5 Cara Mematikan Komputer Laptop Secara Otomatis - ss7

5 Cara Mematikan Komputer / Laptop Secara Otomatis

Sistem operasi Windows 10 hadir dengan kredibilitas luar biasa dan fitur-fitur produktif yang kita butuhkan untuk tugas yang spesifik. Windows 10 juga berguna untuk pebisnis dan blogger juga. Windows 10 menyediakan platform yang sangat baik untuk menangani segala jenis pekerjaan baik online juga offline.

Dengan hadirnya laptop yang praktis karena portabel dan simpel, kita biasanya tidak mematikan laptop. Apa yang biasanya dilakukan adalah menutup layar laptop dan menjadikanya dalam mode sleep. Dan ketika kita perlu bekerja lagi, kita tinggal membuka layar lagi melanjutkan sesi sebelumnya. Tetapi mematikan Windows 10 penting untuk kinerja dan peningkatan baterai. Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada kamu berbagai cara untuk Auto Shutdown Windows 10 di PC atau Laptop .

Cara Mematikan Perangkat Windows 10 secara Otomatis

Sebelum memulai, kamu harus terlebih dahulu tahu mengapa kamu perlu mematikan Windows secara otomatis 10. Kebanyakan orang di luar sana tidak suka mematikan mesin komputer / laptop Windows mereka karena berbagai alasan. Mungkin karena waktu boot yang lambat atau mereka mungkin ingin melanjutkan kembali pekerjaan mereka segera atau dalam kasus tertentu untuk menghindari pembaruan otomatis yang mengganggu. Tetapi kamu perlu mematikan laptop atau PC yang berjalan pada Windows 10 untuk kinerja yang lebih baik dan inilah mengapa kamu perlu mengatur shutdown otomatis pada mesin Windows 10.

Dengan shutdown otomatis Windows 10, kamu memberi tahu Windows untuk menghentikan semua pekerjaan dan shutdown otomatis setelah waktu tertentu. Pengaturan kecil kecil ini berguna ketika kamu meninggalkan PC kamu semalaman untuk pekerjaan latar belakang yang panjang seperti download atau kamu adalah salah satu dari orang-orang yang tidak pernah peduli untuk mematikan PC atau laptop.

Auto Shutdown Windows 10 menggunakan Run Dialog

Kamu dapat dengan mudah melakukan Auto Shutdown Windows 10 menggunakan dialog Run. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menjalankan perintah sederhana di Run box untuk mematikan Windows 10 secara otomatis setelah 10 menit.

  • Tekan tombol Win + R secara bersamaan pada keyboard kamu untuk membuka Run Dialog.
  • Ketikkan perintah shutdown -s -t 600
  • Klik OK untuk menjalankan perintah.

Windows 10 akan mati secara otomatis setelah 600 detik (10 menit).

5 Cara Mematikan Komputer Laptop Secara Otomatis - ss1

Apa maksud dari perintah shutdown -s -t 600

  • Argumen -s mewakili Shutdown
  • Argumen -t mewakili Waktu
  • Nilai 600 adalah waktu untuk menunggu dalam hitungan detik.

Pada contoh di atas, kami telah mengatur Auto Shutdown dalam 10 menit (600 detik)

Untuk membatalkan Auto Shutdown yang telah ditetapkan sebelumnya

  • Tekan tombol Win + R secara bersamaan pada keyboard kamu untuk membuka Run Dialog.
  • ketikan perintah shutdown –a

5 Cara Mematikan Komputer Laptop Secara Otomatis - ss2

Auto Shutdown menggunakan CMD / PowerShell

Command Prompt (CMD) memungkinkan kamu untuk melakukan apa saja dengan Windows dan itu lebih canggih dari yang kamu bayangkan. Banyak hal yang dilakukan di Command Prompt, menggunakan perintah cmd sederhana namun kuat. “Shutdown” adalah salah satu perintah yang dapat mematikan Windows secara otomatis .

  • Buka CMD sebagai Administrator (tidak diperlukan apabila kamu login sebagai user Administrator).
  • Ketikkan perintah shutdown -s -t 600
  • Tekan tombol Enter untuk menjalankan perintah.

5 Cara Mematikan Komputer Laptop Secara Otomatis - ss3

5 Cara Mematikan Komputer Laptop Secara Otomatis - ss4

Kamu dapat mematikan Windows 10 secara otomatis menggunakan PowerShell juga. Meskipun antarmuka Powershell berbeda, cara kerjanya mirip dengan Command Prompt.

 

Auto Shutdown Windows 10 menggunakan Task Scheduler

Kamu dapat menggunakan Penjadwal Tugas (Task Scheduler) bawaan Windows untuk Shutdown otomatis Windows 10 hanya dalam beberapa klik. Penjadwal Tugas membantu kamu untuk menjalankan skrip dan fungsi yang kita buat pada interval waktu tertentu atau saat event apa pun. Ini berfungsi sebagai pemicu yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan kamu. Dan kita akan menggunakan hal yang sama untuk Auto Shutdown Windows 10 dengan membuat tugas.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat tugas pematian menggunakan Task Scheduler:

  • Buka Task Scheduler dari menu Start. Atau bisa menggunakan kotak pencarian (disamping menu start) lalu ketik Task Scheduler, lalu pilih/ klik Task Scheduler.
  • Klik pada “Create Basic Task” untuk membuat tugas baru.
  • Masukkan Nama dan Deskripsi untuk tugas yang kamu buat. Nilai ini hanya untuk referensi kamu. Klik Next
  • Pilih waktu untuk menjalankan tugas. Dalam hal ini, saya memilih “Daily” (setiap hari).
  • Pilih kapan tugas akan mulai dijalankan pada pilihan “Starts“, dan setiap berapa hari sekali pada masukan “Recur every“. Klik Next.
  • Pada bagian Action, pilih “Start a program” dan klik Next.
  • Browse file shutdown.exe dari “C: Windows System32” pada bagian “program/script”.
  • Ketik -s -t 600 di kotak “Add arguments” dan klik Next .
  • Klik “Finish” untuk membuat tugas.

5 Cara Mematikan Komputer Laptop Secara Otomatis - ss5

Dengan cara ini kamu dapat membuat tugas otomatis ke Auto Shutdown Windows 10. kamu perlu mengatur interval waktu (600 atau 6000 atau interval lainnya) sesuai kebutuhan kamu.

Kamu juga dapat memulai tugas setiap boot yang akan mematikan sistem secara otomatis setelah waktu tertentu (misalnya setiap 2 jam setelah komputer dinyalakan). Pengaturan ini sangat membantu ketika kamu ingin membatasi penggunaan komputer anak kamu. Untuk melakukanya kamu perlu membuat Task “Create Task” (bukan basic task) dimana triggernya bisa di atur seperti setelah boot atau lainnya.

5 Cara Mematikan Komputer Laptop Secara Otomatis - ss6

 

Auto Shutdown menggunakan Aplikasi

Ada banyak pilihan yang tersedia ketika datang untuk memilih aplikasi Shutdown Otomatis terbaik. Tapi, kamu harus memilih yang terbaik dari semua yang tersedia secara online.

Wise Auto Shutdown

Wise Auto Shutdown adalah aplikasi yang dikembangkan khusus untuk Auto Shutdown Windows. Wise Auto Shutdown adalah salah satu aplikasi Auto Shutdown yang terbaik karena ringan, tampilan pengguna yang intuitif, penggunaan CPU yang sangat rendah, dan bekerja di latar belakang secara diam-diam. Wise Auto Shutdown tidak hanya memungkinkan shutdown otomatis, tetapi juga mendukung Auto Restart, Auto Sleep, Auto Hibernate, dan Auto Log off.

  • Download dan instal Wise Auto Shutdown .
  • Jalankan aplikasi.
  • Pilih Shutdown pada bagian “Select a task“.
  • Atur waktu untuk mematikan PC atau laptop Windows kamu secara otomatis.

5 Cara Mematikan Komputer Laptop Secara Otomatis - ss7

 

Windows Shutdown Assistant

Windows Shutdown Assistant adalah aplikasi hebat lainnya untuk mengotomatisasi tugas-tugas di mesin Windows. Windows Shutdown Assistant memungkinkan kamu secara otomatis mematikan komputer pada waktu yang diinginkan secara otomatis. Selain itu, dapat mematikan Windows pada event tertentu seperti ketika sistem idle (tidak bekerja), ketika penggunaan CPU yang berlebihan atau ketika sistem berjalan dengan baterai rendah.

  • Jalankan Windows Shutdown Assistant.
  • Pilih kapan proses shutdown akan dieksekusi pada bagian “Step 1: Trigger“.
  • Pilih “Shut down” dari menu “Action“.
    Buat tugas dengan mengklik tombol “Start“.

Windows Shutdown Assistant mendukung banyak tugas otomatis lainnya seperti mematikan layar (Monitor), membuka halaman web, menjalankan aplikasi, Stop program/ Layanan dan banyak lagi lainnya.

5 Cara Mematikan Komputer Laptop Secara Otomatis - ss8

 

Kesimpulan untuk Windows Auto Shutdown

Akan ada banyak pilihan untuk shutdown otomatis Windows 10 di laptop atau PC dan di sini kamu memiliki 5 metode sederhana. Jika kamu seorang teknisi, pertimbangkan menjalankan perintah dalam CMD atau RUN. Jika kamu tidak nyaman dengan perintah, gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Wise Auto Shutdown atau Windows Shutdown Assistant untuk shutdown otomatis Windows 10.

Untuk kinerja mesin yang lebih baik, kamu harus selalu mematikan perangkat saat tidak digunakan. Dalam kasus terburuk, kamu perlu meletakkan perangkat dalam kondisi Hibernate. Menutup penutup laptop akan menempatkannya pada mode Sleep tidak baik untuk baterai dalam jangka panjang.