan kamu akan mendapatkan desain rumah yang komplit luar dalam.

Fitur utama:

  • Tampilan 3D.
  • Komprehensif: desain interior, floor plan, lanskap, serta kolam renang.
  • Galeri karya sesama member untuk inspirasi.
  • Drag and drop.

 

Aplikasi Online Terbaik untuk Mendesain Interior Rumah (Berbayar)

1. SmartDraw Interior Design Software

smartdraw

SmartDraw adalah brand aplikasi populer di mana kamu bisa mendesain dan merencanakan rumah, dapur, kamar mandi, garasi, dan kurang lebih semua jenis ruangan yang ada dalam rumah atau keseluruhan rumah itu sendiri. Aplikasi ini memang masuk kategori berbayar, namun mereka menyediakan demo secara gratis kok.

DSG sudah nyobain SmartDraw dan aplikasinya mudah digunakan. Hanya, kamu harus mengunduh dan menginstallnya dulu alias bukan aplikasi berbasis web.

Link Download

 

2. Chief Architect

Home Designer Suite

Chief Architect menawarkan banyak jenis aplikasi, namun Home Designer Suite adalah produk mereka yang paling populer.

Aplikasi ini menyediakan templates dari berbagai jenis desain, atau kamu bisa berkreasi dari nol. Aplikasi akan merender dalam bentuk 2D dan 3D. Terdapat modul spesifik untuk dapur, kamar mandi, dan desain lanskap.

Link Download

 

3. Cylindo

Cylindo adalah aplikasi desain interior 3D. Aplikasi ini memang masuk kategori berbayar, namun mereka menyediakan demo secara gratis kok. Fokusnya adalah mengubah furnitur (nyata) dan mengubahnya menjadi gambar 3D yang bisa kamu sertakan saat mendesain ruangan, sehingga kamu akan mendapat gambaran bagaimana furnitur tampak pas atau tidak.

Link Download

 

4. Space Designer 3D

Space Designer 3D merupakan aplikasi online untuk desain interior/ruangan berbayar. Berbasis cloud, jadi kamu tidak perlu mendownload apapun.

Salah satu fitur unggulannya adalah kamu bisa melihat penampakan versi 3D secara real-time saat sedang mendesain. Tidak perlu dirender. Hal ini tentu mempercepat proses desain alias menghemat banyak waktu.

 

5. HGTV Design Software

Tidak mengejutkan kalau HGTV punya platform sendiri untuk mendesain interior, rumah, dan lanskap. Bagaimanapun, ini tidak gratis. Kamu bisa memilih dari banyak pilihan aplikasi – desain rumah, desain lanskap, desain dapur, perencanaan lantai, desain interior, renovasi rumah, desain taman, desain kamar mandi, dan desain rumah 3D. Aplikasinya disertai dengan tutorial video lengkap.

Link Download

 

6. Punch Software

Hasil Punch Software, Room 3D

Hasil Punch Software, Room 3D

Software desain Punch menawarkan keseimbangan antara kemudahan penggunaan, harga, dan kualitas desain. Mereka menyediakan beberapa opsi bergantung projectmu. Beberapa di antaranya: interior, dapur, kamar mandi, dan lanskap.

Punch Software banyak digunakan oleh desainer interior profesional karena hasilnya yang realistis, mirip foto. Dengan Punch, kamu dapat mendesain keseluruhan rumah, ruangan, dan lanskap. Detailnya asik banget.

Link Download

 

7. Sketchup Pro

Kalau kamu punya dana sekitar Rp10 juta ($695) dan ikhlas dibelanjakan untuk aplikasi desain interior, ya yang satu ini jawabannya. Powerful banget dan banyak desainer pro yang make. Kalau mau hasil renderan 3D nya keren, export aja desain yang kamu bikin di Sketchup Pro ke tools lain seperti Lumion atau Vray.

Link Download

 

Komparasi visual dari 6 aplikasi desain interior online populer

Naah, ada bonus nih. DSG kasih perbandingan hasil visualnya yang dikeluarkan oleh aplikasi berikut: Space Designer 3D, Homestyler, Homebyme, Floor Planner, Planner 5D, dan Archilogic.

Digital Workspace

komparasi desain

Di atas adalah visualisasi bagaimana keenam opsi aplikasi desain tersebut mengorganisir digital workspace mereka.

Visualisasi 2D

komparasi 2D

Di atas adalah perbandingan hasil visualisasi 2D antara 6 aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya.

Grafis hasil renderan

komparasi 3D

Di atas adalah komparasi hasil rendering 3D dari 6 aplikasi yang sudah disebutkan sebelumnya.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.