7 Aplikasi Pemantau Suhu CPU PC Gratis Terbaik

Memantau sumber daya komputer sangat penting agar PC kita tetap dapat bekerja dengan baik. Mengetahui puncak kemampuan komputer kita terkadang dapat menjadi penyelamat, dan akan mencegah kita dari kelebihan beban, dan kondisi dimana komponen perangkat pada komputer terlalu panas.

Ada banyak faktor di komputer kita yang perlu dimonitor. Beberapa faktor ini adalah beban CPU, kecepatan dan suhu clock, kecepatan kipas, voltase, penggunaan RAM dan banyak lagi lainnya. Jika kita mengetahui suhu CPU kita saat ini, kita dapat mencegahnya dari potensi overheating. Oleh karena itu, kita dapat yakin bahwa komputer kita berfungsi normal, bahkan dalam penggunaan pada cuaca sedang panas-panasnya.

Secara keseluruhan, mengetahui detail seperti yang telah disebutkan sebelumnya sangatlah penting, tetapi sulit untuk memantau begitu banyak informasi. Untuk mengatasi ini terdapat beberapa aplikasi berguna yang akan memberi kamu informasi tentang perilaku komputer kamu.

Aplikasi pemantau suhu CPU PC gratis terbaik

AIDA64 Extreme

Aplikasi pemantau suhu CPU PC gratis terbaik AIDA64 Extreme

AIDA64 Extreme adalah alat analisa dan benchmark sistem yang komprehensif dimana memiliki beberapa fitur canggih seperti pemantauan CPU. Selain itu, kamu juga dapat melihat kinerja RAM dan GPU serta kemungkinan masalah yang mungkin akan timbul.

Tampilannya sangat intuitif dan mirip dengan Microsoft Console Management. Kamu dapat melihat dan menganalisa banyak indikator aktivitas. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menguji semua komponen dalam berbagai macam kombinasi.

Link Download

 

HWMonitor

Aplikasi pemantau suhu CPU PC gratis terbaik HWMonitor

HWMonitor adalah aplikasi sederhana untuk menampilkan kinerja komponen komputer kamu. HWMonitor akan menunjukkan statistik seperti suhu, kecepatan kipas, dan voltase sistem. Aplikasi ini dikembangkan oleh CPUID, pengembang dari CPU-Z dan PC Wizard.

Hal terbaik tentang HWMonitor adalah kesederhanaannya. Aplikasi ini menyertakan semua hasil pada satu jendela yang dibagi menjadi beberapa bagian dalam tata letak yang sederhana. Kamu dapat melihat suhu dan voltase motherboard, suhu dan voltase prosesor, serta suhu dan voltase GPU kamu. Secara default tiga set nilai akan ditampilkan antara lain nilai saat ini, nilai minimum, dan nilai maksimum.

Link Download

 

Real Temp

Aplikasi pemantau suhu CPU PC gratis terbaik Real Temp

Real Temp adalah aplikasi gratis yang khusus untuk mengukur suhu prosesor Intel. Jadi, jika komputer kamu didukung oleh prosesor Intel, Real Temp adalah solusi hebat. Jika kamu menggunakan beberapa prosesor lain maka kamu harus menggunakan aplikasi lain pada daftar ini.

Real Temp kompatibel dengan prosesor single core, dual core, quad core, i5, dan i7. Real Temp menunjukkan suhu CPU secara real time, sehingga kamu dapat meluangkan waktu untuk memantau perubahan suhu. Selain menunjukkan suhu saat ini secara real time, Real Temp juga menunjukkan suhu minimum dan maksimum dari prosesor kamu.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengatur alarm untuk suhu tinggi, yang dapat menghilangkan risiko panas berlebih. Real Temp adalah aplikasi portabel, dan kamu tidak perlu menginstalnya, jalankan saja, dan mulai pantau suhu CPU kamu.

Link Download

 

Rainmeter

Aplikasi pemantau suhu CPU PC gratis terbaik Rainmeter

Tidak seperti aplikasi pada daftar ini, Rainmeter bukanlah aplikasi standar untuk mengukur kinerja sistem, tetapi lebih ke utilitas gratis untuk memodifikasi ampilan desktop kamu. Rainmeter bekerja mirip dengan Widget, kenamun banyak pilihan.

Rainmeter dapat menampilkan berbagai jenis data di Desktop kamu, termasuk waktu, tanggal, cuaca, juga penggunaan CPU dan RAM, suhu, penggunaan disk, dan banyak lagi. Ketika kamu menginstal Rainmeter, aplikasi ini akan menggunakan skin default-nya, yang hanya menunjukkan penggunaan CPU dan RAM. Namun, kamu dapat membuatnya lebih fleksibel dan kuat dengan memasang skin lain.

Kamu dapat menemukan skin di berbagai tempat, tetapi yang paling umum adalah DeviantArt, Customize.org, dan Rainmeter subreddit. Saat kamu mengunduh skin (.rmskin file), cukup klik dua kali untuk menginstal dan mengaktifkannya. Karena skin dapat memeiliki banyak fitur, kamu bahkan dapat memilih fitur mana yang ingin ditampilkan di desktop kamu.

Link Download

 

Open Hardware Monitor

Aplikasi pemantau suhu CPU PC gratis terbaik Open Hardware Monitor

Open Hardware Monitor adalah aplikasi lain yang sangat sederhana untuk memantau kinerja perangkat keras komputer kamu. Open Hardware Monitor menawarkan tampilan pengguna yang mirip dengan HWMonitor, tetapi dengan beberapa fitur tambahan.

Semua komponen ditampilkan dalam satu jendela, diurutkan dalam gaya seperti Device Manager Windows. Selain navigasi yang mudah, Open Hardware Monitor dapat menampilkan frekuensi dan beban CPU / GPU, informasi memori, ruang penyimpanan hard drive dan bahkan beberapa info tambahan tentang SSD kamu. Selain itu, ada grafik untuk menampilkan semua suhu yang dapat terdeteksi.

Link Download

 

Speedfan

Aplikasi pemantau suhu CPU PC gratis terbaik Speedfan

Speedfan ini bisa dibilang aplikasi yang paling terkenal untuk memantau suhu. Sudah ada cukup lama, Speedfan bahkan lebih tua dari Windows XP! Walaupun sudah lama hadir, tetapi Speedfan masih merupakan alat yang sangat handal untuk mengukur hampir semua suhu perangkat di PC kamu.

Selain kemampuan untuk memonitor suhu CPU, kecepatan kipas, dan tegangan, kamu juga dapat mengontrol kecepatan kipas, jika kipas berjalan lambat atau berisik. Kamu juga dapat mengatur peringatan jika suhu tinggi, atau memulai tindakan seperti mengirim email atau menjalankan aplikasi.

Link Download

 

Core Temp

Aplikasi pemantau suhu CPU PC gratis terbaik Core Temp

Seperti namanya, Core Temp adalah aplikasi untuk mengukur suhu core CPU PC kamu. Aplikasi ini memberikan hasil yang sangat akurat, jadi jika kamu mencari secara khusus untuk informasi yang sangat akurat, kamu harus mempertimbangkan untuk mencoba Core Temp.

Ada juga beberapa opsi yang berguna untuk mencegah panas berlebih dari komputer kamu. Kamu dapat mengatur aplikasi untuk mematikan atau mengaktifkan mode “sleep” komputer kamu ketika suhu terlalu tinggi. Mereka yang memiliki keyboard canggih, dapat menerima notifikasi dari Core Temp di keyboard mereka.

Link Download

 

CPU Thermometer

Aplikasi pemantau suhu CPU PC gratis terbaik CPU Thermometer

CPU Thermometer adalah aplikasi minimalis untuk mengukur suhu CPU kamu. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, karena hanya menampilkan suhu CPU dan beban CPU saat ini dari setiap core. Karena kesederhanaannya, CPU Thermometer tidak memiliki fitur-fitur canggih. Satu-satunya pilihan penyesuaian yang kamu miliki adalah kemampuan untuk mengubah metrik nilai antara Celsius dan Fahrenheit.

CPU Thermometer menunjukkan suhu kamu di system tray, pilihan yang bagus yang bagus jika kamu tidak ingin berurusan dengan jendela aplikasi tambahan. Seperti yang kami katakan, aplikasi ini sangat sederhana dan mendasar, dan ini untuk pengguna yang tidak ingin melakukan analisis mendalam, dan hanya ingin memeriksa suhu CPU komputer mereka.

Link Download

 

Apakah kamu setuju dengan daftar kami? Atau kamu tahu tentang beberapa aplikasi monitoring lainnya? Beri tahu kami di kolom komentar.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.