TagComplete Aplikasi Gratis untuk Menandai Lagu Otomatis

Memastikan koleksi musik kamu diberi tag dengan benar bisa sangat membantu. Baik kamu sedang infgin mendengarkan musik dengan genre atau artis tertentu, atau kamu hanya ingin menjaga semuanya teratur, tag merupakan hal yang luar biasa. Memberi tag pada lagu secara manual bisa sedikit melelahkan, dan ada solusi untuk pemberian tag secara otomatis yang tersedia untuk melakukan sebagian besar pekerjaan yang melelahkan. Misalnya salah satu pemutar musik favorit kami MusicBee mendukungnya.

Tagcomplete merupakan aplikasi gratis yang menandai lagu secara otomatis menggunakan database yang dibangun komunitas. Saat kamu menjalan Tagcomplete untuk pertama kali, kamu akan diberikan perjanjian lisensi dalam bahasa Jerman. Jika kamu scroll ke bawah, kamu dapat membaca versi bahasa Inggrisnya.

Tampilan TagComplete mungkin mengingatkan kamu pada MediaPurge, karena TagComplete dibuat oleh pengembang yang sama. Tampilan pengguna aplikasi dibagi menjadi dua panel, dan memiliki menu di bagian atas layar.

Untuk memulai, kamu perlu memilih folder untuk dipindai. Klik pada pilihan pertama di sidebar, Step 1 Select Directory. Panel yang muncul di sisi kanan memiliki opsi untuk menambah atau mengecualikan sub-folder.

TagComplete Aplikasi Gratis untuk Menandai Lagu Secara Otomatis - SS1

Jika kamu ingin memindai lagu tertentu daripada seluruh folder, gunakan tombol “Add file selection“. Daftar direktori yang telah kamu tambahkan muncul di kotak di tengah. Untuk memulai kembali, klik tombol New.

Saat kamu siap, tekan tombol Next untuk melanjutkan ke Step 2, dan TagComplete akan membuat cache lokal dari database-nya.

Proses ini butuh waktu lama untuk menyelesaikannya, butuh lebih dari satu jam. Tapi ini semacam proses satu kali, saat berikutnya kamu memindai beberapa lagu, cache lokal diperbarui sesuai kebutuhan dan itu dilakukan lebih cepat. Cache disimpan di folder USERS kamu, C: \ Users \ USERNAME \ AppData \ Roaming \ TagComplete \ Cache. Aplikasi ini membuat file CSV yang masing-masing berukuran 100MB, dan jumlah foldernya sekitar 1,84GB.

TagComplete Aplikasi Gratis untuk Menandai Lagu Secara Otomatis - SS2

Tidak seperti aplikasi pengeditan tag biasa, TagComplete menggunakan database yang dikelola oleh komunitasnya. TagComplete ini mengidentifikasi lagu dengan menggunakan MediaPurge’s acoustic fingerprint scanning, dan ketika menemukan lagu tanpa judul, secara otomatis menandainya dengan mendownload metadata dari database komunitas.

TagComplete menampilkan kebijakan privasinya di layar utamanya, dan dikatakan bahwa tidak ada data pribadi yang dikumpulkan. Acoustic fingerprint dan metadata lagu dikirim ke database komunitas, dan ini dilakukan secara anonim. Saat kamu menambahkan beberapa lagu ke TagComplete, pada dasarnya kamu berkontribusi ke database komunitas.

Setelah TagComplete selesai memindai lagu yang ditambahkan, TagComplete akan mencantumkan metadata yang salah, itulah yang disebutnya lagu yang memiliki tag yang salah dibandingkan dengan yang ada di database-nya. Tekan tombol apply untuk memperbaiki tag secara otomatis.

TagComplete Aplikasi Gratis untuk Menandai Lagu Secara Otomatis - SS3

Karena aplikasi ini mengandalkan database komunitas, saya sarankan untuk bekerja lebih keras untuk memeriksa setiap tag dalam daftar. Sangat menyenangkan memiliki banyak pilihan per lagu daripada satu tombol untuk menerima semua perubahan. Jika tag yang diterapkan tidak tepat, kamu dapat memilih untuk membuangnya. Misalkan salah satu tag salah, atau mungkin kamu ingin menyesuaikannya, kamu dapat mengklik tombol More untuk menampilkan Editor Tag bawaan. TagComplete memungkinkan kamu untuk mengedit info lagu, judul, artis, album, tahun, komentar, dll. kamu juga dapat menambahkan sampul album ke lagu audio secara manual.

TagComplete Aplikasi Gratis untuk Menandai Lagu Secara Otomatis - SS4

Penutup

TagComplete merupakan aplikasi gratis walaupun tidak portabel. Meskipun TagComplete merupakan aplikasi yang berguna untuk mengelola koleksi musik kamu, proses pembuatan cache yang lambat dan ukuran database yang besar bukanlah sesuatu yang akan menyenangkan pengguna. Cacat terbesar menurut saya merupakan aplikasi ini tidak bekerja secara offline, sehingga cache yang sangat besar tidak diperlukan. Aplikasi hanya boleh mengunduh informasi lagu tertentu.

Nilai Artikel:
0
Kirim pendapat kamu disini!x