18 Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik

Berikut ini adalah daftar aplikasi online gratis terbaik berbasis website untuk manajemen properti. Direkomendasikan terutama bagi Anda para pemilik properti / rumah / villa / kos-kosan / kontrakan/ rental hingga pemilik tenant untuk usaha. Tidak perlu lagi repot-repot membuat dokumen fisik, sekaligus tidak perlu khawatir lagi mengenai manajemen properti, sewa, dan kontrak. Anda dapat menggunakan aplikasi berikut untuk banyak hal, misalnya untuk menagih penyewa.

1. TenantCloud

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik TenantCloud

Favorit DSG ini. TenantCloud adalah layanan cloud gratis untuk manajemen properti online. Para (calon) penyewa dapat membagikan profilnya pada para pemilik properti untuk diseleksi lebih lanjut. Pemilik properti dapat menggunakan banyak sekali fitur pada aplikasi ini, meliputi: 75 unit gratis, website pemasaran gratis, dll. TenantCloud juga memiliki aplikasi iPhone sehingga penggunanya dapat mengakses TenantCloud dari mana saja.

Aplikasi ini memiliki 3 portal berbeda untuk pemilik, penyewa, dan penyedia jasa profesional. Sebagai contoh, apabila seorang penyewa submit permintaan perbaikan, pemilik dapat memperbaikinya sendiri atau menyerahkannya pada tukang servis yang juga terdaftar di situs. Pemilik properti dapat memasang biaya yang akan dibayarkan untuk pekerjaan perbaikan, dan kemudian tukang servis profesional akan meresponnya, apabila cocok, maka perbaikan bisa mulai dilakukan. Semua portal memiliki keunggulan masing-masing:

Pemilik properti

  • Manajemen properti dan portfolio
  • Menyewakan lebih dari satu properti serta manajemen terhadap unit yang dimiliki
  • Koleksi persewaan online
  • Mengiklankan informasi persewaan
  • Berkomunikasi dengan (calon) penyewa, dll.

Penyewa

  • Menemukan tempat tinggal/properti baru
  • Mengelola permintaan perbaikan
  • Pembayaran sewa secara online
  • Komunikasi dengan pemilik properti
  • Support secara online, dll.

Profesional

  • Memasarkan dan mengembangkan bisnis jasa yang dimiliki
  • Mendapatkan pelanggan
  • Memasang harga bervariasi tergantung oleh layanan yang diminta
  • Memiliki rating dan review sebagai bekal kepercayaan
  • Notifikasi via email, dll.

 

2. TrueRent

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik TrueRent

TrueRent merupakan salah satu aplikasi manajemen properti gratis terbaik bagi para pemilik properti dan manajer properti. Portal penyewa dapat digunakan oleh penyewa untuk submit permintaan perbaikan, bayar sewa, dll. Pemilik properti juga dapat menggunakan portal penyewa untuk menyampaikan pengumuman, mengirimkan pesan ke penyewa, dll. Portal pemilik menyediakan sebuah medium untuk komunikasi antara pemilik properti dan manajer properti.

Anda dapat menggunakan portal pemilik untuk berkomunikasi, bertransaksi, dan bertukar informasi seputar properti. Sistem pelaporannya menawarkan Anda sebuah dasbor real-time dari semua transaksi seperti penyewaan, pengeluaran, cash flow, dll. yang menjamin akuntabilitas yang akurat. Anda juga dapat meminta laporan dari semua transaksi dengan cara memilih rentang tanggal dan properti. Beberapa fitur unggulannya:

  • Menjaga semua properti terorganisir, mencegah pengurangan yang tidak relevan, mengamankan data, dll.
  • Akan merekam dan menganalisis performa finansial dari portfolio properti.
  • Akan secara otomatis mengirim pemberitahuan ketika masa sewa hampir habis, sudah jatuh tempo membayar sewa, atau penyewa mana yang menunggak pembayaran.

Ada juga fitur unggulan lain seperti alert system, online tenant application yang bisa diproses dalam jumlah banyak untuk satu waktu, transaction recording, online rent collection, detailed report, dll.

TrueRent gratis digunakan untuk hingga 50 unit, dan kalau mau lebih, dikenakan biaya $1 per unitnya. Pemilik properti atau manajer dapat menggunakan sistem ACH Quick Pay untuk mendapatkan setoran sewa dari penyewa secara cepat, tapi bakal memerlukan setup fee.

 

3. PendoRent

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik PendoRent

Pemilik properti dapat menggunakan PendoRent untuk senantiasa mengetahui perkembangan properti dalam hal penyewa-nya dan secara finansial. Aplikasi ini gratis dan tidak ada batasan unit yang bisa ditambahkan. Untuk setiap unitnya, Anda bisa melihat info-info seperti info penyewa, pemberitahuan dan pengingat, transaksi, catatan, dll. Pemilik properti juga dapat mengiklankan detail unitnya yang tersedia untuk disewakan kemudian dibagikan ke Facebook, Twitter, dll.

Pemilik properti dapat dengan mudah mengelola properti dengan dasbor live. Dasbor menyediakan fungsi yang beragam, meliputi statistik transaksi finansial, isu terkait penyewa, penyimpanan dokumen, buku alamat, dll. Terdapat tab “Cashboard” yang menampilkan semua statistik finansial dari portfolio sang pemilik properti. Pemilik dapat mengatur pemberitahuan dan pengingat untuk sewaan, jatuh tempo atau perbaharuan kontrak, perbaikan dan perawatan berkala, pembayaran pajak, dll. Pemilik dapat merekam semua informasi penyewa-penyewa yang menyewa satu unit, meliputi data pribadi penyewa, perjanjian kontrak, serta rekam jejak notifikasi dan pembayaran. Semua ini selain lewat website, bisa juga dilakukan lewat aplikasi iPhone PendoRent.

 

4. SmartPropertyManager

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik SmartPropertyManager

SmartPropertyManager memungkinkan pemilik properti untuk mengelola semua propertinya dengan fungsi-fungsi:

  • Dasbor awal akan menampilkan portfolio dan performa serta fungsi lain seperti perjanjian, sewa yang harus segera dibayar, dll.
  • Pemilik dapat membuat banyak portfolio, unit dan sub-unit properti yang dapat digunakan untuk rekam jejak nilai dan statistik properti.
  • Mencatat lebih dari satu detail penyewa meliputi besaran biaya sewa dll.
  • Mencatat pendapatan dari sewa dan pengeluaran untuk tiap properti.
  • Menghitung pajak semua properti dan membuat sebuah pembukuan.
  • Ekspor data, laporan, tagihan sewa, dan kuitansi pembayaran sewa ke format Excel.
  • Dokumen dan borang persewaan dapat dibuat dalam format PDF dan DOC.
  • Tab “Organizer” dan “Admin” dapat digunakan untuk mengelola informasi penyewa secara umum dan event properti lain.

Versi Personal dari aplikasi ini sifatnya gratis, dan memiliki batasan maksimum 1 pengguna, 10 unit properti, dan 3 pemilik properti.

 

5. UnitConnect

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik UnitConnect

UnitConnect merupakan aplikasi manajemen properti untuk kepentingan komersil para pemilik properti dan manajer properti. Jumlah pengguna yang diperbolehkan mengelola properti tidak terbatas. Anda dapat mengunggah dokumen, oleh UnitConnect disediakan kapasitas penyimpanan tidak terbatas. Selain itu, terdapat opsi untuk migrasi dan proteksi data.

Pemilik properti atau manajer properti difasilitasi customer support 24 jam via email atau telepon. Penyewa dapat mengelola akunnya sendiri apabila diperbolehkan oleh pemilik. Anda juga dapat mengakses aplikasi ini via iPad atau smartphone. Pemilik properti dapat menghitung pendapatan dan pengeluaran untuk tiap properti dan meminta laporan lengkap. Versi gratisannya memfasilitasi hingga 5 penyewa per properti.

 

6. Cozy

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik Cozy

Cozy merupakan aplikasi online gratis manajemen properti end-to-end untuk para penyewa dan pemilik properti. Baik pemilik maupun penyewa dapat mengelola pembayaran secara online, aplikasi sewa dan persetujuan, dll. Pemilik properti dapat menambahkan jumlah penyewa dan roommates nya dalam jumlah yang tidak dibatasi, serta menerima atau menolak permintaan sewa. Penyewa dapat membuat sebuah profil dengan semua informasi dan membagikannya ke pemilik berbeda. Cozy menyediakan fitur esensial baik untuk penyewa maupun pemilik:

Untuk Penyewa

  • Membayar sewa (termasuk biaya roommate) dengan mudah.
  • Membuat profil untuk dibagikan pada pemilik properti.
  • Permintaan sewa yang dapat digunakan kembali, dll.

Untuk Pemilik

  • Tool untuk skrining.
  • Customer support 24/7.
  • Dapat menggunakan multi-akun untuk koleksi persewaan properti, dll.

 

7. 123Landlord

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik 123Landlord

123Landlord.com adalah aplikasi manajemen properti berbasis website untuk para pemilik properti. Anda dapat dengan mudah mengelola semua properti dan informasi terkait penyewa. Versi gratisnya dapat digunakan untuk 1 pengguna, 2 penyewa, 2 properti, dan jumlah bangunan tidak terbatas. Aplikasi ini memberi akses terhadap banyak opsi seperti akuntansi penyewa & properti, work order, modul borang dan surat, dll. Aplikasi ini mendukung multi pemilik sehingga Anda dapat menyimpan portfolio dan laporan berbeda secara terpisah.

Pemilik properti bisa mendapatkan laporan penuh terhadap bangunan, properti, dan basis data penyewa. Laporan akhir dapat diekspor ke format file DOC, PDF, atau XML. Anda akan mendapatkan technical support via telepon atau email, gratis. Adapun fitur gratis lainnya meliputi:

  • Pencatatan jatuh tempo sewa dan kadaluarsa peminjaman.
  • Mengumpulkan laporan pendapatan dan pengeluaran.
  • Sistem pemberitahuan.
  • Pencatatan ketika properti kosong, dll.

 

8. RentecDirect

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik RentecDirect

RentecDirect versi gratis (Rentec Basic) mendukung hingga 10 data penyewa, 10 properti, dan penyimpanan data hingga 100MB. Anda dapat melihat info pendapatan dan pengeluaran untuk tiap properti dengan mudah dan akurat. Sistem navigasinya berbasis tab-tab yang dapat diganti untuk tiap-tiap manajemen properti dan penyewa. Aplikasi ini dapat membantu pemilik properti untuk skrining penyewa secara real-time, seperti informasi latar belakang keuangan atau latar belakang kriminal. Berikut adalah fitur Rentec Basic yang lain:

  • Automatic Recurring Transactions.
  • Mengingatkan penyewa tentang tagihan secara otomatis.
  • Laporan mendetail.
  • Penyimpanan dokumen online, dll.

Anda dapat melakukan upgrade ke versi Rentec Pro atau Rentec PM untuk mendapatkan fitur lain seperti notifikasi sms, pengajuan sewa online, dll.

 

9. RentTracker Cloud

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik RentTracker Cloud

RentTracker Cloud merupakan aplikasi manajemen properti berbasis web untuk para pemilik properti dan manajer properti untuk mengelola properti kelas kecil hingga menengah. Pemilik dapat mengorganisir informasi properti dan penyewa, memasukkan pembayaran sewa, memasukkan pengeluaran properti, dan mengekspor atau menampilkan laporan finansial. Pemilik properti juga dapat melihat rekam jejak jatuh tempo sewa, kadaluarsa sewa, dll. Aplikasi Android dan iOS juga tersedia.

Versi gratisan aplikasi ini memungkinkan Anda menambahkan hingga 3 informasi penyewa per properti. Beberapa fitur-fitur lain meliputi:

  • Sistem pemberitahuan dan reminder.
  • Manajemen kontak.
  • Manajemen persewaan dan kontrak.
  • Manajemen pemeliharaan dan vendor, dll.

 

10. Simplifyem

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik Simplifyem

Simplifyem merupakan aplikasi online manajemen properti yang gratis dan mudah digunakan. Diperuntukkan bagi para pemilik properti atau manajer properti sehingga dapat mengelola propertinya dan menyimpan informasi detail mengenai penyewa dan kontraknya. Aplikasi ini disertai dengan banyak tool manajemen dan akuntansi seperti backup data, pemetaan properti, laporan keuntungan-kerugian, manajemen vendor, dll. Fitur lainnya meliputi skrining penyewa, monitoring asuransi, pembuatan tagihan, pengiriman pemberitahuan, dll.

Versi gratisnya akan menyediakan fasilitas untuk mengelola satu unit dan entitasnya:

  • Tracking pendapatan dan pengeluaran.
  • Pelaporan detail.
  • Manajemen informasi penyewa.
  • Manajemen vendor, dll.

 

11. SmartHousing

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik SmartHousing

SmartHousing merupakan aplikasi manajemen properti gratis berbasis cloud. Beberapa opsi pada aplikasi ini ialah skrining penyewa, koleksi sewaan, pengajuan permohonan sewa, serta akuntansi pendapatan dan pengeluaran. Aplikasi akan secara otomatis menjalankan tugasnya sebagai manajer properti, seperti mengiklankan properti yang lowong, pemberian denda kepada tagihan sewa yang menunggak, cek latar belakang penyewa, dll. Pemilik dapat mengirimkan pemberitahuan kepada penyewa untuk membayar sewa.

Penyewa dapat mengirim pengajuan penyewaan secara online langsung ke pemilik properti dengan memanfaatkan tanda tangan elektronik. Semua dokumen penyewa dan properti tersimpan pada cloud untuk akses cepat. Pemilik dapat dengan mudah mengatur reminder untuk mengumpulkan biaya sewa dari para penyewa, pemeliharaan, perbaikan rutin, dll. Adapun beberapa fitur lain yang layak disebutkan ialah manajemen file penyewa secara online serta manajemen pajak dan asuransi.

 

12. AIMS

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik AIMS

AIMS merupakan alternatif aplikasi manajemen properti lain untuk pemilik tanah/properti, pemilik apartemen, dan manajer properti. Aplikasi memiliki dasbor yang menampilkan tagihan sewa, pengeluaran, jatuh tempo, unit mana yang lowong, perbaikan rutin, dll. Anda dapat menambahkan beberapa rekening bank terpisah untuk properti atau pemilik berbeda, melacak permasalahan yang ada pada penyewa, menambahkan vendor, dll.

Lakukan generate laporan mendetail dari tiap unit, properti, atau pembayaran dari penyewa dan kemudian mengekspornya. Pemilik properti dapat menyimpan dan mengelola basis data penyewa, vendor, dan informasi properti. Anda dapat menggunakan versi gratis aplikasi ini dengan batasan maksimal 10 unit, 1 pengguna, 1 properti/bangunan, 81 laporan, dan jumlah pemilik tidak terbatas. Berikut ini beberapa fitur AIMS Free:

  • Merekam pendapatan dan pengeluaran.
  • Mengekspor laporan mendetail.
  • Merekam perjanjian kontrak dan persewaan.
  • Perijinan hewan peliharaan, manajemen kendaraan, dll.

 

13. Network4Rental

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik Network4Rental

Network4Rentals merupakan aplikasi manajemen properti online gratis untuk pemilik dan manajer properti serta penyewa. Seorang pemilik properti dapat mengelola permintaan sewa dari para penyewa, berkomunikasi dengan penyewa, mengiklankan unit yang disewakan, dll. Aplikasi akan meningkatkan komunikasi antara pemilik properti, manajer properti, dan penyewa. Aplikasi ini juga menyediakan laman web gratis untuk pemilik properti yang akan menampilkan unit yang tersedia untuk disewakan.

Penyewa dapat mengirimkan permintaan untuk perbaikan atau pemeliharaan berkala, disertai dengan menambahkan foto terkait isu tersebut. Network4Rental merupakan aplikasi berbasis cloud yang komplit dan mudah digunakan. Berikut beberapa fitur lain untuk para pemilik properti dan penyewa:

Untuk pemilik properti

  • Hubungi penyewa kapan saja.
  • Gratis mengiklankan unit yang lowong.
  • Menyetujui atau menolak permintaan servis.
  • Pencatatan yang mendetail, dll.

Untuk penyewa

  • Kemampuan untuk submit permintaan servis dengan menyertakan foto pendukung.
  • Komunikasi yang lebih baik dengan pemilik properti.
  • Konfirmasi tanda terima dari pemilik properti.
  • Akuntabilitas terjamin, dll.

 

14. Tenansee

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik Tenansee

Tenansee merupakan aplikasi manajemen properti lainnya di mana cara kerja utamanya adalah mengumpulkan beberapa properti dalam satu tempat dengan cara membuat sebuah portfolio. Aplikasi ini menyediakan notifikasi instan untuk tiap transaksi baik kepada pemilik maupun penyewa. Pemilik dapat memberikan akses kepada penasihat untuk melakukan kolaborasi terhadap permasalahan properti. Pemilik juga dapat melacak informasi penyewa terkait tagihan sewa, jatuh tempo, dll. Notifikasi otomatis akan diberikan kepada penyewa untuk menghindari tunggakan sewa, work order, dll. Tenansee tersedia dalam dua versi dengan fitur berbeda:

Versi Gratis

  • Track detail properti dan pemilik properti.
  • Menyediakan kalkulator pinjaman.
  • Pelaporan properti mendetail, dll.

Versi Berbayar:

  • Mutasi rekening bank real-time.
  • Pelaporan pendapatan dan pengeluaran.
  • Koleksi properti online (portfolio).
  • Tracking detail peminjaman, dll.

 

15. Rentbook

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik Rentbook

Rentbook adalah aplikasi manajemen properti berbasis cloud bagi para pemilik properti, manajer properti, dan penyewa. Aplikasi ini merupakan solusi online komplit untuk mengelola properti residentil atau rental. Pemilik properti dapat merekam histori pembayaran sewa, membuat pelaporan pendapatan dan pengeluaran, dll. Manajer properti, pemilik properti, dan penyewa dapat terhubung ke akun mereka masing-masing untuk menampilkan detail persewaan. Pemilik properti dan penyewa dapat mengirimkan pesan terkait isu pemeliharaan rutin. Berikut merupakan perbedaan fitur Rentbook gratis dan berbayar:

Edisi Gratis

  • 1 portal properti gratis.
  • 1 persewaan dan 1 sewa ganti rugi, dll.

Edisi Berbayar

  • 1-20 properti.
  • Persewaan dan ganti rugi tidak terbatas.
  • Unggah/Attach file, dll.

 

16. PocketRent

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik PocketRent

PocketRent merupakan aplikasi online manajemen properti yang efisien bagi para pemilik properti dan penyewa. Aplikasi ini memiliki opsi untuk rekonsiliasi sewa otomatis, yang artinya aplikasi akan mengirimkan pemberitahuan pada pemilik properti dan penyewa ketika suatu tagihan sewa sudah waktunya dibayar atau ditunggak. Pemilik properti menerima pemberitahuan instan ketika tagihan sewa terbayar, sedangkan pemilik properti juga dapat mengirimkan bukti pembayaran pada penyewa. Fitur lainnya meliputi invoiving otomatis dan sistem pelaporan yang komprehensif sehingga manajemen persewaan lebih mudah baik untuk para pemilik properti dan penyewa. PocketRent menawarkan 2 versi berbeda:

Versi Gratis

  • 1 properti dengan banyak unit.
  • Sistem pemberitahuan, dll.

Versi Berbayar

  • 5-50 lebih properti.
  • Track pendapatan dan pengeluaran, dll.

 

17. Rentalutions

Aplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik Rentalutions

Rentalutions ialah aplikasi online manajemen properti untuk pemilik properti. Pemilik dapat mencari penyewa secara online pada portal-portal online berbeda dan mengumpulkan hasil sewa secara online. Aplikasi ini memfasilitasi proses persetujuan perjanjian persewaan secara online. Aplikasi ini memungkinkan pemilik untuk membuat listing properti dalam jumlah tak terbatas, disertai dengan foto-foto dan detail. Penyewa dapat melakukan submit permintaan servis lebih dari satu dan membagikannya kepada pemilik properti. Pemilik mendapatkan akses customer support 24/7 secara gratis. Versi gratisnya membatasi penambahan 1 unit saja per properti. Berikut detail masing-masing versi:

Versi Gratis

  • Skrining penyewa.
  • Memungkinkan peminjaman secara digital.
  • Pengumpulan biaya sewa secara online.
  • Track statistik properti dan pemeliharaan rutinnya, dll.

Versi Berbayar

  • Menambahkan 5-30 unit.
  • Syndicated listings.
  • Pengkategorian properti berdasarkan lokasi, dll.

 

18. PropertyVistaAplikasi Online Manajemen Properti Gratis Terbaik PropertyVista

PropertyVista adalah aplikasi manajemen properti lainnya bagi para pemilik properti. Aplikasi ini menyediakan platform komunikasi up-to-date antara pemilik dan penyewa. Aplikasi ini memiliki dasbor yang menampilkan statistik pendapatan dan pengeluaran untuk tiap properti. Pemilik properti dapat melacak kapan waktu membayar sewa, jatuh tempo sewa, dll. dan kemudian mengirimkan pemberitahuan secara instan pada penyewa. Dapat juga mengiklankan properti yang sedang lowong dengan laman web pemasaran gratis yang disediakan. Pemilik properti dapat senantiasa mencatat semua informasi penyewa seperti tagihan yang terbayar/belum dibayar, permintaan servis, dll. Berikut beberapa edisi berbeda untuk para pemilik properti:

Edisi Gratis

  • Pelaporan real-time.
  • Pembayaran sewa secara online.
  • Asuransi bagi para penyewa.
  • Manajemen sewa, dll.

Edisi Berbayar

  • Penandatanganan perjanjian peminjaman secara online.
  • Persetujuan otomatis terhadap permintaan penyewa.
  • Laman web properti.
  • In-App messaging, dll.

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.