Aplikasi Studio Musik Gratis Alternatif FL Studio: LMMS

Aplikasi Editor Musik Gratis Alternatif FL Studio : LMMS

LMMS atau Linux MultiMedia Studio merupakan aplikasi cross-platform yang menjadi salah satu alternatif aplikasi komersial seperti FL Studio (FruityLoops) yang memungkinkan kamu untuk menghasilkan musik dengan komputer. LMMS juga dapat digunakan untuk menciptaan melodi dan beats, sintesis dan mixing sounds. Dengan aplikasi ini Kamu dapat bermain dengan MIDI-keyboard dan banyak lagi. Lebih jauh lagi LMMS hadir memiliki plugin efek, preset dan sampel musik yang siap digunakan.

Pada awalnya kamu akan mendapati layar splash dan kemudian jendela tempat kamu bisa mengatur LMMS. Pengaturan yang paling penting terkait dengan ukuran buffer, window behavior, sound dan midi interface.

Hal lain yang bagus pada aplikasi ini adalah kamu dapat membuat tampilan aplikasi menampilkan jendela di tampilan terpusat atau di jendela terpisah seperti di GIMP. Kamu tidak perlu menggunakan jack pada aplikasi ini, namun saya masih merekomendasikannya. Sayangnya saya tidak bisa menguji midi interface, karena saya tidak punya keyboard midi.

Editor Lagu

Pada editor lagu kamu bisa menambahkan beat/ basslines dan sample tracks yang ditampilkan dengan sangat baik pada timeline. Beat/ basslines dan sample tracks dapat diatur ulang posisinya, diubah ukurannya dan dicopy dengan mudah. Dengan operasi dasar ini kamu dapat mengatur bagian suara dalam sebuah lagu. Segmen dapat diganti namanya dan warnanya bisa diubah.

Trek musik dapat diaktifkan dan dimatikan hanya dengan satu klik mouse dan bisa dikloning dengan dua kali klik mouse. Juga dengan klik dua kali atau klik kanan kamu bisa mengganti nama. Pada kotak drop-down kecil terdapat zoom, klik kiri akan memperbesar zoom dan klik kanan akan memperbesar garis waktu. Hal memungkinkan penyelarasan yang cepat dan tepat.

Editor Beat + Bassline

Pada editor ini kamu dapat menambahkan sebagian besar sampel musik. Kamu dapat menemukanya di panel kiri, di tab My Samples. Untuk setiap sampel terdapat 16 step yang ditetapkan secara default. Mengklik tombol tersebut akan membuat pola ketukan.

Plugin instrumen

Kamu dapat memassang dan melepas plugin ke Editor Beat + Bassline, Song Editor atau ke jendela channel untuk mulai menggunakannya. Plugin yang tersedia antara lain PluckedStringSynth, AudioFileProcessor, BitInvader, dan TripleOscillator. AudioFileProcessor adalah semacam plugin default. AudioFileProcessor adalah sampler sederhana, tapi dengan itu kamu bisa membuat banyak sampel bagus. Bagi kebanyakan orang AudioFileProcessor lebih dari cukup.

Salah satu plugin favorit saya adalah BitInvader. BitInvader merupakan synthesizer wavetable. Saya menyukai synthesizer dan tentang yang satu ini saya karena mudah untuk dikonfigurasi.

Fitur :

  1. Song-Editor untuk menciptakan lagu
  2. BeAT + Bassline-Editor untuk membuat beats dan basslines
  3. Piano-Roll yang mudah digunakan untuk mengedit patterns dan melodi
  4. Mixer FX dengan 64 FX channels sejumlah efek memungkinkan untuk kombinasi mixing tak terbatas
  5. Memiliki banyak instrumen dan plugin efek yang kuat
  6. Dukungan penuh terhadap user-defined track-based automation dan computer-controlled automation sources
  7. Kompatibel dengan banyak standar seperti SoundFont2, VST (i), LADSPA, GUS Patch, dan MIDI
  8. Impor file MIDI, file aplikasi Hydrogen dan FL Studio

Klik disini untuk melihat tutorial penggunaan LMMS

Link Download Aplikasi LMMS

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.