Aplikasi untuk Proteksi File di Komputer

5+ Aplikasi untuk Proteksi File Komputer Gratis Terbaik

Punya sesuatu yang ingin disembunyikan? Saat kamu menyimpan file rahasia di komputer, file tersebut dapat dikembalikan meskipun kamu menghapusnya dan mengosongkan “recycle bin”. Tidak semua kunci pintu melakukan hal yang sama, hal tersebut juga terjadi pada aplikasi. Tidak semua pengunci folder dirancang untuk melakukan hal yang sama, sebagian besar pengunci folder hanyalah pengunci password dasar. Seorang ahli selalu tahu cara mengambil file dengan beberapa klik, dengan melewati kunci password. Diibaratkan seperti mengunci pintu tetapi membiarkan seseorang untuk memasukkan tangan mereka ke dalam rumah.

Dengan komputer yang tangguh yang dapat menghitung triliunan kombinasi kunci dalam waktu kurang dari beberapa jam, password dapat diretas. Namun, hal yang sama tidak dapat dikatakan ketika password bersama dengan konten file dan folder dienkripsi. Pengunci file dan folder yang baik harus disertai dengan enkripsi yang baik. Namun jika kamu bermaksud menyembunyikan beberapa hal yang tidak penting, versi gratis tanpa enkripsi cukup baik.

Folder Locker Pro (Enkripsi Dasar)

Aplikasi untuk Proteksi File di Komputer - Folder Locker Pro

Kunci folder dengan password dan mencegah orang lain mengaksesnya 99%, Folder Locker Pro menggunakan teknologi terenkripsi, sehingga membuatnya sulit untuk siapapun memaksa akses ke folder rahasia kamu.

Link Download

 

Folder Lock ( Terenkripsi)

Aplikasi untuk Proteksi File di Komputer - Folder Lock

Folder Lock adalah aplikasi kecil yang memungkinkan kamu untuk mengunci dan menyembunyikan folder apa pun. Apakah folder itu ada di komputer atau USB kamu, Folder Lock akan mengurusnya. Dengan ukuranya yang kecil, dan sederhana, hampir semua orang dapat menggunakan Folder Lock.

Link Download

 

EMCO UnLock IT (Tidak Ada Enkripsi)

Aplikasi untuk Proteksi File di Komputer - EMCO UnLock IT

Aplikasi gratis yang rapi dimana membantu kamu membuka kunci file dan folder. EMCO UnLock IT memungkinkan kamu mengambil kendali atas sumber daya yang dikunci oleh sistem, aplikasi, dan layanan.

Untuk sumber daya yang dikunci, aplikasi akan mendeteksi daftar proses penguncian dan memungkinkan untuk membuka sumber daya dengan menutup file dan pustaka yang menangani atau menghentikan proses penguncian. EMCO UnLock IT menawarkan integrasi Windows Explorer yang memungkinkan folder dan file dibuka dengan hanya satu klik di menu konteks.

Link Download

 

Hide Folders for macOS (Tidak Ada Enkripsi)

Aplikasi untuk Proteksi File di Komputer - Hide Folders for macOS

Jika kamu tertarik untuk melindungi dokumen dan folder kamu di perangkat Apple yang menggunakan macOS, Hide Folders adalah apa yang kamu cari. Dengan satu klik kamu akan menyembunyikan file dan folder dengan semua isinya. Hide Folders sangat sederhana dan mudah untuk digunakan karena berfungsi sama seperti kamu terbiasa melakukan hal-hal sehari-hari dengan Mac kamu. Dengan Hide Folders kamu dapat melindungi file kamu agar tidak diubah, dilihat atau dihapus oleh pengguna lain.

Link Download

 

Free Hide Folder (Tidak Ada Enkripsi)

Aplikasi untuk Proteksi File di Komputer - Free Hide Folder

Free Hide Folder adalah aplikasi keamanan komputer gratis untuk menyembunyikan folder pribadi. Free Hide Folder sangat berguna untuk menjaga data pribadi kamu dari orang lain. Orang lain tidak akan tahu di mana file pribadi kamu ada dan mereka tidak akan dapat melihatnya secara tidak sengaja. Kamu dapat menyembunyikan folder hanya dengan beberapa klik mouse. Free Hide Folder dilindungi oleh password yang dapat kamu ubah atau hapus kapan saja.

Link Download

 

Encrypt Care (Enkripsi File & Teks)

Aplikasi untuk Proteksi File di Komputer - Encrypt Care

Encrypt Care adalah aplikasi enkripsi yang kaya fitur dan mudah digunakan yang memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi atau mendekripsi teks dan file dalam mode batch (banyak file), menghasilkan, memverifikasi, dan mengekspor checksum file. Encrypt Care memungkinkan kamu untuk melindungi data menggunakan algoritma enkripsi yang paling kuat, juga melindungi pesan kamu. Dengan Encrypt Care kamu dapat melakukan banyak tugas dengan checksum seperti menghasilkan checksum dari teks atau file apa pun, menghasilkan hash untuk beberapa file, memverifikasi checksum.

Link Download

 

File Lock PEA (Tidak Ada Enkripsi)

Aplikasi untuk Proteksi File di Komputer - File Lock PEA

File Lock PEA (Password Encrypting Archive) mengenkripsi data pada tingkat filesystem dan menawarkan kemungkinan untuk mendekripsi file tunggal atau seluruh direktori. Tidak diperlukan Instalasi untuk menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini dibangun menggunakan Java dan karenanya platform-independen dan dapat berjalan pada hampir setiap sistem operasi tanpa instalasi, tetapi membutuhkan Java Runtime Environment, yang dalam banyak kasus sudah diinstal.

File PEA mengenkripsi file dan folder dengan enkripsi terotentikasi untuk melindungi kerahasiaan dan integritas data dan menggunakan “memory-hard key derivation functions” untuk mencegah serangan perangkat keras. File Lock PEA tidak dimaksudkan untuk menggantikan enkripsi disk, tetapi untuk melengkapinya.

Link Download

 

Wise Folder Hider (Tidak Ada Enkripsi untuk Versi Gratis)

Aplikasi untuk Proteksi File di Komputer - Wise Folder Hider

Wise Folder Hider dirancang untuk melindungi folder dan file dengan password agar tidak dapat dilihat, dibaca, atau dimodifikasi oleh orang lain. Wise Folder Hider memberikan peningkatan keamanan untuk file dan folder pada PC Windows kamu, menghalangi akses tidak sah pada file atau folder pribadi. Wise Folder Hider adalah aplikasi yang ideal bagi mereka yang peduli dengan keamanan data pribadi mereka.

Link Download