Modus Penipuan SMS Undian Simpedes Britama BRI

Setelah sebelumnya saya menerima SMS penipuan yang menyatakan saya pemenang undian Shopee, dan alangkah sedihnya saya ketika tahu (dari komentar yang ada) ternyata banyak yang sudah tertipu. Hari ini saya menerima SMS yang hampir mirip dengan modus penipuan sebelumnya, yaitu saya pemenang undian. Namun kali ini saya merupakan pemenang undian dari bank BRI.

Modus Penipuan SMS Undian Simpedes Britama

Saat saya menerima SMS tersebut saya yakin ini adalah penipuan karena seperti modus pemenang shopee, web yang tercantum adalah web/ blog gratisan (blogspot.com) yang dari tampilannya saja tidak meyakinkan. dan saya sendiri tidak memiliki rekening BRI :D

Modus Penipuan SMS Undian Simpedes Britama SS 2

Dan  seperti yang sudah saya duga sebelumnya, ini memang penipuan berdasarkan informasi dari pihak BRI nya langsung.

Modus Penipuan SMS Undian Simpedes Britama SS 3

Disamping itu keterangan yang ada di website sangat tidak masuk akal, yang antara lain:

  • BRI tidak menyalurkan hadiah melalui kantor cabang/unit. >> Biasanya pihak bank akan mengundang pemenang ke kantor cabang terdekat untuk menerima hadiah.
  • Pemenang yang mendapatkan Cek tunai akan di transfer secara manual melalui kode Cek pencairan. Apabila pemenang sudah menerima kode Cek Aktif pencairan dari kami, maka pemenang diwajibkan untuk melakukan regestrasi / pendaftaran kode Cek pencairan tersebut melalui mesin ATM terdekat, supaya hadiah yang didapatkan termonitor secara otomatis. >> Kalau mau transfer ya transfer aja, masa harus registrasi lagi di ATM, kan sudah jelas no rekening saya pemenangnya. lagipula saya tidak punya rekening BRI
  • Pemenang yg mendapatkan Cek Giro bahwa pastikan saldo terakhir anda 10% dari hadiah yang anda dapatkan atau Rp.2.700,000 agar supaya ada dana penjemput hadiah dan memperlancar proses Cek Giro dari bank (BI).  >> Cairin cek giro ko mesti ada saldo minimum di rekening, dana penjemput hadiah maksudnya???
  • Cek Giro hanya bisa di cairkan melalui mesin ATM >>> sejak kapan ATM bisa cairkan cek giro?? sejak cek giro berubah jadi kartu ATM???
  • Pemenang Yth, Harap Hati-Hati atau jangan diberitahukan kepada satpam saat proses pencairan CEK di ATM karena satpam/security bisa berbuat jahat kepada anda >>> Bank juga ga bodoh-bodoh amat kali mempekerjakan satpam, mereka mempekerjakan satpam untuk menjaga keamanan bank dan nasabahnya bukan sebaliknya.
  •  Call BRI:1×24 jm (021-368-6373) (0858-1054-6373) >> Call BRI yang benar adalah 14017 / 1500017 <<< no cantik bro, masa sekelas BRI no nya jelek :)

Tadinya saya ga mau pedulikan isi SMS tersebut, namun karena dari modus postingan sebelumnya tentang modus penipuan Shopee ternyata banyak sekali yang tertipu, dan jumlah uang yang ditipupun tidak sedikit, bisa jutaan, maka saya membuat postingan ini. Semoga kita dan keluarga kita terhindar dari penipuan yang semakin hari semakin kreatif dalam melakukan penipuan.

 

129 Komentar
  1. Ariyanto adi santoso berkata:

    NASABAH BRI YTH !!!
    Nomor Rek BRI Anda Terpilih Mendapat DANA GIRO Rp.35.000.000.-, No.Undian Anda (******) Info Selengkapnya Klik: https: //bit.ly /UNDIANBRI. Mohon tanya apakah ini modus penipuan pak?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Melihat dari websitenya ” panenhadiahsimpedes2020. blogspot. com” saya bisa jamin ini penipuan

  2. Milka berkata:

    Saya juga tadi dapat telfon dari bank BRI atas nama anggoro andi prasetiya dapat undian 35 juta dengan mengisi saldo 1.750.000
    Saya sudah kasih nama, nomor rekening
    Apakah itu bermasalah dengan kartu ATM saya?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Silahkan hubungi pihak BRI untuk pencegahan penyalahgunaan rekening. Kalau bisa ganti secepatnya semua password dan PIN BRI

  3. Ahmad berkata:

    Maaf sebelum nya pak..sy jg begitu dpt sms.dan sy udah terlanjur beri nomer atm tapi tidak saya tdk memberikan nomor rahasia otp ..apakah itu tidak apa2 atau atm saya bisa bermasalah..mohon info ny pak..

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Harusnya tidak apa-apa, namun alangkah baiknya hubungi kantor cabang BRI terdekat untuk langkah pencegahan penyalahgunaan kartu ATM

  4. Naura berkata:

    Saya ditelpon katanya dari bri jakata dapat Penukaran undian poin bri britama dan minta nomor ATM 16 angkanya dan minta tangal masa aktif ATM dan saya berikan apakah ATM saya nantinya bermasalah bisa dibobol?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Silahkan hubungi kantor cabang BRI terdekat untuk langkah pencegahan penyalahgunaan kartu ATM

  5. Anonim berkata:

    pak saya dapat tlp katanya ada penukaran poin bri.dan disuruh datang dikantor terdekat.membawa Atm,ktp dan buku rekening. apa itu benar pak.trimakasih sebelumnya

  6. Agus berkata:

    Barusan saya di tlpon dengan no +6285382500454 memberitahukan bahwa saya dapat poin undian dari BANK BRI
    dan penelepon minta no depan 4anka dari 16 dari ATM Saya dan no 7anka di balik ATM saya. Dan sudah terlanjut saya kasih.. apa ini penipuan..
    Apakah masih aman dengan ATM saya..yang sudah terlanjut kasih No

  7. ana berkata:

    Alhamdulillah. . . Makasih hampir saja sya kena tipu . . .😊 baru saja sya di hub. Minta difotoin kartu ATM dan kirim lewat WA. . .
    Di WA malah suruh kirim kalau tidak dikirim maka akan di disk

  8. Nanang berkata:

    Alhmdllah sya gak kasih no kartu nya ,hari ini sya tdi di telpon kata nya dapat undian poin dapat sms dari bank bri , dan saya tidak ngasih no apapun dia nanayain jenis tabungan juga , tau ny pnipuan hati2 ….

  9. Anonim berkata:

    Jadi saya barusan ditlpn sama pihak bank BRI dan benar dapat SMS dari Pihak BRI lalu si penelpon meminta OTP dan nomor di atm nya itu gimana ya kak? Dengan memberi tahu mendapatkan info dapat hadiah undian berupa menukarkan koin ditukarkan di Atm terdekat. Itu gimana yak kak?

  10. Anonim berkata:

    Terimakasih, informasinya sangat sangat membantu buat orang yg awam tentang begituan. 🙏🙏🙏

  11. Faiza berkata:

    Mas saya barusan dtg SMS kek gt jug.. aku udh tekan ksih no rek apakah berbahaya

  12. Nisa Ainun berkata:

    saya sudah terlanjur memberikan nomor rekening tanpa pin? saya sudah terlanjur memberikannya apakah bahaya?

  13. Jakalesmana berkata:

    Kalau sekedar memberi no rekening aja kan ngk apa2kan yang penting kan jangan sampai memberi no pin nya

  14. cici aprinola berkata:

    saya barusan mendapatkan telp katanya saya menang undian karna point saya 150.trus saya ngasih no.reg nya,dan dia menyuruh saya membacakan kode yg masuk dari IB BRI. jika smpai 5/6 kali maka saya mendapatkannya. trus kode itu sudah masuk sebanyak 6 kali ke saya dan dia menyuruh saya utk pergi ke cbg BRI terdekat hari senin dengan membawa ktp,atm BRI dan kode sms sbnyak 6 buah itu…apakah itu benar atau penipuan ya??

  15. Anonim berkata:

    Maaf sebelum ny..sy jg begitu dpt sms.dan sy udah terlanjur beri nomer atm dan nik kk sy..apakah itu tidak apa2 atau atm saya bisa bermasalah..mohon info ny pak..

  16. Khali berkata:

    Mw nanya mas…saya tadi siang dpet sms gtu jga.dapat dana giro 35 jta.
    Trus saya isi nmor undiannya..
    Tp blom sempat isi nmor rek krna ragu2..gmna ya..apa memasukkan kode undian jg bisa bebahaya tampa memasukkan nmor rek…mohon pencerahannya…

  17. Timo berkata:

    Kalau pemberitahuan dari nomor pribadi it penipuan ya ?? Nah bentuk yg tdk termasuk penipuan ciri²x bgmna ?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Biasanya di telpon pake no resmi BRI, dan biasanya juga ada pengumuman di situs resmi BRI, TV nasional, juga situs terpercaya seperti detik dll

  18. sulaina berkata:

    Saya barusan di telvon katanya saya dapat poin begitu dengan begitu saya kasih kode otp nya secara otomatis ke penelepon terus saldo saya berkurang mohon bantuannya terimakasih ?

  19. Relas berkata:

    Saya tdi siang dpt sms dpat undian 35000000.saya Suruh ambil saja buat kamu, krna sya sdah tau dri google,itu pnipuan

  20. Anonim berkata:

    saya dari semalam ditlpon suruh tambah saldo,mininal 10% dari hadiah,,terus nanti kalo udah cukup bisa pecairan bagimana ini?

  21. Fathur berkata:

    Benar sy juga dpt sms persis dngan yg anda dpt semu setelah sy telusuri dan mencari info di BRI.. Bank BRI benar mengadakan pengundian dan pemenang TDK DPUNGUT BIAYA SEPESERPUN bag pemenang.. lain halnya dngan si tipuan yg menang undian harus bayar 10persen …..AWAS PENIPUAN…hedeeeh yawah gini masih tipu2

  22. Anonim berkata:

    Nmer yg bisa dihubungi ke petugas bri brapa

  23. Asri banamtuan berkata:

    Saya semalam dapat sms juga seperti itu. Dan saya tidak sadar . Saya seperti dihipnotis. Saya langsung memberikan no.rekening dan nama .. Setelah saya liat digoogle ternyata penipuan. Saya jadi takut. Saya mohon sarannya saya harus bagaimana. Mohon informasinya bagi yang tau ??

  24. RASMAN berkata:

    Bapak ibu dan saudara” katanya saya dapat undian dari bank BRI apakah ini benar

  25. Dwi aruyono berkata:

    saya jg dapat sms dari no: 085330484045 atas nama Bpk Drs. ASMAWI se. dan dapat kode undian beserta kode cek…mohon pencerahannya..

  26. Nining berkata:

    Hari sabtu kmrn q di telpon bilang q sudah dpt poin 500 lebih… Terus saya dapat sms jg dri bank bri langsung sama ib bri.. Di ksh tau no kupon sama id

  27. imam Arifudin alfaliq berkata:

    barusan saya d telpon d suruh k cbg BRI terdekat…di mintai no kartu ATM…d suruh isi saldo supaya nambah poinnya….saya tanya code kupon GK d kasih…ktnya ada undangan yg masuk tp sy cek GK ad…

  28. Anonim berkata:

    Td MLM dpt SMS dpt dana giro 35jt dsruh buka website,,tp krm SMS no TLP,jd curigai

  29. Anonim berkata:

    Adu hari ini aqu di tupu juga untungnya tidak kkrim Nomor rekening. Nasabah BRI Yth!!! Rekening BRI Anda Mendapatkan CEK Rp35.000.000,-.
    No.Undian Anda [0811887] Untuk Info Klik: http:// bit. ly/ Bri2020

  30. Canang Alex berkata:

    Saya tgl 17-04-2020 kemarin juga dapat sms kode dari bankBRI trus ditelfon suruh ke bank terdekat,sama ditanya masa berlaku atm trus rekeningnya dibuat dicabang mana,dan sebagainya.tapi saya takut itu penipuan akhirnya pas pembicaraan belum selesai langsung saya matikan telfonnya..

  31. Ika riyana berkata:

    Saya juga dapattelpon dari call center bri terus katanya dapet 3kode undian barang elektronik ..ini td udh dapet 3kode nya dan sms lgsung dari Bank Bri besok suruh ke cabang itu penipuan gag ya saya tkut soalnya

  32. umar said berkata:

    Sy barusan ditlp juga disms, Bahkan sms nya tdk Ada nomor ponsel, yaitu Langsung BankBRI trs ditlp Tanya kode ATM, suruh isi tabungan Dan besok suruh ke BRI terdekat anbil hadiah… bagaimn Mohon pencerahannya

  33. sidin berkata:

    Saya juga dapat sms undian terus suruh masukin nik kk ke nmer ini 085316115955 katanya dapat hadiah 25juta ini juga penipuan ya untung belum masukin nik dan no kk y

  34. Anonim berkata:

    Saya dpt tlpn katanya dapet undian dan harus ke kantor cabang hr senin itu penipuan bukan?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Dicoba aja ke cabang terdekat, tapi kalau disuruh transfer via ATM dan sejenisnya jangan. Ingat hubungi customer service jangan yang lain

  35. Novia berkata:

    Sama seperti korban komentar di atas, barusan saya juga dpt SMS kau gr katanya dpt undian 35 JT dan ada kode unik serta link nya,tapi sekilas baru nyadar setelah masukin kode unik buru2 lgsg nanya ke yg lebih tau eh trnyta aqu kena tipu, Alhamdulillah belum Ampe masukin no rek dll

  36. Arna berkata:

    Bagaimana ya,td dpt sms .trua dpt telp.katanya udah msk blm undanga via sms td,katanya jg besok saya di suruh ke babk bri terdekat.

  37. M aqsa berkata:

    Saya kemarin dpt sms dari bankbri
    Setelah itu d telpon kata nya dari jakarta dan bilang saya dpt uang

  38. Mulyanto berkata:

    Saya juga dapet undian giro..35 juta..
    Ada aja ulah oknum yang tidak bertanggung jawab..

  39. Anonim berkata:

    Saya barusan dapat undian dari dana giro 35 juta ini nor undianx 150699 apakah btul
    Trusa dia minta isi data

  40. Ayu berkata:

    Barusan saya dp sms .. katanya saya pemenang ke 4 dpt 25 jt … niatnya q sih mau ke bri mo tanyakan lngsng tntng sms ini bener gak… tp setelah q nemu kesini ????? ya udah lah batalin aja niatnya .. hapus ajaaahhh smsnyaaa

  41. Anonim berkata:

    Saya juga dapat SMS cek 35 jta awalnya juga saya tidak percaya tapi saya iseng masuk web nya, terus saya masukin langkah2 ya gak lama saya langsung di tlpon.
    Mau tanya gimana ia pak sya terlanjur ngasih nama, no rek, nama bank, kode undiannya.
    Apakah itu tidak bermasalah pak.??
    Mohon penjelasanya

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Seharusnya tidak ada masalah selama belum transfer uang sepeserpun. Tapi alangkah baiknya menghubungi pihak Bank dan Provider Selular yang digunakan untuk pencegahan penggunaan data

  42. Syafrial berkata:

    Saya dapat cek giro 35 jt,, dengan persyartan yg sama menimal saldo 5%

  43. Maulana berkata:

    Saya mendapat kan SMS langsung dari bang BRI tapi dia menelpon dengan no pribadi?

  44. Heru Saputra berkata:

    Barusan dapat telfon segaligus dapat pesan atas nama bri dan di akhir pesan nya bisa kontak 14017 itu beneran atau penipuan? Dan aku udah kasih tau nomor rekening aku apakah masih aman?

  45. Aep berkata:

    Saya barusan dapat 35 jt cek giro….. Hahahah……. Tapi saya udah tau itu penipuan soalnya kalaupun saaya menang pasti di tlp harus daatang

  46. @kandar berkata:

    Saya jg dapat sms cek giro 35 jt…tp hrus ngisi saldo 1750…kyaknya bnyk kejadian seperti ini…saya jd yakin klo ini cma modus…trmksih atas komentarny…bs membntu saya…

  47. Anonim berkata:

    Thx bro atas pencerahannya

  48. Firmansyah berkata:

    Barusan sya dpt sms persis kaya temen2, dpt giro 35jt juga kode nya sama 150669,

  49. Alde berkata:

    sya jga dapat sms pemenang 25 juta..
    tadi saya sudah terlanjur kasih no nik dan nama KK,bagaimana sudah itu pa apakah berpengaruh

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Secepatnya hubungi kantor cabang bank terdekat, dan provider selular yang digunakan. Takutnya data digunakan untuk mereset no hp

  50. Waimun berkata:

    2 minggu lalu saya dapat telpon dari sesorang lupa namanya tapi katanya dari bri pusat jakarta, bahwa rek saya mendapat hadiah britama..dan ada sms dari bri bukan nomor tapi langsung dari bri.. Yg isinya MY QR nomer kode sekian sekian apakah ini penipuan atau valid.

    • Firman Herdiansyah berkata:

      SAya menduga itu penipuan, tapi alangkah baiknya melakukan konfirmasi ke BRI nya langsung, bisa via medsos seperti twitter dan Facebook

  51. Jhonroysyahputra berkata:

    Saya juga dapat sms katanya aku terpilih pemenang cek 35jt,apa betul itu

  52. Myra berkata:

    Dtg sms kasih kode..trus ku masukkan kode aku dapat undian 35 jt..tp aku harus ada isi saldo minimal 1.750000 baru katanya bisa di cairkan di rekening ku..kan aneh kenapa harus mencairkan mencukupi saldo dulu..aku dah kasih nomor rekening kek mana itu ia sobat

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Jangan diikuti kemauannya itu penipuan, untuk faktor keamanan coba hubungi cabang bank terdekat

  53. Andri berkata:

    Trus sms klau saya jadi pemenang ke 4dari bank bri simpedes itu siapa dapat nomor hp saya dari mana

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Biasanya dia bel database no itu dari orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa dari bank, sales, leasing, asuransi, dll

  54. Siti berkata:

    Tgl 18 Januari 2020 saya mendapatkan SMS pemenang cek tunai 25 JT dengan kode pin 02412547 tpi saldo rekening hrs ada 2,5 jta untk penjemput dana. Tapi saya sudah terlanjur krm no rek dan nik, apakah dia bisa mengambil uang di no rek saya

  55. Efendi berkata:

    Saya juga dapat sms dapat 27 juta dan saya sudah kirim no rek saya dan kartu keluarga saya, apakah itu nanti norek dan kartu keluarga saya bisa di salah gunakan, tolong infonya pak/buk

  56. Dg.Mapata berkata:

    Sekadar ingin cari tahu atau palsu tentang pemenang undian melalui rekening Bank BRI dengan kode cek 01699877. Jam 15.09 wita masuk melalui SMS.

  57. Sensi berkata:

    Bapak,barusan saya menerima sms dari pihak BRI katanya saya dapat cek giro sebesar 35 juta.dengan kode ceknya 150699.apa betul pak..tolong dicek ya pak..

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Itu penipuan tidak usah di tanggapi, kalau masih tidak percaya silahkan hubungi cabang BRI terdekat

  58. Indah berkata:

    Saya jg hpir.ketemu to no rekening sama nama saya sudah terkirim.apa ga papa takut norkningku.dipake

  59. Martina Ferni berkata:

    Sya jga mendapatkan cek giro rp 35 jta
    Dan sya suda mengirim
    Nama
    No rek
    Kode
    Dan sya di telpon oleh no katanya dari bank BRI .
    Apakah ada pengaru dgn Krtu ATM sya… jika sya uda kirim no rek

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Harusnya tidak apa-apa selama kartu fisik dan pin nya tidak diserahkan. untuk keamanan lebih baik menghubungi cabang terdekat

  60. Anonim berkata:

    Td saya juga dapat sms kya gtu.dpt 35jt tp saldonya harus ada 1750000

  61. A aris R berkata:

    Aku barusan hari ini mendapat sms seprti itu bahawa aku sebagai pemenang cek tunai sebesar 35000000 tapi untuk pencairan yh harus ada saldo 1700000 di tabungan aku, aku merasa sangsi dengan hal smacam ini jadi aku coba buka google eh ternyata ini hanya modus penipuan, aku ucapkan banyak terimakasih kepada anda yang sudah ngasih tau yen tang hal penipuan semacam ini. Terimakasih

  62. rino berkata:

    Hati hati penipuaan .

  63. Dwi haryanto berkata:

    Klo udah terlanjur memasukan kode nya apa itu ada pengaruh nya..mhon infon nya pak

  64. Siti berkata:

    Aku udah sempat masuk kan kode tapi gk masuk kan no rek itu rek masih tetap aman kan

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Harusnya tidak, tapi alangkah baiknya untuk menghubungi cabang terdekat untuk langkah pencegahan

  65. Chen chen berkata:

    Saya juga dpt SMS cek giro 35jt.sudah terlanjur ngasih nama dan no rekening.apa bisa d salah gunakan?

  66. Anonim berkata:

    Aq juga habis dtelfon katanya dapatcekv 35jt tp aq hrs pny saldo 1750

  67. irmansyah berkata:

    Bahaya..Saking susah nya mungkin nyari uang..banyak modus Penipuan..

  68. Masyhur berkata:

    Terima kasih infonya,sangat bermanfaat

  69. Anonim berkata:

    Apabila sudah masukan kode cek itu apakah pengaruh ke atm kita yaa
    Saya sih cuma iseng2 cek itu kode , dan masuk di web nya
    Tapi yaa sama saldo minimum di atm harus 1.7jtan ?
    Akhirnya browsing2 ketemu dehh blog agan ini ?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Pencairan cek tidak memerlukan kode, dan hanya bisa dilakukan di teller bank. Tidak bisa di ATM

  70. Mandiri tecnic berkata:

    Sy jg dapat 35jt tp kok keteranganya harus menghubungi no hp yg biasa/pribadi. Udah gitu harus regis trasi. Padahal atm sy udah jelas aktif di bri
    Ini jelas penipuan. Dan lucunya lg kok pencairan giro/cek di atm. Kenapa tdk k bang mengisi pormulir tertulis di atas materai yg memang seharusnya.

  71. Anis Dumai berkata:

    hehe spt yg anda tulis, sy dpt chek Rp 35.000.000 dan hrs saldo minimal 1.750.000 masa di sms , bodo ah
    hari gini mn ada org ngasi check sdh itu no pribadi lg bkn nama instansi spt bank BRI atau Telkonsel ????

  72. babe berkata:

    Aku yo … di bel ora diangkat … di sms ora bales… di tembak matane kali ya

  73. Sukirman berkata:

    Saya juga dapat sms pemenang 35 jt

  74. Anonim berkata:

    Persis yg dialami sya tadi sore, sebenarnya udh deg degan kirain beneran tpi kok pas disuruh masukin kode agak gimana ya kesan nya

  75. Nur asiah berkata:

    Tp bgaimana jika sudah terlanjur memberikan nmor rkening tanpa pin beserta nmor kartu keluarga ? Apakah itu bisa d gunakan oleh si penipu ?

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Harusnya tidak apa-apa namun ada kemungkinan digunakan untuk melakukan penipuan ke pihak lain

      • Karim berkata:

        Bagaimana ya…Barusan ditelpon katanya dari Bank,,…disuruh untuk menambah saldo untuk menambah poin supaya dapat hadiah sepeda motor…kira kira bagaimana ini!!!

        • Firman Herdiansyah berkata:

          Coba langsung hubungi pihak BRI bisa ke kantor cabang atau via Medsos (Facebook, Twitter, dll)

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.