10 Aplikasi Webcam Terbaik untuk PC atau Laptop

Webcam di PC kamu bisa melakukan lebih dari sekedar selfie atau sesekali obrolan di Skype. Dengan aplikasi yang tepat, kamu bisa menggunakan webcam yang sederhana untuk mengambil selfi diri dengan teman dan keluarga kamu dengan angle yang luas, atau bahkan menggunakannya untuk tujuan pengawasan. Namun, pengguna yang berbeda memanfaatkan Webcam mereka dengan cara yang berbeda, beberapa ingin efek mewah untuk ditambahkan pada chat video mereka, sementara yang lain menginginkan sesuatu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Dengan mengingat hal-hal tersebut di atas, kami telah mengumpulkan daftar 10 aplikasi webcam terbaik untuk Windows dan Mac dengan kelebihan tertentu, seperti tampilan pengguna yang apik, kaya fitur alat pengeditan, kemudahan penggunaan, dll. Jadi, tanpa basa basi lagi, mari kita lihat daftar 10 aplikasi webcam terbaik yang terdiri dari pilihan gratis dan berbayar.

Aplikasi Webcam Terbaik

1. YouCam

Aplikasi Webcam Terbaik untuk PC atau Laptop YouCam

Youcam adalah salah satu aplikasi webcam yang paling populer di luar sana untuk alasan yang bagus. Tampilan yang bersih, yang jauh dari tampilan berantakan yang akan kamu temukan di aplikasi webcam lainnya, menjadikan YouCam sebagai pilihan yang tepat untuk pemula. walaupun demikian, bukan berarti aplikasi ini minim fitur, sebaliknya, YouCam menawarkan beragam alat pengeditan, filter, dan efek yang mengesankan. Filter adegan, lensa distorsi wajah, emoticon, efek dinamis, dan stiker hanya beberapa fitur yang dimiliki.

Kedengarannya bisa saja? bagaimana dengan wajah “Avatars”, stiker AR, dan animasi langsung agar video chat kamu terlihat seperti film yang diedit dengan baik? YouCam memiliki semuanya, dan kemudian lagi. YouCam juga bisa disinkronisasikan dengan layanan seperti Skype dan Yahoo Messenger, dan juga mendukung fungsi login wajah untuk platform seperti Facebook, Amazon, Twitter dan beberapa layanan lainnya.

Di sisi teknis, YouCam menyimpan gambar dalam berbagai format (BMP, JPG, PNG) dan mampu merekam video dalam jenis file AVI dan WMV (juga MP4 untuk sistem dengan kartu VGA) pada resolusi mulai dari 240px sampai Full HD. YouCam mendukung Burst shot, dan pengguna bisa mengatur kecepatan shutter sesuai keinginan mereka. Satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah masa uji coba gratis hanya 30 hari, setelah itu kamu harus membeli versi berbayar.

Link Download

 

2. ManyCam

Aplikasi Webcam Terbaik untuk PC atau Laptop ManyCam

ManyCam bukan hanya sekedar aplikasi webcam, sebagai gantinya, bisa disebut alat editing video lengkap, berkat banyaknya preset, filter dan efek yang tersedia untuk pengguna. Kamu dapat menambahkan sejumlah efek kecantikan seperti transisi, masker wajah, emoticon, dan latar belakang untuk merekam beberapa video yang benar-benar artistik. Selain itu, integrasi YouTube, mode Picture-in-Picture (PiP) dan layar hijau termasuk di antara rangkaian fitur lain yang ditawarkan ManyCam.

Kamu dapat memilih untuk merekam video dalam berbagai resolusi (240px, 480px, HD, FullHD, dll.) Dengan kecepatan gambar berkisar 5 sampai 60 FPS dalam berbagai format seperti MP4, MKV dan FLV juga beberapa format video lainnya. Kamu bahkan dapat menyesuaikan nilai bitrate audio (antara 96 sampai 192 kbps) dan juga menerapkan fitur penekanan suara yang bekerja dengan cukup baik. Berkat alat pengeditan dan pengaruhnya yang luas, ManyCam adalah pilihan yang sangat disarankan, baik untuk tutorial, aktivitas rekam layar atau live streaming.

Link Download

 

3. Debut Video Capture Software

Aplikasi Webcam Terbaik untuk PC atau Laptop Debut Video Capture Software

Tidak semua orang adalah penggemar filter dan efek mewah, dan terkadang kita menginginkan aplikasi tanpa tambahan yang tidak diperlukan. Untuk skenario seperti itu, Debut Video Capture adalah salah satu aplikasi webcam terbaik dimana tampilannya sangat tertata dengan rapi. Aplikasi ini juga memiliki editing video yang dengan pengaturan dasar seperti kontras, saturasi yang bisa disesuaikan dengan menggunakan slider, dan tiga filter video yaitu hitam putih, Sepia, dan Negatif. Dan kamu juga bisa menggunakan alat watermark untuk personalisasi kecil yang ingin kamu tambahkan ke video kamu.

Untuk aspek teknis, Debut Video Capture memberikan kontrol yang cukup luas kepada pengguna. Seseorang dapat merekam tangkapan layar dengan output yang dihasilkan berupa file gambar JPG dan PNG, sementara video dapat direkam dengan beragam format seperti AVI, MKV, FLV, dan WMV. Pengguna memiliki fleksibilitas untuk merekam aktivitas layar dalam tiga aspek rasio (4:3, 16:3, 11: 9,) dalam resolusi mulai dari 144px sampai HD, namun, frame rate tampaknya tetap pada 30FPS pada semua resolusi.

Link Download

 

4. Yawcam

Aplikasi Webcam Terbaik untuk PC atau Laptop Yawcam

Yawcam adalah aplikasi webcam lain yang kelebihanya terletak pada tampilan yang sederhana, namun kekurangan efek mewah dengan pendekatannya yang bersih dan lebih fokus ke inti alat kamera. Namun, aplikasi tidak sesederhana seperti yang terlihat, karena menawarkan beberapa fitur yang cukup bagus seperti konverter gambar ke film, overlay teks/ gambar dan fitur deteksi gerakan yang mendeteksi aktivitas apapun yang dilihat dari webcam dan mengirim email kepada pengguna untuk memberitahukan itu.

Untuk editing gambar, kamu tidak akan menemukan pengaturan seperti saturasi atau vibrancy, karena semua itu ditangani oleh Yawcam, dan yang harus kamu lakukan hanyalah memindahkan slider untuk menyesuaikan kualitas gambar dalam persentase. Kamu juga dapat memilih untuk menampilkan gambar sesuai keinginan kamu kepada pemirsa yang online saat kamu offline.

Link Download

 

5. Webcam Toy

Mendownload dan memasang aplikasi webcam terlalu merepotkan? Dalam kasus itu, Webcam Toy adalah pilihan terbaik bagi kamu. Jika semua yang kamu inginkan adalah mengambil foto yang cepat, tambahkan beberapa efek distorsi yang unik dan filter tanpa menunggu aplikasi webcam berjalan, langsung cek saja Webcam Toy.

Yang harus kamu lakukan adalah membuka situs web, pilih tombol “Ready? Smile!” Diikuti dengan mengklik tombol “Use my Camera” untuk memulai. Kamu dapat memilih dari lima preset (Mirror, Square, Countdown, Flash, Fullscreen) dan pilih dari beragam efek dari tombol disamping. Seseorang dapat memilih untuk menyimpan gambar yang diambil baik secara lokal (hanya format JPG) atau mengirimnya langsung ke platform media sosial seperti Facebook dan Twitter langsung dari situs web.

Link Download

 

6. Photo Booth Pro

Aplikasi Webcam Terbaik untuk PC atau Laptop Photo Booth Pro

Ketika berbicara tentang aplikasi webcam, kecepatan load yang lambat dan lag pada kamera adalah masalah umum, namun tidak untuk Photo Booth Pro. Aplikasi ini tidak hanya cepat, namun juga dilengkapi sejumlah efek cermin dan filter yang dapat diuji secara real time sebelum merekam video atau mengambil foto. Photo Booth menawarkan efek seperti efek cermin aksial, lensa distorsi, efek blur dan filter artistik untuk mengekspresikan kreativitas kamu. Dan ada juga fitur strip foto keren yang akan membiarkan kamu merekam empat gambar dengan filter berbeda dan mengaturnya di strip, yang tata letaknya bisa diatur.

Gambar disimpan dalam format JPG secara lokal dan juga dapat diupload ke cloud storage OneDrive. Selain itu, seseorang juga bisa mempostingnya di Facebook dan Twitter langsung dari Photo Booth Pro. Video direkam dalam format MP4 dalam dua aspek rasio yaitu 4:3 dan 16:9, namum resolusi dan frame rate ditetapkan masing-masing pada 640×360 dan 30FPS.

Link Download

 

7. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Aplikasi Webcam Terbaik untuk PC atau Laptop Apowersoft Free Online Screen Recorder

Jika tampilan yang dinamis dan peralatan yang banyak adalah apa yang kamu cari dalam aplikasi webcam, kamu tidak akan pernah salah dengan Apowersoft Free Online Screen Recorder. Menurut pendapat saya, aplikasi ini adalah pilihan ideal untuk mengambil gambar, merekam file audio dan merekam video. Layar awal aplikasi hanya berisi kontrol dasar, namun begitu kamu membuka menu pengaturan kamu akan menyadari bahwa penawaran Apowersoft memiliki semua alat dan opsi untuk memungkinkan kamu merekam aktivitas layar kamu dalam bentuk atau format mana apapun yang kamu suka.

Perekam Layar Online Apowersoft menyimpan gambar dalam berbagai format (PNG, JPG, BMP, dll.), Sementara video dapat direkam dengan nilai frame rate berkisar antara 5 sampai 60 FPS dalam beragam jenis file seperti AVI, MP4, WMV, dan FLV. Kamu bahkan memiliki pilihan untuk merekam file audio dalam berbagai format seperti MP3, AAC, FLAC dan juga bisa memilih dari berbagai codec sesuai keinginan kamu. Apowersoft juga menawarkan integrasi Google Drive dan Dropbox agar kamu dapat dengan cepat menyimpan file kamu di cloud, selain pilihan untuk membagikannya di YouTube dan Vimeo.

Link Download

 

8. IP Camera Viewer

Aplikasi Webcam Terbaik untuk PC atau Laptop IP Camera Viewer

Selain live streaming dan video chatting, Webcam juga dapat berperan aktif dalam pengawasan. Dan salah satu aplikasi terbaik yang sesuai untuk tugas tersebut di atas adalah IP Camera Viewer, aplikasi webcam yang akan memungkinkan kamu memantau dan melindungi rumah dan tempat kerja kamu melalui kamera IP. Aplikasi ini mendukung lebih dari 1800 model kamera IP yang berbeda dan memungkinkan pengguna untuk secara terpisah mengkonfigurasi dan menyesuaikan properti video seperti orientasi, frame rate, coverage area, dll dari masing-masing kamera IP yang telah mereka tambahkan pada jaringan.

Aplikasi ini bisa merekam video dalam tiga resolusi yaitu 360px, 480px, dan 720px, yang sifatnya (saturasi, kontras, ketajaman, dll.) dapat disesuaikan secara manual. Apalagi pengguna bisa melakukan zoom digital pada frame meski kamera IP mereka tidak memiliki fungsi zoom. Aplikasi ini dapat menambahkan hingga empat kamera sekaligus dan memungkinkan pengguna melihat feed video mereka secara bersamaan di satu layar.

Link Download

 

9. Camwiz Webcam Recorder

Aplikasi Webcam Terbaik untuk PC atau Laptop Camwiz Webcam Recorder

Camwiz Webcam Recorder adalah salah satu aplikasi webcam paling sederhana yang dapat ditemukan saat ini, namun satu-satunya kekurangannya adalah kenyataan bahwa aplikasi ini eksklusif untuk platform macOS, sehingga pengguna yang menggunakan Windows kurang beruntung. Camwiz memiliki tampilan yang sangat bersih dengan semua alat perekam inti yang ada di layar awal, berkat deretan tiga baris sederhana yang berisi toggle kamera, alat perekam dan pilihan pengaturan.

Pada menu pengaturan aplikasi terdapat beberapa fitur bagus seperti Motion Detection, Remote Webcam, dan Screen Cam capture dan beberapa fitur lainnya. Pengguna bisa menerapkan efek seperti stempel waktu, night vision dan tampilan flip pada video, yang direkam dalam resolusi mulai dari 240px sampai 1080px. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan Camwiz sebagai webcam virtual untuk aplikasi lain di perangkat macOS kamu.

Link Download

 

10. Windows Camera

Aplikasi Webcam Terbaik untuk PC atau Laptop Windows Camera

Meskipun tidak menjadi aplikasi pihak ketiga dengan banyak alat dan efek pengeditan, Windows Camera melakukan pekerjaan sebagai aplikasi webcam dengan efektif. Windows Camera mengusung tampilan yang sangat minimalis yang hanya memiliki alat perekam di layar awal.

Aplikasi webcam milik Microsoft dapat menangkap foto dalam dua aspek rasio yaitu 4:3 dan 16:9, dan dilengkapi dengan empat opsi grid frame yang mencakup crosshairs dan Golden Ratio. Video hanya bisa direkam pada frame rate 30FPS dalam tiga resolusi, yaitu 360px, HD dan Full HD. Kamu juga dapat memilih untuk mengambil burst shots dan mengaktifkan mode time lapse, yang akan memungkinkan kamu menangkap beberapa gambar berturut-turut sampai tombol kamera ditekan lagi.

Link Download

*************************

Itu semua pilihan kami untuk 10 aplikasi webcam terbaik yang bisa kamu download sekarang. Aplikasi yang kami sertakan dalam daftar telah kami pilih setelah penilaian mendalam tentang tampilan mereka, fleksibilitas dan kemudahan penggunaannya, belum lagi persyaratan yang berbeda dari pengguna yang beragam. Kami harap kamu bisa menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Apa pendapat kamu tentang daftar kami? Apakah kami melewatkan aplikasi webcam yang benar-benar berguna dan layak masuk dalam daftar? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah ini dan beritahu kami aplikasi webcam yang kamu install setelah membaca artikel ini.

2 Komentar
  1. yudi berkata:

    penjelasan yg singkat, simpel dam mudah di mengerti . trimz atas tutorialnya …
    recommeded yg mana nih …??

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.