SyncTrayzor ~ Aplikasi Klien Syncthing Gratis untuk Windows

Syncthing merupakan aplikasi sinkronisasi/ berbagi file peer-to-peer yang populer. Syncthing menggunakan tampilan web yang bisa sedikit membingungkan bagi pemula. disisi lain SyncTrayzor adalah aplikasi klien open source Syncthing yang membuat aplikasi P2P Syncthing lebih ramah pengguna.

Catatan: aplikasi ini menanyakan apakah kamu ingin mengizinkan pelaporan penggunaan anonim. Kamu dapat menonaktifkan pilihan ini, atau melihat pratinjau laporan dan memutuskan apakah tidak apa-apa. data yang dikirim tidak berisi data pengenal pribadi.

Paket installer aplikasi menyertakan SyncTrayzor Syncthing, jadi kamu tidak perlu mendownloadnya secara terpisah.

SyncTrayzor merekomendasikan kamu untuk mengatur nama pengguna (GUI Authentication User) dan kata sandi (GUI Authentication Password) untuk otentikasi. Untuk melakukan ini, klik pada menu “Actions” di sudut kanan atas, pilih “Settings“, beralih ke tab GUI dan atur nama pengguna juga kata sandi kamu. Kamu mungkin ingin mengubah pilihan penggunaan “HTTPS for GUI“. Tekan tombol “save” untuk menyimpan pengaturan kamu. Restart aplikasi agar semua pengaturan baru bisa berjalan.

SyncTrayzor Aplikasi Klien Syncthing Gratis untuk Windows SS1

Tampilan utama aplikasi menampilkan nama komputer kamu di bagian atas jendela, dan juga di sisi kanan layar di bawah bagian “This Device“. Tampilan SyncTrayzor mirip seperti browser file. Bagian Folder di sebelah kiri mencantumkan semua folder yang telah diatur untuk sinkronisasi, sedangkan bagian “This Device” di sisi kanan layar menampilkan beberapa informasi tentang komputer kamu.

Klik pada Default Folder untuk memperluas tampilan, kamu akan melihat daftar yang mungkin tidak masuk akal untuk saat ini. Itu karena kamu belum menandai apa pun untuk sinkronisasi. Klik tombol “+ Add Folder” dan sebuah jendela akan muncul.

Tetapkan nama ke direktori menggunakan kotak “Folder Label“. Folder ID dapat diabaikan/ tidak diisi. pilihan ketiga, “Folder Path” akan mengambil nama yang kamu pilih pada Folder Label. Synctrayzor menyimpan folder tersebut di direktori USERS kamu.

SyncTrayzor Aplikasi Klien Syncthing Gratis untuk Windows SS2

Kamu dapat mengatur dalam Sharing, Pembuatan Versi File, Pola Pengabaian sesuai kebutuhan. Jika kamu hanya ingin menggunakan Synctrayzor untuk tugas sinkronisasi file yang mendasar, kamu dapat mengabaikan pengaturan-pengaturan tersebut.

Namun, ada satu pengaturan yang mungkin ingin kamu sesuaikan. Beralih ke tab Advanced dan klik menu Folder Type. Hal ini memungkinkan kamu mengatur perilaku sinkronisasi folder, yaitu apakah folder tersebut harus mengirim dan menerima file, atau hanya melakukan salah satu dari dua hal tersebut.

Setiap folder yang kamu tambahkan ke SyncTrayzor memiliki pengaturannya sendiri, yang merupakan hal yang menyenangkan.

Sekarang folder kita siap untuk dibagikan, kamu dapat menambahkan beberapa konten ke dalamnya. misalnya foto, musik, dokumen, dll. Semua data di dalam folder akan disinkronkan, termasuk sub-folder.

Selanjutnya, kamu perlu menambahkan perangkat jarak jauh yang ingin kamu bagikan datanya. Kamu dapat terhubung ke komputer lain atau handphone.

Untuk melakukan ini, kamu perlu mengetahui ID perangkat, klik pada menu “Action” dan pilih Show ID. Synctrayzor akan menampilkan kode alfanumerik panjang, dan kode QR di bawahnya. Kamu dapat copy konten alfanumerik di perangkat lain atau memindai kode QR dengan handphone kamu.

SyncTrayzor Aplikasi Klien Syncthing Gratis untuk Windows SS3

Dalam contoh ini, saya akan menggunakan aplikasi resmi SyncThing Android. Ketuk tombol “+” di pojok kanan atas aplikasi dan pilih “Add Device“.

Catatan: kamu memerlukan aplikasi barcode scanner untuk memindai kode QR.

Pindai kode dan beri nama perangkat yang ingin dihubungkan, yang dalam hal ini adalah komputer klien. Ketuk tanda centang di sudut kanan atas untuk menyimpan pengaturan.

SyncTrayzor Aplikasi Klien Syncthing Gratis untuk Windows SS5

Setelah kamu melakukannya, kamu akan melihat pemberitahuan muncul di Synctrayzor. Pemberitahuan ini menampilkan ID perangkat jarak jauh dan mengatakan bahwa perangkat ingin terhubung, dan menanyakan apakah kamu ingin menambahkan perangkat atau mengabaikannya.

SyncTrayzor Aplikasi Klien Syncthing Gratis untuk Windows SS4

Klik pada tombol “add device“, dan kamu dapat menamai perangkat lain yang ingin terhubung, dan menyimpannya. Perangkat lain yang ingin terhubung akan terdaftar di layar SyncTrayzor dan statusnya akan ditampilkan sebagai “Connected“. Selanjutnya, klik tombol Edit dan buka tab Sharing. Pilih folder yang ingin kamu sinkronkan dan tekan Save.

Kamu akan mendapatkan pemberitahuan di perangkat jarak jauh (dalam contoh ini handphone) kamu tentang folder yang di sharing. Aplikasi Android menampilkan ini dalam menu “Web GUI” yang dapat diakses dari panel menu samping.

Jika perangkat kamu tidak disinkronkan, periksa setelan folder untuk melihat apakah sudah disetel ke “Ignore Permissions“.

Konsol Syncthing ditampilkan di bagian bawah tampilan SyncTrayzor, menyimpan semua catatan aktifitas dari semua peristiwa yang telah direkam.

Penutup

SyncTrayzor secara resmi diakui dan direkomendasikan oleh Syncthing. Versi portabel dari aplikasi ini tersedia di halaman GitHub.

Link Download SyncTrayzor

Link Download Syncthing Android