5+ Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Mac

Secara default, macOS memiliki kemampuan screenshot yang cukup mengesankan. Tetapi jika kamu mengambil banyak screenshot, kamu mungkin mulai menyadari ada banyak keterbatasan.  Jadi untuk mengatasi berbagai batasan dalam pengambilan screenshot, kamu bisa mencoba aplikasi screenshot pihak ketiga yang akan dibahas pada posting kali ini.

Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Mac

1. Monosnap

Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Mac Monosnap

Monosnap adalah aplikasi screenshot yang sangat kuat. Aplikasi screenshot ini sangat ringan dan mudah digunakan. Kamu dapat menambil screenshot suatu area atau screenshot seluruh layar, dan kamu akan memiliki akses ke alat anotasi (untuk menambah teks) segera setelah screenshot diambil.

Hasil screenshot dapat kamu ekspor berupa file JPG atau PNG, atau bahkan mengirim hasilnya ke editor eksternal seperti Photoshop. Menariknya, aplikasi ini juga dapat merekam video layar, atau mengambil “selfies” dengan kamera depan Mac kamu.

Jika kamu membayar untuk versi pro, kamu juga dapat mengintegrasikan aplikasi dengan layanan cloud seperti Evernote. Aplikasi screenshot ini sangat akurat, dengan zoom piksel sempurna untuk memilih batasan screenshot dengan mudah.

LINK DOWNLOAD

 

2. Skitch

Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Mac Skitch

Skitch merupakan salah satu aplikasi anotasi gambar terbaik yang tersedia. Skitch juga sangat berguna sebagai aplikasi pembuatan screenshot, tetapi alat anotasinya adalah dimana membuat aplikasi ini benar-benar bersinar.

Menambahkan teks maupun objek lain pada gambar dengan Skitch sangat mudah dan sederhana, dengan antarmuka yang jelas dan pengaturan yang dirasa cukup. Skitch adalah alat yang biasa kami gunakan untuk menambahkan panah pada gambar, bahkan jika kami menggunakan alat default macOS untuk mengambil screenshot.

LINK DOWNLOAD

 

3. SnapNDrag

Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Mac SnapNDrag

Fitur favorit saya dari SnapNDrag adalah fitur “library”-nya. Berbeda dengan aplikasi sejenis yang menyimpan hasil screenshot ke Desktop atau direktori, SnapNDrag menyematkannya dalam file pustaka (library). Hal ini untuk menghindari kekacauan di direktori, karena SnapNDrag akan menghasilkan lima gambar yang hanya memiliki sedikti perbedaan.

Ketika kamu mendapatkan yang kamu suka, kamu dapat mengekspornya sebagai format gambar pilihan. kamu dapat mengambil banyak jenis screenshot, dengan pengaturan waktu yang tersedia. Namun fitur anotasi SnapNDrag tidak sebaik Skitch.

Tetapi kelemahan utama SnapNDrag adalah harganya. Versi full dari aplikasi ini adalah sekitar IDR 150rb, dan fungsionalitas seperti mengubah ukuran screenshot ke ukuran yang bebas ditentukan memakan biaya. Dengan fitur inti yang terkunci di belakang “paywall” yang cukup dalam, sulit untuk merekomendasikan aplikasi.

LINK DOWNLOAD

 

4. Lightshot

Aplikasi untuk Mengambil Screenshot Layar PC LightShot

Lightshot adalah aplikasi screenshot ringan dengan fungsi terbatas tetapi bermanfaat. Setelah aplikasi dijalankan, pengguna dapat menentukan area pada layar dengan menggunakan metode “drag and drop” mouse. Setelah drag selesai, pengguna dapat menggunakan utilitas yang mengambang di layar untuk menambahkan keterangan gambar.

Gambar yang dihasilkan dapat disimpan ke hard drive pengguna atau penimpanan gambar online yang disebut prntscr.com dan dibagikan secara publik. Jika kamu hanya perlu utilitas untuk screenshot yang jarang membutuhkan penambahan anotasi, Lightshot adalah pilihan yang bagus, tetapi mungkin tidak memenuhi harapan pengguna ahli atau profesional.

LINK DOWNLOAD

 

5. Snagit

Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Mac Snagit

Snagit adalah utilitas screenshot tingkat profesional lain dengan harga yang tidak terlalu mahal. Snagit mungkin merupakan aplikasi paling kuat dalam daftar ini, dengan opsi dan fitur anotasi yang hampir membingungkan.

Snagit benar-benar luar biasa dan sempurna untuk pengguna yang sering membuat screenshot. Profesional yang membutuhkan ekstensi anotasi dapat membeli ekstensi tambahan seharga IDR 700rb.

Jika kamu ingin mencobanya, kamu bisa mendapatkan uji coba gratis 15 hari dengan semua fitur terbuka. Dan jika kamu suka Snagit tetapi kamu tidak bisa punya biaya untuk membelinya, kamu mungkin bisa mencoba Jing. Jing dibuat oleh pengembang yang sama tetapi gratis.

LINK DOWNLOAD

 

6. Snapz Pro X

Aplikasi Screenshot Terbaik untuk Mac Snapz Pro X

Snapz Pro X adalah favorit banyak pengguna Mac lama. Snapz Pro X adalah salah satu aplikasi screenshot yang paling tua dan yang paling kuat. Selain kemampuan screenshot yang kuat, aplikasi ini dapat membuat video dari setiap bagian layar Mac kamu.

Snapz Pro X dapat menangkap output sistem dan input mikrofon, yang membuatnya sangat cocok untuk membuat tutorial. Kamu dapat menggunakannya untuk mengambil screenshot statis, dan kamu akan menemukan berbagai fungsi yang mengesankan.

Harga aplikasi dengan lisensi penuh adalah sekitar IDR 1juta. Kecuali kamu membutuhkan sesuatu untuk membuat video dengan terus-menerus, kamu lebih baik dengan aplikasi yang lebih murah.

LINK DOWNLOAD

 

Kesimpulan

Jika kamu menginginkan yang terbaik, Monosnap adalah pilihan yang tepat. Pengguna ahli dan profesional bisa mendapatkan lebih banyak dari aplikasi seperti Snagit atau Snapz Pro X, dan orang yang hanya membuat screenshot sesekali mungkin akan menyukai Lightshot yang ringan.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.