Cara Membuat File PDF di Windows 10

File PDF dirancang untuk menjadi format dokumen universal yang mudah dibaca. Jika kamu memiliki koleksi gambar, sebagai contoh dokumen yang kamu pindai ke dalam komputer kamu sebagai JPEG, kamu dapat menggabungkannya ke dalam dokumen PDF agar nantinya mudah di share.

Windows 10 memiliki opsi untuk print ke file PDF di File Explorer. Kamu cukup memilih banyak file gambar dan print ke file PDF di dalam File Explorer. Jika kamu menggunakan Windows 10, mulailah dengan bagian pertama di bawah ini.

Cara Print ke File PDF di Windows 10

Untuk menggabungkan sekelompok gambar ke dalam file PDF di Windows 10, pertama-tama kamu harus memastikan file kamu terdapat di File Explorer dalam urutan yang kamu inginkan agar muncul di file PDF. Kamu mungkin harus mengubah nama mereka sehingga mereka diurutkan seperti yang kamu inginkan.

Setelah kamu memiliki gambar kamu dalam urutan yang benar, pilih semua file dan klik kanan, lalu pilih “Print” dari menu popup (context).

Cara Menggabungkan PDF di Windows 10 - SS1

Kotak dialog “Print Pictures” kemudian akan ditampilkan. Pilih “Microsoft Print to PDF” dari daftar drop-down “Printer”. Jika kamu tidak melihat opsi itu di daftar, lihat bagian terakhir dari artikel ini untuk informasi tentang cara mengaktifkannya.

Cara Menggabungkan PDF di Windows 10 - SS2

Gunakan tombol panah kanan dan kiri di bawah gambar untuk menelusuri gambar-gambar yang akan ditambahkan ke file PDF. Klik tautan “Options” di sudut kanan bawah kotak dialog untuk mengakses pengaturan tambahan untuk file PDF.

Catatan: Gambar mungkin terlihat terpotong, tetapi jangan khawatir. Kami akan menunjukkan kepada kamu bagaimana cara memperbaikinya nanti di artikel ini.

Cara Menggabungkan PDF di Windows 10 - SS3

Pada kotak dialog “Print Settings”, kamu dapat memilih untuk mempertajam gambar, jika nantinya kamu menginginkan file PDF akan diprint. Jika kamu yakin file PDF yang akan dibuat nantinya hanya akan di printer kamu sendiri, biarkan pilihan “Only show options that are compatible with my printer” dipilih untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kamu dapat mengakses properti untuk printer kamu dari sini dengan mengklik link”Printer Properties”.

Cara Menggabungkan PDF di Windows 10 - SS4

Pada kotak dialog Microsoft Print to PDF Document Properties, kamu dapat memilih apakah kamu ingin dokumen tersebut menjadi “Landscape” atau “Portrait” dari dropdown “Orientation”. Klik “OK” untuk menerima perubahan atau klik “Batal” jika kamu tidak ingin menyimpan perubahan atau kamu tidak ingin mengubah orientasi.

Cara Menggabungkan PDF di Windows 10 - SS5

Setelah itu, kamu akan kembali ke kotak dialog Print Pictures. Jika kamu perhatikan sebelumnya bahwa sisi-sisi gambar kamu tampaknya terpotong, klik kotak centang “Fit picture to frame” sehingga tidak ada tanda centang di dalam kotak. Kamu seharusnya melihat seluruh gambar sekarang tanpa ada yang terpotong. Mengaktifkan atau menonaktifkan opsi Fit picture to frame mempengaruhi semua gambar yang kamu tambahkan ke file PDF.

Klik “Print” untuk membuat file PDF kamu.

Cara Menggabungkan PDF di Windows 10 - SS6

Kotak dialog Save Print Output As akan ditampilkan. Arahkan ke lokasi tempat kamu ingin menyimpan file PDF. Direktori yang sama di mana gambar disimpan dipilih sebagai lokasi default, tetapi kamu dapat mengubahnya. Masukkan nama file untuk file PDF di kotak edit “File name” dan klik “Save”.

Kamu sudah selesai! File PDF dibuat di folder yang dipilih dan kamu dapat membukanya di penampil PDF default di Windows, atau di pembaca PDF lain yang telah kamu instal.

Cara Mengaktifkan Microsoft Print to PDF di Windows 10

Jika pilihan Microsoft Print to PDF tidak tersedia dalam daftar drop-down Printer pada kotak dialog Print Pictures, kamu dapat menambahkannya. Untuk menginstal driver printer Microsoft Print to PDF gunakan langkah berikut.

1. Pada kotak pencarian cari “Turn Windows features on or off” lalu klik. Fitur ini juga bisa diakses melalui menu Settings > Apps & Features > Programs and Features > Turn Windows features on or off

Cara Menggabungkan PDF di Windows 10 - SS11

2. Di bawah dialog “Windows Features“, hapus centang Microsoft Print to PDF dan klik OK.

Cara Menggabungkan PDF di Windows 10 - SS12

3. Restart PC kamu.

4. Setelah restart selesai, buka kembali dialog Turn Windows features on or off, dan kali ini aktifkan kotak centang Microsoft Print to PDF, dan klik OK.

5. Tanpa perlu restart seharusnya kamu akan mendapati Microsoft Print to PDF sudah terinstal dan siap digunakan.

Cara Menggabungkan PDF di Windows 10 - SS13