5 Aplikasi Backup Driver Gratis untuk Windows 10

Saya tahu banyak dari kita merasa kesulitan untuk mencari “driver hardware” setelah memformat komputer. Meskipun banyak driver akan diinstal secara otomatis oleh Windows, namun masih banyak driver penting agar perangkat bekerja dengan normal tidak di support oleh Windows.

Dan masalah besar muncul jika kamu memerlukan driver jaringan untuk bisa mendapatkan koneksi internet yang mana driver tersebut tidak dikenali oleh Windows, maka kamu tidak dapat online untuk mendapatkan driver terbaru untuk perangkat keras lainnya sampai driver jaringan diinstal.

Bahkan lebih buruk lagi jika kamu mencoba menginstal ulang komputer milik orang lain dan mereka tidak tahu apa yang ada di komputer mereka. Kamu harus menjalankan aplikasi untuk mengidentifikasi komponen perangkat keras dan mencari situs web pabrikan untuk driver yang benar. Beberapa driver seperti driver grafis dari NVIDIA memiliki ukuran file sangat besar dan kamu harus menunggu untuk mendownload dan menginstalnya.

Untungnya ada beberapa alat gratis yang dapat membuat backup dan mengembalikan driver sistem kamu. Berikut ini beberapa pilihan untuk di coba.

Aplikasi Backup Driver Gratis untuk Windows

DriverMax

Aplikasi Backup Driver Gratis untuk Windows 10 DriverMax

DriverMax pada dasarnya adalah alat untuk memindai sistem kamu untuk driver yang sudah ketinggalan zaman dan kemudian mendownload dan menginstal yang paling baru. Agar memungkinkan aplikasi bisa memperbarui driver, kamu harus mendaftar untuk mendapatkan akun gratis di DriverMax.

Aplikasi ini juga berfungsi untuk mem-backup dan mengembalikan driver kamu dan tidak memerlukan pendaftaran akun dan dapat digunakan secara gratis. Mengeklik tombol menu merah besar menampilkan opsi untuk mencadangkan dan memulihkan, dan ada juga opsi untuk melakukan pemulihan sistem dan melakukan rollback driver. Kamu dapat memilih untuk mencadangkan driver yang dipilih dengan mencentang kotak, atau memilih semua driver sekaligus.

Cadangan disimpan sebagai file zip di “Documents\My Drivers”. DriverMax bekerja pada Windows. Kamu juga harus mengawasi tawaran adware selama penginstalan.

Link Download

 

Double Driver

Aplikasi Backup Driver Gratis untuk Windows 10 Double Driver

Double Driver telah menjadi alat yang cukup populer tetapi sayangnya belum diperbarui selama beberapa tahun dan pengembangan tampaknya telah berhenti sekarang. Double Driver masih merupakan alat yang sangat berguna untuk dimiliki, karena cukup bagus untuk membuat cadangan dan memulihkan driver.

Ketika kamu memilih untuk mencadangkan dan menjalankan pemindaian sistem, semua driver yang ditemukan akan ditampilkan termasuk driver yang berasal dari Microsoft, tetapi hanya driver pihak ketiga yang berguna yang dipilih secara default. Cadangan dapat disimpan dalam 3 cara berbeda; folder terstruktur, arsip zip atau sebagai eksekusi ekstraksi otomatis.

Hak istimewa administrator diperlukan untuk menggunakan semua fungsi dan aplikasi akan memberi tahu kamu di jendela utama jika berfungsi sebagai admin. Double Driver bekerja pada Windows.

Link Download

 

SlimDrivers

Aplikasi Backup Driver Gratis untuk Windows 10 SlimDrivers

Meskipun SlimDrivers pada akhirnya merupakan perangkat portabel yang dapat dieksekusi, kamu harus menginstalnya terlebih dahulu menggunakan penginstal mini yang kemudian mendownload file utama di latar belakang. SlimDrivers adalah utilitas seperti DriverMax karena itu lebih dari pemindai dan pembaru driver dengan opsi untuk mencadangkan dan memulihkan driver.

Driver yang ditemukan termasuk semua driver Microsoft yang mungkin tidak kamu inginkan sehingga kamu harus memilah-milah driver mana yang ingin di backup. Setelah kamu Backup atau Backup To, folder akan dibuat dengan driver dalam bentuk uncompressed. Proses Pemulihan sama mudahnya dan mengharuskan kamu untuk mencentang atau membatalkan driver untuk memulihkan.

Jika kamu ingin menggunakan fungsi pemindaian dan pembaruan driver, SlimDrivers memerlukan pendaftaran untuk akun gratis dan jika kamu tidak akan sering menggunakannya, cobalah mendaftar menggunakan email sementara, itu berfungsi untuk saya.

Link Download

 

DriverBackup

Aplikasi Backup Driver Gratis untuk Windows 10 DriverBackup

DriverBackup! adalah alat portabel berguna yang dapat mencadangkan dan mengembalikan driver kamu, juga menyertakan opsi cadangan dari sistem offline yang benar-benar berfungsi. Driver dapat dipilih berdasarkan OEM (Microsoft) atau pihak ketiga saja, dan juga driver yang dapat dipindah-pindahkan sepenuhnya serta file yang tidak memiliki signature digital dapat disembunyikan.

File cadangan .bki dibuat bersama dengan file driver dan dapat dimuat ke dalam aplikasi menggunakan tombol “Buka file cadangan” di tab Pulihkan. kamu juga dapat membuat cadangan yang menghasilkan file yang diperlukan untuk mengembalikan driver otomatis meskipun saya mengalami kesalahan bahasa menguji ini.

Ada juga fungsi yang disebut “Open backup file” di mana kamu dapat memilih sejumlah aplikasi cadangan dan mengembalikan opsi, dan argumen yang valid dibuat untuk kamu gunakan melalui baris perintah atau dalam skrip dan file batch.

Link Download

 

Driver Magician Lite

Aplikasi Backup Driver Gratis untuk Windows 10 Driver Magician Lite

Driver Magician Lite aplikasi yang sangat efektif untuk membuat cadangan. Versi lengkapnya seharga $ 29,95 dan termasuk opsi pemulihan, pembaruan dan penghapusan driver. Versi gratis sekalipun, sangat berguna untuk membuat cadangan dan kemudian memulihkan driver secara manual sendiri yang merupakan ide bagus jika kamu lebih suka memiliki kontrol penuh tentang apa yang diinstal dan kapan.

Semua driver dalam sistem ditampilkan tetapi yang berwarna merah adalah driver pihak ketiga non Microsoft yang merupakan penting untuk di backup. Driver disimpan dalam format yang tidak dikompresi sehingga ketika kamu perlu menginstal ulang driver, mereka siap untuk menunjuk ketika memilih untuk mencari driver baru. Ada versi portabel dan installer yang tersedia dan Driver Magician Lite bekerja pada Windows.

Link Download

 

Penutup

Secara pribadi saya akan merekomendasikan kamu menggunakan driver backup dan mengembalikan alat-alat untuk mungkin mendapatkan sistem dapat berjalan dengan perangkat yang tidak dikenal oleh windows atau sulitnya mendapatkan driver jaringan yang diinstal.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.