Cara Akses Jarak Jauh Komputer Lain Dengan Chrome Remote Desktop

Chrome Remote Desktop memungkinkan kamu terhubung ke komputer lain untuk akses jarak jauh. Setelah terhubung ke komputer lain menggunakan sistem remot jarak jauh, kamu dapat melihat layar, mengetik, memindahkan mouse, atau mengirim kombinasi tombol, seperti Ctrl-Alt-Del.

Chrome Remote Desktop mendukung dua pengaturan berbeda: Akses yang selalu diizinkan atau akses hanya satu kali. Konfigurasi pertama memungkinkan kamu terhubung ke sistem komputer lain kapan saja. Konfigurasi ini berfungsi dengan baik untuk sistem yang sering kamu kontrol dan selalu dinyalakan, seperti desktop (atau server). Pengaturan kedua mendukung akses jarak jauh sementara ke sistem dengan kode satu kali. Opsi ini memberi kamu cara terbaik untuk menangani dukungan jarak jauh atau pemecahan masalah klien, teman, atau siapa pun yang membutuhkan dukungan jarak jauh.

Koneksi berfungsi di berbagai platform. Kamu dapat mengontrol sistem jarak jauh baik dengan aplikasi (di Android atau iOS), atau dari browser Chrome (di Chrome OS, Windows, macOS, atau Linux). Dan kamu dapat menginstal aplikasi host Chrome Remote Desktop di sebagian besar sistem yang menjalankan Windows, macOS , atau distribusi Linux modern. Sistem yang menjalankan salah satu dari sistem operasi tersebut dapat berfungsi sebagai tuan rumah (host), dari mana kamu dapat berbagi layar.

Mulai dengan remotedesktop.google.com

Untuk mengonfigurasi koneksi, buka remotedesktop.google.com. Kemudian pilih “Remote Access” untuk akses jarak jauh yang selalu tersedia atau memilih “Remote Support”  untuk hanya satu kali izin akses .

Akses Jarak Jauh Komputer Lain Dengan Chrome Remote Desktop Step 1

Akses Jarak Jauh: Kapan saja

Selanjutnya, klik tombol (download) biru di pojok kanan bawah untuk mengunduh aplikasi Chrome Remote Desktop. Tunggu beberapa saat hingga jendela plugin terbuka. Maka kamu harus mengizinkan browser untuk menginstal.

Akses Jarak Jauh Komputer Lain Dengan Chrome Remote Desktop Step 2

Lalu tunggu beberapa saat lagi sebelum mengklik pesan “Accept & Install” yang muncul. kamu juga harus memilih “Ya” untuk mengizinkan Chrome Remote Desktop untuk membuka chromeremotedesktop.msi.

Akses Jarak Jauh Komputer Lain Dengan Chrome Remote Desktop Step 3

Setelah itu, masukkan nama untuk komputer kamu, lalu pilih “Next.” Ini adalah nama yang akan muncul ketika kamu membuka aplikasi aplikasi Chrome Remote Desktop. Jika kamu memiliki banyak komputer yang dikonfigurasi untuk akses jarak jauh, nama-nama yang diberikan dapat membantu membedakan satu sistem dengan sistem lainnya.

Akses Jarak Jauh Komputer Lain Dengan Chrome Remote Desktop Step 4

Selanjutnya, tambahkan PIN. Penggunaan PIN akan menambah lapisan keamanan tambahan. Bahkan jika nama pengguna dan kata sandi akun Google kamu diketahui, hacker juga perlu PIN untuk terhubung. Panjang PIN minimal harus 6 digit.

Akses Jarak Jauh Komputer Lain Dengan Chrome Remote Desktop Step 5

Terakhir, pilih “Yes” untuk mengizinkan “Native messaging host for remoting host management.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah di atas, sistem kamu akan muncul dengan nama yang kamu tetapkan, bersama dengan status “Online.”

Akses Jarak Jauh Komputer Lain Dengan Chrome Remote Desktop Step 6

Selanjutnya kamu dapat terhubung ke sistem yang dikonfigurasi untuk akses jarak jauh dari browser Chrome desktop lain atau dari aplikasi seluler Chrome Remote Desktop.

Akses Jarak Jauh Komputer Lain Dengan Chrome Remote Desktop

 

Dukungan Jarak Jauh: Hanya satu kali Sesi

Kamu juga dapat mengonfigurasi Chrome Remote Desktop hanya satu kali izin akses, yang berfungsi dengan baik untuk dukungan jarak jauh.

Jika kamu belum menginstal aplikasi Chrome Desktop Jarak Jauh, langkah-langkah dalam proses penyiapan mirip dengan yang di atas: Klik tombol untuk mengunduh aplikasi, instal, jalankan, terima persyaratan dan instal, kemudian izinkan unduh untuk membuka dan membuat perubahan.

Saat kamu meminta dukungan, kamu kemudian akan memilih tombol “Generate Code“. Ini menciptakan kode 12 digit untuk dibagikan dengan orang yang ingin kamu izinkan mengakses sistem/ komputer kamu dari jarak jauh.

Akses Jarak Jauh Komputer Lain Dengan Chrome Remote Desktop Step 7

Jika kamu adalah orang yang bermaksud memberikan dukungan jarak jauh, kamu harus memasukkan kode 12 digit di bagian “Give Support” (di bagian bawah halaman remotedesktop.google.com/support) lalu pilih “Connect“. Kamu harus menggunakan browser Chrome lengkap di komputer — bukan browser seluler atau aplikasi Chrome Desktop Jarak Jauh seluler — untuk memberikan dukungan jarak jauh.

Kesimpulan

Chrome Remote Desktop bisa menjadi cara yang bagus bagi orang untuk akses jarak jauh sistem desktop dengan aman. Klien saya menggunakannya untuk akses jarak jauh ke aplikasi desktop, serta akses jarak jauh ke server Windows. Dan saya sering menggunakannya untuk memberikan dukungan jarak jauh.

Sudahkah kamu mengonfigurasi sistem untuk akses jarak jauh melalui Chrome Remote Desktop? Apa pengalaman kamu dengan sistem ini? Beri tahu saya di komentar.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.