Kelebihan Kekurangan Penggunaan Cloud System untuk Hotel

Kelebihan Kekurangan Panggunaan Cloud system untuk Hotel

Salah satu fakta yang tidak menguntungkan bagi industri perhotelan adalah selalu menjadi bagian paling akhir ketika harus menerapkan teknologi terbaru. Ini masuk akal, karena pelaku bisnis perhotelanan harus fokus pada sisi bisnis manusia terlebih dahulu seperti melayani tamu.

Namun pada akhirnya, menerapkan teknologi baru yang tertunda dapat menguntungkan para pelaku bisnis hotel, karena teknologi baru diuji oleh pengguna lain yang lebih berani sebelum diadopsi oleh industri perindustri perhotelanan secara lebih luas. Namun pelaku bisnis industri perhotelanan yang menunggu terlalu lama mengadopsi teknologi terbaru akan kehilangan momentum cara baru yang inovatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan pendapatan.

Syukurlah, saat ini bisa dikatakan teknologi terbaru yang salah satunya adalah cloud system aman untuk diadopsi industri perhotelan, dimana teknologi ini sangat revolusioner dan dapat diandalkan. cloud system (alias cloud tech) memang konsepnya cukup sederhana. Komputer, POS, atau sistem operasional lainnya mengirimkan data melalui internet ke pusat data di lokasi lain. Proses digital yang berat berat dilakukan di tempat lain pada komputer yang jauh lebih kuat, dan bukan komputer yang ada di meja Anda.

Sementara cloud adalah inovasi yang menakjubkan, bukan berarti cocok untuk setiap pelaku bisnis, dan menerapkannya akan memiliki dampak di bisnis Anda. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk mulai mengadopsi teknologi ini, mari kita lihat lebih dekat arti teknologi cloud untuk industri perhotelan.

Kelebihan dari cloud system

Teknologi revolusioner ini tentu ada banyak kelebihannya. Inilah beberapa alasan mengapa industri perhotelan harus mempertimbangkan teknologi berbasis cloud.

Tersedia untuk perangkat apa saja, bisa diakses dimanapun dan kapanpun

Jika Anda menerapkan aplikasi berbasis cloud untuk industri perhotelan Anda, sistem dapat diakses dari komputer manapun yang Anda inginkan, aplikasi dan data Anda tidak lagi terbatas pada satu komputer back office. Sebenarnya, banyak solusi berbasis cloud menawarkan versi aplikasi mobile dan tablet, dan mengizinkan akses dimanapun Anda memiliki akses internet.

Anda dapat menggunakan Property Management software (PMS) berbasis cloud seperti “Protel Air” untuk memeriksa buku harian back office, mengeksplorassi kegiatan operasional hotel Anda hanya dengan menggunakan tablet, atau melakukan conference jarak jauh menggunakan smartphone Anda.

Kemampuan untuk memproses data jauh lebih cepat

Salah satu aspek positif cloud system lainya adalah bahwa komputasi atau pemrosesan data akan jauh lebih cepat. Cloud system menggunakan banyak komputer canggih untuk melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan pada satu komputer. Ketika kita berbicara tentang pertumbuhan eksponensial dalam teknologi komputasi, ini adalah contoh yang bagus, dan saat ini teknologi cloud dapat membuat pelacakan Big Data secara real-time, misalnya data penerbangan, dll.

Lebih mudah terhubung dengan sistem lain

Ini mungkin yang paling penting dari aspek positif cloud system untuk industri perhotelan. Bila Anda menggunakan aplikasi yang dihosting secara lokal, integrasi hampir selalu memerlukan kerja manual yang rumit. Script harus dipasang di server, backends harus dipaksa untuk berkomunikasi. Hal ini seringkali cukup menjadi tantangan, dan untuk beberapa kasus bisa menjadi bencana.

Tapi ketika Anda memiliki cloud, biasanya ada API yang memungkinkan aplikasi berbeda untuk berkomunikasi dan bertukar data sesuai kebutuhan. Hal ini dapat menurunkan beban kerja IT secara eksponensial, ditambah akan mempermudah perluasan sistem di masa depan.

Tidak ada masalah kompatibilitas pada perangkat keras

Jika aplikasi Anda ada di cloud, Anda tidak perlu khawatir akan kompatibilitas. Semua pembaruan aplikasi web berbasis cloud dapat dilakukan oleh pengembang secara langsung di dalam aplikasi, yang berarti anggota staf Anda dengan laptop atau perangkat seluler yang berbeda kemungkinan besar dapat menggunakan aplikasi berbasis cloud.

Mudah memperbaiki Hardware yang rusak

Dan jika perangkat keras Anda sebenarnya tidak berfungsi dengan benar atau malfungsi, akan lebih mudah untuk memperbaikinya, karena vendor penyedia layanan akan dapat dengan cepat melakukan perbaikan bug atau patch untuk memperbaiki masalah.

Ringan

Teknologi berbasis cloud hanya membutuhkan sedikit ruang pada komputer. Simpan ruang penyimpanan itu mungkin hanya untuk file lain yang Anda kumpulkan selama operasi harian industri perhotelan Anda.

 

Kekurangan dari cloud system

Seperti yang disebutkan sebelumnya, teknologi ini belum tentu cocok untuk setiap orang di industri perhotelanan. Ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beralih, ataumelakukan adopsi secara bertahap.

Keamanan harus dijaga

Jika tidak dijaga dengan baik, teknologi berbasis cloud bisa rentan terhadap infiltrasi eksternal. Karena menggunakan internet untuk mengirim dan menerima data, hacker dan orang jahat bisa mencari cara masuk ke sistem anda untuk mengakses data anda.

Untungnya, para cendor cloud system sangat menyadari potensi kerentanan ini dan umumnya mereka secara efektif akan melindungi data dan privasi Anda. Meskipun, tidak ada salahnya untuk ekstra hati-hati dan menggunakan berbagai solusi anti-virus/ anti-malware dan keamanan.

Kecepatan tergantung koneksi internet anda

Teknologi berbasis cloud Anda hanya bisa berjalan secepat kecepatan internet Anda. Di banyak bagian dunia, ini tidak masalah, tapi jika Anda berada di belahan dunia di mana koneksi internet lambat, mungkin cloud system tidak cukup dapat diandalkan.

Anda memerlukan konektivitas cadangan

Anda menggunakan PMS berbasis cloud dan terjadi banjir atau bencana alam lainya. Anda kehilangan koneksi internet Anda. Apabila itu terjadi, apa yang bisa Anda kerjakan? Meskipun kemungkinan kejadiannya sangat langka, Anda bisa saja kehilangan koneksi internet Anda. Itu sebabnya masuk akal untuk memiliki rencana cadangan.

Kami merekomendasikan trik ini yang telah kami lihat di beberapa industri perhotelan yaitu dengan membeli kartu selular atau dongle dari operator seluler lokal Anda dan tetap menggunakannya sebagai cadangan. Ya mungkin ada biaya bulanan, tapi itu harga kecil yang harus dibayar untuk memastikan data Anda tersedia setiap saat.

Jika Sistem pusat mengalami kegagalan, semua pengguna tidak bisa bekerja

Jika ada kegagalan teknologi bukan pada sisi Anda, namun pada penyedia aplikasi atau atau penyediam layanan cloud, sesuatunya menjadi sedikit lebih rumit. Jelas pemrosesan Anda akan tertunda atau sangat terbatas. Tapi Anda juga mungkin tidak dapat berbagi data dengan pengguna lain, atau menyuruh mereka terus bekerja.

Di sisi lain, hampir semua perbaikan atau pemeliharaan sistemm selalu diumumkan sebelumnya, jadi ini bukan masalah yang realistis untuk dikhawatirkan. Anda hanya perlu menyiapkan rencana cadangan darurat apabila hal ni terjadi.

 

Menggunakan cloud atau tidak?

Jadi seberapa besar dampak penggunaan cloud system untuk semua industri perhotelan? cloud system bukanlah solusi yang harus dengan segera diterapkan untuk pelaku bisnis industri perhotelanan atau bisa disebut hoteliers. Ada beberapa rintangan teknis atau setidaknya beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan untuk menggunakan teknologi berbasis cloud untuk industri perhotelan Anda. Jika Anda berada di negara berkembang di mana koneksi internet bisa kurang bisa diandalkan, Anda harus berpikir keras tentang apakah sistem ini cocok untuk Anda.

Tapi bagi kebanyakan pelaku bisnis perindustri perhotelanan, teknologi berbasis cloud merupakan kemenangan besar. Cloud system menyediakan aplikasi jauh lebih kuat yang juga lebih fleksibel dan mudah beradaptasi. Seperti produk apa pun, kita harus memahami cara kerjanya, dan memiliki cadangan jika terjadi kemungkinan kecil dimana sesuatu tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Tapi secara keseluruhan, teknologi cloud menawarkan begitu banyak keuntungan dari pada kekurangannya. Sekarang pertanyaannya adalah: Manakah dari ratusan solusi berbasis cloud di luar sana yang akan Anda pilih untuk industri perhotelan Anda?

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.