5 Aplikasi Rendering Gratis Terbaik untuk Seniman CG

Apa kamu sedang membuat proyek CG dengan budget terbatas? Atau mencari gaya rendering tertentu? Lihat daftar software rendering 3D gratis dibawah ini.

LuxRender

Aplikasi Rendering Gratis Terbaik untuk Seniman CG LuxRender

Mesin rendering yang tidak bias, tim LuxRender menggambarkan LuxRender sebagai “didasarkan pada algoritma canggih, yang mensimulasikan aliran cahaya sesuai dengan persamaan fisik, sehingga menghasilkan gambar realistis kualitas foto”.

Gratis untuk penggunaan pribadi dan komersial, LuxRender bekerja dengan semua suite 3D populer, termasuk Blender, Maya, 3ds Max, Cinema 4D dan SketchUp. Fitur-fiturnya meliputi berbagai jenis material, film virtual yang memungkinkan kamu untuk menjeda dan melanjutkan rendering kapan saja. Rilis yang akan datang terlihat mendukung hair dan juga optionally biased path tracing.

 

Cycles

Aplikasi Rendering Gratis Terbaik untuk Seniman CG Cycles

Jika kamu adalah pengguna aplikasi Blender, kamu mungkin akan menyadari bahwa Blender secara default menyertakan GPU-accelerated unbiased render engine yang disebut Cycles.

Fleksibel dan cepat, Cycles memungkinkan seniman CG untuk bekerja dengan cepat dan efisien, dengan iluminasi globalnya menghasilkan citra fotoreal yang berkualitas. Versi terbaru Cycles memiliki material yang memancarkan Blackbody, rendering rambut, tone mapping, dan volumetrik.

 

Kerkythea

Aplikasi Rendering Gratis Terbaik untuk Seniman CG Kerkythea

Tersedia untuk Windows, Mac OS dan Linux, Kerkythea adalah aplikasi gratis yang mampu menghasilkan render berkualitas tinggi. Menggunakan material dan pencahayaan yang akurat secara fisik, Kerkythea telah dikembangkan untuk menciptakan kualitas terbaik dalam kerangka waktu yang paling efisien.

Aplikasi ini mendukung model .3ds dan .obj serta memiliki eksportir gratis untuk SketchUp. Situs web Kerkythea, sangat membantu menyediakan file pdf penjelas untuk siapa pun yang baru mengenal Kerkythea serta editor panduan materi yang berguna, sehingga kamu benar-benar dapat memahami aplikasi.

 

Freestyle

Aplikasi Rendering Gratis Terbaik untuk Seniman CG Freestyle

Freestyle, aplikasi rendering untuk gambar garis non-fotorealistik, menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda. Aplikasi ini dikembangkan di tengah-tengah proyek penelitian yang didedikasikan untuk studi rendering gambar garis bergaya dari adegan 3D.

Didesain sebagai tampilan yang dapat diprogram, pengguna memiliki kendali penuh atas gaya gambar akhir. Terinspirasi dari shading languages dalam render fotorealistik seperti Pixar’s Renderman, Freestyle menawarkan akses ke banyak parameter dan memungkinkan desain berbagai gaya kaya dan kompleks.

 

Pixar’s Renderman

Aplikasi Rendering Gratis Terbaik untuk Seniman CG Renderman

RenderMan merupakan aplikasi kompleks yang dikembangkan oleh Pixar Animation dimana memungkinkan seniman CG menghasilkan citra 2D lengkap dengan shadows / lighting / indirect lighting / subsurface dll, yang didasarkan dari deskripsi adegan 3D.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.