Cara Membuat & Melihat File HAR untuk Pemecahan Masalah Situs Web

Sebagian besar browser web modern menyertakan alat pengembangan web yang dapat digunakan oleh pengembang dan pengguna yang tertarik untuk berbagai tujuan. Salah satu alat berguna yang ditambahkan oleh pembuat browser seperti Google, Mozilla, dan Microsoft ke alat pengembangan web browser mereka adalah kemampuan untuk membuat apa yang disebut file HAR.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan apa itu file HAR, bagaimana mereka dibuat di browser web populer, dan bagaimana mereka dapat digunakan oleh pengembang untuk menganalisis masalah situs web.

Apa itu file HAR?

Cara Membuat & Melihat File HAR untuk Pemecahan Masalah Situs Web Main

HAR, yang merupakan singkatan dari HTTP Archive format, adalah log yang menjelaskan interaksi browser web dengan halaman web. Log menggunakan format JSON – JavaScript Object Notation

Draf Format Arsip HTTP (HAR) yang diterbitkan pada 14 Agustus 2012, memberikan definisi berikut:

Spesifikasi ini mendefinisikan format arsip untuk transaksi HTTP yang dapat digunakan oleh browser web untuk mengekspor data kinerja terperinci tentang halaman web yang dimuatnya.

Walaupun dokumen tersebut telah ditinggalkan, tetapi HARtetap  didukung oleh banyak browser modern termasuk Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer dan aplikasi seperti Fiddler.

Ekstensi file HAR adalah .har. File dapat dibuka di browser web apa pun, aplikasi penampil khusus yang dirancang untuk file .har, aplikasi atau ekstensi penampil JSON apa pun, dan juga editor teks apa pun.

Tujuan file HAR adalah untuk membuat catatan aktivitas saat browser terhubung ke situs. File tersebut berisi informasi tentang sumber daya yang dimuat, cookie, konten yang diunduh, dan banyak detail koneksi.

Untuk apa file HAR digunakan?

Salah satu tujuan utama File Har termasuk koneksi halaman web adalah analisis masalah situs, misalnya saat situs gagal memuat dengan benar di browser atau semua browser.

Pengembang web dapat melihat keluaran file HAR untuk menemukan potensi masalah. File tersebut sangat berguna ketika pengembang tidak dapat mereplikasi masalah.

Siapa pun dapat membuat file HAR menggunakan alat pengembang web dan mengirimkan file tersebut ke pengembang setelah dibuat untuk dianalisa.

Cara membuat file HAR

Secara umum, perlu untuk membuka Network Tools yang merupakan bagian Developer Tools dari browser yang kamu biasa gunakan, buka situs yang diinginkan (atau situs yang sedang dicari permasalahannya), dan menggunakan fungsi simpan untuk menyimpan data yang direkam sebagai file HAR.

Buat file HAR di Google Chrome

Cara Membuat & Melihat File HAR untuk Pemecahan Masalah Situs Web SS1

  • Gunakan pintasan keyboard Ctrl+Shift+I untuk membuka Developer Tools, atau pilih Menu > More Tools > Developer Tools.
  • Beralih ke tab Network pada tampilan Developer Tools.
  • Muat halaman atau situs yang dimaksud, jika sudah terbuka, gunakan tombol muat ulang (reload) halaman pada browser atau gunakan Ctrl+R.
  • Klik ikon panah kebawah pada di toolbar tab Network, ini akan menampilkan Ekspor HAR saat kamu untuk menyimpan file HAR ke sistem lokal.

Metode yang sama berfungsi di sebagian besar browser web berbasis Chromium termasuk Brave, Opera, Vivaldi atau Microsoft Edge.

Buat file HAR di Mozilla Firefox

Cara Membuat & Melihat File HAR untuk Pemecahan Masalah Situs Web SS2

  • Gunakan Ctrl+Shift+E untuk membuka tab Network di Firefox, atau gunakan Menu > Web Developer > Network untuk membukanya.
  • Muat halaman web atau situs yang ingin kamu buatkan file HAR-nya.
  • Klik ikon pengaturan (gir) di toolbar Web Developer, dan pilih Save all as HAR untuk mengekspor data.

Cara melihat file HAR

File HAR dapat dimuat di sebagian besar browser yang mendukung pembuatannya. Kamu dapat menemukan opsi impor file HAR pada tab Network di browser tersebut, dan dapat menggunakan data yang diimpor untuk menganalisis potensi masalah situs.