7 Aplikasi Pembersih Sampah PC Terbaik

Menjalankan komputer baru untuk pertama kalinya selalu menyenangkan. Komputer berjalan cepat dan responsif, dan semua itu memungkinkan bekerja dan bermain lebih leluasa. Kamu akan menjadi lebih produktif, menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, dan bersenang-senang melakukannya – atau setidaknya begitulah rasanya di awal. Setelah beberapa bulan, segalanya mulai melambat. Komputer tidak bisa boot dengan cepat, dan aplikasi favorit kamu membutuhkan waktu lebih lama untuk dijalankan.

Kamu akan mungkin akrab dengan pemikiran tersebut, karena ini menjadi premis yang mendasari industri software “pembersihan PC”. Bahkan, bisa dikatakan menjadi promosi penjualan untuk dua aplikasi pembersihan PC favorit kami, AVG PC TuneUp, dan CleanMyPC.

AVG PC TuneUp ditujukan untuk pengguna yang lebih mahir yang merasa nyaman untuk menggali bagian dalam sistem operasi mereka tetapi tidak selalu ingin menghabiskan waktu untuk mengoptimalkan saat mereka dapat menggunakan komputer mereka. AVG juga dikelompokkan dalam sejumlah fitur tambahan seperti optimalisasi kinerja dan alat manajemen disk.

CleanMyPC adalah pilihan yang lebih baik untuk pengguna yang lebih santai yang tidak perlu, atau tidak ingin mengotak-atik pengaturan yang lebih mendetail. CleanMyPC memiliki tampilan yang ramping yang membuat penggunaanya mudah, dan alat pemantauan latar belakang yang baik untuk menjaga semuanya berjalan lancar.

Fakta mengenai Aplikasi Pembersih PC

Ada industri yang cukup besar yang dibangun di sekitar aplikasi yang diklaim untuk mempercepat PC kamu dengan membersihkan file lama, entri registri, dan sampah lain-lain yang diduga dihasilkan dari penggunaan normal komputer sehari-hari. Semua anggapan itu membuat beberapa pemikiran yang dianggap masuk akal dan logis menjadi sangat dipercaya di kalangan pengguna komputer, tetapi apakah klaim itu benar-benar nyata?

Faktanya adalah, PC kamu tidak melambat karena hard disk kamu “berantakan” dengan bermacam-macam file yang tidak dikenal. Jika kamu mengalami waktu boot yang lebih lambat dari biasanya dan mendapati aplikasi tidak responsif, ada pelaku lain yang mengintai di balik layar yang menyebabkan masalah ini.

Pembersihan registri adalah salah satu fitur utama dari banyak pembersih PC, tetapi tidak pernah benar-benar terbukti melakukan apa pun untuk mempercepat PC kamu. Beberapa orang, termasuk pengembang anti-malware yang sangat baik seperti MalwareBytes, bahkan menyebut pembersih registri sebagai “minyak ular digital”. Jika kamu menggunakan pembersih registri berkualitas rendah, bahkan ada kemungkinan untuk benar-benar merusak sistem operasi kamu dan harus menginstal ulang semuanya dari nol.

Microsoft tidak bertanggung jawab atas masalah yang disebabkan oleh penggunaan utilitas pembersihan registri. Kami sangat menyarankan kamu hanya mengubah nilai dalam registri yang kamu pahami atau telah diinstruksikan untuk diubah oleh sumber yang kamu percayai, dan bahwa kamu membuat cadangan registri sebelum membuat perubahan apa pun. Microsoft tidak dapat menjamin bahwa masalah yang dihasilkan dari penggunaan utilitas pembersihan registri dapat dipecahkan. Masalah yang disebabkan oleh utilitas ini mungkin tidak dapat diperbaiki dan data yang hilang mungkin tidak dapat dipulihkan. (Sumber: Dukungan Microsoft)

Berdasarkan peringatan yang telah disebutkan diatas, kami menyarankan agar kamu tidak menggunakan alat pembersih registri .

Seakan itu tidak cukup untuk membuat kamu bertanya-tanya tentang pembersih PC secara umum, ada juga fakta bahwa merketing sering mencoba untuk menjual dengan mengiming-imingi kamu akan memiliki komputer yang “berjalan seperti baru”. Sayangnya, hal ini kebanyakan berlebihan, kamu biasanya tidak dapat memiliki komputer yang berjalan seperti baru sementara masih memiliki semua file dan software yang diinstal di dalamnya. Sebagian besar alasan komputer berjalan dengan baik ketika mereka baru adalah bahwa mereka masih dalam keadaaan kosong, dan setelah kamu mulai menginstal aplikasi dan melakukan beberapa pengaturan, kamu memintanya untuk melakukan lebih banyak pekerjaan.

Namun tidak berarti bahwa aplikasi pembersihan PC tidak berguna sama sekali. Meskipun hype pemasaran biasanya selalu berlebihan dan sangat dramatis, kamu masih dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan kinerja PC kamu. Kamu pasti akan dapat mengosongkan ruang penyimpanan dan mempercepat waktu pemuatan Windows kamu dengan aplikasi yang tepat, dan banyak aplikasi dilengkapi dengan beberapa fitur hebat lainnya seperti pembersih privasi, pengontrol file duplikat, dan fungsi hapus aman.

Siapa yang mendapat manfaat dari penggunaan Pembersih PC

Ini adalah pertanyaan yang sulit dijawab karena orang menggunakan PC mereka dengan cara yang sangat berbeda. Beberapa orang merasa nyaman menggunakan alat sistem, baris perintah, dan mengedit entri registri, sementara yang lain fokus pada konten untuk memeriksa email dan menonton video tanpa mengetahui (atau peduli) apa itu baris perintah.

Jika kamu pengguna biasa yang menjelajahi web, memeriksa email / media sosial, dan melakukan sedikit pengolah kata dasar, kamu mungkin tidak menemukan banyak manfaat dari aplikasi pembersih PC yang mahal. Mungkin berguna untuk membantu kamu mengurangi ruang penyimpanan dan memastikan bahwa kamu tidak meninggalkan informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi di komputer kamu, tetapi kamu biasanya dapat menyelesaikan hal yang sama tanpa harus membayarnya.

Yang sedang berkata, itu bisa jauh lebih mudah untuk memiliki satu aplikasi yang menangani semua tugas-tugas pemeliharaan kecil dengan mudah untuk kamu. Jika kamu tidak nyaman melacak dan mengelola semua area yang berbeda untuk membersihkan diri, akan sangat berguna untuk memiliki satu aplikasi yang membawa semua opsi pembersihan kamu bersama-sama di satu tempat.

Jika kamu adalah seseorang yang suka mengotak-atik sesuatu, menggunakan PC secara profesional atau kamu seorang gamer yang serius, kamu mungkin akan mendapatkan manfaat yang lebih nyata. Memastikan bahwa kamu memiliki banyak ruang kosong pada drive sistem operasi utama kamu sangat membantu untuk ruang awal dan file halaman, dan memastikan bahwa driver perangkat keras lama kamu tidak menyebabkan masalah dengan pembaruan berikutnya dapat menghemat banyak waktu sebelumnya. Hampir semua fungsi aplikasi pembersihan PC ini dapat ditangani menggunakan aspek-aspek lain dari Windows, tetapi masih berguna untuk memilikinya di satu tempat.

Jika kamu adalah seseorang yang selalu menginstal dan mencopot pemasangan aplikasi baru (misalnya penulis ulasan software, misalnya), kamu bahkan mungkin menemukan bahwa sebenarnya ada beberapa file “sampah” yang tersisa dari instalasi aplikasi sebelumnya!

Aplikasi Pembersih Sampah PC Terbaik

1. CleanMyPC

Aplikasi Pembersih Sampah PC Terbaik CleanMyPC

CleanMyPC adalah salah satu dari beberapa aplikasi Windows yang diproduksi oleh MacPaw, pengembang yang biasanya membuat aplikasi untuk lingkungan macOS. CleanMyPC menawarkan seperangkat fitur pembersihan yang layak seperti pembersihan ruang kosong, manajemen startup aplikasi, dan manajemen uninstall yang terbungkus dalam tampilan yang mudah digunakan. CleanMyPC juga memiliki manajemen ekstensi browser dan pembersihan privasi, serta fitur penghapusan aman.

Seperti yang kamu harapkan dari pengembang yang terutama bekerja dengan Mac, desain tampilan sederhana dan bersih, dan tidak membanjiri pengguna dengan terlalu banyak detail. Klik cepat pada tombol “Scan”, tinjauan opsional konten dan klik pada tombol “Clean” dan kamu telah mengosongkan sebagian ruang. Dan sisanya alat-alat yang sama mudah digunakan, meskipun masih diperdebatkan apakah bagian Pemeliharaan Registry apakah benar-benar ada gunanya. Ini adalah klaim umum di antara aplikasi pembersih PC yang akan membantu, dan semuanya tampaknya menyertakannya dalam satu bentuk atau lainnya.

Selain menawarkan pembersihan sesuai permintaan, CleanMyPC juga memiliki beberapa opsi pemantauan latar belakang yang sangat baik. CleanMyPC akan melacak ruang yang digunakan oleh Recycle Bin kamu dan apakah ada atau tidak aplikasi baru yang menambahkan sendiri ke startup Windows kamu. Banyak aplikasi tidak meminta izin sebelum menambahkan diri mereka sendiri ke startup Windows, dan sangat menyenangkan untuk dapat dengan mudah memantau ini secara otomatis ketika kamu menginstal aplikasi baru.

CleanMyPC tersedia sebagai percobaan gratis, dan seperti yang kamu lihat di screenshot, MacPaw tidak mencoba taktik menakut-nakuti untuk membuat kamu membeli versi lengkap. Sebaliknya, mereka hanya membatasi jumlah ruang kosong yang dapat kamu bersihkan hingga 500 MB sementara membiarkan kamu menguji fitur-fitur lainnya.

Pada sisi negatifnya, CleanMyPC agak mahal, terutama jika kamu ingin menggunakan satu aplikasi untuk membersihkan seluruh rumah yang penuh dengan komputer. Namun, CleanMyPC juga salah satu aplikasi paling sederhana untuk digunakan yang mencakup fitur paling penting dari PC cleaner yang baik, membuatnya sempurna untuk pengguna rumahan biasa yang ingin melakukan perawatan sesekali.

LINK DOWNLOAD

 

2. AVG PC TuneUp

Aplikasi Pembersih Sampah PC Terbaik AVG PC TuneUp

AVG pertama menjadi terkenal karena software antivirus gratis yang sangat digemari, dan sejak itu mereka telah meluas ke berbagai perangkat sistem PC. TuneUp menawarkan serangkaian fitur yang mengesankan dalam tampilan yang sederhana dan dirancang dengan baik yang berpusat di sekitar berbagai tugas yang mungkin ingin kamu lakukan: Pemeliharaan, Mempercepat, Mengosongkan Ruang, dan Memperbaiki Masalah. Masing-masing bagian ini menjalankan sejumlah alat secara otomatis untuk kamu, sementara bagian “All Functions” menawarkan kepada kamu rincian semua alat yang tersedia untuk penggunaan individual.

PC TuneUp menawarkan semua yang kamu harapkan dari aplikasi pembersih untuk pengguna ahli yang antara lain: manajemen startup, alat manajemen disk, dan manajemen aplikasi. Ada juga alat registri, meskipun sekali lagi, hanya sedikit data yang menunjukkan bahwa ini bisa membantu, dan kebanyakan malah dapat membahayakan.

AVG memiliki fitur secure delete, opsi pembersihan browser, dan serangkaian mode pengoptimalan langsung. Ini adalah fitur hebat yang terutama ditujukan untuk laptop, memungkinkan kamu mengelola aplikasi latar belakang dan perangkat yang terhubung dengan cepat hanya dengan sekali klik. Jika kamu khawatir tentang masa pakai baterai, kamu dapat mengatur dari mode pengoptimalan ke mode Economy, dimana akan menonaktifkan perangkat dan aplikasi yang tersambung dengan daya dan menghabiskan baterai kamu di latar belakang.

AVG tidak menggunakan taktik menakut-nakuti untuk membuat kamu membeli langganan versi lengkap, dan TuneUp memiliki tingkat kompatibilitas yang mengesankan. Salah satu fitur terbaik AVG TuneUp adalah kamu dapat menginstalnya di banyak perangkat yang kamu suka, termasuk semua versi Windows dari XP dan seterusnya, macOS dan bahkan ponsel pintar dan tablet Android.

LINK DOWNLOAD

 

3. CCleaner

Aplikasi Pembersih Sampah PC Terbaik CCleaner Pro

CCleaner telah menjadi salah satu aplikasi pembersih PC gratis yang paling banyak digunakan selama lebih dari satu dekade, tetapi meskipun popularitas dan kemampuannya, saya tidak dapat memasukkannya dalam daftar pemenang akhir. Tim CCleaner memiliki masalah keamanan besar pada bulan September 2017, ketika ditemukan bahwa versi aplikasi yang tersedia di server unduhan resmi telah terinfeksi malware trojan Floxif.

Penting untuk menunjukkan bahwa tim CCleaner melakukan segalanya dengan benar ketika tiba untuk memperbaiki masalah, mereka mengumumkan kerentanan, dan dengan cepat menambal aplikasi untuk mencegah masalah di masa mendatang. Ketika kamu membandingkan respons itu dengan perusahaan yang mengalami pelanggaran data tetapi tidak menginformasikan pengguna yang terpengaruh hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun setelah fakta, kamu dapat melihat bahwa mereka bereaksi sebaik yang mereka bisa.

LINK DOWNLOAD

 

4. Glary Utilities PRO

Aplikasi Pembersih Sampah PC Terbaik Glary Utilities PRO

Jika kamu adalah pengguna yang antusias yang tidak keberatan meluangkan waktu untuk mempelajari aplikasi, Glary Utilities mungkin tepat untuk kamu. Glary Utilities PRO memiliki serangkaian pilihan yang sangat mengesankan, dan masing-masing dapat disesuaikan untuk hampir semua situasi. Selain beberapa alat pembersih yang standar seperti manajemen aplikasi startup, pembersihan registry dan manajemen yang lengkap untuk menghapus aplikasi, ada sejumlah besar alat lain yang dikemas di Glary Utilities PRO.

Satu hal yang saya anggap paling membuat frustrasi tentang aplikasi ini adalah tampilan. Glary Utilities PRO memiliki kemampuan yang sangat baik, tetapi mereka dimakamkan di salah satu tampilan yang paling membingungkan yang pernah saya lihat dalam waktu yang lama.

Jika kamu dapat melewati masalah tampilan, ada banyak hal yang disukai dari aplikasi ini. Glary Utilities PRO diperbarui secara teratur dan kompatibel dengan semua versi Windows dari Vista dan seterusnya. Mereka tidak menggunakan taktik menakut-nakuti untuk membuat kamu membeli versi pro, dan pada kenyataannya, mereka bahkan menawarkan versi gratis yang kami sertakan di bagian “Alternatif Gratis”. Jika tampilan diperbarui ke sesuatu yang lebih rasional dan mudah digunakan, itu akan menjadi pesaing yang jauh lebih kuat.

LINK DOWNLOAD

 

5. Norton Utilities

Aplikasi Pembersih Sampah PC Terbaik Norton Utilities

Norton Utilities menyediakan berbagai fitur yang sangat baik dalam tampilan yang mudah digunakan. “1-Click Optimization” membuatnya sangat sederhana untuk menjaga PC kamu bersih, dan mereka telah menggabungkan sejumlah fitur tambahan yang mengesankan, mulai dari file duplikat hingga pemulihan file yang hilang dan penghapusan yang aman.

Saya memperhatikan bahwa setelah menjalankan 1-Click Optimization semua cache pada browser saya dinonaktifkan untuk sementara, dan semua file CSS dalam cache saya telah dihapus. File-file ini bukanlah tipe file yang menguras ruang hard disk, jadi saya tidak yakin mengapa mereka dimasukkan dalam proses pembersihan otomatis. Hal ini memiliki efek samping dengan berantakan-nya layout setiap situs web yang saya kunjungi sampai saya melakukan “hard refresh” (CTRL + F5) untuk meperbaiki hal ini, tetapi layout halaman web yang rusak mungkin membingungkan pengguna yang tidak berpengalaman.

Ada beberapa hal lain yang membuat Norton keluar dari lingkaran pemenang. Norton Utilities salah satu aplikasi pembersih yang lebih mahal dalam ulasan ini, harganya sekitar IDR 700.000, dan kamu terbatas untuk menginstal hanya pada 3 PC. Ini berarti bahwa tidak tepat untuk memenangkan kategori penggemar, karena penggemar biasanya memiliki setidaknya 3 PC di rumah, dan itu agak terlalu rumit untuk menang dalam kategori pengguna biasa. Norton Utilities masih pilihan yang sangat baik dari sudut pandang fitur.

LINK DOWNLOAD

 

6. Comodo PC TuneUp

Aplikasi Pembersih Sampah PC Terbaik Comodo PC TuneUp

Comodo PC TuneUp adalah salah satu aplikasi aneh dalam daftar. Comodo PC TuneUp mencakup beberapa fungsi pembersihan PC yang lebih mendasar seperti mencari file sampah dan perbaikan registri yang tidak berguna, tetapi juga termasuk pemindai malware, pemindai log peristiwa Windows, dan “pemindai keamanan” yang agak tidak jelas. Comodo juga menyertakan pemindai file duplikat, defragmenter registri, dan alat “hapus paksa” unik yang memungkinkan kamu untuk menunda penghapusan file yang sedang digunakan hingga restart berikutnya.

Cukup lucu adalah ketika apa yang dianggap oleh berbagai aplikasi pembersihan sebagai masalah. Comodo tidak menemukan masalah apa pun dengan registri Windows saya, terlepas dari fakta bahwa aplikasi lain yang saya uji berhasil. Saya tidak pernah menjalankan alat registri (selain dari pemindaian) dan kamu juga tidak boleh melakukannya, tetapi ada baiknya menunjukkan bahwa ada beberapa pertentangan tentang apa yang menyebabkan masalah.

Yang lebih lucu, hasil pemindai keamanan menampilkan bahwa masalah berasal dari entri di registri, terlepas dari fakta bahwa pemindai registri mengatakan semuanya baik-baik saja. Saya tidak yakin apa yang membuat itu. Comodo PC TuneUp juga menemukan file sampah paling sedikit, berbeda jauh dengan potensi 19 GB sampah yang ditemukan oleh AVG PC TuneUp.

Meskipun memiliki kompatibilitas Windows yang baik, pembaruan rutin, dan tampilan yang ramping, campuran alat yang aneh dan kinerja pencarian yang tidak bersemangat berarti bahwa alat ini belum siap untuk menjadi pemenang. Jika kamu ingin mencobanya, kamu dapat mengunduh percobaan gratis Comodo PC TuneUp.

LINK DOWNLOAD

 

7. iolo System Mechanic

iolo System Mechanic

iolo telah menerima banyak pengakuan untuk aplikasi pembersih PC-nya, tetapi pengalaman saya tidak benar-benar memenuhi harapan. Saya hampir menghapusnya dari ulasan sepenuhnya, tetapi begitu banyak orang merekomendasikannya sehingga saya pikir layak untuk membagikan pengalaman saya.

iolo System Mechanic memiliki seperangkat opsi yang cukup standar untuk mengelola pembersihan PC dan menawarkan berbagai “dorongan” yang dimaksudkan untuk mengoptimalkan semuanya mulai dari kecepatan CPU hingga kecepatan jaringan, meskipun cukup tidak jelas bagaimana tepatnya hal ini dilakukan.

LINK DOWNLOAD

 

Alternatif Gratis lainnya

Dalam banyak kasus, alternatif aplikasi gratis tidak menawarkan tingkat opsi pembersihan komprehensif yang sama atau manajemen otomatis sebagai software berbayar, tetapi mereka masih bisa sangat berguna.

1. Glary Utilities Free

Ini adalah salah satu pengecualian terhadap aturan, tentu saja. Versi gratis dari Glary Utilities menyediakan beberapa fitur unggulan yang menjadikannya pilihan yang bagus bagi mereka yang tidak memiliki anggaran atau kebutuhan untuk versi Pro. Sebagian besar dari apa yang tersisa dari versi gratis berkaitan dengan pemeliharaan otomatis dan “pembersihan mendalam”, meskipun sayangnya, kedua versi memiliki tampilan aneh yang sama.

Banyak pengguna yang mempertimbangkan versi Pro mungkin akan puas dengan versi Gratis, dan keduanya berbagi pembaruan rutin yang sama dan kompatibilitas Windows yang luas.

LINK DOWNLOAD

 

2. Duplicate Cleaner

Program ini benar-benar di bagian paling dasar dari spektrum pembersihan PC, karena benar-benar hanya melakukan apa yang disarankan oleh namanya: mencari file duplikat.

Duplicate Cleaner dapat menjadi bantuan besar ketika datang untuk membebaskan ruang penyimpanan, terutama jika kamu menggunakan laptop baru dengan SSD yang kapasitasnya relatif kecil. Kehabisan ruang penyimpanan dapat secara dramatis mengurangi kecepatan komputer kamu, dan mencari file duplikat adalah salah satu fungsi pembersihan yang tidak disediakan Windows.

LINK DOWNLOAD

 

3. BleachBit

Pembersih PC open source BleachBit adalah semacam keseimbangan antara dua opsi gratis sebelumnya, menawarkan berbagai alat pembersih ruang disk dan opsi hapus aman. Seperti kebanyakan software gratis yang tidak memiliki mitra berbayar, tampilan untuk BleachBit meninggalkan banyak hal yang diinginkan, tetapi setidaknya kamu tidak dapat menyebutnya membingungkan.

BleachBit tidak benar-benar menawarkan fungsi yang sama dengan salah satu opsi yang lebih komprehensif, tetapi memiliki dukungan yang layak dan pembaruan rutin. BleachBit adalah satu-satunya aplikasi yang kami lihat yang memiliki versi Linux, serta beberapa alat tambahan yang hanya tersedia di lingkungan Linux.

LINK DOWNLOAD

 

Penutup

Aplikasi pembersihan PC telah melalui perjalanan jauh sejak hari-hari awal, meskipun beberapa alat yang mereka masukkan agak meragukan. Ketika kamu memilih dan menggunakan pembersih PC, pastikan untuk mengingat bahwa semuanya dirancang untuk membuat kamu merasa seperti kamu akan mendapati PC kamu tidak akan cepat tanpa mereka.

Ketika mereka memberi tahu kamu bahwa kamu memiliki 1729 masalah yang harus dikoreksi, jangan panik, mereka biasanya hanya menghitung setiap file yang dapat dihapus, tidak mengatakan bahwa komputer kamu akan rusak.

Apakah kamu memiliki aplikasi pembersihan PC favorit yang saya lewatkan dari ulasan ini? Beri tahu saya di komentar di bawah dan saya akan memeriksanya.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.