10 Web Hosting Control Panel Gratis Alternatif Cpanel

Ketika kita berbicara tentang C-panel, sangatlah penting untuk mengetahui apa yang C-panel bisa lakukan. Kita biasa menggunakan kontrol panel di PC atau Laptop untuk mengelola aplikasi dan banyak hal lainnya, sedangkan penggunaan C-panel untuk mengelola website atau server.

Web hosting control panel biasanya disediakan oleh banyak penyedia hosting. Tapi untuk bisa menggunakan web hosting control panel biasanya kamu harus membayar. Pada artikel ini kami akan memberitahu kamu alternatif cpanel atau web hosting control panel gratis seperti Cpanel untuk mengelola server dengan mudah. Jadi mari kita lihat satu per satu.

10 Web Hosting Control Panel Gratis Alternatif Cpanel

Web hosting control panel gratis alternatif Cpanel

1. Froxlor

Froxlor merupakan software open source alternatif cpanel yang sangat populer dan sederhana. Froxlor merupakan software open source berarti kamu dapat men-download atau memodifikasi sesuai yang kamu butuhkan. Dengan bantuan Froxlor dapat mengelola shared hosting, VPS dan Dedicated Server. Froxlor juga menawarkan fitur yang sama seperti Cpanel. Fitur Froxlor antara lain Advance SSL, true multi-stack, Php-configuration, Trafficcalculation dan banyak lagi lainnya.

 

2. ZPanel

ZPanel adalah software open source alternatif terbaik lainnya pada daftar ini. ZPanel merupakan software open source sehingga bebas untuk di-download dan panel web hosting yang mudah digunakan untuk Windows, Linux, Unix, dan juga Mac. Fitur inti ZPanel antara lain Apache Web-Server, hMailServer, FileZilla Server, MySQL, dan banyak lagi lainya.

 

3. VestaCP

VestaCp merupakan software open source. Sangat mudah untuk menginstal VestaCP. Sekarang VestaCP mendukung RHEL/CentOS 7-6, Ubuntu 15.10-12.04 and Debian 8-7. VestaCP menawarkan beberapa fitur yang tidak dimiliki web hosting control panel lainya. Fitur dari VestaCP antara lain Web Server, DNS server, Database Server, Mail Server, FTP Server, dll.

 

4. Webuzo

Webuzo dapat diinstal dengan mudah pada server virtual. WKamu juga dapat membuat template Webuzo kamu sendiri untuk berjalan di lingkungan yang kamu inginkan. Webuzo dapat digunakan pada Windows, Mac atau Linux. Webuzo dapat dijalankan pada VMware, VirtualBox, Parallels Desktop, dll. Webuzo memungkinkan kamu untuk menjalankan aplikasi web tanpa benar-benar menginstal pada komputer kamu.

Kamu dapat menggunakan AWebuzo untuk menjalankan Stack untuk PHP, Java, MySQL dll. Webuzo merupakan “Single User Control Panel”. Webuzo memiliki GUI yang user-friendly dimana memungkinkan kamu untuk deploy aplikasi favorit kamu pada Cloud. Webuzo berfungsi sebagai solusi lengkap untuk manajemen server.

 

5. Ajenti CP

Ajenti merupakan software control panel open source kaya fitur dan ringan yang menyediakan antarmuka web untuk mengelola shared dan dedicated server. Ajenti CP juga menawarkan plugin untuk pengelolaan server.

 

6. Kloxo CP

Kloxo juga merupakan software open source yang tersedia untuk Red hat dan CentOS dan Linux. Kloxo CP membantu pengguna untuk mengelola dan menjalankan kombinasi Apache dengan BIND tanpa harus kehilangan data. Kloxo CP menawarkan fungsi penuh klien seperti mengaktifkan frontpage, ssl, server pool, pool Mail server, pool Dns Server, Database Server pool dan banyak lainnya juga backup dari semua data dan email merupakan fitur yang didukung Kloxo CP.

 

7. ISPConfig 3 CP

ISPConfig 3 merupakan kontrol panel open source untuk linux untuk mengelola lebih dari satu server dengan satu panel kontrol. ISPConfig 3 CP menawarkan fitur Admin, Re-seller, Klien, Control Panel Pengguna digunakan untuk penggunaan yang berbeda.

 

8. BlueOnyx CP

BlueOnyx juga merupakan software open source berbasis linux, Cent OS 5,8-6,3. Hadir dengan server DNS sehingga tidak perlu menginstal bind. BlueOnyx hadir dengan dukungan manajemen reseller, Java Servlet Pages, integrasi statistik email, migrasi email, manajemen SSH key/cert, phpMyAdmin untuk kamu dan klien webhosting kamu juga secara otomatis membuat database MySQL.

 

9. Webmin CP

Webmin didasarkan pada aplikasi berbasis web untuk Unix. Kamu dapat menggunakan browser untuk membuat akun, DNS, file server dan hal lainnya. Versi terbaru Webmin CP memiliki dukungan untuk menginstal pada Windows juga terdapat beberapa fitur baru yang ditambahkan seperti lebih bahasa, sertifikat SSL, MySQL 5.7. Webmin memiliki daftar lengkap plugin, addons dan fitur yang disediakan oleh webmin.

 

10. EHCP

Easy Hosting Control Panel atau EHCP merupakan software server hosting berbasis web untuk mengelola database MySQL, akun email, akun FTP, akun domain dan hal-hal lain.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.