10 Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik (Reverse Image Search) iPhone & Android

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - Google Lens

Pencarian gambar terbalik memungkinkan kamu untuk mencari tahu lebih jauh tentang gambar/ foto apa pun. Berikut ini adalah aplikasi dan alat pencarian gambar terbaik untuk Android juga iPhone.

Mesin pencari seperti google memudahkan kita untuk mencari informasi atau membeli produk, tetapi bagaimana jika kamu ingin mencari tahu lebih jauh gambar/ foto yang sudah kamu miliki? Dalam kasus ini, pencarian gambar terbalik bisa menjadi opsi terbaik.

Fitur canggih “pencarian gambar” di mesin pencari memungkinkan kamu mengupload gambar/ foto untuk melakukan pencarian daripada melakukannya dengan memasukkan teks/ kata pencarian. Mari kita lihat aplikasi pencarian gambar terbalik terbaik yang tersedia di iPhone juga perangkat Android.

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android

CamFind [iOS, Android]

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - CamFind

CamFind merupakan alat pencarian gambar terbalik dengan fungsi yang “dasar” namun tetap fungsional. Ketika kamu ingin mencari gambar, cukup buka aplikasi dan ambil gambar/ foto. Setelah gambar diupload, CamFind akan mencocokkannya dan mengidentifikasi objek tersebut dengan foto/ gambar orang lain di internet. Setelah itu kamu dapat melihat hasil yang disediakan.

Kamu dapat mencari gambar terkait, berbelanja item terkait, menonton video terkait, mencari di web, atau membuka postingan terkait. Bahkan lebih dari itu, kamu dapat mengatur pengingat visual dan membagikan apa yang kamu temukan dengan orang lain.

Link Download

Google Lens [iOS, Android]

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - Google Lens

Pada awalnya Google Lens hadir sebagai aplikasi eksklusif di perangkat Pixel. Google kemudian mengintegrasikan fitur Google Lens tersebut ke dalam Google Photos. Sekarang pengguna iOS juga Android dapat menggunakan Google Lens untuk melakukan pencarian gambar terbalik.

Pada perangkat Android, Google Lens tersedia sebagai aplikasi tersendiri. Pengguna iOS dapat mengakses Lens dalam aplikasi Google Photos.

Cukup buka gambar yang kamu ambil dan “ketuk” ikon Lensa. Kemudian mesin pencari visual Google akan menganalisa gambar. dan pada hasilnya akan menyertakan link ke halaman pencarian gambar Google.

Link Download

Veracity [iOS]

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - Veracity

Veracity merupakan aplikasi mesin pencari visual yang intuitif. Veracity memungkinkan kamu memilih gambar langsung dari Kamera atau dari galeri foto, ditambah Veracity dapat ditautkan ke akun Dropbox. Veracity menawarkan editor gambar dasar, tetapi kamu harus membayar untuk bisa menggunakannya.

Kekurangan Veracity tidak memiliki pilihan untuk membagikan hasil pencarian dengan orang lain.

Link Download

Reverse Image Search App [Android]

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - Reverse Image Search App

Reverse Image Search App memberikan pengalaman mesin pencari gambar terbalik yang minimalis. Ambil gambar dari kamera atau galeri foto kamu untuk pencarian gambar terbalik melalui gabungan Pencarian Gambar Google, Pencarian Gambar Yandex, dan Pencarian Gambar Bing.

Kamu juga dapat memotong, memutar, dan menyimpan gambar hasil pencarian ke perangkat kamu secara gratis.

Link Download

Pencarian Gambar Google

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - Pencarian Gambar Google

Kamu dapat menggunakan pencarian gambar langsung di Google di Safari atau Chrome, tetapi cara ini agak rumit. Kamu harus meminta browser menyajikan situs desktop untuk melanjutkan pencarian.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menggunakan fungsi pencarian gambar terbalik Google di perangkat mobile:

  • Buka situs Google Images di browser kamu.
  • Meminta browser menyajikan situs desktop di perangkat mobile;
    • Untuk Safari di iOS, “ketuk” tombol aA di kiri atas. Pilih “Request Desktop Website” dari menu.
    • Jika kamu menggunakan Chrome di iOS, “ketuk” ikon “Share” di kanan atas layar dan scroll ke bawah dan pilih “Request Desktop Site“.
    • Untuk Chrome di Android, “ketuk” tombol Menu “tiga titik” di kanan atas dan centang “Desktop site“.
  • “ketuk” ikon kamera yang muncul di halaman selanjutnya.
  • Sekarang kamu dapat memilih untuk mengupload gambar atau paste URL, seperti yang kamu lakukan di desktop.

Link Website

Foto Sherlock

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - Foto Sherlock

Photo Sherlock hadir dengan tampilan pengguna yang disederhanakan. Foto Sherlock memungkinkan kamu untuk pencarian gambar terbalik secara langsung menggunakan kamera. Kamu juga dapat menggunakan galeri kamera untuk mengupload gambar. Setelah diupload, kamu dapat memilih untuk memotong gambar agar fokus pada objek utama. Foto Sherlock kemudian akan mengambil hasil penelusuran gambar dari Google.

Link Download Android

Link Download iOS

TinEye Reverse Image Search

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - TinEye Reverse Image Search

Jika kamu tidak ingin mendownload aplikasi khusus, banyak alat online yang menawarkan pencarian gambar terbalik dalam format foto/ gambar yang ramah di perangkat mobile. TinEye adalah salah satu layanan yang memungkinkan kamu mencari gambar dengan paste URL atau dengan berbagi file. Setelah diupload, alat tersebut akan melakukan pencarian web dan menambahkan gambar ke indeksnya.

TinEye memungkinkan kamu mengurutkan hasil berdasarkan Best Match, Most Changed, Biggest Image, Newest, dan Oldest. Selanjutnya, kamu dapat menyaring hasil pencarian di seluruh domain dan koleksi teratas.

Link Website

Reverse Photos Image Search

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - Reverse Photos Image Search

Reverse Photos Search merupakan alat web pencarian gambar terbalik lainnya. Seperti TinEye Reverse Image Search, Reverse Photos Image Search sangat sederhana sederhana dan memungkinkan kamu untuk mengupload gambar dari kamera, galeri Foto, atau folder lainnya.

Setelah diupload, Reverse Photos Image Search akan menyerahkan gambar kamu ke Google Images, untuk menemukan kecocokan. Reverse Photos Image Search adalah alat sederhana jika kamu tidak ingin repot meminta situs Google Images desktop di perangkat mobile kamu, tetapi iklan yang mengganggu tidak sedap dipandang.

Link Website

Pencarian Gambar Baidu

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - Baidu

Seperti yang kamu ketahui, layanan Google tidak tersedia di China. Maka dari itu, mesin pencari Baidu mengambil alih peran di China.

Jika kamu berada di Cina atau ingin mencari gambar yang relevan dengan Cina, pencarian gambar Baidu adalah salah satu pilihan terbaik. Situs web Baidu memungkinkan kamu mengambil foto atau menguploadnya dari galeri kamu. Pencarian Gambar Baidu juga memungkinkan kamu untuk memotong gambar sebelum melakukan pencarian.

Link Website

Pencarian Gambar Yandex

Aplikasi Pencarian Gambar Terbalik Terbaik untuk iPhone dan Android - Yandex

Yandex merupakan mesin pencari populer di Rusia. Seperti Google, Yandex menawarkan fitur pencarian gambar. Upload gambar dengan mengetuk ikon kamera di kotak pencarian. Kamu juga dapat menggunakan kamera kamu dan mencari gambar tanpa menyimpan foto ke galeri kamu. Hasil pencarian Yandex akan mencoba mengidentifikasi teks pada gambar dan menampilkan gambar yang mirip.

Link Website

Kapan melakukan pencarian gambar terbalik?

Pencarian gambar terbalik sangat membantu saat kamu perlu mencari sesuatu yang pernah kamu lihat tetapi tidak terlalu kamu ketahui. Selain belanja dan pencarian produk, pencarian gambar terbalik memiliki banyak manfaat lain. Kamu dapat menggunakannya untuk melihat apakah foto itu asli dan mengidentifikasi berita palsu.