Mengenal Mesin Catur Houdini

Mesin catur atau Chess engines adalah program dengan karakter dan setiap mesin memiliki cara bermainnya sendiri. Itulah mengapa masuk akal untuk menganalisa dengan mesin yang berbeda dan begitulah cara grandmaster mendapatkan hasil maksimal dari mesin.

Mengenal Houdini Chess engines

mesin catur houdini

Welcome to the Houdini Chess Engine home page.” Kamu dapat membaca kalimat ini untuk pertama kalinya pada Mei 2010, ketika programmer Robert Houdart menawarkan versi pertama dari program catur barunya untuk didownload secara gratis. Saat itu tidak ada yang bisa menduga bahwa hanya tujuh bulan kemudian Houdini akan menggantikan Rybka sebagai Chess engines No 1 di dunia dan mendominasi catur komputer selama beberapa tahun.

Seberapa kuat Houdini 1 dan apa kualitas khususnya? Bagaimana program ditingkatkan dan apa yang membuatnya sangat berharga untuk analisis catur? Pada kesempatan ini saya ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan tentu saja juga melihat kinerja Houdini di turnamen komputer.

Seberapa kuat Houdini versi awal?

Karena saya tidak dapat menemukan Houdini 1 dalam daftar peringkat mana pun, saya melakukan uji coba kecil pada lebih dari 20 pertandingan antara versi Houdini pertama dari Mei 2010 dan mesin catur Critter 0.90 yang dikembangkan programmer Slovakia Richard Vida. Saya menggunakan kontrol waktu standar CCRL 4 menit untuk 40 gerakan (64-bit, 1CPU). Hasil akhirnya adalah 5-3 dengan 12 seri yang dimanangkan Houdini 1.

Karena Critter 0.90 64-bit memiliki Peringkat ELO 3049 dalam daftar CCRL 40/4, peringkat ELO yang sesuai untuk Houdini 1 berada di sekitar 3083. Nilai ini berada dalam kisaran peringkat Rybka 3 dengan ELO 3078. Tentu saja, lebih banyak game pengujian yang seharusnya dimainkan, tetapi beberapa ELO naik atau turun tidak penting di sini. Saya hanya ingin memeriksa apakah Houdini versi pertama sudah memiliki kekuatan yang luar biasa. Pertandingan uji coba kecil melawan Critter mengkonfirmasi asumsi ini.

Rahasia kekuatan Houdini

Mengenai asal-usul Houdini Chess engines, dikabarkan bahwa Robert Houdart mengambil mesin domain publik gratis RobboLito sebagai dasar. Dia sendiri menyatakan di halaman web pribadinya bahwa dia menggunakan banyak ide dari program open source gratis IPPOLIT/RobboLito, Stockfish dan Crafty. Ini mungkin menjelaskan kekuatan bermain yang sangat tinggi sejak awal. Faktanya, Robert Houdart melakukan lebih dari sekadar menggunakan ide orang lain. Dia menambahkan banyak perbaikan pada gagasan barunya.

Ilmuwan komputer sekaligus pemain catur

Robert Houdart lahir pada tahun 1968. Dia adalah seorang ilmuwan komputer dan pengembang perangkat lunak profesional dengan peringkat FIDE ELO 2101. Ini adalah kualifikasi yang baik untuk mengoptimalkan program catur lebih baik. Pengembangan berkelanjutan berkelanjutan dari Houdini 1 segera membuahkan hasil: Houdini 1.03a, dirilis dua bulan kemudian pada bulan Juli 2010, memiliki peringkat ELO 3116 ELO dalam daftar CCRL 40/4 (64-bit, 1CPU).

Versi gratis terakhir Houdini 1.5a dari Januari 2011 memperoleh 54 poin ELO lebih banyak dan dengan demikian mencapai 3170. Sebagai perbandingan: versi 4.1 Rybka yang mana versi terkuat memiliki peringkat ELO 3108, sedangkan Houdini versi komersial 2, 3 dan 4 naik ke 3202, 3217 dan 3240. Dalam tiga setengah tahun antara Mei 2010 (Houdini 1) dan November 2013 (Houdini 4) Robert Houdart mampu meningkatkan ELO Houdini dari sekitar 3083 menjadi 3240 (64-bit, 1CPU). Ini adalah peningkatan hampir 160 ELO. Berjalan pada empat prosesor (4CPU) Houdini 4 bahkan mencapai ELO 3332.

Banyak fitur tambahan

Selain peningkatan kekuatan bermain, Robert Houdart menambahkan beberapa fitur tambahan ke Houdini. Dengan Houdini 1 kamu sudah bisa mengatur jumlah thread, yang disebut “split depth” (kedalaman pencarian, dari mana perhitungan berjalan pada dua prosesor atau lebih), ponder (menghitung saat lawan harus bergerak) dan berapa banyak ukuran hash mesin dapat digunakan. Dalam versi berikutnya lebih banyak pilihan ditambahkan secara bertahap.

Sejak Houdini 1.03 mesin dapat menampilkan beberapa variasi pada saat yang sama ketika menganalisis posisi (Multi-PV). Dan pada versi 1.5 ditambahkan tablebase endgame.

Robert Houdart juga menambahkan apa yang disebut “contempt factor” ke dalam programnya untuk menghindari hasil imbang yang tidak perlu melawan lawan yang lebih lemah. Terlepas dari posisi yang sedikit lebih buruk, Houdini mulai melawan lawan yang lebih lemah, yang secara alami mengarah pada draw rate yang lebih rendah. “contempt factor” dinonaktifkan secara default selama analisa. Hal ini penting untuk mendapatkan penilaian yang objektif terhadap posisi.

Di ranah catur komputer, semua peningkatan ini mendorong Houdini Chess engines ke puncak dunia hanya dalam tujuh bulan.

Houdini sang juara baru

Sejak 2011, turnamen TCEC dianggap sebagai pembuat raja sejati dalam catur komputer. Sebagai konsekuensi dari diskualifikasi kontroversial dari program catur terkuat sampai sekarang Rybka, ICGA praktis telah mendevaluasi kompetisi mereka sendiri, karena turnamen tanpa program catur terbaik yang tersedia hampir tidak dapat dijual ke publik sebagai kejuaraan dunia catur komputer. Ini sedikit mengingatkan pada situasi juara dunia FIDE dibandingkan dengan juara dunia klasik Kasparov dan Kramnik selama tahun 1993 hingga 2006. Tentu saja gelar juara dunia manusia dianggap jauh lebih penting oleh publik. Setiap program catur Bagaimanapun Houdini mendominasi semua mesin catur terkuat di dunia sejak awal.

Turnamen TCEC sangat dipercaya, karena setiap program catur berjalan pada perangkat keras yang sama. Setelah beberapa babak penyisihan, dua mesin terbaik saling berhadapan dalam apa yang disebut superfinal di mana setiap pembukaan dimainkan dua kali dengan warna dibalik sehingga menyamakan peluang.

  • Musim ke 1 diadakan dari Desember 2010 hingga Februari 2011. Di superfinal Houdini 1.5a menang jelas melawan Rybka.
  • Musim ke 2 dimainkan dari Februari hingga April 2011. Dalam superfinal Rybka 4.1 tampil sedikit lebih baik dari pendahulunya. Hasil akhirnya dimenangkan Houdini 1.5a.
  • Musim ke 3 tidak selesai. Inilah sebabnya mengapa tidak ada juara TCEC pada tahun 2012.
  • Musim ke 4 berlangsung dari Januari hingga Mei 2013. Dalam superfinal Houdini 3 menang melawan Stockfish.

Lama menunggu rilis Houdini 5

Kamu sudah bisa melihat dari kemenangan tipis atas Stockfish pada Mei 2013 bahwa para pesaing secara bertahap berhasil mendekati Houdini. Faktanya Komodo dan Stockfish mendominasi selama beberapa turnamen TCEC berikutnya. Komodo memenangkan musim 5, 7 dan 8, sedangkan Stockfish berhasil di musim ke 6.

Salah satu alasannya adalah karena Robert Houdart belum menerbitkan versi baru sejak rilis Houdini 4 pada November 2013. Baru tiga tahun kemudian, pada November 2016 , Houdini 5 dirilis dan langsung melaju ke superfinal musim ke 9, namun kalah melawan Stockfish 8. Pada musim 10 yang dimainkan dari Oktober hingga Desember 2017, Houdini 6 kembali berhasil mencapai superfinal dan menang meyakinkan melawan Komodo.

Versi terakhir dari Houdini

Houdini 6, juara TCEC musim 10 dan runner-up musim 11, sekitar 200 ELO lebih kuat dari Houdini 4. Ini adalah level permainan yang seharusnya tidak meninggalkan apa pun yang diinginkan untuk waktu yang lama. Akankah masih ada Houdini 7 suatu hari nanti? Atas permintaan saya, Robert Houdart memberi tahu saya bahwa dia telah mengerjakan proyek yang sama sekali berbeda sejak Oktober 2017 dan saat ini tidak terlibat dalam pemrograman catur. Jadi versi Houdini saat ini mungkin akan tetap menjadi yang terakhir untuk waktu yang lama.

Kekuatan terbesar Houdini

Kekuatan terbesar Houdini adalah evaluasi posisi yang benar dimana sangat penting tidak hanya untuk permainan praktis, tetapi terutama untuk analisa. Untuk alasan yang baik Houdini sangat populer terutama di kalangan pemain catur korespondensi yang sering harus menganalisis posisi yang rumit dengan sangat teliti. Memang, tidak ada analis yang dapat melakukannya tanpa evaluasi yang benar dan objektif. Oleh karena itu Houdini tetap menjadi alat analisis yang sangat diperlukan saat ini.