9 Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu

DSG kembali memberi daftar yang sudah pasti berguna, kali ini tentang aplikasi-aplikasi gratis penghilang vokal sebagai cara termudah menghilangkan suara pada lagu maupun video tanpa menghilangkan musiknya agar bisa digunakan sebagai karaoke. Aplikasi dibawah ini dapat menghilangkan atau menekan frekuensi vokal di sebuah lagu. Sekalinya kamu memproses lagu dengan editor suara dibawah ini, lagu tadi akan siap digunakan untuk karaoke!

Beberapa aplikasi dibawah punya preset bawaan untuk menghilangkan suara vokal, beberapa membutuhkan plugin, atau harus dikalibrasi secara manual. Hampir semua aplikasi penghilang suara vokal kompatibel dengan format audio seperti MP3, WAV, OGG, WMA, AIFF, M4A, FLAC, AAC, VOX, RAW, AMR, dll. Aplikasi dibawah ini menggunakan teknik olah audio khusus untuk menghapus vokal dari sebuah lagu. Gambaran prosesnya adalah meminimalisir atau menghilangkan frekuensi dimana suara manusia terdeteksi. Selain daftar aplikasi penghapus suara vokal dari sebuah lagu, DSG juga menyertakan cara menghapus suara vokal pada lagu tanpa software apapun.

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal Lagu

1. Audacity

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu audacity

Audacity adalah aplikasi editor suara multi platform dan telah memenangkan banyak penghargaan. Aplikasi open source ini dapat digunakan di Windows, Mac OS, dan Linux. Kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam dan mengedit suara dengan banyak pilihan fitur. Aplikasi sound editing ini banyak disukai para sound engineer. 

Audacity bisa menghilangkan suara vokal dari sebuah file audio dengan cara meminimalisir vokalnya, namun musiknya masih dipertahankan. Audacity juga memiliki fitur menghilangkan suara dari beberapa lagu sekaligus.

Ada 3 cara bagaimana menghilangkan suara vokal dari sebuah lagu dengan bantuan Audacity, yaitu:

  • Cara 1
    • Buka file audionya di Audacity. Agar memperoleh output berkualitas tinggi, direkomendasikan untuk menggunakan format berkualitas tinggi seperti ACC atau FLAC.
    • Nama lagu akan muncul di pojok kiri atas trek audio. Kliklah ikon drop down disebelah judul lagu. Pilih Split Stereo Track dari menu drop down.
    • Pilih trek lain dengan cara dobel klik. Pergilah ke tab Effect, kemudian klik Invert.
    • Ubah keduanya menjadi Mono. Caranya: pergilah ke daftar trek audio, kemudian klik ikon drop down. Kemudian, klik Mono untuk menjadikan trek mono.
    • Eksport suara/lagu ke folder dan format sesuai kebutuhan. Kamu dapat mengekspor lagu ke format MP3, AIFF, WAV, OGG, FLAC, MP2, M4A, AC3, AMR, atau WMA.
  • Cara 2
    • Bukalah file audionya di Audacity.
    • Pergilah ke tab Effects dan klik Vocal Remover.
    • Sudah gan! Tinggal ekspor/simpan file yang telah diproses.
  • Cara 3: cara menghilangkan suara vokal versi Instructables (disertai video juga). Cara yang ini efektif untuk mayoritas lagu, bisa jadi tidak bekerja pada lagu tertentu.

Link Download

2. MP3 Karaoke

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu Mp3 Karaoke

MP3 Karaoke adalah aplikasi penghilang suara vokal eksklusif, bisa juga menghilangkan suara vokal dari banyak lagu sekaligus. Satu-satunya tujuan aplikasi ini adalah menghilangkan suara vokal dari sebuah lagu. Caranya, cukup load file MP3 ke aplikasi, kemudian klik ikon ‘K’; kamu juga dapat menekan tombol F3 untuk memulai penghilangan suara.

Hilangkan suara vokal dari sebuah lagu, menambahkan lagu-lagu lain, atau hanya menambahkan konten dari folder. Setelah proses edit selesai, lagu akan tersimpan otomatis di folder output. Di bagian settings, kamu dapat mengubah folder output dan pengaturan encoder, seperti: frekuensi sampling; mode stereo; serta Bits per detik (bps). Aplikasi ini menghilangkan suara vokal dengan cukup baik.

Link Download

 

3. Wavosaur

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu wavosaur

Wavosaur adalah aplikasi editing suara gratis untuk Windows yang dapat digunakan untuk menghilangkan suara vokal dari sebuah lagu untuk membuat lagu-lagu karaoke. Aplikasi penghilang suara vokal ini bisa menghilangkan suara vokal dari banyak lagu sekaligus. Aplikasi ini juga dapat merekam suara. Enteng pula aplikasinya.

Gampang kok cara menghilangkan suara vokal dari lagu menggunakan fitur bulk vocal remover. Cukup load lagunya ke aplikasi, pergi ke tab Process, kemudian pilih opsi Vocal Remover. Editor suara akan secara otomatis memroses lagu, dan meminimalisir suara vokal seminimal mungkin. Kamu dapat melihat perubahannya dari gelombang suara yang ada di antarmuka utama.

Simpanlah lagu ke folder yang kamu inginkan. Kamu dapat memutar dan mendengarkan lagu sebelum dan sesudah menghilangkan suara vokalnya, langsung di Wavosaur. Fitur editing suara lain juga tersedia di aplikasi ini.

Link Download

 

4. WavePad

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu wavepad

Wavepad adalah aplikasi editor suara lain yang dapat menghilangkan suara vokal dari sebuah lagu. Aslinya aplikasi ini berbayar, tapi ada juga versi gratisnya kok.

Cara menghilangkan suara vokal dengan WavePad adalah sebagai berikut:

  1. Load lagunya ke WavePad. Pergi ke tab File, kemudian klik Open untuk browse dan membuka lagunya.
  2. Setelah lagunya ke-load, pergi ke tab Effects kemudian klik opsi Reduce Vocals.
  3. Sebuah dialog baru akan terbuka, kemudian atur parameter, contohnya Pan position, Pan width, Vocal Level, dan Preserve bass. Kamu juga dapat preview lagu sebelum mengaplikasikan perubahan.
  4. Simpan lagunya ke lokasi yang diinginkan dengan dukungan format luas.

Aplikasi ini mendukung berbagai format audio seperti MP3, WAV, OGG, WMA, AIFF, M4A, FLAC, AAC, VOX, RAW, AMR, dll. Selain menghilangkan suara vokal, aplikasi ini juga fiturnya masih banyak.

Link Download

 

5. Ocenaudio

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu ocenaudio

Ocenaudio adalah aplikasi editor suara cross platform dan bisa menghilangkan suara vokal dari sebuah lagu dengan mudah. Aplikasi ini berukuran kecil dan mudah digunakan
Cara menghilangkan suara vokal dari lagu adalah:

  1. Bukalah lagu di editor aplikasi.
  2. Buka tab Effects > Equalization, 31 band graphic equalizer. Bagian vokal dari sebuah lagu biasanya ada diantara 250-1k. Atur equalizer kebawah dari 250-1k ke 0 dB. Kemudian putarlah lagu yang telah dimodifikasi dengan bantuan tombol preview pada equalizer. Putar lagunya sambil tetap mengaktifkan equalizer agar bisa kamu geser-geser equalizernya sampai settingan cocok. Aplikasikan settingan equalizer dan perubahan dapat dilihat dari perubahan bentuk gelombang suara.
  3. Simpanlah lagu dengan settingan equalizer yang sudah diedit.

Cara ini memang tidak menghapus semua suara vokal pada lagu seperti software penghilang suara vokal lainnya, tapi dia bekerja dengan baik. Aplikasi ini mendukung hampir semua format audio.

Link Download

 

6. Nero WaveEditor

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu nero wave editor

Nero WaveEditor bisa digunakan untuk membuat lagu karaoke. Aplikasi ini dapat digunakan untuk edit audio, selain hanya menghilangkan suara.

Cara menghilangkan suara pada lagu menggunakan Nero WaveEditor:

  1. load lagunya,
  2. pergi ke tab Tools, klik Karaoke Filter,
  3. sebuah dialog box akan muncul dimana kamu bisa memanipulasi parameter seperti: Vocal Pan, Gain Compensation, dan Frequency Pass,
  4. klik OK untuk mengaplikasikan setting,
  5. kamu dapat mendengarkan lagu hasil edit terlebih dahulu sebelum disimpan.

Aplikasi ini mudah digunakan, memiliki fitur dan effects yang banyak, serta terdapat fitur tambahan melalui Plugins terpisah.

Link Download

 

7. LMMS

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu lmms

LMMS adalah digital audio workstation yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan suara vokal dari sebuah lagu. Aplikasi ini merupakan software editing audio yang high end, dengan banyak banget opsi untuk membuat dan edit musik. Aplikasi multi platform ini memang gratis tapi lumayan kompleks, apalagi jika kamu menggunakannya untuk yang pertama kali.
Cara menghilangkan suara vokal dari sebuah lagu menggunakan LMMS:

  1. Load lagunya di window Song Editor. Kamu dapat browse file dengan klik ikon dibawah dibagian panel kiri aplikasi, atau cukup drag and drop di window Song Editor.
  2. Dobel klik pada panel kanan setelah lagu untuk membuka window Piano Roll. Pilihlah rol piano pas sebelum kunci C5 sampai lagu berakhir.
  3. Untuk menghapus suara vokal, kamu harus mendownload plugin Vocal RemoverSetelah selesai download plugin, browse ke folder download-an, kemudian drag and drop pluginnya ke window Song Editor.
  4. Ekspor lagunya setelah menambahkan plugin voice removal.

Aplikasi ini tidak mendukung format file MP3, sebagai gantinya kamu dapat menggunakan format WAV saat menggunakan aplikasi ini untuk menghilangkan suara vokal pada lagu. FYI, aplikasi ini biasanya digunakan oleh kalangan profesional.

Link Download

 

8. GOM Player

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu GOM Player

GOM Player sejatinya adalah sebuah media player. Tidak hanya video, GOM juga bisa memutar lagu/audio dan dapat menghilangkan suara vokal dari sebuah lagu. Kamu dapat menghilangkan suara vokal dari banyak lagu dan memutarnya langsung secara kontinu. Ya, karena sifatnya media player, jadi suara vokal hanya akan dihilangkan saat lagunya diputar saja. Kalau memang tujuan kita menghilangkan suara vokal pada lagu adalah untuk karaoke, kan tidak masalah.

Cara menghilangkan suara vokal dari lagu menggunakan GOM player:

Buka GOM Player, klik kanan pada layar, cari Audio > Voice Filter > Cut Voice. Done. Kalau ingin kembali ke mode semula, pilih saja Audio > Voice Filter > Disable.

Link Download GOM Player

 

9. KMPlayer

Aplikasi untuk Menghilangkan Suara Vokal pada Lagu km player

KMPlayer adalah media player lain yang dapat menghapus suara vokal dari sebuah lagu. Tambahkan satu atau lebih lagu ke player ini untuk menghilangkan suara vokalnya. Sama seperti GOM Player, cepat, gampang, dan efeknya tidak permanen.

Cara menghilangkannya vocal menggunakan KMPlayer: Klik kanan di layar player, pergi ke Audio > Rare Filters > Voice Removal. 

Jika ingin mengembalikan ke keadaan semula, hilangkan saja centang di voice removal. Output dari audio yang diputar jadinya sangat jelas dan bebas noise.

Link Download

 

Cara Menghapus Suara Vokal pada Lagu tanpa Software Apapun

Cara menghapus suara vokal pada lagu tanpa software apapun ini adalah solusi yang bersifat cepat namun sementara saja, biasanya digunakan saat hendak karaoke. Langkah-langkah menghapus suara vokal pada Windows adalah:

  1. Pergi ke Control Panel dan buka setting Sound.
  2. Pilihlah perangkat dimana kamu biasa memutar musik, katakanlah Speakers. Kemudian klik Properties.
  3. Sebuah window baru akan terbuka. Klik pada tab Enhancements. Centang opsi Voice Cancellation dan putar lagu-lagu kesukaanmu! :D

Voice Cancellation

Setelah mengaplikasikannya, sedikit banyak suara vokal akan berkurang, cenderung hilang. Vokal dari setiap lagu akan dihilangkan sampai kamu mengembalikan settingan tadi.

Hilangkan centang pada Voice Cancellation ya, jika karaoke sudah selesai.

Lihat Juga:

18 Komentar

  1. Cadson berkata:

    Thnks gan

  2. Yuda Setiyawan berkata:

    Kalo mau Pake, Adobe Audition jauh lebih bagus ;)

  3. vk10969 berkata:

    App WavePad kok ga smua vokal nya ilang ya?

  4. Indah berkata:

    Yah aku cuma pake hp

  5. sulianto berkata:

    saya mau beli aplikasi untuk memisahkan musik
    dan vokal lagu yang didownload dari youtube.
    sekalian minta tolong diajarkan cara mengoperasikan system aplikasi
    berapa budgetnya? trims

  6. Anonim berkata:

    Kenapa semua untuk laptop sama computer…masak iya kemana3 harus bawa laptop…min yang bisa di hp andoid dong biar sewaktu2 bisa utak atik …tetimakadih

  7. suryadi hasibuan berkata:

    bgai mana caranya

  8. putra berkata:

    Klo untuk hp Android bisa nga? Hp ane Evercoss AT1A…
    Mhon ya Info nya…

  9. Egi berkata:

    Mohon pencerahannya gan,, apakah vokal pada video lagu bisa d hilangkan,,terus kalo suara pada video lagu sukses d hilangkan apakah hasil nya bisa kita save,kebetulan bini ane seneng karaoke an!!!

    • Firman Herdiansyah berkata:

      Iya lagu bisa dihilangkan vokalnya walaupun tidak semua lagu bisa, tapi tidak ada salahnya dicoba, kalo berhasil bisa di save. Ikuti aja petunjuk yang ada di artikel

  10. Ridis berkata:

    Di gom player kok gk smua lg bs hilang suaranya…..info donk

  11. Huda Handsone berkata:

    Udah pake Audacity Tapi setelah di Vocal Remover masih ada aja suara vokalnya . Gimana ya supaya benar benar ilang suara vokalnya?

  12. robycahyadi berkata:

    kira-kira yang mana yg bagus. software menghilangkan vocal nya..? nomor brapah..!

  13. Bamas berkata:

    Gimna nih klau karaoke menghilangin suara tanpa vokal nih

    • Firman Herdiansyah berkata:

      1. Download salah satu aplikasi yang ada diartikel
      2. Praktekan cara untuk ngilangin suara vokal yang dijelaskan diatas

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.