Download 9 Aplikasi Gratis Terbaik untuk Pengelolaan Usaha Tani

Berikut adalah daftar aplikasi gratis untuk pengelolaan usaha pertanian yang dapat dijalankan pada PC Windows. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengelola pertanian dengan lebih mudah, tanpa mempelajari komputer dan hitung-hitungan yang rumit dalam waktu lama. Beberapa dari aplikasi dalam daftar ini juga bisa memberi insight yang bisa membantu Anda agar membuat keputusan bisnis lebih bijak ke depannya. Beberapa menyediakan akses data peta dengan Google Maps dan akan menampilkan ramalan cuaca sehingga perencanaan berkebun bisa lebih sesuai dengan cuaca.

Aplikasi pengelolaan usaha tani yang paling DSG rekomendasikan adalah Farm at hand. Anda dapat menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Farm at hand

Aplikasi Gratis Terbaik untuk Pengelolaan Usaha Tani Farm at hand

Farm at hand akan membantu Anda mengelola usaha tani Anda dan mengawasi seluruh hal tentangnya. Setelah instalasi, Anda akan diminta melakukan registrasi, kemudian log in. Kemudian, Anda diminta untuk memasukkan nama usaha pertanian, satuan ukuran unit, total area lahan pertanian, dan jumlah tempat penyimpanan. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nama lahan, total luas area, dan tanaman yang sedang ditanam saat ini. Selanjutnya (lagi), Anda akan diminta untuk memasukkan detail penyimpanan dan detail lainnya.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengelola lahan tertentu dan memilih nama lahan, lokasi, luas area, jenis tanaman, kepemilikan, dan lokasi spesifik pada peta dengan menggunakan Google Maps. Aktivitas lain seperti aplikasi, custom, panen, irigasi, observasi, penanaman, dan penyiraman dapat ditambahkan dan dijadwalkan. Kalau-kalau Anda membeli peralatan baru untuk pertanian, langsung bisa ditambahkan dengan memasukkan detail peralatan tersebut (salah satunya harga). Detail terkait penyimpanan seperti lahan/gudang, karung, biji/benih, bahan kimia, pupuk, dsb. juga bisa ditambahkan. Informasi kontrak dan detail distribusi/pengiriman juga bisa ditambahkan maupun dikelola.

Pada tab Calendar, Anda dapat melihat tasks yang sudah dijadwalkan dan juga menambahkan jadwal baru dengan mudah kemudian memfilter tampilannya juga bisa. Aplikasi ini juga memiliki kalkulator untuk mengonversi bermacam-macam hal terkait lahan pertanian (contoh: konversi biaya, luas, area, volume, kapasitas, serta Bushel dan Tonne).

Kalau Anda ingin melihat pengeluaran dan pendapatan usaha tani Anda, dapat ditampilkan hanya dengan satu kali klik tombol, di mana Anda dapat memilih untuk menampilkan kesimpulan saat ini maupun kesimpulan tahunan yang bisa dilihat ketika akhir tahun. Aplikasi akan menampilkan jumlah aset, inventori yang akan dibayar tapi sudah on-hand, inventori hasil produksi (on-hand), pendapatan, review, serta nilai total peralatan yang dimiliki.

Anda juga dapat mengakses semua data di atas dengan mudah via perangkat lain. Data-data tersebut juga dapat diekspor dan diimpor dalam format file CSV. Aplikasi juga menampilkan ramalan cuaca dan laporan temperatur yang dapat membantu perencanaan ke depannya. Kerennya lagi, aplikasi ini tersedia untuk banyak platform selain Windows: Android, iOS, Mac, dan online (website).

Link Download

 

2. Aquaponic Decision Software

Aplikasi Gratis Terbaik untuk Pengelolaan Usaha Tani Aquaponic Decision Software

Aquaponic Decision Software merupakan template spreadsheet Excel sederhana dan mudah digunakan untuk mengelola usaha pertanian dan melihat hasilnya, kalau-kalau Anda akan mengimplementasikan model pertanian Aquaponic. Aplikasi ini berupa file spreadsheet sederhana dan sudah banyak orang memberikan testimoni mengenai mudahnya menggunakan spreadsheet ini. Di sini, Anda hanya perlu memasukkan data sederhana terkait pertanian Anda, baik secara serial atau langkah-demi-langkah.

Klik pada tombol Begin dan mulailah memasukkan data. Kalau sudah selesai, klik tombol Next. Kalau Anda ingin browsing elemen-elemen berbeda, Anda dapat browsing melalui sheets-nya atau kembali ke halaman menu utama. Di sini Anda harus memasukkan detail berbeda pada pertanian, kapasitas produksi, biaya, dan banyak detail lain.

Detail yang diperlukan pada spreadsheet ini meliputi nama dan lokasi, daftar faktor ketahanan, kuantiti, daftar produk, harga produk hasil tani, luaran sayuran, luaran ikan, biaya konstruksi fasilitas, biaya operasional, alokasi penggunaan komponen fasilitas, alokasi penggunaan peralatan, bangunan, alat-alat pendukung, serta rentang pajak.

Setelah Anda memasukkan datanya, Anda dapat melihat pendapatan usaha pertanian Anda dan mulai menganalisisnya. Lebih detail, dapat dilihat pada tabs alokasi biaya fasilitas, biaya operasional, alokasi penghasilan usaha tani, analisis dari pendapatan pertanian tahunan, cash flow, dan IRR.

Aplikasi gratis ini juga bisa digunakan untuk mengevaluasi perubahan pasar dan keputusan yang dibuat dalam bertani. Anda dapat browsing tabs rentang harga dan biaya, membandingkan campuran tanaman, membandingkan periode bertani, dan membandingkan teknologi pertanian dalam rangka mengetahui efek dari elemen-elemen berbeda serta kemungkinan hasil yang muncul. Hasil analisisnya ditampilkan dalam format yang mudah dipahami secara visual dengan penggunaan grafik, diagram, dan tabel.

Link Download

 

3. CropPlanning

Aplikasi Gratis Terbaik untuk Pengelolaan Usaha Tani CropPlanning

CropPlanning merupakan aplikasi berbasis Java di mana Anda dapat mengelola berbagai data yang dihasilkan perkebunan Anda dan langkah-langkah yang terasosiasi dengan proses bertani. Aplikasi gratisan ini memiliki fitur untuk mengatur penanggalan dan durasi masa produksi dan aktivitas apa saja yang dilakukan selama bertani hingga panen. Saat instalasi, Anda akan diminta membuat sebuah perencanaan penanaman di mana Anda harus memasukkan nama perencanaan beserta tahunnya.

Setelah itu, Anda diminta memasukkan nama lahan pertanian, dimensi kebun, dan unit pengukuran. Anda akan dibawa ke window utama. Di sini, Anda bisa mengakses banyak detail menu lain seperti tamanan, varietas tanaman, hari-hari panen, lokasi, tanggal penanaman, tanggal transplantasi, dan tanggal panen. Anda juga dapat memasukkan info penanaman seperti: penyesuaian saat tanaman akan panen, lahan, jarak antar baris, jarak antar tanaman, jumlah minggu hingga dilakukan transplantasi, jumlah bakal tanaman yang hendak ditanam, jumlah baris, tanaman yang dibutuhkan, catatan, catatan penanam, info panen, info bibit, kata kunci, dll.

Anda kemudian juga dapat melihat berbagai masukan sesuai statusnya, seperti: belum ditanam, atau inputan lainnya yang bisa Anda custom. Anda juga bisa membuat daftar perencanaan penanaman, memilih rentang waktu, dan memasukkan tanaman yang belum berhasil. Menggunakan pengaturan global, Anda dapat menyeleksi nama usaha tani, luas lahan, unit pengukuran yang digunakan, dll. Pada tab Status Plan, sebuah jadwal umum dari proses-proses akan ditampilkan dalam hierarki yang indah, mudah dimengerti, dan mudah diingat. Anda juga dapat mengekspor data-data tersebut sebagai file PDF atau CSV.

Link Download

 

4. Integrated Farm System Model

Aplikasi Gratis Terbaik untuk Pengelolaan Usaha Tani Integrated Farm System Model

Integrated Farm System Model adalah aplikasi gratis sederhana di mana Anda bisa mengelola usaha tani. Aplikasi ini dibuat langsung oleh USDA. Fitur paling keren adalah fitur simulasi di mana kita bisa membandingkan biaya dan produksi. Di sini Anda dapat menambahkan informasi tanaman dan tanah, yang lebih detailnya lagi adalah opsi area tumbuh tanaman, kepemilikan, jenis tanah utama, rotasi penanaman, topografi pertanian, level pemupukan fosfor, karakteristik tanah, dan masih banyak lagi.

Status dan detail mesin juga bisa ditambahkan dan diubah. Informasi lain terkait panen, gudang penyimpanan, pemupukan, dan ekonomis juga bisa diatur. Aplikasi ini benar-benar didesain agar memuat banyak aspek berbeda mengenai pertanian, sehingga laporan yang dihasilkan menjadi sangat detail dan highlighted. Aspek-aspek berbeda dapat diubah juga untuk mengetahui opsi mana yang terbaik, dan juga meningkatkan jumlah panen secara ilmiah.

Aplikasi ini juga membantu Anda mendapatkan intisari dari dampak pemilihan item berbeda seperti jenis tanah, tingkat kelembapan dsb. dan menyediakan intisari normal dari hasil pertanian nantinya. Setelah semua detail di-update, Anda bisa menjalankan simulasi. Detail dari luaran usaha tani Anda dapat ditampilkan dalam format visual (grafis), yang akan menampilkan banyak hal termasuk hasil panen dan biaya yang dikeluarkan. Data ini dapat disimpan untuk keperluan mendatang. Bisa di-print juga. Sehingga, aplikasi ini diharapkan dapat memprediksi performa jangka panjang, dampak terhadap lingkungan, dan ekosistem sistem produksinya.

Link Download

 

5. FuturesOptionsMarginAccounting

Aplikasi Gratis Terbaik untuk Pengelolaan Usaha Tani FuturesOptionsMarginAccounting

Montana State University telah mengeluarkan banyak aplikasi manajemen usaha tani, salah satunya adalah Exploring Futures and Options Contracts and Margin Accounting. Selain aplikasi ini, masih banyak aplikasi berbasis Flash dan template Excel.

Aplikasi ini berupa file Flash yang bisa dijalankan di browser apa saja selama support Flash. Di sini, Anda bisa membuat perbandingan dari tingkatan berbeda terhadap perlindungan harga yang ditawarkan oleh kontrak dari perusahaan futures dan options. Anda akan diminta memasukkan informasi produksi, informasi harga futures dan options saat harga beli, dan harga saat panen/penjualan. Hanya dengan satu klik saja, Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi futures/options yang tersedia di internet.

Pada tab Futures, Anda diminta memasukkan syarat dan ketentuan ketika kontrak hendak dibuat, dan kondisi yang diharapkan ketika penjualan. Berdasarkan data yang dimasukkan, Anda akan diberikan informasi mengenai keuntungan/kerugian, proyeksi harga, dasar-dasar kelemahan dan kekuatan yang ditampilkan dalam grafik. Sehingga, Anda dihadapkan pada beberapa opsi pengambilan keputusan agar produksi agrikultur-nya bisa untung maksimal. Menggunakan tombol puts dan calls, Anda dapat melihat tampilan yang berbeda.

Pada tab Margin Accounting, sebuah perbandingan dari permintaan harga saat ini, permintaan harga sebelumnya, perubahan, perubahan margin, dan saldo pada akun. Pada tab cost of production, Anda dapat membuat perbandingan dari tanaman-tanaman berbeda dan kemudian membuat kesimpulan. Skenario-skenario yang terjadi dapat dengan mudah disimpan, dibuka, dan dihapus.

Link Download

 

6. Farm Works View

Aplikasi Gratis Terbaik untuk Pengelolaan Usaha Tani Farm Works View

Farm Works View adalah aplikasi sangat keren untuk mengelola usaha tani dan pengeluarannya. Setelah mendownload dan instalasi, Anda diminta untuk memilih komponen drivers tambahan untuk diinstall pada sistem agar lebih presisi dengan perangkat keras pertanian seperti Pro 700 display, EZ-Guide 500 lightbar, atau Trimble FmX Integrated display. Kemudian, Anda juga diminta untuk registrasi aplikasinya (gratis) agar bisa digunakan.

Aplikasi gratis ini dapat membantu Anda mengelola banyak usaha tani dan banyak klien. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menambahkan klien, usaha tani, lahan, SDM, mesin, peralatan, komoditas, dan persediaan lain. Peralatan berbagai jenis, jabatan pekerjaan untuk SDM, dan jenis komoditas dapat diklasifikasikan lebih lanjut. Pekerjaan yang berbeda dapat diimpor via USB dan juga diekspor via USB untuk menjalankan tugasnya.

Tombol read dan write data pekerjaan dapat digunakan untuk mengimpor/ekspor data ke precision agriculture hardware device. Anda juga dapat melihat peta dari lahan dan melihat data pekerjaannya pada tab map. Datanya dapat diseleksi, pan, zoom, filter, dan ditampilkan dalam bentuk animasi visual. Opsi pekerjaan, biaya, detail, dan deskripsi yang berbeda-beda juga dapat ditambahkan sehingga pengelolaan usaha tani menjadi lebih baik. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya melakukan backup (dan restore pastinya). Bisa juga nanti peta-nya di-print dan laporan pekerjaan dapat dilakukan.

Link Download

 

7. PS Stockbook Freeware

Aplikasi Gratis Terbaik untuk Pengelolaan Usaha Tani PS Stockbook Freeware

PS Stockbook Freeware merupakan aplikasi pengelolaan peternakan sederhana yang juga dapat digunakan untuk pengelolaan pertanian, di mana Anda cukup memasukkan data peternakan, mengelola pertanian, dan menampilkan produktivitas hewan ternak. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melihat data-data dari hewan ternak yang tidak produktif maupun kurang produktif. Data yang disajikan ini harapannya dapat membantu Anda mengembangkan bisnis Anda menjadi bisnis dengan profit maksimal.

Anda dapat memilih opsi untuk mendownload aplikasinya atau request sebuah CD instalasi setelah Anda mengisi detail kontak. Pada versi gratisnya, Anda bisa menambahkan, mengubah, dan menghapus data hewan ternak, kontak, dan kandang. Apabila hewan hendak melakukan perawatan berkala, hal tersebut juga dapat dijadwalkan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menambahkan banyak hewan dan menjadwalkan banyak hewan sekaligus untuk perawatan.

Hewan-hewan yang banyak tadi dapat dikelompokkan bersama, serta beberapa filter dapat diaplikasikan untuk hanya melihat data hewan yang dikehendaki. Opsi lain seperti silsilah keturunan, keturunan, pergerakan, kelompok, berat, sifat, pakan, dokter hewan umum, scan, EBV, catatan, tes kulit, penjualan bulu/wol dapat ditambahkan, ditampilkan, dan diedit. Pada tab contacts Anda juga dapat membuat laporan penjualan, daftar penjualan, dan melakukan penggabungan surat-surat.

Link Download

 

8. Agricolarum

Aplikasi Gratis Terbaik untuk Pengelolaan Usaha Tani Agricolarum

Agricolarum adalah aplikasi gratis sederhana yang dapat digunakan untuk mengelola usaha pertanian. Laporan harian dari curah hujan, cuaca, angin, suhu minimum dan maksimum dapat ditambahkan. Berbagai data seperti biaya, deskripsi, dll. juga dapat dimasukkan dan diklasifikasikan ke dalam cost centers, tanaman, mesin, lain-lain, pekerja, pengerjaan, items, dan banyak lagi. Detail pekerja, durasi kerja, lembur, waktu panen, gaji, mesin yang dioperasikan dsb. dapat dimonitor bersamaan dengan gangguan maupun kecelakaan yang mungkin terjadi.

Setiap cost center memiliki kode unik sehingga diperlukan untuk menggunakan kode tanaman yang benar untuk mengelola data tanpa hambatan. Detail data curah hujan dan suhu dapat dilihat dalam bentuk grafik, serta bisa di-filter sesuai kebutuhan. Apabila Anda ingin mencetak detail-detail data berbeda, mudah kok caranya. Sebelum ngeprint, bisa juga dipilah dulu porsi data mana yang hendak dicetak.

Link Download

 

9. Orchid CTS Data Viewer

Orchid CTS Data Viewer merupakan aplikasi sangat sederhana di mana Anda dapat melihat data produksi ternak. Anda harus impor file CSV nya terlebih dahulu. Kemudian, aplikasi akan mengubahnya menjadi data online CTS yang bisa diolah lebih lanjut. Anda dapat mengurutkan datanya, melakukan pencarian, penyaringan data yang perlu-perlu saja, memilih warna highlight, pengelompokan usia ternak, dll. Data-data ditampilkan dalam format grid yang mudah dimengerti. Aplikasi gratis ini juga menghitung umur hewan dan perhitungan headage hewan ternak. Anda juga dapat menggunakan aplikasi gratis ini untuk mencetak laporan dari hewan ternak tertentu. Nantinya, data-datanya dapat diekspor ke dalam file XLS.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.