5 Aplikasi Mp3 Tag Editor Gratis Terbaik

Meskipun sebagian besar aplikasi pemutar media memiliki editor tag musik yang sudah terintegrasi untuk mengedit informasi lagu seperti judul, nama artis, dan genre, namun fitur tag musik yang dimiliki sering terbatas dalam apa yang dapat di lakukan.

Jika kamu memiliki banyak koleksi file musik yang perlu dirubah informasi tag-nya, cara paling efisien untuk bekerja dengan metadata adalah menggunakan aplikasi khusus tagging MP3 untuk menghemat waktu dan memastikan bahwa file musik kamu memiliki informasi tag yang konsisten.

Aplikasi Mp3 Tag Editor Gratis Terbaik

MP3Tag

Aplikasi Mp3 Tag Editor Gratis Terbaik MP3Tag

Mp3tag adalah editor metadata berbasis Windows yang mendukung sejumlah besar format audio. Aplikasi ini mendukung MP3, WMA, AAC, Ogg, FLAC, MP4, dan beberapa format lainnya.

Selain secara otomatis mengganti nama file berdasarkan informasi tag, aplikasi serbaguna ini juga mendukung pencarian metadata online dari Freedb, Amazon, discogs, dan MusicBrainz.

MP3tag juga sangat berguna untuk mengedit banyak tag sekaligus dan mendownload cover art.

Link Download

 

TigoTago

Aplikasi Mp3 Tag Editor Gratis Terbaik TigoTago

TigoTago adalah editor tag yang dapat mengedit banyak file pada saat yang bersamaan. TigoTago akan menghemat banyak waktu jika kamu memiliki beberapa lagu yang perlu kamu tambahkan informasinya.

Tidak hanya kompatibel dengan format audio seperti MP3, WMA, dan WAV, TigoTago juga mendukung format video AVI dan WMV. TigoTago memiliki fungsi yang berguna untuk mengedit perpustakaan musik atau video kamu secara massal. Fitur yang dimiliki aplikasi ini antara lain mencari dan mengganti, kemampuan untuk mendownload informasi album CDDB, menyusun ulang file, mengubah huruf besar, dan mengubah nama file berdasarkan informasi tag.

Link Download

 

MusicBrainz Picard

Aplikasi Mp3 Tag Editor Gratis Terbaik MusicBrainz Picard

MusicBrainz Picard adalah aplikasi tagging musik open source yang tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, juga MacOS. MusicBrainz Picard adalah alat pemberian tag gratis yang berfokus pada pengelompokan file audio ke dalam album daripada memperlakukan mereka sebagai entitas yang terpisah.

Namun bukan berarti MusicBrainz Picard tidak dapat mengedit tag dari file tunggal, tetapi berfungsi dengan cara yang berbeda dari aplikasi lain dalam daftar ini dengan membuat album dari satu trek. Ini adalah fitur hebat jika kamu memiliki koleksi lagu dari album yang sama dan tidak tahu apakah kamu memiliki koleksi lengkap.

Picard kompatibel dengan beberapa format termasuk MP3, FLAC, Ogg Vorbis, MP4, WMA, dan lainnya. Jika kamu mencari alat tag yang berfokus pada album, maka Picard adalah opsi yang sangat baik.

Link Download

 

TagScanner

TagScanner

TagScanner adalah aplikasi Windows yang memiliki beberapa fitur yang bermanfaat. Dengan TagScanner, kamu dapat mengatur dan mengedit tag sebagian besar format audio populer. TagScanner juga dilengkapi dengan pemutar musik bawaan.

TagScanner dapat secara otomatis mengisi metadata file musik menggunakan basisdata online dari Amazon dan Freedb, dan dapat secara otomatis mengganti nama file berdasarkan informasi tag yang ada.

Fitur bagus lainnya adalah kemampuan TagScanner untuk mengekspor daftar putar (playlist) sebagai spreadsheet HTML atau Excel. Ini menjadikannya alat yang berguna untuk membuat katalog koleksi musik kamu.

Link Download

 

MetaTogger

Aplikasi Mp3 Tag Editor Gratis Terbaik MetaTogger

MetaTogger dapat mengedit tag file dengan ekstensi Ogg, FLAC, Speex, WMA, dan file musik MP3 baik secara manual atau otomatis menggunakan basisdata online.

Alat tagging ini dapat mencari dan mendownload sampul album dari Amazon untuk file audio kamu. Lirik dapat dicari dan diintegrasikan ke perpustakaan musik kamu.

Aplikasi ini menggunakan framework Microsoft .Net 3.5, jadi kamu perlu menginstal ini terlebih dahulu jika kamu belum memilikinya dan menjalankannya di sistem Windows kamu.

Link Download

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.