Download 9 Aplikasi Pengelolaan Perpustakaan Gratis Terbaik

Kali ini DSG memberikan rekomendasi aplikasi gratis terbaik untuk manajemen perpustakaan pada PC Windows. Dengan aplikasi gratis ini, Anda dapat melakukan pengelolaan perpustakaan dengan dukungan berbagai tools bawaan untuk mengelola daftar buku, anggota, menampilkan tanggal pinjam dan kembali. Anda dapat menyimpan berbagai data terkait buku dan anggota. Beberapa aplikasi memiliki fitur untuk mendapatkan informasi detail buku yang terupdate dari basis data di internet menggunakan kode ISBN buku. Selain buku, Anda juga bisa mengelola majalah, CD, DVD, video, maupun kaset. Aplikasi-aplikasi perpustakaan gratis ini bisa digunakan untuk manajemen perpustakaan pribadi hingga perpustakaan institusi atau lembaga besar.

Aplikasi manajemen perpustakaan favorit DSG adalah BIBLIO. Anda bisa mengelola perpustakaan dan benda lain seperti CD, DVD, majalah, video, dan kaset. Detail bukunya bisa didownload dengan memanfaatkan nomor ISBN. Lengkapnya simak di bawah ini ya…

1. BIBLIO

Pengelolaan Perpustakaan Gratis Terbaik BIBLIO

BIBLIO adalah aplikasi manajemen perpustakaan yang gratis, sederhana, dan terbilang kaya fitur. Di sini Anda dapat menambahkan item baru dan mengisikan detail-detail seperti nomor indeks, nomor katalog, subjek, bahasa, judul, penulis, penerbit, koleksi, ISBN, dan tahun cetak. Tautan, catatan, dan detail lain juga bisa. Kalau ingin lebih cepat, Anda bisa mendownload detail informasi bukunya dari internet. Anda juga bisa menambahkan item lain selain buku, seperti majalah, CD, DVD, video, dan kaset.

Apabila ada buku yang tidak untuk dipinjamkan, Anda dapat menandainya sebagai “referensi”. Apabila Anda akan meminjamkan atau mencari sesuatu, cukup memasukkan detail seperti nomor indeks, nomor katalog, atau entri apa saja. Status item dapat di-set menjadi sedang dipinjam, dibaca dalam perpustakaan, daftar tunggu, hanya referensi, atau tidak tersedia. Anggota baru beserta detailnya dapat ditambahkan juga. Setiap anggota nantinya diberi LCN atau nomor anggota. Ketika terdapat subjek, bahasa, dan media baru yang dibutuhkan, bisa dengan mudah ditambahkan, diedit, dan dihapus.

Data-data dari aplikasi ini dapat dibackup dalam file RAR atau diupload ke server. Apabila ada catatan yang harus diingat, Anda bisa menambahkannya pada tab Notebook. Tombol kamera dapat digunakan untuk mendeteksi nomor ISBN dengan memanfaatkan webcam. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menghasilkan laporan-laporan seperti anggota terbaru/jumlah anggota, item yang ada dalam perpustakaan, anggota mana yang memiliki tanggungan pinjaman, harian perpustakaan, histori peminjaman item, histori peminjaman, item yang paling banyak dipinjam, anggota paling aktif, dan mencetaknya. Anda juga dapat mengupdate masa berlaku, detail pinjaman untuk anggota di mana Anda dapat membedakan jumlah maksimal item yang dapat dipinjam dan berapa lama masa waktu peminjamannya.

Link Download

 

2. BiblioteQ

Pengelolaan Perpustakaan Gratis Terbaik BiblioteQ

BiblioteQ adalah aplikasi gratis sederhana dan mudah digunakan untuk manajemen perpustakaan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola buku, DVD, jurnal, majalah, CD musik, koleksi foto, dan video game. Anda dapat menambahkan, menduplikasi, memodifikasi, dan menghapus item-item tertentu pada menu.

Ketika menambahkan sebuah jurnal, Anda dapat menambahkan ISBN, ISSN, volume, nomor terbit, LC control number, call number, dewey class number, judul, tanggal terbit, penerbit, kota tempat terbit, kategori, harga, bahasa, abstrak, tag MARC, kata kunci, gambar cover, dan masih banyak lagi. Apabila Anda mengetahui nomor ISSN atau ISBN nya, Anda bisa mengunduh informasi detail bukunya secara online dari City University of New York Union Catalog atau Library Of Congress dengan cara mengklik tombol SRU Query. Dengan memanfaatkan opsi Z39.59 Query Anda dapat memilih opsi untuk mengupdate detail dari Columbia University atau Library of Congress.

Dengan menggunakan aplikasi gratis ini, Anda dapat melakukan pencarian data di seluruh perpustakaan, atau kategori individu menggunakan ID, kategori, kata kunci, dan judul di mana dapat berupa case sensitive atau case insensitive. Anggota lanjutan dapat melakukan pencarian custom agar hasil pencarian lebih cepat muncul dan lebih spesifik. Pada browser member, Anda dapat menambahkan anggota baru, menghapus anggota lama, mengubah info anggota, melihat histori peminjaman anggota, melihat item yang sedang dipinjam, maupun mencetaknya.

Anda dapat meminjam item-item yang ditandai, mengatur hak akses, mendaftar item yang terlambat dikembalikan, dan melakukan pencarian menggunakan filter seperti ID anggota dan nama akhir. Kerennya lagi, Anda dapat melakukan enumerasi data seperti jenis jilidan buku, format CD, aspect ratio DVD, rating DVD, region DVD, bahasa, lokasi, platform video game, dan rating video game. Anda juga dapat membuat perubahan terhadap minimum hari peminjaman dari item-item berbeda. Pada akhirnya, data-data dapat diekspor dalam format CSV atau di-print.

Link Download

 

3. bookTome

Pengelolaan Perpustakaan Gratis Terbaik bookTome

bookTome adalah aplikasi sederhana yang baik digunakan sebagai aplikasi manajemen perpustakaan secara gratis. Fitur terbaik pada aplikasi ini adalah Anda dapat menambahkan buku-buku pada perpustakaan, dan detail lengkap dari buku tersebut dapat diunduh dari Amazon. Buku-bukunya dapat ditambahkan langsung dari Amazon di mana Anda dapat melakukan pencarian buku via ISBN, penulis/judul, atau via kata kunci.

Detail lain buku juga bisa ditambahkan, meliputi judul, penulis, id buku, serial, penerbit, ISBN, jilid, halaman, tahun, detail pembelian, dan detail perekaman di mana Anda dapat menspesifikasikan lokasi, kategori, status bacaan, dan rating. Anda juga dapat melakukan pencarian gambar via Google Image Search. Anda juga dapat menambahkan eBook, menspesifikasikan lokasi eBook, menambahkan deskripsi buku, menambahkan tags, dan memelihara catatan histori.

Anda juga dapat menambahkan buku tertentu pada wish list. Detail buku dapat diedit atau dihapus kapanpun dibutuhkan. Anda dapat melihat daftar semua buku, buku yang dipesan, buku yang tersedia, buku yang pending, dan penulis yang tidak aktif. Anda juga dapat browsing buku berdasarkan penulis, serial, dan kategori. Anda dapat juga mencari buku dan melihat status buku saat ini. Buku yang ditampilkan bisa berstatus saat ini sedang dibaca orang lain, baru dibaca, sudah dibaca, dan belum dibaca.

Banyak fitur lain yang bisa dipersonalisasi untuk melakukan backup otomatis atau manual, menampilkan histori, tags, fitur eBook, beserta mengatur lokasi buku yang sudah selesai dibaca. Inputan data dapat diatur untuk ditampilkan maupun disembunyikan, memilih layanan web yang digunakan untuk mengunduh info detail buku, opsi Amazon, dan banyak lagi.

Link Download

 

4. LMS

Pengelolaan Perpustakaan Gratis Terbaik LMS

LMS merupakan aplikasi manajemen perpustakaan dengan desain yang menarik. Untuk menggunakannya, pertama-tama Anda harus menginstall Microsoft SQL Server dan menghubungkannya dengan aplikasi ini. Tenang, sudah disediakan petunjuknya kok.

Pada aplikasi ini, Anda dapat melakukan registrasi buku, registrasi murid dan guru, registrasi kelompok, serta registrasi donatur. Anda juga dapat melihat entri data dari buku yang telah dipinjam orang lain. Apabila ada anggota yang mengembalikan buku terlambat, hal tersebut dapat diketahui dari tanggal buku (harusnya) kembali. Data buku dapat menampilkan status buku saat ini, buku mana yang sedang dibaca, dan buku yang baru dikembalikan berdasarkan banyak anggota berbeda.

Buku-bukunya dapat dicari dan seluruh histori dapat ditampilkan. Kelompok dan anggota berbeda dapat dikelola oleh administrator. Aplikasi gratis ini dapat juga digunakan untuk menghasilkan beberapa laporan, seperti daftar buku yang sedang dibaca, daftar buku yang dipinjam, daftar buku yang dikembalikan, daftar riwayat dll. Basis datanya dapat di-backup dan di-restore pastinya. Anda juga dapat menghapus basis data jika diperlukan.

Link Download

 

5. calibre eBook Management

Aplikasi Pengelolaan Perpustakaan Gratis Terbaik calibre eBook Management

calibre eBook Management adalah sebuah aplikasi gratis untuk mengelola perpustakaan eBook. Artinya, Anda bisa membuat perpustakaan eBook sendiri secara gratis. Anda dapat memilih sebuah folder lokasi buku atau banyak folder. Buku-buku juga bisa ditambahkan dari file arsip. Buku-buku juga dapat ditambahkan dari hasil pencarian ISBN.

Aplikasi gratis ini mendukung banyak format eBook, meliputi EPUB, PDF, HTML, LIT, MOBI, TOPAZ, TEXT, SNB, Comics, dan file Word processor. Metadata-nya dapat diedit secara individual atau sekaligus, dan catatan buku dapat digabung. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mencari buku berdasarkan judul, penulis, dan kata kunci dari berbagai toko online dan mengunduhnya langsung dari situs-situs penyedia ebook. Fitur lain dapat digunakan untuk menghapus buku, menyimpan hanya buku berformat EPUB, terhubung ke folder, terhubung ke iTunes, menjalankan server konten, dan banyak lagi.

Link Download

 

6. Book Tracker Collector’s Edition

Aplikasi Pengelolaan Perpustakaan Gratis Terbaik Book Tracker Collector's Edition

Book Tracker Collector’s Edition adalah aplikasi gratis sederhana dan mudah digunakan untuk mengelola perpustakaan pribadi Anda. Di sini, Anda dapat menambahkan berapapun buku dan detailnya, seperti judul, kategori, penulis, ulasan, lokasi, tebal, edisi, nilai, ISBN, tanggal terbit, tanggal cetak, penerbit, kondisi, rating, dan informasi custom lain maupun catatan. Anda juga dapat mengedit informasi tentang buku dan menghapusnya.

Apabila ada buku yang sedang dipinjam atau diberikan kepada seseorang, bisa ditambahkan pada aplikasi beserta tanggalnya. Anda dapat dengan mudah browsing tabs genre dan nama. Anda juga dapat menambahkan gambar dan menampilkannya. Aplikasi gratis ini juga memiliki fitur pelaporan yang dapat di-custom berdasarkan berbagai parameter yang meliputi ISBN, judul, penulis, kategori, lokasi, tanggal cetak, edisi, diberikan ke, tanggal diberikan, dipinjamkan ke, dan tanggal peminjaman. Pada akhirnya, Anda dapat menyimpan datanya sebagai file CSV dan mengimpor data dari file CSV.

Link Download

 

7. My Ebook Library

Aplikasi Pengelolaan Perpustakaan Gratis Terbaik My Ebook Library

My Ebook Library adalah tool sederhana untuk mengelola eBooks pada sistem komputer Anda. Pertama-tama, Anda dapat menspesifikasikan lokasi perpustakaan pada tab preferences. Kemudian, Anda dapat memindai sistem untuk mencari buku-buku. Aplikasi gratis ini mendukung banyak format eBook, seperti PDF, CHM, LIT, DOC, HTM, HTML, RTF, TXT, DJVU, DJV, PDB, dan PRC. Kemudian, Anda dapat mengedit informasi detail buku, menambahkan buku pada koleksi, membuka buku atau menghapus buku dari perpustakaan.

Saat menyunting informasi detail buku Anda dapat mengupdate cover art, ISBN, tahun terbit, judul, penulis, penerbit, dan nama file. Anda juga dapat melakukan pencarian nomor ISBN buku pada Amazon dan pada buku itu sendiri menggunakan ISBN capture tool. Aplikasi ini dengan mudah dapat menampilkan data perpustakaan eBook Anda dengan mengurutkannya berdasarkan yang terakhir dibaca, yang paling populer, dan yang terbaru.

Link Download

 

8. Library System

Aplikasi Pengelolaan Perpustakaan Gratis Terbaik Library System

Library System adalah aplikasi JAR sederhana yang dapat digunakan sebagai aplikasi pengelolaan perpustakaan. Saat menjalankan aplikasi ini, Anda harus memilih lokasi file buku, serta detail anggota dan peminjaman. Kemudian, Anda dapat menjalankan banyak fungsi terkait manajemen buku, transaksi anggota, serta keperluan administratif.

Pada aplikasi ini, Anda dapat menambahkan buku, mencari buku, menghapus buku, menambahkan kopian baru, dan menampilkan daftar buku. Menggunakan fitur transaksi anggota, Anda dapat melakukan registrasi anggota baru, menghapus anggota, menampilkan daftar anggota, pengembalian buku, atau peminjaman buku. Keperluan administratif yang di-cover oleh aplikasi ini meliputi menampilkan daftar buku yang paling populer, buku yang terlambat dikembalikan, serta menyimpan data terbaru.

Link Download

 

9. School Library System

Aplikasi Pengelolaan Perpustakaan Gratis Terbaik School Library System

School Library System merupakan aplikasi gratis yang baik untuk sistem manajemen perpustakaan (sekolah). Setelah melakukan instalasi, Anda harus login menggunakan user id dan password default, yang dapat diubah kemudian.

Anda dapat menambahkan data buku dengan detailnya seperti ID buku, nama buku, penerbit, subjek, penulis, dan harga. Anda juga dapat menambahkan anggota dengan detail seperti ID anggota, nama anggota, usia, kelas, divisi, dan alamat. Buku yang telah dipinjam dan dikembalikan dapat dilacak dengan aplikasi ini. Riwayat buku dan anggota dapat disunting dan dihapus. Beberapa jenis laporan seperti laporan seluruh buku, laporan seluruh anggota, dan laporan semua buku yang belum dikembalikan dapat dengan mudah dihasilkan dalam satu kali klik tombol. Utilitas basis data memungkinkan Anda menjalankan backup dan restore basis data.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.