10 Aplikasi Android Terbaik untuk Membuat Aransemen Musik

Perkembangan teknologi smartphone membuat proses pembuatan musik semakin mudah karena sekarang kamu bisa membuat musikmu sendiri dalam genggamanmu.

Jika kamu punya smartphone atau tablet Android dan ingin membuat musik dengan device kamu, Google Play Store punya banyak pilihan aplikasi pembuat musik yang bisa dipilih.

Baik pemula maupun profesional berpengalaman, aplikasi pembuat musik dipastikan terbuat hanya untukmu.

Inilah 10 Aplikasi Terbaik untuk Membuat Aransemen Musik di smartphone dan tablet Android untuk mengasah talenta dan kemampuan bermusikmu.

Music Maker Jam

Music Maker Jam

Music Maker Jam adalah salah satu aplikasi Android yang paling banyak digunakan untuk membuat musik. Pada aplikasi ini kita bisa membuat trek audio sendiri dengan berbagai macam loops, beats, dan sumber musik lainnya. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 100 style musik seperti hip hop, dubstep, rock, funk, trap, drum & bass, techno, house, ambient, jazz, dll; serta mixer 8 channel sehingga kamu bisa mixing lagu dan menambahkan efek pada lagu.

Dengan Music Maker Jam kamu bisa me-remix trek audio hanya dengan menggoyang-goyangkan (shake) device kamu. Kamu juga bisa menggunakan loop selector untuk mengombinasikan style-style musik. Ada ribuan loops yang bisa dipilih serta fitur voice recording dimana kamu bisa merekam suaramu sendiri.

Music Maker Jam bisa didownload gratis langsung dari Google Play Store, juga menawarkan in app purchases seperti librari atau loops tambahan.

Link Download Music Maker Jam

 

FL Studio Mobile

FL Studio Mobile

FL Studio Mobile adalah aplikasi komposer musik lengkap dimana kamu bisa membuat project multi trek pada perangkat Android.

Aplikasi ini mengemas segalanya yang kamu perlukan untuk membuat musik, termasuk step sequencer, piano roll, keyboard, drum pad, track editor, effects, dan lebih dari 100 sample instrumen. Ada juga real-time effects seperti EQ, Delay, Reverb, Limiter, Filter, dan Amp untuk meningkatkan kualitas mixing kamu. Masih kurang? Ada wave editor untuk menormalisasi, cut, trim, menambahkan silence, reverse, fade in atau fade out.

Kamu kemudian bisa menyimpan lagu kreasimu dalam format WAV, MIDI, AAC serta share lewat Dropbox dan Email.

Link Download FL Studio Mobile

 

Caustic 3

Caustic 3

Caustic 3 adalah aplikasi pembuat musik gratis pada Android yang mengkombinasikan synthesizers dan  samplers untuk membuat lagu kreasi sendiri.

Dengan Caustic 3 kamu punya pilihan 14 Synths untuk membuat musik sendiri: Beatbox, Organ, Modular, SubSynth, FMSynth, 8BitSynth, PCMSynth, PadSynth, Bassline, Vocoder, dan KSSynth. Aplikasi ini juga memiliki mixer desk dengan efek Delay/Reverb global, master section dengan parametric EQ dan limiter.

File musik hasil kreasi disimpan di penyimpanan yang mudah diakses user. Kamu bisa menggunakan file WAV pada BeatBox, PCMSynth, dan Vocoder. Versi gratis dari aplikasi ini menyertakan in-app help section. Kamu bisa menggunakan aplikasi gratis ini selamanya tapi dengan fitur terbatas. Untuk menikmati semua fiturnya, belilah Caustic Unlock Key nya.

Link Download Caustic 3

 

Audio Evolution Mobile Studio

Audio Evolution Mobile Studio

Audio Evolution Mobile Studio adalah aplikasi Android yang powerful untuk membuat musik. Cara kerja aplikasi ini adalah kamu merekam suara dan dapat membuat loops menarik untuk di-mix pada trek-trek audio berbeda.

Ada banyak sekali special effects yang bisa kamu tambahkan, ada lebih dari 25 real-time effects seperti chorus, compressor, delay, dual delay, reverse delay, reverb, flanger, noise gate, dll. Musisi dan DJ bisa nge-mix karya orisinil kedalam sampel stereo berkualitas tinggi atau yang di-compress.

Fitur tambahan aplikasi ini adalah MIDI sequencing, Metronome, cross fade, automation, time stretching & normalization, sample rate conversion, dll. Jika sudah selesai, kamu bisa mengekspor hasilnya dan share filenya ke media sosial.

Link Download Audio Evolution Mobile Studio

 

SunVox

SunVox

SunVox adalah aplikasi Android powerful lainnya untuk membuat musik. Aplikasi ini adalah tool untuk komposisi yang cenderung kompleks, dimana tidak hanya mengaktifkan sequencing tapi juga ketersediaan filter dan effect dalah sebuah sistem modular layers.

Efeknya antara lain adalah drum synth dengan lebih dari 120 suara, SpectraVoice synth untuk kreasi musik berbasis FFT, serta banyak modul efek lainnya. Setiap efek terdiri dari suara-suara yang hangat dan profesional sehingga memudahkan untuk membuat lagu berkualitas studio.

Ditambah dengan ekspor multitrack WAV, impor dan ekspor MIDI, rekaman mic/line, dan kemampuan rekaman real-time lainnya membuat aplikasi ini pas untuk musisi, terutama musisi profesional.

Link Download SunVox

 

Chordbot Pro

Chordbot Pro

Chordbot Pro adalah aplikasi yang sangat berguna bagi penulis lagu. Sangat berguna untuk mencoba-coba progresi chord sederhana maupun kompleks.

Bisa juga untuk bereksperimen dan membuat progresi chord yang berbeda kemudian memutarnya kembali sehingga kamu tahu bagaimana hasilnya. Untuk membuat progresi baru, cukup pilih chord, comping style, serta tempo kemudian tekan tombol “play”.

Aplikasi ini punya 30 comping styles dan lebih dari 50 jenis chord untuk transpositions. Setelah selesai berkreasi, kamu bisa mengekspornya ke file WAV atau MIDI. Tersedia dalam versi gratis (Lite) dan berbayar (Pro).

Link Download Chordbot Pro

 

Robotic Guitarist

robotic_guitarist

Robotic Guitarist adalah aplikasi Android panduan gitar dan chord. Panduan chord nya memiliki antarmuka yang mudah digunakan dimana kamu dapat mengubah chord sambil bermain gitar.

Pilihlah chord tanpa belajar posisi jari dan cukup genjreng senar gitarnya untuk mendapatkan suara seakan dari instrumen asli. Robotic Guitarist akan menunjukkanmu sebuah diagram dengan posisi jari dari chord apapun yang kamu mainkan. Aplikasi ini sangat berguna bagi yang baru belajar atau yang butuh mengingat-ingat chord.

Kamu bisa memilih diantara gitar akustik atau elektrik, piano, violin, atau harpa kemudian petakan dalam 1 gitar penuh atau memilih senar yang berbeda-beda. Gratis.

Link Download Robotic Guitarist

 

Walk Band

walk band

Walk Band adalah aplikasi Android yang memberimu band portabel dalam kantongmu. Mendukung instrumen seperti Piano, Drum Kit, Drum Machine, Guitar, Bass. Semua instrumen menggunakan suara instrumen yang realistis. Aplikasi ini juga memiliki beberapa lagu bawaan yang bisa kamu coba mainkan.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa merekam multitrack pada instrumen berbeda serta menggabungkan trek berbeda dari instrumen tertentu kedalam sebuah trek audio. Terlebih kamu bisa menggunakan rekaman orisinil buatanmu sebagai basis untuk merekam instrumen lainnnya.

Fitur lainnya adalah multiple finger support, konversi MIDI ke MP3, keyboard MIDI eksternal dengan USB, upload dan share rekaman musik kamu, dll. Gratis pula.

Link Download Walk Band

 

Nanoloop

nanoloop

Nanoloop adalah aplikasi pembuat musik dengan fitur penuh yang menyediakan semua fitur yang kamu butuhkan untuk membuat musik elektronik yang enak didengar. Kamu bisa membuat aransemen musik elektronik sendiri untuk dimainkan saat party, di-share ke Internet atau menyimpannya untuk koleksi pribadi.

Nanoloop menawarkan posibilitas hingga 6 kanal aktif, entah kanal tadi merupakan synth atau sampler. Di setiap kanal, kamu bisa membuat hingga 8 pola untuk 2 instrumen berbeda yang bisa di-sequence langsung pada aplikasi. Nanoloop juga bisa share project kamu ke Dropbox dan SoundCloud.

Link Download Nanoloop

 

MorphWiz-Play

MorphWiz-Play

MorphWiz-Play adalah aplikasi Android keren lainnya untuk para komposer.

Aplikasi ini akan menyulap Android kamu menjadi synthesizer yang bisa memainkan sound dan efek berbeda serta fitur lain seperti vibrato dengan jari-jarimu. Kreatornya aja sampe bikin video trailer MorphWiz di Jakarta lho…

Link Download MorphWiz-Play

Related Posts

Author:

Komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *