Liga NBA 2K Gunakan PS5 Sebagai Konsol Resmi

NBA 2K, tanpa diragukan lagi, merupakan pertandingan basket terbesar di luaran sana. Terlahir dari ide gabungan antara National Basketball Association dan Take-Two Interactive, game ini sendiri telah ada sejak 1999.

Di lain sisi, Liga 2K NBA, baru muncul belakangan ini. Pada dasarnya, permainan ini mempertandingkan tim dengan masing-masing 6 pemain (lima peserta aktif bermain dan satu cadangan) yang bersaing dalam permainan 5v5 dalam serangkaian acara yang berbeda.

Pertandingan sejenis ini juga bisa diselenggarakan secara online, yang mana tiap-tiap tim yang terdaftar akan dipertandingkan. Tentu saja, disamping memiliki tim yang solid, faktor lain juga diperlukan.

Kecepatan internet yang memadai tidak hanya digunakan untuk mendownload game saja. Tentu kalian bisa mendownload Minecraft di jaringan yang aman, atau misalnya game lain yang bersifat multiplayer.

Tapi selain itu, jaringan baik juga sangat diperlukan dalam pertandingan, terutama pertandingan e-sport yang butuh koordinasi yang cepat seperti Dota, atau CSGO.

Sama seperti dua game di atas, setiap tim harus menjalani seleksi terlebih dahulu untuk bisa bertanding memperebutkan gelar juara dengan tim lainnya. Juara dari Liga NBA 2K biasanya akan membawa hadiah dengan nilai yang sangat besar.

Alasan dari hal ini, tak lain dan tak bukan adalah berkat adanya kerjasama atau sponsorship dengan brand lain. Seperti yang baru-baru ini sedang hangat diperbincangkan, Liga NBA 2K menggunakan PS5 sebagai konsol resminya. Hal ini bisa terjadi berkat kerja dengan pihak Sony.

Namun sebelum membahas hal tersebut lebih jauh, berikut adalah informasi seputar Liga NBA 2K yang mungkin sebagian dari kalian belum mengerti :

Sekilas Tentang Liga NBA 2K

Pada tahun 2017, Liga NBA 2K yang pertama diumumkan dan diselenggarakan. Pelaksanaan liga ini juga disemarakkan dengan adanya 17 dari 30 tim NBA yang masuk untuk bertanding selama musim pertama.

Musim pertama tersebut dimulai pada tahun 2018, dan yang menjadi Tim pemenang perdana adalah Knicks Gaming yang tentu saja bagian dari tim basket New York Knicks.

Jadwal liga NBA 2K pertama berlangsung selama 17 minggu yang penuh aksi, meskipun tidak ada hal yang begitu mencolok dari pertandingan ini. Tahun berikutnya, pada tahun 2019 tepatnya, musim ini menambahkan empat tim baru yakni Atlanta, Brooklyn, LA dan Minnesota, sehingga totalnya menjadi 21 tim.

Salah satu tim liga NBA 2K yang baru langsung menyabet gelar juara dari juara bertahan. Minnesota Timberwolves dan tim mereka T-Wolves Gaming mencuri spotlight pertunjukan selama musim 2019.

Semua pemain selama musim liga ini mendapatkan hadiah $ 32.000 untuk partisipasi mereka, tergantung pada kapan mereka dipilih. Selain itu, setiap tim juga memiliki kesempatan untuk memenangkan sebanyak $ 1 juta dolar dalam hadiah uang tunai. Besaran price pool untuk pertandingan terakhir saja sudah ditetapkan pada level $ 600.000, dengan setengah dari harga ini akan diberikan pada tim pemenang liga.

Liga NBA2K di Tahun 2020

Pada tahun 2020, dua tim lagi bergabung dengan line-up, dana salah satunya sama sekali tidak terkait dengan tim NBA. Charlotte Hornets mengcover timnya, Hornets Venom GT, dan organisasi esports Gen.G juga akan menambahkan bantuan ke Gen.G Tigers of Shanghai dalam line-up tim secara keseluruhan.

Inilah yang membuat mereka menjadi tim pertama yang sejajar dengan tim non-NBA di daftar nama dan hal inilah yang mungkin akan benar-benar mengguncang pelaksanaan kejuaraan Liga 2K NBA di tahun 2020.

Enam pekan pertama liga 2020 akan diadakan secara daring, dengan masing-masing dari 23 tim bermain setidaknya dalam delapan pertandingan. Tiga kemenangan akan dihitung sebagai satu kemenangan ‘reguler’, sama halnya apabila mengalami kekalahan, tiga kekalahan hanya akan dihitung satu kali kalah saja..

Kerjasama dengan Sony

Seperti yang diumumkan oleh pihak resmi NBA 2K League, kemitraan jangka panjang dengan Sony Interactive Entertainment menjadikan PlayStation 5 sebagai konsol resmi untuk liga ini.

Hal ini berarti bahwa mulai bulan ini, 23 tim Liga 2K NBA dan 138 pemain semuanya akan bersaing melalui PlayStation 5 milik perusahaan Sony. Brendan Donohue, selaku presiden pertandingan NBA 2K, mengatakan bahwa sudah seharusnya para pemain mengeluarkan skill terbaik mereka di konsol yang terbaik pula.

Untuk memulai kemitraan ini, PS5 akan mulai dijadikan sebagai media untuk pertandingan NBA 2KL Three for All Showdown, yang akan diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 9 April 2021.

Turnamen ini akan menampilkan face-off 3v3 antara pemain Liga 2K NBA, penggemar, dan influencer media sosial, yang berkompetisi di NBA 2K21 The City. Penggemar dapat menonton Showdown di saluran Twitch dan YouTube Liga NBA 2K untuk melihat siapa yang mendapatkan hadiah $ 25.000.

Menjelang NBA 2KL Three for All Showdown, PlayStation akan menyelenggarakan turnamen Three for All Showdown Qualifier dari Senin 5 April hingga Selasa 6 April. Kualifikasi dibuka untuk semua pemilik PS5 di Amerika Serikat yang memainkan game NBA 2K ini.

Kemitraan ini juga akan membuat NBA 2K League mengadakan berbagai turnamen penggemar atau fan tournaments yang diselenggarakan secara global yang bisa diakses melalui platform Playstation Competition Center.

Platform ini menawarkan konten eksklusif, tips, dan trik dari pemain terbaik di dunia, bersama dengan liputan langsung dari beberapa acara esports terbesar di dunia, termasuk NBA 2K.