Download 12 Aplikasi Konversi PDF ke Word untuk Mac Gratis Terbaik

Berikut adalah daftar aplikasi konverter PDF ke Word gratis terbaik untuk Mac. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan ekstraksi teks dari file PDF dan mengonversinya ke Word. Aplikasi berikut bisa dengan mudah mengonversi PDF ke Word pada Mac. Kamu juga bisa memanfaatkan perintah-perintah yang tersedia untuk mengonversi PDF ke Word. Beberapa aplikasi juga mendukung OCR sehingga kamu bisa mengonversikan PDF hasil scanning ke Doc.

Konverter PDF ke Word Terbaik untuk Mac

Dari semua daftar konverter PDF ke Word untuk Mac, DSG paling merekomendasikan Doxillion Document Converter Software by NCH Software. Pemilihan tersebut didasarkan aplikasinya yang sederhana, mudah digunakan, dan tidak butuh usaha lain dari pihak pengguna. Kamu bisa dengan mudah dan cepat melakukan konversi file PDF ke Word dan banyak format lainnya seperti DOCX, DOC, HTML, ODT, PDF, RTF, TXT, XML, BMP, JPG, TIF, GIF, dan PNG. Aplikasi ini juga memiliki fitur OCR untuk mengonversi PDF hasil scan ke Word. Cek detail lengkapnya di bawah.

1. Doxillion Document Converter Software by NCH Software

doxillion

Doxillion Document Converter Software by NCH Software merupakan aplikasi gratisan terbaik dan sederhana yang bisa digunakan untuk mengonversi PDF ke Word pada Mac dan banyak format lainnya. Aplikasi ini lumayan sederhana dan mudah digunakan. Kamu juga bisa menambahkan beberapa file untuk mengonversi dalam jumlah banyak sekaligus (batch convert). Layout dasar dari file PDF akan tetap sama, dan akan menyimpan banyak setting-an lain seperti tabel, gambar, dan banyak pilihan lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi gratisan ini untuk mengonversi PDF ke Word pada OS X minimal Tiger.

Cara mengonversi PDF ke Word pada Mac dengan Doxillion Software:

  1. Buka aplikasi Doxillion by NCH Software.
  2. Klik pada tombol Add Files / Add Folder untuk memilih file PDF yang hendak di-convert.
  3. Pilih folder output yang bisa sama dengan folder inputan ataupun berbeda.
  4. Pilihlah format output dari opsi yang tersedia: DOCX, DOC, HTML, ODT, PDF, RTF, TXT, XML, BMP, JPG, TIF, GIF, dan PNG.
  5. Pada opsi Document Settings kamu bisa mengubah pengaturan margin.
  6. Pada tab Preferences kamu bisa mengubah pengaturan berbeda seperti format output, error, opsi overwrite, dan banyak opsi lainnya.
  7. Terakhir, klik tombol Convert dan dokumen akan dikonversi ke format yang sudah dipilih sebelumnya.
    Aplikasi ini juga support konversi OCR. Saat melakukan konversi OCR, terbukti hasil konversinya lumayan bagus dan layout bawaan PDF juga masih bisa terbaca.

Link Download

 

2. Automator

Automator

Automator adalah aplikasi kaya fitur yang juga bawaan pada OSX jadi kamu tidak perlu mendownload lagi. Aplikasi ini sebenarnya bisa digunakan untuk mengonversi PDF ke Word tapi agak tricky sih.

Aplikasi akan mengonversi PDF ke RTF. Kalau gak suka RTF, buka saja pakai Word atau aplikasi word processing lain dan Save As ke Doc. Satu hal yang perlu diingat, aplikasi ini tidak menyertakan gambar saat konversi, jadi bakal hilang kalau ada gambar pada PDFnya.

Langkah-langkah mengonversi PDF ke TXT atau RTF pada Mac dengan Automator:

  1. Buka Automator.
  2. Pilih opsi untuk membuat sebuah Workflow, Application, atau Service.
  3. Di bawah tab Library, pilih opsi Files & Folders, pilih Ask For Finder Items, kemudian drag ke bagian window Automator yang lebih besar.
  4. Pada tab Library pilihlah opsi PDFs. Drag and drop Extract PDF text ke window selanjutnya. Di sini kamu bisa memilih opsi output, entah itu Plain Text atau Rich Text.
    Opsi Plain Text tidak mempertahankan formatting, sedangkan Rich Text masih menyertakan (sebagian). Kamu juga bisa menspesifikkan lokasi output dan nama file output. Kemudian simpan Workflow-nya dan spesifikkan nama yang kamu suka dan pilih untuk save as application or service.
  5. Kemudian, tinggal drag and drop file PDF yang sudah dibuat oleh aplikasi, dan di sini aplikasi akan mengekstrak teks dari file PDF.

Aplikasi ini tidak support OCR.

 

3. LibreOffice

LibreOffice

LibreOffice adalah bundel aplikasi Office Suite gratisan yang bagus. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengonversi PDF ke Word pada Mac. Aplikasi ini lumayan sederhana dan mudah digunakan. Kamu bisa dengan mudah mengonversi PDF ke Word pada Mac OS X minimal Mountain Lion.

Cara konversi PDF ke Word pada Mac menggunakan LibreOffice:

  • Buka file PDF menggunakan LibreOffice.
  • File PDF akan terbuka dan kamu bisa mengedit teks dan gambarnya. Opsi lain: menambahkan teks dan gambar. Format, layout, font, ukuran font, dan setting lainnya bisa diubah.
  • Layout bawaan PDF nya bisa dipertahankan, begitu juga dengan gambar yang ada di dalamnya. Tapi, aplikasi ini belum support OCR.
  • Kemudian, kamu duberi opsi untuk menyimpan file PDF sebagai ODG, OTG, atau FODG.
  • Kalau ingin menyimpan file dalam format DOC, kamu harus mengaturnya terlebih dahulu pada tab Preferences.
    Kemudian browsing ke Load/Save, kemudian pilih tab General.
    Pilih opsi Alway Save As, di mana kamu bisa memilih dari banyak opsi, salah satunya ya format Microsoft Office.
  • Beberapa di antaranya: DOC, DOCX, TXT, XML, RTF, dan masih banyak lagi.

Link Download 

 

4. Ghostscript

Ghostscript

Ghostscript merupakan aplikasi gratisan yang bisa digunakan untuk mengonversi PDF ke berbagai format pada Mac. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk konversi PDF ke file-file gambar. Aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai OCR untuk mengonversi PDF hasil scan ke format TXT. Kamu juga harus paham dasar kode untuk Ghostscript sih tapinya. Oh ya, pastikan minimal versi Ghostscript adalah 9.05 ya karena modul txtwrite baru ada di versi segitu. Kalau di versi pendahulunya bakal muncul Unknown device: txtwrite error.

Cara menggunakan Ghostcript untuk konversi PDF ke Word dan banyak format lainnya:

  • Download file PKG dari situs Ghostscript, kemudian install (dobel klik dan ikuti perintah instalasi).
  • Buka terminal dan browse ke lokasi file PDF.
  • Perintah untuk mengonversi PDF ke TXT:
    Command gs -dNOPAUSE -sDEVICE=txtwrite -dFirstPage=1 -dLastPage=10 -sOutputFile=output.txt -q 5erw.pdf -c quit
  • Perintah untuk mengonversi PDF ke DOC:
    Command gs -dNOPAUSE -sDEVICE=txtwrite -dFirstPage=1 -dLastPage=10 -sOutputFile=output.doc -q 5erw.pdf -c quit
  • Perintah untuk mengonversi PDF ke DOCX:
    Command gs -dNOPAUSE -sDEVICE=txtwrite -dFirstPage=1 -dLastPage=10 -sOutputFile=output.docx -q 5erw.pdf -c quit
  • Kamu juga bisa memanfaatkan fitur OCR nya untuk mengekstrak teks dari dokumen hasil scan. Namun, pertama kamu harus mengonversi PDF ke gambar dan baru teksnya diekstrak dari PDF (tutorial detail lihat di sini).
  • Ada banyak fitur lain juga yang bisa digunakan untuk mengolah file PDF.
    Oh ya, aplikasi tidak bisa mempertahankan formatting aslinya dari file PDF.

Link Download

 

5. Adobe Acrobat Reader DC

Adobe Acrobat Reader DC

Adobe Acrobat Reader DC adalah aplikasi pembaca PDF populer. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk konversi PDF ke TEXT. Sayang, masih belum support OCR. Kamu bisa mengonversi PDF ke Word pada Mac OS X minimal Leopard.

Cara konversi PDF ke TEXT menggunakan Adobe Acrobat Reader DC:

  • Buka file PDF menggunakan Adobe Acrobat Reader DC.
  • Klik pada File dan pilih opsi Save As Other. Di sini kamu diharuskan memilih opsi TEXT. Kemudian, pilih nama file untuk disimpan, serta lokasi file PDFnya.
    Kalau sudah, klik opsi Save.
    File PDF kemudian akan terekstrak sebagai TXT. Formatting bawaan file PDF tidak ikut terekstrak, dan file hasil konversi akan ditampilkan dalam format plain text.

Waktu terakhir DSG coba sih ada karakter/kalimat tidak penting yang ngikut pada file teks-nya. Sepertinya efek konversi/enkoding. Jadi, cek ulang dulu ya outputnya.

Link Download 

 

6. PDF-Converter-Plus

PDF-Converter-Plus

PDF-Converter-Plus merupakan aplikasi bagus yang bisa kamu gunakan untuk mengonversi PDF ke Word dan banyak format lainnya. Aplikasi ini juga mendukung fitur OCR. Dalam versi gratisan, kamu bisa mengonversi PDF ke Word dan format lainnya. Kamu bisa menggunakannya untuk mengonversi PDF ke Word pada OS X minimal Lion.

Cara menggunakan PDF-Converter-Plus untuk mengonversi PDF ke Word:

  • Bukalah PDF-Converter-Plus. Klik pada tombol Add File, kemudian pilih file yang akan dikonversi. Pilih format file yang diharapkan. Klik pada tab Settings, kamu bisa memilih banyak opsi, seperti: mempertahankan garis atau tidak, mempertahankan teks (font) dan warna latar atau tidak, menyertakan gambar atau tidak, memilih format gambar, pengaturan resolusi gambar, dan kualitas gambar.
  • Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengonversi PDF ke banyak format seperti DOC, DOCX, PPTX, XLS, XLSX, HTML, EPUB, RTF, TXT, PNG, JPG, BMP, TIF, dan GIF.
  • Dapat memilih untuk konversi menggunakan OCR atau tanpa OCR. Kalau memilih fitur OCR maka dokumen hasil scan akan dikonversi ke DOC.

Link Download (App Store)

 

7. PDF-to-Word-Free

PDF-to-Word-Free

PDF-to-Word-Free adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengonversi PDF ke Word. Aplikasi ini juga kompatibel untuk OCR. Namun, versi gratisannya membatasi hanya bisa konversi dua halaman pertama dari file PDF ke DOC. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk konversi banyak file sekaligus (batch). Aplikasi ini kompatibel untuk versi Mac OS X minimal Lion.

Cara menggunakan PDF-to-Word-Free untuk mengonversi PDF ke Word:

  • Bukalah PDF-to-Word-Free.
  • Klik pada tombol Add kemudian pilih apakah menggunakan mode cepat atau tidak.
    Pada mode cepat, layout dasar dari file PDF tidak diikutkan. Pada mode normal, layout PDF dan elemen lain (gambar, font, grafik, tabel, dll.) diikutkan.
  • Kamu juga bisa memilih opsi untuk mengonversi file yang diproteksi/tidak bisa dicetak, diedit, dan membutuhkan password.
  • Kamu juga bisa memilih bahasa.
  • Pilihlah format konversi, bisa DOC (OCR), DOCX, DOCX (OCR).
  • Klik pada tombol Start Convert kemudian pilih lokasi folder tujuan. Proses konversi dimulai deh.

Link Download (App Store)

 

8. PDF-to-Word-Pro

PDF-to-Word-Pro

PDF-to-Word-Pro adalah aplikasi sederhana yang bisa digunakan untuk mengonversi PDF ke Word pada Mac. Aplikasi ini mendukung fitur OCR, namun versi gratisnya hanya untuk konversi satu halaman PDF saja. Kamu juga bisa melakukan konversi banyak file sekaligus. Aplikasi ini bekerja dengan sempurna pada Mac OS X minimal Lion.

Konversi PDF ke Word dengan PDF-to-Word-Pro:

  • Klik pada tombol Add File kemudian pilih file PDF yang hendak dikonversi.
  • Pilih format dari opsi yang ada: DOCX, DOCX OCR, atau DOC OCR. Aplikasi akan mempertahankan layout dari file PDF, sekaligus gambar, font, format teks, tabel, dan formatting grafiknya juga.
  • Kamu juga bisa mengubah banyak pengaturan: seperti opsi mempertahankan garis, halaman, teks, warna latar, gambar, ukuran halaman, ukuran kertas, format gambar, kualitas gambar, dan resolusi gambar.
  • Kamu juga bisa memilih opsi untuk mengonversikan file PDF berpassword.
  • Kamu juga bisa menambahkan author, kata kunci, subjek, dan detail judul jika diperlukan.

Link Download (App Store)

 

9. PDF WordSmith

pdf wordsmith

PDF WordSmith merupakan aplikasi lain yang bisa digunakan untuk konversi PDF ke Word. Versi gratisannya membatasi hanya 10 halaman PDF yang bisa dikonversi. Aplikasi ini lumayan sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini memang belum support OCR, tapi sudah ada fitur konversi banyak file bersamaan (batch). Aplikasi ini juga memiliki fitur penampil PDF. Kamu bisa mengunduhnya dan menggunakannya pada versi Mac OS X minimal Lion.

Cara menggunakan PDF WordSmith untuk konversi PDF ke DOCX:

  • Tambahkan file yang hendak dikonversi, bisa dengan fitur drag and drop atau tombol Add Files. Pilihlah rentang halaman yang hendak dikonversi, format, dan folder tujuan.
  • Klik tombol Convert untuk memulai proses. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengonversi PDF terproteksi ke DOC.

Link Download (App Store)

 

10. PDF Reader

pdf reader

PDF Reader merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk konversi PDF ke Word. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk konversi PDF ke HTML, TXT, JPG, dan PNG. Versi gratisannya hanya membolehkanmu mengonversi maksimal 10 halaman PDF. Aplikasi ini belum support OCR. Layout bawaan dari file PDF akan diturunkan. Aplikasi ini lumayan sederhana dan mudah digunakan.

Cara menggunakan PDF Reader untuk mengonversi file PDF ke Word:

  • Buka file PDF menggunakan PDF Reader.
  • Klik pada tombol Convert. Pada window baru yang muncul, pilih folder tujuan, format, dan rentang halaman. Kemudian klik tombol Convert lagi deh.

Link Download (App Store)

 

11. iPubsoft PDF to Word Converter

iPubsoft PDF to Word Converter

iPubsoft PDF to Word Converter merupakan aplikasi gratisan yang bisa digunakan untuk mengonversi PDF ke Word. Namun, dibatasi hanya untuk 5 halaman PDF sekali konversi. Meski begitu, aplikasi ini terbilang mudah digunakan dan sederhana.

Cara konversi PDF ke Word menggunakan iPubsoft PDF to Word Converter:

  • Klik pada tombol Add File / Add Folder untuk menambahkan file PDF.
  • Kemudian, pilihlah folder tujuan dan aturlah rentang halaman: semua, halaman tertentu, atau rentang spesifik.
  • Terakhir, klik tombol Start dan konversi PDF ke Word dimulai. Hasil konversi akan mempertahankan semua pengaturan bawaan dari PDF: layout, font, gambar, highlight, anotasi, garis bawah, grafik, tabel, dan banyak lagi.

Link Download 

 

12. PDF-to-Word-Fast

pdf-to-word-fast

PDF-to-Word-Fast adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengonversi PDF ke Word pada Mac. Versi gratisannya membatasi hanya bisa mengonversi 2 halaman pertama dalam sebuah file PDF. Aplikasi juga belum support OCR. Kamu bisa menggunakannya pada versi minimal OSX Mountain Lion.

PDF-to-Word-Fast lumayan mudah digunakan. Cukup drag and drop file PDF; pilih rentang halaman; format output; dan opsi untuk buka proteksi file (bila ada passwordnya). Kemudian, klik tombol Convert, pilih folder penyimpanan, dan proses konversi PDF ke teks akan dimulai. Layout bawaan file PDF akan tetap, disertai gambar, tabel, grafik, dll.

Link Download (App Store)

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.