neoSearch – Mesin Pencari File Gratis untuk Windows

Menemukan file menggunakan “Windows Search” bisa melelahkan jika kamu memiliki banyak data, terutama jika terletak di folder yang tidak diindeks. Inilah sebabnya mengapa banyak pengguna mengandalkan solusi yang lebih efisien seperti aplikasi Everything search engine, WizFile, atau FileSearchy. Jika karena alasan tertentu kamu menginginkan alternatif lainnya, ada banyak aplikasi sejenis tersedia seperti NeoSearch. NeoSearch bukanlah aplikasi portabel. Installer berukuran lebih dari 1MB, dan secara otomatis mendeteksi arsitektur bit komputer kamu.

neoSearch - Mesin Pencari File Gratis untuk Windows

Catatan: Aplikasi ini memperingatkan kamu bahwa NeoSearch mengumpulkan data anonim selama penginstalan. pada disclaimer menyebutkan sebuah contoh, seperti menentukan apakah pengembang perlu mendukung bahasa tambahan. Beberapa pengguna mungkin menghentikan proses instalasi saat itu juga, karena tidak jelas data apa yang dikumpulkan.

Saat kamu menginstal neoSearch, tiga jendela akan terbuka: file bantuan, tampilan utama, dan pilihan pengindeksan. Kamu akan menyesuaikan cara kerja aplikasi dari options, sehingga kamu dapat menutup tampilan utama dan konten bantuan. Aplikasi berjalan di latar belakang dari system tray, kamu dapat mengklik dua kali pada ikon atau menggunakan hotkey Win+N untuk membuka tampilan utama. Kamu juga dapat menggunakan Alt+F3, tetapi karena alasan tertentu ada penundaan dalam memanggil aplikasi dengan cara ini. Saya tidak dapat menemukan cara untuk mengubah pintasan keyboard, meskipun file bantuan menyarankan bahwa ada caranya.

Tampilan aplikasi cukup bersih dan memiliki bilah menu di pojok kanan atas dan bilah pencarian di bagian bawah. Ketik nama file yang ingin kamu temukan di bilah pencarian, kamu akan melihat hasilnya muncul di area utama jendela saat kamu mengetik. Kamu juga dapat memasukkan path direktori untuk mencari file di dalam folder tertentu. Misalnya C: \ Users \ USERNAME \ GoogleDrive \. Metode pencarian ini disebut Super Navigation, dan tidak memerlukan pengindeksan.

Klik pada hasil untuk membuka folder atau file. Pencarian default hanya menampilkan hasil teratas, tekan tombol Enter dan antarmuka beralih ke tampilan berbeda yang menampilkan semua hasil. Hasil ini mencakup nama file/ folder, tanggal yang diubah, ukuran file, dan full path. NeoSearch tidak mengindeks semua drive secara default, tetapi kamu dapat mengaturnya.

Kembali ke layar utama aplikasi, dan klik pada menu pilihan. Pilih tab Include, dan tambahkan drive yang ingin kamu gunakan menggunakan tombol “browse” diikuti dengan mengklik tombol “Include“. Untuk melihat daftar folder / drive yang disertakan, klik pada pilihan “Edit Paths“, ini akan membuka dokumen teks yang berisi direktori yang ditambahkan.

Kamu juga dapat mengecualikan folder tertentu dari pencarian. Secara default, aplikasi tidak mengindeks folder sistem. Buka tab Indeks untuk mengatur perilaku pengindeksan otomatis, neoSearch dapat diatur untuk memindai file harian, mingguan, dua mingguan, dan bulanan. neoSearch juga mendukung pengindeksan manual, untuk menggunakannya klik pada Index option di layar utama, atau tombol re-index dari jendela pilihan atau menu Start Indexing option. Proses pengindeksan agak lambat, progress bar ditampilkan di dekat system tray untuk menunjukkan status pemindaian. Kamu dapat melihat ringkasan database di tab indeks.

NeoSearch memiliki pengaturan yang tidak biasa di jendela Options, ada tombol uninstall yang dapat kamu klik untuk menghapus aplikasi dari komputer kamu. Tab Basics menampung beberapa pilihan lainnya. Kamu dapat mengatur aplikasi agar berjalan secara otomatis saat Windows dimulai, beralih ke pemindaian tag ID3 untuk file MP3, dan metode pengindeksan yang lebih lambat.

Mesin pencari memiliki sumber daya yang ringan, peningkatan penggunaan CPU terjadi ketika kamu mencari konten tetapi kembali ke kondisi penggunaan minimal segera. Karena aplikasi tidak memindai file secara terus menerus, ini seharusnya tidak menjadi masalah yang terlalu besar.

“Slower indexing method” menggunakan sekitar 5% dari CPU, dan kurang dari 15MB RAM, tetapi proses pemindaian secara signifikan lebih lambat yang diselesaikan sekitar 5 menit, dibandingkan dengan proses pengindeksan default.

Penutup

Jika kamu tidak menginginkan semua notifikasi, saya pikir neoSearch adalah alternatif yang ramping dan ramah pengguna untuk pengguna yang tidak keberatan dengan pengumpulan data anonim dan kecepatan yang lebih lambat.

Link Download