Optimasi Windows 10 dengan WinSlap

WinSlap merupakan aplikasi open source gratis untuk sistem operasi Microsoft Windows 10 dimana bertujuan mengubah pengaturan sistem dengan cepat dan optimasi sistem. WinSlap direkomendasikan untuk digunakan tepat setelah proses instalasi Windows selesai, namun WinSlap juga dapat digunakan pada sistem Windows yang sudah digunakan cukup lama.

Karena WinSlap memang mengubah pengaturan sistem, disarankan untuk membuat cadangan sistem sebelum menggunakannya. Kami tidak menemukan masalah apa pun selama pengujian kami, tetapi backup selalu menjadi tindakan pencegahan yang baik.

Untuk memulai, download aplikasi dari repositori proyek GitHub. Klik kanan pada file unduhan dan pilih “run as administrator” untuk menjalankannya dengan hak akses yang lebih tinggi. WinSlap membutuhkan ini karena akan membuat perubahan pada sistem.

Aplikasi kurang dari 1MB ini menampilkan tampilan ramping yang dibagi menjadi empat tab utama.

Optimasi Windows 10 dengan WinSlap

WinSlap bekerja mirip dengan banyak alat privasi dan optimasi Windows 10 lainnya. WinSlap menyediakan daftar pengaturan yang dapat kamu gunakan untuk memodifikasi sistem, misalnya untuk menghapus instalan OneDrive, menonaktifkan Riwayat Aktivitas atau Pencarian Bing.

Yang harus kamu lakukan adalah memilih semua pilihan pengaturan yang kamu inginkan lalu klik tombol “slap“, dan pada akhirnya WinSlap akan membuat perubahan pada sistem. Kamu dapat beralih diantara tab tanpa kehilangan pengaturan yang telah dipilih di tab yang sebelumnya dibuka.

Tombol “Check all” akan memilih semua pilihan pengaturan. Berguna khususnya jika kamu ingin semua pengaturan diterapkan. Merupakan ide yang baik untuk mempelajari setiap pengaturan untuk menghindari perubahan yang tidak kamu inginkan dilakukan pada sistem.

Tab “Software” adalah tab khusus, karena tidak mencantumkan aplikasi yang dapat dihapus aplikasi dari sistem. Sebagai gantinya, kamu mendapatkan daftar aplikasi pihak ketiga yang populer seperti Firefox, Thunderbird, Telegram, VLC dan StartIsBack yang dapat kamu instal menggunakan WinSlap.

WinSlap akan menampilkan disclaimer singkat setelah kamu mengaktifkan tombol slap. Pilih opsi yes untuk melanjutkan atau no untuk membatalkan. Perhatikan bahwa aplikasi akan menjalanakan restart sistem tepat setelah melakukan perubahan, jadi simpan semua pekerjaan sebelum kamu mulai menggunakan aplikasi.

Kata Penutup

WinSlap adalah aplikasi optimasi sistem untuk pengguna ahli karena tidak memberikan deskripsi untuk setiap pengaturan optimasi yang ada pada terdaftar. Sementara beberapa pengaturan mungkin dipahami oleh pengguna dari semua tingkat pengalaman, misalnya “show this PC when launching File Explorer”, namun pengaturan lain seperti “disable web proxy auto-discovery” atau “disable Wi-Fi Sense” kurang deskriptif dan karenanya lebih sulit untuk diketahui terlebuh untuk pengguna biasa.

Daftar optimasi yang didukung hampir sama dengan aplikasi tweak lainnya, satu perbedaan adalah WinSlap tidak memberikan opsi untuk menghapus sebagian besar aplikasi yang disertakan dengan Windows 10.

Namun WinSlap adalah solusi cepat untuk mengubah puluhan pengaturan sistem dalam waktu singkat.

Link Download

Nilai Artikel:
0
Kirim pendapat kamu disini!x