Translate Video Youtube Otomatis ke Bahasa Indonesia

Translate Video Youtube Otomatis ke Bahasa Indonesia - img 3

Youtube merupakan mesin pencari video terbesar di dunia. Youtube menjadi platform yang menyediakan miliaran video yang bisa kita tonton kapan saja dan di mana saja. Youtube juga menyediakan subtitle otomatis sehingga kita bisa lebih mudah memahami konten videonya.

Youtube juga memiliki beberapa kategori video yang bisa kita temukan di halaman utama. Mesin pencari ini juga akan menampilkan rekomendasi video sesuai dengan konten yang sering kita cari. Youtube juga memiliki beberapa kategori video yang memiliki subtitle dengan dukungan banyak bahasa.

Subtitle otomatis akan dibuat berdasarkan bahasa yang digunakan oleh pembicara dalam video. Misal pembicara video tersebut menggunakan bahasa Inggris maka subtitle video juga menggunakan bahasa inggris. Namun jika kamu tidak mengerti bahasa yang digunakan (misal bahasa jerman, jepang, dll), maka subtitle video menjadi tidak berguna.

Untuk mengatasinya, Youtube menyediakan opsi terjemahan otomatis yang dapat kita gunakan di tampilan video Youtube. Youtube akan secara otomatis menerjemahkan dan menyinkronkan subtitle sesuai dengan video. Pada artikel ini, kami akan membagikan cara menerjemahkan subtitle video secara otomatis di Youtube.

Langkah-langkah untuk Menerjemahkan Teks Video Youtube

1. Buka video berbahasa asing yang ingin kita lihat. Pilih video dan tonton.

2. Klik icon CC untuk menampilkan subtitle dan klik ikon Pengaturan (icon roda gigi/ gir). Pada video yang saya contohkan, pembuat video tidak menyediakan subtitle sendiri, jadi Youtube membuat subtitle sesuai dengan bahasa pembicara.

Translate Video Youtube Otomatis ke Bahasa Indonesia - img 1

 

3. Klik Subtitles/CC dan temukan bahasa Indonesia.

Jika kamu tidak melihatnya, jangan khawatir. Kamu dapat mengatur agar YouTube menerjemahkan ke bahasa Indonesia secara otomatis.

4. Klik pada “Auto-translate” dan pilih bahasa kamu. Jika terjemahan otomatis tidak dapat di-klik, periksa terlebih dahulu bahasa terjemahan yang tersedia (apa saja) dan coba lagi.

Translate Video Youtube Otomatis ke Bahasa Indonesia - img 2Translate Video Youtube Otomatis ke Bahasa Indonesia - img 3

Catatan: Terjemahan Otomatis dilakukan oleh Google Translate, jadi hasil terjemahannya tidak selalu sempurna karena berasal dari penerjemah otomatis. Beberapa percakapan dan pesan yang terkandung dalam video mungkin tidak tersampaikan. Namun hal ini lebih baik daripada tidak sama sekali, setidaknya kita bisa memahami percakapan dalam video secara umum.

Jika kamu ingin membantu orang lain agar video bisa menggunakan bahasa asli kamu, maka kamu dapat berkontribusi dengan terjemahan kamu sendiri atau mengedit terjemahan otomatis.

Kontribusi Terjemahan Teks di Youtube

  • Buka video YouTube
  • Klik klik ikon Pengaturan (icon roda gigi/ gir) >> Subtitles/CC >> Add Subtitles/CC
  • Kamu dapat memilih untuk menerjemahkan Judul & deskripsi atau Subtitle/CC
  • Pilih bahasa pada pilihan “Select Language” dan klik bahasa yang akan kamu gunakan
  • Masukkan terjemahan untuk setiap kalimat, setelah selesai klik “Submit contribution“.

Begitulah cara menerjemahkan subtitle video secara otomatis di Youtube. Semoga berhasil.